cover
Contact Name
Sukma Murni
Contact Email
sukmamurni@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
collase.journal@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota cimahi,
Jawa barat
INDONESIA
COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education)
ISSN : 26144085     EISSN : 26144093     DOI : -
Core Subject : Education,
Collase Journal publishes original research or theoretical papers about teaching and learning in Primary Teacher Education study program of IKIP Siliwangion current science issues, namely: -Teacher of Primary School. -Observers and Researchers of Primary School. -Educational decisions maker on regional and national level.
Arjuna Subject : -
Articles 20 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 1 (2021)" : 20 Documents clear
PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI SEDERHANA PADA SISWA SD KELAS IV DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN MEDIA KARTU KATA Yayan Eliyana; Medita Ayu Wulandari
COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education) Vol 4, No 1 (2021)
Publisher : IKIP Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk menelaah skenario dan implementasi, respon guru dan siswa, serta kesulitan yang dialami murid ketika mengerjakan tugas. Penelitian ini menggunakan model penelitian kualitatif deskriptif dengan maksud untuk memberikan gambaran tentang upaya yang dilakukan oleh guru dalam menambah kecakapan membuat puisi sederhana bagi bagi siswa kelas IV SD dengan memanfaatkan pendekatan kontekstual berbantuan media kartu kata. Subjek penelitian adalah siswa SD Kelas IV di SD Negeri Kiarapayung Kecamatan Ngamprah Kabupaten Bandung Barat yang berjumlah 14 orang laki-laki dan 16 orang perempuan. Instrumen pada penelitan ini berupa: (1) Tes berbentuk soal uraian terdiri dari 6 soal untuk menilai sejauh mana kecakapan menulis puisi, tes ini diberikan pada saat pretes dan postes. (2) Non tes berupa Angket/ Skala sikap untuk mengukur respon guru dan siswa. Skala Pendapat Siswa dipakai guna menilai sejauh mana kemampuan diri siswa memahami materi yang dipelajari. Skala penilaian angket yang digunakan mengacu pada model skala yang terdiri dari empat respon skala interval 1-4. Skenario dan implementasi menunjukkan adanya temuan di lapangan yaitu siswa mampu belajar lebih aktif dengan cara guru memberikan pengalaman belajar menggunakan media konkrit serta terjalin hubungan sosial antara siswa dengan guru ataupun teman. Hasil angket/ skala pendapat siswa mendapatkan hasil respon positif dengan mendapatkan skor rata-rata keseluruhan adalah 28 dengan persentase 70%, hasil tersebut membuktikan respon siswa sebagian besar menyatakan pendekatan Kontekstual berbantuan media kartu kata sangat menyenangkan dan menarik karena dapat memudahkan dan meningkatkan kreatifitas dalam membuat puisi. Kesulitan yang dialami siswa ketika menulis puisi adalah keterbatasan kosa kata dalam mengembangkan kata menjadi kalimat puisi yang sesuai dengan tema dan kesulitan dalam menentukan diksi, tetapi kesulitan tersebut hanya beberapa persen umumnya siswa mampu membuat puisi setelah diberikan pembelajaran sehingga keterampilan membuat puisi sederhana pada siswa SD kelas IV dengan pendekatan kontekstual berbantuan media kartu kata mengalami peningkatan hal ini dibuktikan nilai rata-rata pada pretes di pertemuan pertama meningkat dari 68 menjadi 72 pada postes di pertemuan terakhir dan presentase ketuntasan siswa meningkat pula pada kondisi awal sebesar 47%, dan pada kondisi terakhir sebesar 80%. Berdasarkan hasil riset dan pengkajian pada penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa terdapat adanya pengaruh kecakapan dalam keterampilan menulis puisi sederhana pada siswa SD kelas IV setelah diterapkannya pendekatan kontekstual berbantuan media kartu kata.
PEMBELAJARAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIK SISWA SD KELAS V MATERI BANGUN RUANG DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) Cahyanti Yuni Astuti Astuti
COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education) Vol 4, No 1 (2021)
Publisher : IKIP Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAKDalam penelitian ini Peneliti menggunakan penelitian deskriptif kualitatif yang dimaksudkan untuk menganalisis skenario dan implementasi, respon guru dan siswa, serta kesulitan yang ditemui siswa dalam menyelesaikan tugasnya. Pemahaman konsep  sangatlah penting diterapkan kepada siswa usia 7-12 tahun yang masih berpikir dalam tahap operasional konkrit, hal ini dapat memudahkan siswa dalam  menerjemahkan pemahaman matematika. Dengan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) peserta didik dihadapkan dengan beberapa konsep melalui model konkrit yang berada di dunia nyata sehingga memudahkan mereka dalam mempelajari bangun ruang. Hal tersebut dapat mengurangi masalah yang dihadapi mereka dalam menyelesaikan tugasnya. Implementasi dan skenario yang dirancang melalui media yang bersifat konkrit yang disajikan guru, membuat siswa lebih aktif dan tertarik untuk mempelajari materi lebih dalam sehingga pembelajaran lebih interaktif. Respon siswa dan gurupun semakin positif. Masalah yang menyulitkan siswa berkaitan dengan kelemahan pendekatan RME sendiri yaitu membutuhkan waktu yang cukup lama dalam melakukan pembelajaran terutama pada siswa dengan pola belajar lambat, membutuhkan bimbingan dan perlakuan yang khusus agar mereka dapat memahami apa yang sedeng mereka pelajari. Dari penelitian serta pembahasan yang sudah dilaksanakan, peneliti memperoleh hasil dan menyimpulkan bahwa pendekatan RME memberikan pengaruh yang baik terhadap kegiatan pembelajaran siswa sehingga respon siswa dan guru lebih positif yang menghasilkan peningkatan pada pemahaman siswa terhadap konsep matematik. Kata kunci: Pemahaman Konsep Matematik, Bangun Ruang, Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME).
KEMAMPUAN PEMAHAMAN PADA MATERI BANGUN DATAR UNTUK SISWA KELAS II DI SEKOLAH DASAR MELALUI METODE INKUIRI BERBANTUAN MEDIA KERTAS LIPAT Ratih Purwadewi; Siti Ruqoyyah
COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education) Vol 4, No 1 (2021)
Publisher : IKIP Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep kemampuan pemahaman dengan penggunaan metode inkuiri, perbedaan serta persamaan konsep pembelajaran kemampuan pemahaman dengan penggunaan metode inkuiri, serta mengetahui relevansi metode pembelajaran inkuiri. Rendahnya kemampuan pemahaman siswa pada materi bangun datar dikarenakan metode yang digunakan guru masih menggunakan metode ceramah dimana pembelajaran hanya berpusat pada guru, penggunaan media pembelajaran yang masih terbatas, kurangnya siswa dalam mengerjakan soal-soal latihan, dan siswa merasa malu untuk bertanya kepada guru mengenai materi yang belum dipahami. Beberapa faktor di atas merupakan penyebab rendahnya kemampuan pemahaman matematika siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan data sekunder atau studi literatur yang bersifat kepustakaan (library research). Data sekunder atau studi literatur berdasarkan dua skripsi dan satu jurnal yang dianalisis untuk mengetahui konsep, persamaan dan perbedaan, serta relevansi penggunaan metode inkuiri. Dari hasil analisis, dapat disimpulkan: (1) Konsep kemampuan pemahaman dengan penggunaan metode inkuiri menunjukan hasil yang positif yaitu dapat meningkatkan kemampuan pemahaman serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa, (2) Terdapat perbedaan serta persamaan konsep kemampuan pemahaman dengan metode inkuiri yaitu persamaan dalam penggunaan metode serta memiliki perbedaan dalam jenis penelitian, materi yang dibahas, dan menggunakan media yang berbeda, (3) Relevansi hasil penelitian antara kedua skripsi dan satu jurnal menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode inkuiri dapat meningkatkan kemampuan pemahaman siswa dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bangun datar berbantuan media kertas lipat.
APLIKASI METODE DRILL GUNA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI PERKALIAN SISWA KELAS II SD Uke Viani; Muhammad Rizal Fauzi; Anugrah Ramadhan Firdaus
COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education) Vol 4, No 1 (2021)
Publisher : IKIP Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The background in this study is the low achievement and enthusiasm for mathematics in elementary school. The study uses classroom action research methods by comparing the improvement in student learning outcomes before and after the drill method was applied. The study was conducted at SDN Cibeber 1 in the area of South Cimahi District, Cimahi City. The results of this study are student learning outcomes increased to 52.2% after the drill method was applied. Thus, it can be said that mathematics learning outcomes can improve due to the application of the Drill method to the multiplication material of students in grade II elementary school.
PEMBELAJARAN MATERI PECAHAN PADA SISWA KELAS V DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) sumiati, sumiati
COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education) Vol 4, No 1 (2021)
Publisher : IKIP Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menelaah skenario dan implementasi, respon guru dan siswa, serta kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan tugas. Pemahaman konsep matematis sangat penting diterapkan pada siswa kelas V SD, karena untuk menemukan cara berfikir siswa dalam menyampaikan gagasan matematis dari yang sifatnya abstrak menuju konkret. Melalui pendekatan Realistic Mathematic Education siswa dapat membuat beberapa konsep materi bilangan pecahan sederhana menjadi sesuatu yang konkrit dan dapat digunakan untuk mengurangi kesulitan belajar sehingga matematika menjadi lebih interaktif dan menarik. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Skenario dan implementasi menunjukkan adanya temuan di lapangan yaitu siswa dapat belajar lebih aktif dengan cara guru memberikan pengalaman belajar menggunakan media konkrit serta interaksi sosial antara dengan guru ataupun teman. Respon guru dan siswa sangat baik. Kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan tugas dalam kemampuan pemahaman konsep pecahan terdapat pada indikator membuat persamaan atau model matematika dari representasi lain yang diberikan serta menyusun cerita yang sesuai dengan suatu representasi yang disajikan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan pada penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat adanya pengaruh kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas V khususnya pada mata pelajaran matematika materi bilangan pecahan setelah diterapkannya pendekatan RME. Kata Kunci: Pemahaman Konsep, Realistic Mathematic Education (RME)
PEMBELAJARAN BERPIDATO PADA SISWA KELAS VI DENGAN MENERAPKAN METODE BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) Sarinurdiantini, Erni Erni
COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education) Vol 4, No 1 (2021)
Publisher : IKIP Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengenal hasil pembelajaran berpidato pada siswa kelas VI SDN Ciampel, serta untuk mengembangan keterampilan berdialog siswa. Proses pembelajaran di SDN Ciampel memiliki permasalahan dalam keterampilan berbicara. Pengembangan ketertarikan belajar siswa ialah salah satu tekhnik dalam meningkatkan motivasi belajar. Metode untuk memotivasi siswa dalam pelajaran yakni menghubungkan pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari. Dengan tujuan untuk mengenal peningkatan keterampilan berdialog siswa dengan metode bermain peran dalam pembelajaran berpidato terhadap siswa kelas VI di sekolah Dasar. Tekhnik data yang diaplikasikan yaitu lembar observasi, angket, dan dokumentasi kegiatan proses pembelajaran berpidato. Tekhnik analisa data menerapkan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa pembelajaran berpidato sangat baik. Peneliti menyimpulkan metode bermain peran sangat efektif untuk pembelajaran berpidato siswa kelas VI.
PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMEDIA (POWERPOINT) TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR (Studi Eksperimen pada Pembelajaran IPS Siswa Kelas V SDN Nangela) Ramadhan, Gilang Mas
COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education) Vol 4, No 1 (2021)
Publisher : IKIP Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Motivasi yang tinggi dalam mengikuti proses pembelajaran adalah salah satu hal yang penting, guna menciptakan efektifitas serta efisiensi pelaksanaan proses belajar mengajar di kelas, maka untuk mewujudkan hal tersebut, perlu adanya pemanfaatan media ajar secara optimal terutama yang berbasis multimedia, karena penggunaan multimedia ini belum mendapatkan perhatian lebih dari para pendidik,  dengan berbagai alasan. misalnya saja terbatasnya waktu untuk menyiapkannya, sulit mencari media yang tepat, dan juga tidak tersedianya cukup dana. Adapun Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan multimedia berbasis powerpoint terhadap peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SDN Nangela kab. sukabumi. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan design penelitian One- Group Pretest-Posttest Design. dengan Sampel penelitian yaitu siswa kelas V yang berjumlah 20 orang. Teknik pengumpulan data dengan penyebaran angket, Adapun hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan multimedia dalam pelaksanaan pembelajaran berpengaruh terhadap peningkatan motivasi belajar peserta didik, hal ini ditunjukan dari nilai rata-rata yang didapat siswa sebelum diberikan treatment sebesar 54, dan nilai rata-rata setelah diberikan treatment sebesar 80. Dari data hasil uji t menunjukan bahwa nilai t sebesar 40,307 Sig 0,000 lebih kecil < 0,05. Dengan demikian maka dapat disimpulan bahwa penggunaan multimedia berbasis powerpoint ini memberikan pengaruh terhadap peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SDN Nangela.
METODE PEMBELAJARAN INQURY DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS PIDATO Sukanah, Dede; Rahayu, Galih Dani Septiyan
COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education) Vol 4, No 1 (2021)
Publisher : IKIP Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The ability to write the speech text is one that must be mastered by the classical student in the field of reading, that is, by putting ideas and ideas into written form is not easy. After observations and interviews at the elementary school of the Komplek Ciampel, a number of writing problems have been identified with the factors involved in teachers, students, the media, and the learning models used in learning. The research aims to find out the difference in the ability to write down the text of students' speeches and to describe the inquiry's methods as more effective than the discovery learning model in developing the ability to write speeches on student VI elementary schools of Komplek Ciampel. This kind of research is the inquiry method in the posttest form. So selected the sample of the VIa class experiment group as an experiment class and the VIb class as a control class. The results of this study indicate a significant difference between the experimental class and the control class is seen in the higher average experimental class than the control class.
PEMBELAJARAN MEMAHAMI JENIS - JENIS PEKERJAAN PADA SISWA SEKOLAH DASAR KELAS IV DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER Nugraha, Anton
COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education) Vol 4, No 1 (2021)
Publisher : IKIP Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstractUnderstanding of the social studies subject matter of various jobs in fourth grade elementary school students is very important, because it aims to see how students think when attending the lesson. The Advance Organizer learning model is able to assist students in understanding and implementing it in the practice process directly by doing a job that is to become a figure of a farmer who is planting aloe vera plants in pots. The method used in this study uses a qualitative descriptive approach. Scenarios and implementation show the findings in the field that students can learn more actively, and creatively by the teacher providing the latest information before entering into the subject matter of learning, through the media provided by the teacher. Teacher and student responses are very good. Difficulties experienced by students in completing pre-test questions, namely the lack of social studies kurtilas textbooks provided by the school, so there are some students who fight over the textbooks when learning begins, thus disturbing the concentration of other students who are learning. Based on this research, there is an influence of the ability to think in class IV students in understanding social studies learning materials of various jobs.Keywords: Understanding types – Job types, Advance Model Organizer.  
PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA SD KELAS 1 DENGAN MENGGUNAKAN METODE EJA Latifah, Laila Nur
COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education) Vol 4, No 1 (2021)
Publisher : IKIP Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini ingin mengetahui pembelajaran keterampilan membaca permulaan pada siswa SD kelas 1 dengan memakai metode eja. Deskriptif kualitatif sebagai Metode yang dipakai pada penelitian ini. Subjek dari penelitian ini yakni siswa kelas 1 SD di SDN Nugraha dengan jumlah siswa sebanyak 30 siswa terdiri dari 12 siswa perempuan dan 18 siswa laki-laki. Instrumen yang dipakai yakni lembar observasi guru dan siswa, soal tentang membaca permulaan, serta angket guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat kenaikan kualitas pembelajaran ketika di terapkan metode eja. Hal tersebut ditunjukan dengan skor rata-rata pada observasi guru sebesar 95, skor rata-rata pada observasi siswa sebesar 93, persentase peningkatan dari nilai pre test ke post tets sebesar 35,83%, serta persentase skor angket guru sebesar 95%, dan rata-rata persentase skor angket siswa sebesar 93%.

Page 1 of 2 | Total Record : 20