cover
Contact Name
Akhmad Rizqi Turama
Contact Email
a.rizqiturama@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
a.rizqiturama@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. ogan ilir,
Sumatera selatan
INDONESIA
Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran
Published by Universitas Sriwijaya
ISSN : 23557273     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
LOGAT menerbitkan artikel penelitian dan pengabdian kepada masyarakat serta analitis kritis bidang bahasa/ilmu bahasa, sastra, dan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia. Menerima artikel dari para ahli, peneliti, dosen/guru, dan pemerhati.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue " Vol 6 No 1 (2019): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran" : 7 Documents clear
DUNIA YANG DILAPORKAN, DIRI, DAN LIYAN DALAM NOVEL EDENSOR KARYA ANDREA HIRATA Khurosan, Herpin Nopiandi
Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 6 No 1 (2019): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK Tokoh Ikal dalam Novel Edensor karya Adrea Hirata disinyalir merupakan alter-ego dari penulisnya sendiri. Pertemuan antara Ikal dengan orang-orang asing beserta kebudayaan asing di Eropa, dan negosiasi atas perbedaan dan persamaan yang melingkupinya disinyalir terekam dalam novel Edensor tersebut. Sehingga hal itu mengimplikasikan bahwa di novel Edensor terdapat pelaporan keadaan dunia luas yang tak biasa, juga nilai-nilai asumsi penulisnya, serta perbedaan antara budaya penulis dengan budaya yang dikunjunginya. Oleh karena itu menurut hemat penulis perlu untuk mencari bagaiman dunia, diri, dan liyan ditampilkan dalam novel Edensor tersebut. Penulis menggunakan teori Travel Writing dari Carl Thompson guna menganalisis bagaimana dunia dilaporkan, serta bagaimana diri dan liyan dipresentasikan dalam Edensor. Konsep janus-faced penulis gunakan untuk mengungkap bagaimana Edensor melaporkan dunia. Fashioning digunakan untuk mengungkapkan bagaimana diri disajikan dalam Edensor. Sedangkan konsep othering penulis gunakan untuk mengungkap bagaimana liyan dan peliyanan dipresentasikan dalam Edensor. Hasil yang diperoleh adalah bahwa dalam Edensor Andrea Hirata melaporkan dunia melalui dua direksi janus-faced. Ia melihat dunia asing di sekelilingnya sekaligus melihat kedalam dirinya sendiri yang tak terlepas dari detil-detil yang bersifat personal. Aktifitas janus-faced tersebut merupakan representasi diri romantik yang terbuka akan perubahan. Sedangkan diri romantik itu muncul akibat adanya pembedaan diri yang hierarkis dan ambigu terhadap liyan yang ia temui kala melakukan pergerakan spasial. Kata Kunci: Edensor, Andrea Hirata, Sastra Perjalanan, Carl Thompson.
PENGARUH MODEL TRANS SECTOR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS SURAT PEMBACA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 18 P ALEMBANG Kahfi, Ahmad; Purnomo, Mulyadi Eko; Ansori, Ansori
Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 6 No 1 (2019): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan ada tidaknya pengaruh model pembelajaran Trans Sector terhadap kemampuan menulis surat pembaca siswa kelas IX SMP Negeri 18 Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu. Sampel penelitian terdiri dari 2 kelas yaitu kelas IX.8 yang berjumlah 39 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas IX.9 yang berjumlah 39 siswa sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen merupakan kelas yang diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran Trans Sector sedangkan kelas kontrol merupakan kelas dengan model pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes tertulis dan teknik pengolahan data menggunakan perhitungan uji-t dengan program SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan hasil tes antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Nilai rata-rata tes awal kelas eksperimen 67,62 dan kelas kontrol 65,21. Sementara nilai rata-rata tes akhir kelas eksperimen 78,00 dan kelas kontrol 72,33. Dari hasil perhitungan uji-t membuktikan bahwa thitung > ttabel = 3,338 > 1,992 dengan df = 76 pada tingkat signifikansi 95% (a = 0,025). Dengan demikian, Ha yang berbunyi “Ada perbedaan kemampuan menulis surat pembaca antara siswa kelas IX SMP Negeri 18 Palembang yang menggunakan model pembelajaran Trans Sector dengan siswa kelas IX SMP Negeri 18 Palembang yang menggunakan model pembelajaran konvensional” diterima maka dapat disimpulkan model pembelajaran Trans Sector berpengaruh terhadap kemampuan menulis surat pembaca siswa kelas IX SMP Negeri 18 Palembang.
TUTURAN HUMOR DALAM ACARA TAYANGAN OPERA VAN JAVA di TELEVISI TRANS 7 EPISODE FEBRUARI 2017 Arnita, Meli; Supriyadi, Supriyadi; Ansori, Ansori
Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 6 No 1 (2019): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tuturan humor yang terdapat dalam acara tayangan Opera Van Java di televisi trans7 episode Februari 2017 yang terdiri dari 16 tayangan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana bentuk pelanggaran prinsip kesopanan pada tuturan humor dalam acara tayangan Opera Van Java di televisi trans 7 episode Februari 2017. (2) bagaimana implikatur yang muncul berdasarkan pelanggaran maksim kesopanan dalam acara tayangan Opera Van Java di televisi trans7 episode Februari 2017. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tuturan humor dalam acara tayangan Opera Van Java ini terdapat 37 bentuk pelanggaran prinsip kesopanan dan 48 implikatur untuk menimbulkan kelucuan. Kelucuan tersebut dalam bentuk pengutaraan keanehan, kemustahilan, ketidakmasukakalan, kebodohan dalam suasana atau kelakuan tertentu. Selain itu, bentuk pelanggaran maksim kesopanan adalah (1) maksim kebijaksanaan, (2) maksim penerimaan, (3) maksim kemurahan, (4) maksim kerendahan hati, (5) maksim kesetujuan, dan (6) maksim kesimpatian yang dilanggar oleh peserta tutur. Adapun, implikatur yang muncul terdiri dari implikatur (1) menyombongkan diri, (2) ujaran yang diplesetkan, (3) menghina, (4) merayu, dan (5) memancing amarah yang bertujuan untuk menimbulkan efek lucu. Pelanggaran maksim kesopanan yang paling dominan adalah maksim penerimaan dan implikatur yang paling dominan adalah ujaran yang diplesetkan. Implikasi penelitian ini diharapakan dapat memberikan rujukan bagi pembelajaran bahasa Indonesia, khususnya pada bidang linguistik dilihat dari bentuk pelanggaran prinsip kesopanan dan implikatur.
EKSPRESI KESANTUNAN BERBAHASA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP MUHAMMADIYAH GATAK Putri, Eka Cahyaning; Suwandi, Sarwiji; Mulyono, Slamet
Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 6 No 1 (2019): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan 1) bentuk kesantunan dan ketidaksantunan berbahasa dalam kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Muhammadiyah Gatak, 2) penanda kesantunan berbahasa yang ada pada bentuk tindak tutur dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMP Muhammadiyah Gatak, 3) penanda ketidaksantunan berbahasa dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMP Muhammadiyah Gatak, dan (4) penyebab pelanggaran prinsip kesantunan berbahasa dalam tindak tutur selama pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Muhammadiyah Gatak.Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan sumber data berupa tuturan yang terjadi selama pembelajaran bahasa Indonesia berlangsung di SMP Muhammadiyah Gatak, Sukoharjo. Teknik sampling penelitian ini menggunakan purposive sampling. Teknik uji validitas data yang digunakan yaitu triangulasi sumber data dan triangulasi teori.Hasil penelitian ini adalah 1) Ditemukan 296 bentuk tuturan santun yang mematuhi maksim kebijaksanaan, maksim kedermawanan, maksim penghargaan, maksim kesederhanaan, maksim permufakatan, dan maksim kesimpatisan, 2) Ditemukan 48 bentuk tuturan tidak santun yang melanggar maksim kebijaksanaan, maksim kedermawanan, dan maksim kesederhanaan, 3) Ditemukan penanda kesantunan berupa meminta dan memohon kepada mitra tutur tanpa paksaan dan tidak menyinggung; mempersilakan mitra tutur tanpa paksaan dan tidak menyinggung; serta memberikan tanggapan positif terhadap mitra tutur, 4) Ditemukan penanda ketidaksantunan berupa mengkritik dengan diksi dan intonasi negatif serta tidak bisa mengendalikan emosi; berpendapat dengan menyinggung mitra tutur; dan memotong pembicaraan mitra tutur.
PROTOTIPE BAHAN AJAR APRESIASI PROSA FIKSI: MODUL DAN CD Turama, Akhmad Rizqi; Mulyani, Sri Rarasati; Lidyawati, Yenni
Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 6 No 1 (2019): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat prototipe bahan ajar apresiasi prosa fiksi yang valid. Langkah penelitian mencakup analisis kebutuhan, pembuatan prototipe pertama, validasi oleh ahli, revisi prototipe, dan pembuatan prototipe kedua. Berdasarkan analisis kebutuhan, didapatkan kesimpulan bahwa dibutuhkan sebuah bahan ajar baru untuk mata kuliah apresiasi prosa fiksi. Sementara itu, dari validasi ahli, diketahui bahwa prototipe bahan ajar yang telah dibuat dalam penelitian berkemungkinan dan berpotensi untuk dikembangkan menjadi sebuah bahan ajar. Akan tetapi, masih perlu beberapa tahapan lagi agar prototipe ini bisa menjadi sebuah bahan ajar yang layak dipakai.
PELATIHAN BAHAN AJAR BERBASIS TEKS BAGI GURU-GURU BAHASA INDONESIA DI SMA KABUPATEN MUSI RAWAS Indrawati, Sri; Subadiyono, Subadiyono; Kasmansyah, Kasmansyah; Nurbuana, Nurbuana
Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 6 No 1 (2019): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah untuk melatih guru-guru SMA bidang studi bahasa Indonesia di Kabupaten Musi Rawas mendesain bahan  pembelajaran dalam berbagai bentuk bahan ajar.  Kegiatan pengabdian ini diharapkan dapat bermanfaat untuk    menambah wawasan guru tentang bahan ajar  yang efektif dan menambah pengalaman bagi guru dalam mendesain bahan ajar  yang berbentukhandout, LKPD, brosur/leaflet secara  efektif.Metode pelaksanaan pengabdian ini adalah pelatihan. Pelatihan dilakukan dengan menggunakan berbagai-bagai metode, seperti metode ceramah, diskusi, tanya jawab, tugas, kelompok, pemodelan. Keseluruhan metode dilakukan secara terpadu.  Pelaksanaan kegiatan dilakukan di SMAN 5 Kota Lubuk Linggau, 13-14 September 2018. Khalayak sasaran pengabdian ini adalah guru-guru SMA yang tergabung dalam MGMP bahasa Indonesia dari Kabupaten Musi Rawas dan Kota Lubuk Linggau yang berjumlah 20 orang. Rancangan evaluasi menggunakan tes kinerja dan lembar pengamatan. Tes ini dilakukan pada workshop. Penilaian yang  digunakan adalah penilaian proses. Penilaian ini menggunakan lembar pengamatan yang dilakukan selama proses pemberian materi dan workshop. Hasil pengabdian ini adalah terbentuk prototipe bahan ajar yang dibuat oeh para guru. Prototipe bahan ajar yang dihasilkan berupa  LKPD, handout dan  brosur. Para guru merasa antusias mengikuti pelatihan yang diberikan selama 12 jam. Para guru dibekali dengan konsep bahan ajar, jenis bahan ajar, prosedur pengembangan bahan ajar, dan workshop. Kegiatan workshop ini memberikan efek terhadap pemahaman dan keterampilan guru dalam membuat bahan ajar.
PENGARUH MUHADHARAH TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA INDONESIA PESERTA DIDIK MAN INSAN CENDEKIA OKI Afriansyah, Afriansyah
Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 6 No 1 (2019): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran
Publisher : Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This research discusses about muhadharah effect to speaking skills in Indonesian language to students of MAN Insan Cendekia OKI. The aim of this research is to identify muhadharah effect to speaking skills in Indonesian language to students of MAN Insan Cendekia OKI. To get the result, the writer used descriptive analythical method and analyzed by the theory of speak skills factors of Arsjad G. Maidar. The data sources are obtained from observation, video of muhadharah, and muhadharah participant friends interview. After researcher did the research from 8 samples, the reasearcher found that muhadharah can improve speaking skill in Indonesian language to students of MAN Insan Cendekia OKI

Page 1 of 1 | Total Record : 7


Filter by Year

2019 2019


Filter By Issues
All Issue Vol 10 No 1 (2023): Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 9 No 2 (2022): Logat: Jurnal Bahasa dan Indonesia dan Pembelajaran Vol 9 No 1 (2022): Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 3 No 2 (2016): Logat: Jurnal Bahasa dan Indonesia dan Pembelajaran Vol 8 No 2 (2021): Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 8 No 1 (2021): Logat: Jurnal Bahasa dan Indonesia dan Pembelajaran Vol 7 No 1 (2020): Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 6 No 2 (2019): Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 6 No 2 (2019): Logat: Jurnal Bahasa dan Indonesia dan Pembelajaran Vol 6 No 1 (2019): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 5 No 2 (2018): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 5 No 2 (2018): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 5 No 1 (2018): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 5 No 1 (2018): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 4 No 2 (2017): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 4 No 2 (2017): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 4 No 1 (2017): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 3 No 2 (2016): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 3 No 2 (2016): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 3 No 1 (2016): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 3 No 1 (2016): Logat: Jurnal Bahasa dan Indonesia dan Pembelajaran Vol 2 No 2 (2015): Logat: Jurnal Bahasa dan Indonesia dan Pembelajaran Vol 2 No 2 (2015): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Vol 2 No 1 (2015): Logat: Jurnal Bahasa dan Indonesia dan Pembelajaran Vol 1 No 2 (2014): LOGAT: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran More Issue