cover
Contact Name
Riawan Yudi Purwoko
Contact Email
riawanyudi@umpwr.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
lppm@umpwr.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. purworejo,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE)
ISSN : 2477829X     EISSN : 25414070     DOI : -
Core Subject : Education,
JURNAL PENDIDIKAN SURYA EDUKASI (JPSE) diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Muhammadiyah Purworejo sebagai media penuangan hasil penelitian bidang pendidikan. Terbit dua kali dalam setahun tiap bulan Desember dan Juni.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 2 (2020): Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE)" : 8 Documents clear
Deskripsi marketing mix jasa pendidikan sekolah dasar Muhammadiyah Kutoarjo Nurhidayati Nurhidayati; Supriyono Supriyono; Muhammad Ferdian
Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE) Vol 6, No 2 (2020): Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE)
Publisher : UM Purworejo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37729/jpse.v6i2.6813

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan marketing mix  jasa pendidikan SD Muhammadiyah Kutoarjo yang terdiri dari produk, harga, lokasi, promosi, SDM, bukti fisik dan proses pembelajaran. Metode penelitian yang di gunakan adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini  menggunakan analisis non statistik, dengan model analisis mengalir (flow model of analysis). Marketing mix  jasa pendidikan adalah kegiatan promosi mengenai produk, harga , lokasi, barang bukti/  prasarana sekolah dan proses kegiatan sekolah yang di lakukan  sumber daya manusia sekolah.
Etnomatematika: Eksplorasi gamelan Jawa karawitan dengan pendekatan science, technology, engineering, and mathematics (STEM) Nuryadi Nuryadi; Isna Kholifa
Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE) Vol 6, No 2 (2020): Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE)
Publisher : UM Purworejo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37729/jpse.v6i2.6810

Abstract

Penelitian ini bertujuan diperolehnya deskripsi kajian matematika dalam gamelan jawa karawitan khususnya alat-alat musik dengan pendekatan STEM. Melalui pembelajaran berbasis STEM siswa dapat menguasai pengetahuan, sikap, dan keterampilan mengidentifikasi pertanyaan dan masalah dalam kehidupan siswa, menjelaskan fenomena alam, merancang dan menarik kesimpulan berdasarkan bukti tentang masalah yang terkait budaya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi yaitu mendeskripsikan alat musik gamelan sebagai media pembelajaran di Sekolah khususya Sekolah Menengah Kejuruan Kesenian.  Prosedur penelitian kualitatif model etnografi dimulai dengan menetapkan seorang guru sebagai informan kunci (key informant), melakukan wawancara, pengamatan alat-alat musik karawitan jawa, dan memulai mengajukan pertanyaan deskriptif. Analisis data yang digunakan adalah analisis domain, yaitu memperoleh gambaran umum dan menyeluruh dari alat-alat musik karawitan sebagai objek penelitian, kemudian mengkaji secara matematika dengan pendekatan STEM, yaitu mengindentifikasi objek, merencanakan dan melakukan penyelidikan, menganalisis dan menginterpretasikan data, dan membuat sebuah kesimpulan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya keterkaitan antara alat musik gamelan jawa karawitan dengan pembelajaran  matematika. Terutama pada kajian unsur-unsur  dan sifat yang memiliki bentuk lingkaran, trapesium, persegi panjang, tabung, balok,  bola, dan kerucut.  Kajian sifat-sifat alat musik gamelan karawitan jawa  kemudian disesuaikan dengan Kompetensi Dasar SMK Kejuruan Kesenian, sehingga dapat dijadikan media pembelajaran matematika dikelas.
Pengaruh model pembelajaran project based learning berbasis etnosains tema ekosistem terhadap aktivitas belajar siswa Sulistyowati Sulistyowati; Fine Reffiane; Diana Endah Handayani
Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE) Vol 6, No 2 (2020): Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE)
Publisher : UM Purworejo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37729/jpse.v6i2.6802

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi siswa yang mengalami kesulitan dalam mengintegrasikan berbagai mata pelajaran, guru masih menggunakan metode ceramah dan penugasan. Di dalam kelas pembelajaran masih mendorong untuk mengahafal informasi tanpa fasilitas yang mengarah pada hubungan materi dengan pengetahuan siswa. Hal tersebut menyebabkan anak tidak bisa mengembangkan kemampuan berpikirnya, dan cenderung pasif serta tidak antusias dalam mengikuti pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran project based learning berbasis etnosains terhadap aktivitas belajar siswa kelas V di SD Negeri Kedondong 2 Kecamatan Gajah Kabupaten Demak dan untuk mengetahui perbedaan rata-rata aktivitas belajar siswa kelas V SD Negeri Kedondong 2 dengan menggunakan model project based learning berbasis etnosains. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang menggunakan desain Pre-Experimental Designs dengan bentuk One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Kedondong 2 yang berjumlah 25. Teknik pengumpulan data melalui observasi, tes, wawancara, angket dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini menggunakan uji normalitas awal dan akhir, uji beda rata-rata, uji ketuntasan belajar dan uji regresi linier sederhana. Pengujian hipotesis penelitian ini menggunakan uji regresi linier sederhana dan diperoleh koefisien determinasinya sebesar 64 %. Pada uji independen juga diperoleh Fhitung sebesar 6740,79 dan Ftabel = 4,28. Jadi Fhitung ˃ Ftabel jadi H0 ditolak. Hal ini berarti ada pengaruh model project based learning berbasis etnosains. Sedangkan pada uji beda rata-rata diperoleh menggunakan uji beda rata-rata thitung sebesar = 17,04 dan ttabel sebesar = 2,021. Jadi thitung ˃ ttabel, maka H0 diterima artinya ada rata-rata aktivitas belajar siswa setelah menggunakan model PJbL berbasis etnosains lebih dar aktivitas belajar siswa sebelum menggunakan model PJbL berbasis etnosains.
Analisis campur kode pada gaya bicara anak muda Ida Ayu Panuntun
Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE) Vol 6, No 2 (2020): Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE)
Publisher : UM Purworejo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37729/jpse.v6i2.6804

Abstract

Gaya bicara anak muda jaman sekarang menjadi sesuatu yang menarik untuk dianalisis. Sebagai pembelajar bahasa kedua, maka peran bahasa pertama atau sebaliknya sering muncul pada percakapan sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini adalah menemukan tipe campur kode yang digunakan pada percakapan anak muda. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan desain penelitian berupa deskriptif kualitatif. Subyek pada penelitian ini adalah 7 anak muda pada usia 9 sampai 15 tahun. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Teknik analisis pada penelitian ini adalah identifikasi, klasifikasi dan interpretasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 72.7% menggunakan campur kode tipe intra-sentential, 22.7% menggunakan tipe intra-lexical dan 1 ucapan 4.5% menggunakan tipe a change of pronunciation. Prosentase tertinggi campur kode yang muncul pada gaya bicara anak muda adalah tipe intra-sentential, sebagaian besar campur kode yang muncul berupa ucapan berbentuk frasa atau berupa gabungan kata-kata, kemudian Intra-lexical menduduki prosentase lebih kecil dibanding intra-sentential. Hal ini berarti anak muda mencoba menggabungkan dua kata, yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris dalam satu kata. Sementara temuan dengan prosentase terendah adalah a change of pronunciation. Pada temuan ini gaya bicara anak muda berupa kata-kata Bahasa Inggris yang telah mengalami perubahan suara.
Analisis kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan masalah matematika Wharyanti Ika Purwaningsih; Supriyono Supriyono
Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE) Vol 6, No 2 (2020): Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE)
Publisher : UM Purworejo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37729/jpse.v6i2.6803

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII SMP dalam menyelesaikan masalah matematika. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Pengambilan subjek dengan teknik purposive. Subjek penelitian adalah dua siswa kelas VIII SMP tahun pelajaran 2019/2020 yang berkemampuan matematika tinggi. Instrumen penelitian berupa soal tes materi bangun ruang sisi datar, wawancara, dan catatan lapangan. Teknik analisis yang digunakan yaitu teknik Miles & Huberman yang meliputi tiga aktivitas yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan kategori tinggi memenuhi keempat indikator berpikir kreatif yang digunakan yaitu fluency, flexibility, orisinalitas, dan elaboration.  Hal ini ditunjukkan dengan mampu memberikan beberapa alternatif jawaban berupa kemungkinan bentuk bangun ruang sisi datar beserta ukurannya, mampu melihat permasalahan dengan sudut pandang/pendekatan yang berbeda sehingga dapat memberikan lebih dari satu kemungkinan bentuk bangun ruang sisi datar berserta ukurannya, mampu memberikan kemungkinan bentuk bangun ruang sisi datar berserta ukurannya yang berbeda dari teman lainnya serta mampu menuliskan apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan dari soal.
Persepsi siswa terhadap pembelajaran klasifikasi organisme berbasis daring Dwi Haryanti; Suwarto Suwarto; Dudy Iskandar
Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE) Vol 6, No 2 (2020): Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE)
Publisher : UM Purworejo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37729/jpse.v6i2.6762

Abstract

Terjadinya pandemi Covid-19 di Indonesia, memaksa SMA N 1 Tawangsari untuk menerapkan pembelajaran daring secara intensif. Namun penerapan ini perlu evaluasi agar diketahui bentuk pembelajaran daring seperti apa yang diinginkan siswa. Tujuan penelitian dalam artikel ini adalah memahami persepsi siswa dalam mempelajari materi Klasifikasi organisme berdasarkan pembelajaran berbasis daring.  Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif berdasarkan angket yang disebarkan kepada siswa. Hasil persepsi sebagian besar siswa menyatakan mendukung pembelajaran daring dengan e-learning dan setuju dengan kemudahan aksesibilitasnya, namun sangat rendah dari sisi kemudahan penggunaan, pemahaman materi, dan interaksi. Sehingga 65% menyatakan e-learning tidak menarik dibandingkan belajar tatap muka, 30% menyatakan masih menarik, dan sisanya ragu-ragu.
Analisis aktivitas pembelajaran biologi pada Google Classroom di masa pandemi Covid-19 Arista Indah Anggraini; Suwarto Suwarto; Dudy Iskandar
Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE) Vol 6, No 2 (2020): Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE)
Publisher : UM Purworejo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37729/jpse.v6i2.6763

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana analisis aktivitas pembelajaran biologi pada materi virus berbasis daring (melalui aplikasi Google Clasroom) di masa Pandemic Covid-19 pada siswa kelas X IPS 3 di SMA N 1 TAWANGSARI. Jenis penelitian menggunakan kualitatif deskripstif, karena penulis tidak membuktikan ataupun menolak hipotesis yang dibuat sebelum penulisan tetapi dalam mengolah data dan menganalisis suatu masalah secara non numerik, metode pengambilan data menggunakan wawancara, lembar observasi dan dokumentasi dalam melihat aktivitas pembelajaran biologi selama masa Pandemic Covid-19. Hasil penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana perencanaan aktivitas pembelajaran, proses pembelajaran dan penilaian aktivitas pembelajaran selama masa Pandemic Covid-19.
Efektivitas pembelajaran melalui Whatsapp grup terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika Siska Sagita Mustami; Paridjo Paridjo; Wikan Budi Utami
Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE) Vol 6, No 2 (2020): Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE)
Publisher : UM Purworejo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37729/jpse.v6i2.6827

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) apakah rata-rata kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang diajar menggunakan pembelajaran melalui WhatApp grup dapat mencapai KKM 77.(2) Pembelajaran melalui WhatsApp Grup efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Populasi penelitian peserta didik kelas X MIA SMA Negeri 1 Ketanggungan kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2019/2020. Teknik sampling menggunakan cluster random sampling. Teknik  analisis data menggunakan uji t satu sampel pihak kanan, uji Paired Sample T Test dan Uji N-Gain. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi vektor dalam bentuk soal uraian berjumlah 6 item soal. Hasil penelitian : (1) Rata-rata nilai kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang diajar menggunakanpembelajaran melalui WhatsApp grup mencapai 77. (2) Pembelajaran melalui WhatsApp Grup tidak efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Pada nilai pembelajaran melalui WhatsApp grup (posttest) lebih kecil dari nilai pembelajaran luring (pretest) ini berarti peserta didik yang diajar menggunakan pembelajaran melalui WhatsApp grup (Posttest) tidak lebih baik dari pembelajaran luring (Pretest) dalam peningkatan kemampuan pemecahan masalah peserta didik, hal ini dikarenakan pada pembelajaran luring guru berinteraksi langsung dengan peserta didik sehingga terpantau seluruh kegiatan pembelajaran dibandingkan dengan WhatApp grup.

Page 1 of 1 | Total Record : 8