cover
Contact Name
Dida Firmansyah
Contact Email
dfirmansyah86@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jurnalparole012018@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota cimahi,
Jawa barat
INDONESIA
Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia)
ISSN : 2614624X     EISSN : 26146231     DOI : -
Core Subject : Education,
Focus of Parole journal is a media for diseminating the result of research about language, literature, and language and literature education in Indonesia. Scope of Parole journal publishes the research article in language, literature, language and literature education in Indonesia.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 1 (2018): Volume 1 Nomor 1, Januari 2018" : 8 Documents clear
ANALISIS EKSKLUSI DAN INKLUSI PADA BERITA PEMBEBASAN LAHAN KULON PROGO BERDASARKAN MODEL THEO VAN LEEUWEN Teti Sobari; Dede Abdurrokhman; Lilis Sadiah
Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) Vol 1, No 1 (2018): Volume 1 Nomor 1, Januari 2018
Publisher : IKIP Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22460/p.v1i1p79-82.29

Abstract

Peristiwa atau fenomena yang terjadi hari ini mengenai ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, hukum, dapat dengan mudah kita ketahui melalui pemberitaan di media massa cetak atau elektronik. Tujuan penelitian 1) untuk mengetahui siapa yang dimarjinalkan oleh media massa Tribunnews.com pada pemberitaan sengketa pembebasan lahan Kulon Progo dalam pembangunan bandara  di Yogyakarta; 2) untuk mengetahui siapa yang dimarjinalkan oleh media massa Tirto.id pada pemberitaan sengketa pembebasan lahan Kulon Progo dalam pembangunan bandara  di Yogyakarta; dan 3) untuk mengetahui bagaimana strategi bahasa yang dilakukan Tribunnews.com dan Tirto.id sehingga ada pihak-pihak yang termajinalkan berdasarkan Analisis Wacana Kritis model Theo Van Leeuwen. Metode Penelitian Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Objek penelitian yaitu teks Pemberitaan mengenai pembebasan lahan di daerah Kulon Progo Yogyakarta untuk pembangunan bandara internasional New Yogyakarta International Airport (NYIA) di media massa online yaitu Tribunnews.com tanggal 06 Desember 2017 dan Tirto.id.08. Hasil penelitian dari kedua berita tersebut adalah isi berita Tribunnews.com menyudutkan atau memarjinalkan para relawan aktivis solidaritas. Isi berita media massa Tirto.id.lebih memarjinalkan PT Angkasa Pura 1. Berdasarkan data di atas bisa disimpulkan bahwa wacana beroperasi untuk mendefinisikan sesuatu, membenarkan sesuatu, dan menyalahkan yang lain
FENOMENA POSTMODERNISME DALAM KUMPULAN CERPEN PENANGKARAN BINATANG KARYA WHANI DARMAWAN DAN ADAM MA’RIFAT KARYA DANARTO Enung Nurhayati; Raden Ika Mustika
Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) Vol 1, No 1 (2018): Volume 1 Nomor 1, Januari 2018
Publisher : IKIP Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22460/p.v1i1p17-30.24

Abstract

Artikel ini berusaha untuk mengungkapkan ciri-ciri sastra postmodernisme dalam cerpen Penangkaran Binatang dan cerpen Adam Ma’rifat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif-analisis. Hasil penelitian dari kedua cerpen tersebut menunjukkan bahwa adanya perwujudan sastra posmodernisme, yaitu tidak lagi terstruktur, tidak terikat, bersifat insidental, teks dibebaskan dari pemaknaan. Terdapat empat perbedaan fenomena sastra postmodernisme dari kedua cerpen tersebut yang berupa: dalam cerpen PB, (1) plot tidak jelas, (2) irama spontan dan dramatik lakonnya, (3) berbentuk campuran skizofrenik antara cerpen, esai, dan surat, dan (4) ambivalensi, tarik-menarik antara bercerita dengan berpuisi. Dalam cerpen AM, (1) ketidakrealibitasan tokoh aku, (2) bahasa tidak bisa mentransmisi pesan secara mudah, (3) cerpen kurang bisa terakses, (4) tidak mengikuti aturan hukum tengah, cerpen berbentuk satu kalimat dari 17 halaman.
ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA DALAM PEMBELAJARAN MATA KULIAH SINTAKSIS BERBASIS LESSON STUDY PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI BAHASA DAN SASTRA INDONESIA STKIP SILIWANGI BANDUNG Rochmat Tri Sudrajat; Reka Yuda Mahardika; Latifah Latifah
Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) Vol 1, No 1 (2018): Volume 1 Nomor 1, Januari 2018
Publisher : IKIP Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22460/p.v1i1p83-100.32

Abstract

Ada asumsi-asumsi mengapa para mahasiswa melakukan kesalahan dalam berbahasa. Padahal jelas, sebagai mahasiswa bahasa dan sastra Indonesia, semestinya mereka hirau dengan bahasa yang mereka gunakan dan meminimalkan kesalahan-kesalahan berbahasa. Pertama, mereka kurang peduli terhadap bahasa yang benar sekedar menganggap bahwa bahasa yang benar adalah bahasa yang semata-mata dapat dipahami oleh para pembaca. Kedua, mereka tidak memiliki motivasi untuk mempelajari penggunaan bahasa secara benar, sehingga mereka tidak memedulikan pemahaman dan pengejawantahan yang menyeluruh terhadap bahasa Indonesia. Ketiga, para mahasiswa kurang menguasai teknik berbahasa Indonesia yang benar, baik ditinjau dari tata bahasa, EYD, logoka bahasa, dan lainnya. Rumsan masalah dalam penelitian ini meliputi; 1) bagaimanakah langkah-langkah penerapan pembelajaran mata kuliah sintaksis berbasis lesson study di Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia?, 2) bagaimanakah kemampuan berbahasa Indonesia pada mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP Siliwangi Bandung?, bagaimanakah penguasaan kaidah bahasa Indonesia pada mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP Siliwangi Bandung? Dari hasil analisis kesalahan berbahasa didapat kesimpulan bahwa, dari empat aspek yaitu ejaan, kata, frasa, dan kalimat, kemampuan yang kurang dimiliki mahasiswa terutama dari sisi penguasaan penggunaan kata dengan (68) kesalahan. Bandingkan dengan kesalahan ejaan (37), frasa (15), dan kalimat (33). Dari penguasaan kaidah, mahasiswa prodi bahasa dan sastra Indonesia memiliki kekurangan terbesar terutama dari penguasaan penggunaan kata. Hal ini merefleksikan bahwa penggunaan kata-kata yang tidak benar sudah digunakan secara masif, bahkan oleh mahasiswa bahasa dan sastra Indonesia. Bila bahasa adalah kebiasaan, maka solusi yang paling memungkinkan adalah perlu adanya contoh dari para dosen dan pembiasaan mahasiswa untuk meminimalkan penggunaan kata-kata yang tidak benar.
PENERAPAN QUANTUM LEARNING BERBASIS TUTURAN KATEGORI FATIS DALAM PEMBELAJARAN BERPIDATO DI TINGKAT SMK Indra Permana; Dikdik Nursidik Rahman
Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) Vol 1, No 1 (2018): Volume 1 Nomor 1, Januari 2018
Publisher : IKIP Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22460/p.v1i1p31-44.25

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya kemampuan berbicara siswa dalam menyampaikan ide dan pokok bahasan kepada khalayak. Oleh karena itu, penting bagi siswa untuk memiliki kemampuan berbicara yang menekankan partisipasi dan aktivitas dari pebelajar, maka untuk mengatasi masalah tersebut pada penelitian ini dikaji suatu model pembelajaran, yaitu pendekatan Quantum Learning. Penelitian ini berusaha untuk menjawab rumusan masalah, di antaranya; 1) bagaimana kemampuan bahasa komunikatif dan informatif siswa sebelum menggunakan model pembelajaran quantum berbasis kategori fatis dalam pembelajaran berpidato? 2) bagaimana kemampuan bahasa komunikatif dan informatif siswa sesudah menggunakan model pembelajaran quantum berbasis kategori fatis dalam pembelajaran berpidato? 3) apakah penerapan model pembelajaran quantum lebih efektif dibadingkan pembelajaran konvensional? Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan peningkatan kemampuan berpidato komunikatif dan informatif kedua kelas, dan fungsi tuturan kategori fatis. Dipilih dua kelas secara acak dengan cara mengundi untuk dijadikan sampel penelitian. Setiap kelas terdiri dari 30 siswa. Analisis dilakukan terhadap rataan gain ternormalisasi (kuantitatif) dan data pembelajaran dengan model quantum learning pada proses belajar siswa antara kedua kelompok sampel dengan menggunakan Uji perbedaan dua rerata dan uji kontingensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan berpidato komunikatif dan informatif siswa menggunakan model quantum learning lebih baik daripada pendekatan konvensional.
PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BERITA DENGAN MENGGUNAKAN METODE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA PESERTA DIDIK KELAS XII SMK Ade Hadiana; Latifah Latifah
Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) Vol 1, No 1 (2018): Volume 1 Nomor 1, Januari 2018
Publisher : IKIP Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22460/p.v1i1p45-54.26

Abstract

Pembelajaran menulis masih dirasakan sulit oleh siswa, ini terbukti dari hasil observasi awal yang dilakukan di kelas XII SMK  bahwa nilai pembelajaran menulis masih rendah, hal ini disebabkan karena siswa merasa kesulitan untuk mengungkapkan ide, gagasan, atau hasil pemikiran ke dalam suatu tulisan. Salah satu kesulitan siswa  dalam pembelajaran menulis adalah menulis teks berita. Agar kesulitan tersebut dapat diatasi salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah menerapkan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran mengonversi teks berita.  Hasil penelitian di lapangan masih terdapat peserta didik yang kesulitan dalam mengonversi teks berita secara tepat dan benar. Dari latar belakang masalah tersebut maka rumusan masalah  dalam penelitian ini yaitu bagaimana aktivitas pendidik dan peserta didik dalam proses pembelajaran teks berita melalui metode contextual teaching and learning di kelas XII SMK? bagaimana respon peserta didik sesudah menggunakan metode contextual teaching and learning didalam pembelajaran menulis teks berita di kelas XII SMK?  Apakah terdapat perbedaan selama sebelum dan sesudah menggunakan metode contextual teaching and learning dalam pembelajaran menulis teks berita di kelas XII SMK?  Berdasarkan rumusan masalah tersebut  maka hipotesis dari penelitian ini adalah terdapat peningkatan yang signifikan dalam pembelajaran menulis teks berita dengan menggunakan metode contextual teaching and learning hal ini dapat terlihat dari peningkatan hasil nilai rata-rata pretes dan postes. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen pretest-posttest control group design, dalam desain ini terdapat dua kelompok yang masing-masing dipilih secara random dalam pembelajaran menulis teks berita dengan menggunakan metode CTL, sehingga dapat mendukung hipotesis yang telah dirumuskan. Berdasarkan hasil analisis data kemampuan menulis teks berita dengan menggunakan metode CTL efektif digunakan di kelas XII SMK ini terlihat dari adanya perbedaan perolehan nilai rata-rata pretes yaitu 75,59 dan nilai postes meningkat menjadi 90,50. Dari perolehan nilai tersebut membuktikan bahwa adanya peningkatan kemampuan peserta didik dalam menulis teks berita setelah menggunakan pendekatan CTL.
ANALISIS FRAMING ROBERT ENTMAN PADA PEMBERITAAN ISU HOAK SARACEN DI REPUBLIKA.CO.ID DAN KOMPAS.COM Ramdani, Dani; Wahyudin, Yuyun
Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) Vol 1, No 1 (2018): Volume 1 Nomor 1, Januari 2018
Publisher : IKIP Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22460/p.v1i1p63-78.28

Abstract

Media online saat ini menjadi lebih digemari dibandingkan dengan  media konvesional karena kecepatan, kemudahan dalam mengaksesnya dan informasi yang diberikan selalu baru. Dalam pemberitaannya, selalu dipengaruhi oleh ideologi, kekuasaan dan kepentingan pemilik media. Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  bagaimana  suatu  media  membingkai  dan mengkonstruksikan realitas berita mengenai isu Saracen di republika.co.id dan kompas.com yang digunakan dalam penelitian adalah framing milik Robert Entman yang berfokus pada bagaimana medefinisikan suatu masalah, apa/siapa penyebab masalah, keputusan moral apa yang terdapat  dalam  berita  tersebut  dan  apa  penyelesaian  yang  ditwarkan  oleh  wartawan.  Hasil  dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam mengkonstruksi dan membingkai isu Saracen baik di republika.co.id dan kompas.com memiliki kesan yang berbeda. Dimana Republika co.id cenderung berhati-hati bahwa isu Saracen akan memecah belah bangsa namun berbeda kompas.com yang mana meminta presiden Jokowi menangkap dan menghukum pelaku isu Saracen karena telah memecah belah bangsa
EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN LATIHAN TERBIMBING MENGGUNAKAN MEDIA BERITA DALAM PEMBELAJARAN MENULIS NASKAH DRAMA (Studi Kuasi Eksperimen pada Mahasiswa STKIP Siliwangi Bandung Tahun Akademik 2013-2014) Permana, Aditya; Widayat, Rahmat
Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) Vol 1, No 1 (2018): Volume 1 Nomor 1, Januari 2018
Publisher : IKIP Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22460/p.v1i1p1-16.23

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh terbatasnya kemampuan mahasiswa dalam menulis naskah drama serta  kurang kreatifnya pemilih bahan ajar, penggunaan metode, dan media pembelajaran. Adapun rumusan masalah yang diajukan dalam penelitian ini adalah apakah metode pembelajaran latihan terbimbing menggunakan media berita efektif dalam pembelajaran menulis naskah pada mahasiswa semester IV STKIP Siliwangi Bandung tahun akademik 2013-2014? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas metode Pembelajaran Latihan Terbimbing menggunakan Media Berita dalam pembelajaran menulis naskah drama pada mahasiswa semester IV STKIP Siliwangi Bandung tahun akademik 2013-2014. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen dengan desain pretest-postest control group design. Eksperimen dilakukan terhadap dua kelompok yaitu kelompok eksperimen yang pembelajarannya menggunakan Metode Latihan Terbimbing menggunakan media berita dengan kelompok kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Kedua kelompok tersebut diberi pengajaran yang sesuai dengan penelitian tersebut dan dalam waktu-waktu tertentu diberikan tes, baik yang berupa tes awal (pre-test) maupun teRakhir (post-test). Setelah proses pembelajaran selesai, peneliti membandingkan hasil belajar dari kedua kelompok tersebut. Uji Mann-Whitney digunakan penulis untuk menghiung rata-rata nilai pratest dan  rata-rata nilai pascates. Temuan penelitian adalah metode pembelajaran latihan terbimbing menggunakan media berita efektif diterapkan dalam pembelajaran menulis naskah drama pada pada mahasiswa semester IV STKIP Siliwangi Bandung. Hal ini dapat dibuktikan  dari nilai rata-rata tes akhir pada kelas kontrol dan kelas eksperimen, yakni nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 81,15 sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 77,83. Selain itu, keefektifan dapat dilihat dari hasil uji t yang menunjukan bahwa nilai z hitung > z table, yakni 6,10015 > 1,96.  Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa metode latihan terbimbing menggunakan media berita lebih efektif dalam meningkatkan prestasi belajar mahasiswa dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional.
PEMANFAATAN MICROSOFT OFFICE PADA MATA KULIAH APLIKASI TIK PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS ARTIKEL ILMIAH PADA MAHASISWA Firmansyah, Dida; Primandhika, Restu Bias
Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) Vol 1, No 1 (2018): Volume 1 Nomor 1, Januari 2018
Publisher : IKIP Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22460/p.v1i1p55-62.27

Abstract

Artikel ini membahas keterampilan mahasiswa tingkat akhir yang membuat artikel yang siap dipublikasi dalam jurnal ilmiah dari hasil penelitian skripsi yang telah melewati proses pembimbingan oleh dua pembimbing dan kemudian akan dihadapkan pada seminar hasil. Peneliti memberi perlakuan pada kelompok pertama pada Mata Kuliah Aplikasi TIK dengan pemberian materi secara intensif mengenai materi MS. Office yang bertujuan memperhalus pada pengaturan tipografi dan penyesuaian gaya selingkung jurnal ilmiah berkala, sedangkan pada kelompok kedua pada Mata Kuliah Aplikasi TIK dengan hanya diberikan materi yang sesuai dengan RPS standar saja pada mata kuliah Aplikasi TIK. Pada pembahasan terlihat hasil bahwa kelompok pertama dapat lebih mampu membaca tuntunan penulis (author guidelines) pada Jurnal Semantik daripada kelompok kedua. Kelompok pertama mampu menyesuaikan tata tulis atau tipografi yang diminta pada template Jurnal Semantik yang berkaitan pada margin, fontasi, spasi dan gaya penulisan daftar pustaka yang sesuai (APA Style). Keberhasilan penelitian ini dapat dibuktikan dan berhasil meningkatkan keterampilan menulis karangan ilmiah pada mahasiswa pada proses membuat artikel ilmiah untuk jurnal.

Page 1 of 1 | Total Record : 8


Filter by Year

2018 2018


Filter By Issues
All Issue Vol 6, No 1 (2023): VOLUME 6 NOMOR 1, JANUARI 2023 Vol 5, No 6 (2022): VOLUME 5 NOMOR 6, NOVEMBER 2022 Vol 5, No 5 (2022): VOLUME 5 NOMOR 5, SEPTEMBER 2022 Vol 5, No 4 (2022): VOLUME 5 NOMOR 4, JULI 2022 Vol 5, No 3 (2022): VOLUME 5 NOMOR 3, MEI 2022 Vol 5, No 2 (2022): VOLUME 5 NOMOR 2, MARET 2022 Vol 5, No 1 (2022): VOLUME 5 NOMOR 1, JANUARI 2022 Vol 4, No 6 (2021): VOLUME 4 NOMOR 6, NOVEMBER 2021 Vol 4, No 5 (2021): VOLUME 4 NOMOR 5, SEPTEMBER 2021 Vol 4, No 4 (2021): VOLUME 4 NOMOR 4, JULI 2021 Vol 4, No 3 (2021): VOLUME 4 NOMOR 3, MEI 2021 Vol 4, No 2 (2021): VOLUME 4 NOMOR 2, MARET 2021 Vol 4, No 1 (2021): VOLUME 4 NOMOR 1, JANUARI 2021 Vol 3, No 6 (2020): VOLUME 3 NOMOR 6, NOVEMBER 2020 Vol 3, No 5 (2020): VOLUME 3 NOMOR 5 , SEPTEMBER 2020 Vol 3, No 4 (2020): VOLUME 3 NOMOR 4 , JULI 2020 Vol 3, No 3 (2020): VOLUME 3 NOMOR 3, MEI 2020 Vol 3, No 2 (2020): VOLUME 3 NOMOR 2, MARET 2020 Vol 3, No 1 (2020): VOLUME 3 NOMOR 1, JANUARI 2020 Vol 2, No 6 (2019): VOLUME 2 NOMOR 6, November 2019 Vol 2, No 5 (2019): VOLUME 2 NOMOR 5, September 2019 Vol 2, No 4 (2019): VOLUME 2 NOMOR 4, Juli 2019 Vol 2, No 3 (2019): VOLUME 2 NOMOR 3, Mei 2019 Vol 2, No 2 (2019): VOLUME 2 NOMOR 2, MARET 2019 Vol 2, No 1 (2019): VOLUME 2 NOMOR 1, JANUARI 2019 Vol 1, No 6 (2018): Volume 1 Nomor 6, November 2018 Vol 1, No 5 (2018): Volume 1 Nomor 5, September 2018 Vol 1, No 4 (2018): Volume 1 Nomor 4, Juli 2018 Vol 1, No 3 (2018): Volume 1 Nomor 3, Mei 2018 Vol 1, No 2 (2018): Volume 1 Nomor 2, Maret 2018 Vol 1, No 1 (2018): Volume 1 Nomor 1, Januari 2018 Vol 1, No 1 (2018): Volume 1 Nomor 1, Januari 2018 More Issue