cover
Contact Name
Widiyanto
Contact Email
widiefree@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
muarif@mail.unnes.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Journal of Nonformal Education and Community Empowerment
ISSN : 25491539     EISSN : 25794256     DOI : -
The Journal of Nonformal Education and Community Empowerment is published twice a year in June and December. This journal is published by the Department of nonformal Education Faculty of Education Semarang State University since 2012, in 2017 changed with the new ISSN and in collaboration with the Association of Indonesian Non-Formal Education Academics. Disclose research results on non-formal education focus areas covering topics, (1) Community Based Education: literacy, equity, courses, training, life skills, community counseling, community empowerment, social work; (2) Family-Based Education: parenting, early childhood education, play group, homeschooling.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Volume 1, No 1 (2017): Juni 2017" : 10 Documents clear
Evaluasi Penyelenggaraan Pembinaan Pelatihan Keterampilan di Lembaga Kursus dan Pelatihan Yuwita Tasikmalaya Herwina, Wiwin
Journal of Nonformal Education and Community Empowerment Volume 1, No 1 (2017): Juni 2017
Publisher : Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/pls.v1i1.11452

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan evaluasi hasil penyelenggaraan pembinaan pelatihan keterampilan di LKP Yuwita. Responden berjumlah 30 orang yang berasal dari lulusan LKP Yuwita. Responden diambil secara random dengan fokus pada lulusan yang pernah mengikuti pelatihan keterampilan di LKP Yuwita. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket. Hasil penelitian yang sebagian besar melibatkan lulusan usia produktif rata-rata berpendidikan SMP dan sebagian besar telah mendapatkan pekerjaan. Latar belakang mengikuti pelatihan sebagian besar sebagai bekal untuk mendapatkan pekerjaan. Metode yang diinginkan menggunakan ceramah dan demonstrasi dengan materi ditekankan pada praktik. Cara belajar mereka lebih condong pada belajar bersama teman. Instruktur telah membimbing dengan sungguh-sungguh. Lulusan berharap LKP Yuwita bisa menyelenggarakan pelatihan keterampilan secara berkelanjutan.
Efektifitas Metode Permainan Media Kartu Bergambar dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Aksorn di Thailand Pangestika, Isnaeni; Rifai, Achmad; Utsman, Utsman
Journal of Nonformal Education and Community Empowerment Volume 1, No 1 (2017): Juni 2017
Publisher : Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/pls.v1i1.13451

Abstract

Penelitian ini bertujuan menguji dan mendeskripsikan keefektifan metode permainan media kartu bergambar dalam meningkatkan kemampuan membaca aksorn pada PAUD Ban Klong-To di Thailand. Jenis penelitian ini adalah pre-eksperimen dengan desain One Group Pretest Posttest. Subjek penelitian adalah kelompok B PAUD Ban Klong-To sejumlah 25 siswa. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai posttest 8,3 lebih besar dibandingkan nilai pretest yang sebesar 3,4. Hasil uji-t menunjukkan nilai t-hitung (14,462) > t-tabel (1,708) serta perhitungan hasil gain score sebesar 0,75 dengan kategori tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode permainan media kartu bergambar terbukti efektif diterapkan terhadap pembelajaran membaca pada anak usia dini.
Pengaruh Karakteristik Ibu terhadap Penggunaan Alat Kontrasepsi pada Pasangan Usia Subur Gayatri, Diah; Raharjo, Tri Joko
Journal of Nonformal Education and Community Empowerment Volume 1, No 1 (2017): Juni 2017
Publisher : Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/pls.v1i1.13647

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh positif dan signifikan antara karakteristik ibu terhadap penggunaan alat kontrasepsi pada pasangan usia subur di Kelurahan Beji Kecamatan Ungaran Timur Kabupaten Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Subjek penelitiannya adalah pasangan usia subur sebanyak 1047 di Kelurahan Beji, dengan menggunakan rumus Slovin dihasilkan jumlah sampel sebanyak 289 sedangkan untuk menentukan anggota sampel digunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner. Instrumen tersebut telah diujicobakan untuk digunakan dalam penelitian menggunakan validitas dan reliabilitas instrumen dengan program SPSS versi 20. Teknik analisis data yang digunakan yakni analisis deskriptif persentase & regresi sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa analisis regresi dapat diketahui skor F hitung= 58,637 lebih besar dari F tabel= 3,89 olehkarenanya hipotesis nol (H0) ditolak. Oleh karena itu bahwa karakteristik ibu berpengaruh terhadap penggunaan alat kontrasepsi. Adapun pengaruh yang signifikan sebesar 17,5% antara karakteristik ibu terhadap penggunaan alat kontrasepsi pada pasangan usia subur.
Pengaruh Komunikasi Internal terhadap Etos Kerja Pegawai di PPPAUD dan Dikmas Jawa Tengah Setyoningrum, Rini; Suminar, Tri
Journal of Nonformal Education and Community Empowerment Volume 1, No 1 (2017): Juni 2017
Publisher : Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/pls.v1i1.13650

Abstract

EPermasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh komunikasi internal terhadap etos kerja pegawai PP-PAUD dan Dikmas Jawa Tengah dengan besaran pengaruhnya. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Populasi sebanyak 114 orang. Sampel penelitian berjumlah 53 orang, dengan teknik cluster random sampling. Terdapat dua variabel, yaitu Komunikasi Internal (X) dan Etos Kerja (Y). Analisis menggunakan regresi linier sederhana. Bentuk persamaan regresi adalah Y = 29,122 + 0,409X. Nilai Sig. sebesar 0,002 < 0,05 maka H0 ditolak yang berbunyi “Ada pengaruh signifikan antara komunikasi internal terhadap etos kerja pegawai PP-PAUD dan Dikmas Jawa Tengah”. Adapun sumbangan pengaruhnya sebesar 16,9%.
Manajemen Pelatihan Hantaran dalam Meningkatkan Kecakapan Hidup Warga Belajar di Lembaga Kursus dan Pelatihan Herlinda, Siti; Hidayat, Sholeh; Djumena, Irwan
Journal of Nonformal Education and Community Empowerment Volume 1, No 1 (2017): Juni 2017
Publisher : Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/pls.v1i1.14758

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan manajemen pelatihan dalam meningkatkan kecakapan hidup warga belajar, hasil, faktor pendukung dan penghambat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dari hasil observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Subjek penelitian yaitu pengelola, instruktur, dan empat warga belajar. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, metode dan teori. Analisis data menggunakan tiga tahapan reduksi data, penyajian data, dan simpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pelatihan sudah berjalan baik, dilihat dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan, dan evaluasi. Hasil pelatihan warga belajar dilihat dari tiga aspek yang mengacu ke SKL hantaran serta berkenaan dengan kecakapan hidup yaitu kecakapan personal, kecakapan sosial, kecakapan akademik, dan kecakapan vokasional. Faktor pendukungnya adalah manajerial yang baik, kemauan dan motivasi, sarana dan prasana memadai, instruktur mengajar dengan baik, respon baik warga belajar, serta lingkungan yang bersih. Faktor penghambat adanya perbedaan kemauan dan motivasi setiap warga belajar, jarak tempat pelatihan jauh, dan ruang kelas yang bising.
Teknik Identifikasi Program Paket C dalam Meningkatkan Keterampilan Fungsional Warga Belajar Syahid, Ahmad
Journal of Nonformal Education and Community Empowerment Volume 1, No 1 (2017): Juni 2017
Publisher : Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/pls.v1i1.14792

Abstract

Tujuan penelitian ini menganalisis tentang teknik identifikasi kebutuhan belajar program Paket C, dan peningkatan keterampilan fungsional warga belajar Paket C di PKBM Buana Mekar. Penelitian dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus untuk mendeskripsikan pembelajaran kewirausahaan untuk pemberdayaan kelompok pemuda produktif. Subyek penelitiannya satu orang pengelola PKBM, satu orang tutor dan tiga orang warga belajar Paket C. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara mendalam, dan analisis dokumentasi. Tahapan penelitian melalui tahap: orientasi, eksplorasi, dan member check. Analisis data menggunakan model interaktif melalui langkah-langkah: koleksi data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menyimpulkan tujuan identifikasi program Paket C untuk menyusun kebutuhan belajar, perencanaan, proses, penentuan waktu, penyediaan sarana, dan media pembelajaran. Teknik identifikasi menggunakan Kartu SKBM, wawancara, angket, observasi, pertemuan kelompok, dan teknik indikator sosial. Hasil pembelajaran Paket C berbasis keterampilan fungsional menekankan pada pengembangan pengetahuan, sikap dan keterampilan kewirausahaan.
Pelatihan Tata Rias Pengantin bagi Wanita Tuna Susila dalam Meningkatkan Kemandirian Usaha Laksana, Yuda Setia; Sholih, Sholih; Naim, Mochamad
Journal of Nonformal Education and Community Empowerment Volume 1, No 1 (2017): Juni 2017
Publisher : Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/pls.v1i1.14794

Abstract

Tujuan penelitian ini mengetahui proses pelaksanaan, hasil, dan faktor penghambat pelaksanaan kegiatan pelatihan. Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif. Peneliti menggunakan pedoman wawancara, dan pedoman observasi sebagai teknik pengumpulan data. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, metode dan teori. Analisis data menggunakan tiga tahapan reduksi data, penyajian data, dan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan terbagi menjadi tiga jurusan yaitu keterampilan tata rias, tata boga, dan menjahit. Pelaksanaan pelatihan tata rias pengantin dalam prosesnya menggunakan tiga tahapan, pra pelatihan, peserta pelatihan, dan pelaksanaan pelatihan. Hasil pelatihan, peserta mampu mandiri dan dapat berwirausaha di bidang pelatihan. Akan tetapi setelah lulus masih banyak peserta pelatihan yang tidak berwirausaha sendiri. Adapun faktor penghambat yang paling berpengaruh dalam proses pelatihan adalah kurangnya sarana dan prasarana.
Pengelolaan Program Taman Penitipan Anak Plamboyan 3 di Kabupaten Karawang Hoerniasih, Nia
Journal of Nonformal Education and Community Empowerment Volume 1, No 1 (2017): Juni 2017
Publisher : Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/pls.v1i1.15142

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pembinaan, penilaian, dan pengembangan program Taman Penitipan Anak. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Subyek penelitiannya adalah pengelola, pengasuh dan tiga orangtua anak usia dini. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara mendalam, dan analisis dokumentasi. Tahapan penelitian melalui tahap orientasi, eksplorasi, dan member check. Analisis data menggunakan model interaktif melalui langkah-langkah koleksi data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menyimpulkan perencanaan program pengasuhan diawali dengan analisis kebutuhan oleh ketua penyelenggara. Pengorganisasian dilakukan untuk mengorganisir pengelola, pendidik dan tenaga kependidikan dengan menjalankan peran fungsi dan pengasuhan. Pelaksanaan dilakukan sesuai jadwal masing-masing pengasuhan secara holistik dan integratif. Pembinaan dilakukan melalui supervisi dan monitoring baik secara langsung dan tidak langsung. Penilaian difokuskan pada proses pengasuhan dan pembelajaran selama kegiatan berlangsung pada aspek kognitif, afektif dan psikomotor. Pengembangan dilakukan untuk memajukan penyelenggaraan program pengasuhan agar lebih sempurna, lebih luas, dan lebih baik.
Pelatihan Keterampilan Otomotif untuk Meningkatkan Kesempatan Kerja di Balai Latihan Kerja Kabupaten Karawang Hidayat, Dayat
Journal of Nonformal Education and Community Empowerment Volume 1, No 1 (2017): Juni 2017
Publisher : Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/pls.v1i1.15143

Abstract

Tujuan penelitian ini mengalisis pelaksanaan, hasil dan dampak pelatihan keterampilan otomotif dalam meningkatkan kesempatan kerja di BLK Karawang. Pendekatan penelitian menggunakan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan studi dokumentasi sebagai sumber data triangulasi yang dapat dipertanggungjawabkan keakuratannya serta analisis data menggunakan model interaktif. Subjek penelitian terdiri dari satu orang pengurus BLK, satu orang instruktur dan 3 orang warga belajar. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pelaksanaan pelatihan keterampilan otomotif dimulai melalui tahap perencanaan, pelaksanaan dan penilaian. Pelatihan keterampilan otomotif merupakan proses transformasi pengetahuan, sikap dan keterampilan otomotif terhadap warga belajar. Hasil pelatihan menunjukkan peningkatan pengetahuan, sikap dan keterampilan otomotif dari warga belajar. Hasil pelatihan mengindikasikan perubahan disposisi atau kemampuan warga belajar pada aspek pengetahuan dan keterampilan di bidang otomotif serta sikap pengembangan usaha mandiri di bidang perbengkelan. Dampak pelatihan keterampilan otomotif menunjukkan terbukanya kesempatan kerja bagi warga belajar di perusahaan otomotif maupun membuka bengkel secara mandiri.
Pengembangan Kewirausahaan Berbasis Potensi Lokal melalui Pemberdayaan Masyarakat Malik, Abdul; Mulyono, Sungkowo Edy
Journal of Nonformal Education and Community Empowerment Volume 1, No 1 (2017): Juni 2017
Publisher : Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/pls.v1i1.15151

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pengembangan kewirausahaan berbasis potensi lokal melalui pemberdayaan masyarakat yang terdiri dari beberapa tahapan diantaranya pelatihan, proses produksi dan pemasaran serta kendala yang dialami. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan data primer yang dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subyek penelitian terdiri warga belajar Paket C di PKBM Cipta Karya Kecamatan Prambanan Kabupaten Klaten dan sebagai informan adalah tokoh masyarakat. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, metode dan teori. Analisis data sebagaimana model interaktif mencakup pengumpulan data, reduksi, penyajian dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menghasilkan program pemberdayaan dalam proses pengembangannya dilakukannya pelatihan pembuatan jam tangan dari kayu. Produksi dilakukan oleh warga belajar Kejar Paket B dan C setelah selesai pembelajaran kejar paket. Pemasaran dilakukan melalui promosi di berbagai media dan pangsa pasarnya baik dalam maupun luar negeri. Kendala yang dialami minimnya mesin produksi yang bersumber dari minimnya modal dan terbatasnya jam kerja warga belajar.

Page 1 of 1 | Total Record : 10


Filter by Year

2017 2017


Filter By Issues
All Issue Volume 6, No 1 (2022): June 2022 Volume 5, No 2 (2021): Desember 2021 Volume 5, No 1 (2021): Juni 2021 Volume 4, No 2 (2020): Desember 2020 Volume 4, No 1 (2020): Juni 2020 Vol 4 No 2 (2020): Journal of Nonformal Education and Community Empowerment Vol 4 No 1 (2020): Journal of Nonformal Education and Community Empowerment Volume 3, No 2 (2019): Desember 2019 Volume 3, No 1 (2019): Juni 2019 Vol 3 No 2 (2019): Journal of Nonformal Education and Community Empowerment Vol 3 No 1 (2019): Journal of Nonformal Education and Community Empowerment Volume 2, No 2 (2018): Desember 2018 Volume 2, No 1 (2018): Juni 2018 Vol 2 No 2 (2018): Journal of Nonformal Education and Community Empowerment Vol 2 No 1 (2018): Journal of Nonformal Education and Community Empowerment Vol 2 No 1 (2018): Journal of Nonformal Education and Community Empowerment Volume 1, No 2 (2017): Desember 2017 Volume 1, No 1 (2017): Juni 2017 Vol 1 No 2 (2017): Journal of Nonformal Education and Community Empowerment Vol 1 No 1 (2017): Journal of Nonformal Education and Community Empowerment Vol 1 No 1 (2017): Journal of Nonformal Education and Community Empowerment Vol 5 No 1 (2016) Vol 5 No 1 (2016) Vol 4 No 2 (2015) Vol 4 No 2 (2015) Vol 4 No 1 (2015) Vol 4 No 1 (2015) Vol 3 No 2 (2014) Vol 3 No 2 (2014) Vol 3 No 1 (2014) Vol 3 No 1 (2014) Vol 2 No 2 (2013) Vol 2 No 2 (2013) Vol 2 No 1 (2013) Vol 2 No 1 (2013) Vol 1 No 2 (2012) Vol 1 No 2 (2012) Vol 1 No 1 (2012) Vol 1 No 1 (2012) More Issue