cover
Contact Name
Ansar Suhermam
Contact Email
ansar.suherman@umbuton.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
medialogkomunikasi@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota bau bau,
Sulawesi tenggara
INDONESIA
MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi
ISSN : 26560690     EISSN : 26849054     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Medialog: Jurnal Ilmu Komunikasi, diterbitkan dua kali setahun yakni bulan Februari dan Agustus. Menerima artikel yang belum pernah dipublikasikan baik dari hasil penelitian, pemikiran konseptual/teoritis, dan studi tentang berbagai fenonema dalam bidang komunikasi, namun tidak terbatas pada isu-isu yang berkaitan dengan ilmu komunikasi seperti: Politik, Ketahanan Nasional; Kebijakan dan birokrasi; Konflik; Kesehatan; Globalisasi dan Dampak Sosial; Media, Demokrasi, dan Integrasi; Literasi Media; Pariwisata; Budaya Populer dan Masyarakat; Media dan Agama; Media dan Politik Identitas; Gender; Media dan Seksualitas; Media Sosial; Teknologi Komunikasi Informasi (TIK).
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 5 No 2 (2022): Medialog: Jurnal Ilmu Komunikasi" : 7 Documents clear
Pengaruh Kampanye #PawaiBebasPlastik2021 Terhadap Perilaku Peduli Lingkungan Followers Instagram @iddkp Wanda Hanifah; Elisabeth Nugrahaeni Prananingrum; Vera Wijayanti Sutjipto
MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 5 No 2 (2022): Medialog: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UM Buton

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35326/medialog.v5i2.1722

Abstract

ABSTRACT Since the Covid-19 pandemic, plastic problems have increased, because they are triggered by changes in behavior and consumption in the community. Environmental care behavior becomes a measuring tool to determine human behavior about the environment. Public awareness of the urgency of the issue of environmental pollution due to plastic waste is also growing, it can be seen from the emergence of various campaigns in Indonesia, thus this study aims to determine the effect of the #PawaiBebasPlastik2021 campaign on the environmental care behavior of Instagram followers iddk. This type of research is quantitative with a survey method. The number of respondents as many as 99. The results of this study indicate that the value of the correlation coefficient test is in the interval 0.61 – 0.80, this value indicates that the #PawaiBebasPlastik2021 campaign has a strong influence on the environmental care behavior of Instagram followers @Iddkp and is positive. Furthermore, based on the value of the results of the determination test, it is known that the coefficient of determination is 43.2% which shows that 43.2% of caring behavior is influenced by the campaign, but the remaining 56.8% is influenced by other factors. Keywords: Social Media, Campaigns, Plastic Waste, Caring Behavior
PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI CITY BRANDING DINAS PERHUBUNGAN KOTA SURABAYA (Studi Deskriptif Kualitatif Pemanfaatan Media Sosial Instagram @Suroboyobus sebagai City Branding oleh Dinas Perhubungan Kota Surabaya) Jihan Nabilah
MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 5 No 2 (2022): Medialog: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UM Buton

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35326/medialog.v5i2.1733

Abstract

ABSTRAK Dinas Perhubungan Kota Surabaya memanfaatkan media sosial yaitu media sosial Instagram (dengan akun @suroboyobus) sebagai tempat untuk berbagi informasi terkait bus baru dari Dinas Perhubungan Kota Surabaya. Dengan adanya akun Instagram tersebut, diharapkan masyarakat khususnya pengguna Instagram baik dari dalam ataupun luar Kota Surabaya dapat lebih mengenal alat transportasi umum yang telah difasilitasi oleh Dinas Perhubungan Kota Surabaya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui, memahami serta menjelaskan secara detail mengenai pemanfaatan media sosial Instagram sebagai city branding Dinas Perhubungan Kota Surabaya (studi deskriptif kualitatif pemanfaatan media sosial Instagram @suroboyobus sebagai city branding oleh Dinas Perhubungan Kota Surabaya). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan subjek penelitian berupa beberapa orang yang terkait dengan akun media sosial Instagram @suroboyobus seperti Humas Dinas Perhubungan Kota Surabaya, admin akun Instagram @suroboyobus, dan pengikut akun media sosial @suroboyobus. Sedangkan objek penelitian yaitu pemanfaatan media sosial Instagram @suroboyobus sebagai media city branding bagi Dinas Perhubungan Kota Surabaya. Hasil yang diperoleh oleh peneliti dari penelitian ini yaitu diketahui bahwa kehadiran akun Instagram @suroboyobus menarik minat masyarakat, selain itu pemanfaatan media sosial Instagram @suroboyobus oleh Dinas Perhubungan Kota Surabaya dikelola dengan sangat baik dan telah berhasil sebagai salah satu upaya dalam city branding Kota Surabaya sebagai kota yang Smart City.
PERAN PODCAST SEBAGAI MEDIA PENYEBARAN INFORMASI PROGRAM KERJA DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KOTA BANDUNG Bella Ayu Santhia
MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 5 No 2 (2022): Medialog: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UM Buton

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35326/medialog.v5i2.1840

Abstract

Penyebaran informasi dapat digunakan melalui banyak media, salah satunya ialah podcast. Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bandung menggunakan podcast karena melihat tingginya ketertarikan masyarakat terhadap podcast, serta masih jarangnya podcast yang membahas mengenai program kerja pemerintah. Dengan itu, untuk mengetahui peran podcast Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bandung dalam menyebarkan informasi, dibutuhkan perencanaan komunikasi sebagai upaya untuk meminimalisir hambatan yang terjadi selama proses komunikasi, diantaranya dengan melakukan penetapan komunikator, penetapan sasaran, penyusunan pesan, pemilihan media, serta efek dari komunikasi tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Dalam pengambilan data, penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini berjumlah 10 orang yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bandung berperan sebagai komunikator untuk menyebarkan informasi program kerja, dengan sasaran ialah generasi Z dari usia 20-24 tahun. Selain itu, Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bandung juga melakukan penyusunan pesan dan pemilihan media. Media yang digunakan ialah podcast. Informasi yang disebarkan menimbulkan efek bagi sasaran berupa penambahan wawasan dan pengetahuan mengenai program kerja Dinas Komunikasi dan Informatika dan Pemerintah Kota Bandung.
Strategi Humas Bawaslu Takalar dalam Meningkatkan Kepercayaan Publik Wardah Ilkom Unismuh
MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 5 No 2 (2022): Medialog: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UM Buton

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35326/medialog.v5i2.1949

Abstract

Survei yang dilakukan oleh Litbang Kompas tahun 2019, menunjukkan adanya hasil kinerja yang bagus pada lembaga bawaslu. Sekitar 79% yakin terhadap kinerja Bawaslu dalam mengawasi pemilihan legislatif (pileg) dan 78% menyatakan yakin kinerja Bawaslu dalam mengawasi pemilihan presiden (pilpres). Masih dalam survei tersebut, 67,1% mengatakan puas terhadap kinerja Bawaslu dalam pencegahan dan penanganan pemilu, 26% mengatakan tidak puas, dan 6,9 % mengatakan tidak tahu. Sementara, untuk tingkat popularitas Bawaslu mendapatkan 91%, KPU 97%, Panwaslu 84%, dan DKPP (Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu) mendapat 17%. Di Kabupaten Takalar Sulawesi Selatan, terdapat peningkatan keterlibatan aktif masyarakat dalam pemilihan umum tahun 2019 sejumlah 182.535 pemilih dari total 210.886 jumlah penduduk, dibandingkan pada tahun 2018 hanya melibatkan 146.895 pemilih. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi Humas Bawaslu Takalar dalam meningkatkan kepercayaan publik melalui penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan serangkaian strategi komunikasi meliputi publikasi melalui sejumlah akun media sosial Humas Bawaslu Kabupaten Takalar; pelaksanaan event peningkatan SDM dan event lainnya yang melibatkan lembaga eksternal; memaksimalkan pemberitaan melalui peran sinergitas berbagai media cetak, online, dan juga media elektronik lokal lainnya; strategi penggunaan corporate identity hingga upaya lobi dan negosiasi internal. Penerapan strategi komunikasi tersebut cukup efektif. Penelitian ini menyarankan kepada Bawaslu untuk senantiasa melibatkan lembaga mitra dan organisasi kemasyarakatan lainnya dalam melakukan sosialisasi.
EFEKTIVITAS IKLAN DI NEW YORK TIMES SQUARE TERHADAP CITRA MEREK ERIGO PADA PENGGUNA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DI KOTA BANDUNG Rahayu Octaviana
MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 5 No 2 (2022): Medialog: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UM Buton

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35326/medialog.v5i2.2194

Abstract

Dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh efektivitas iklan terhadap citra merek brand Erigo. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis seberapa besar pengaruh dari pemasangan iklan di New York Yimes Square yang telah dilakukan Erigo beberapa waktu lalu terhadap citra merek Erigo. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Sampel penelitian ini diambil menggunakan metode non-probability sampling jenis purpose sampling dengan menggunakan responden sebanyak 100 orang. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data yang diperoleh adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis yang dilakukan secara simultan, efektivitas iklan berpengaruh signifikan dan positif terhadap citra merek Erigo. Hal ini dibuktikan dengan uji regresi linear sederhana, di mana hasil signifikansi pada variabel X memiliki nilai 0,00 yang di mana nilai tersebut kurang dari 0,05. Berdasarkan uji hipotesis secara parsial (uji t) didapatkan nilai thitung >ttabel, yaitu 12,577 > 1,984 yang berarti bahwa efektivitas iklan berpengaruh terhadap citra merek. Berdasarkan uji koefisien determinasi dan pengujian korelasi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dari variabel efektivitas iklan terhadap citra merek brand Erigo sebesar 61,7%.
PERILAKU PELAKU CYBERBULLYING MELALUI INSTAGRAM Afifah Rachmania Salwa; Yuli Candrasari
MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 5 No 2 (2022): Medialog: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UM Buton

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35326/medialog.v5i2.1847

Abstract

Penelitian membahas mengenai fenomena perilaku cyberbullying melalui media sosial instagram -dengan melihat sisi dari para pelaku. Dewasa ini, pengguna instagram terus meningkat, namun sayangnya hal ini tidak diikuti dengan literasi digital. Sehingga, sering kali instagram disalahgunakan. Penelitian ini tergolong ke dalam penelitian dengan metode kualitatif yang dalam pendekatannya menggunakan pendekatan fenomenologi. Dalam mendapatkan data terkait penelitian ini dilakukan menggunakan kerangka fenomenologis, di mana peneliti ingin fokus pada pengalaman sebagai pelaku yang dimiliki oleh remaja perempuan di Surabaya berkaitan dengan fenomena cyberbullying. Dari hasil wawancara dan didukung bukti di akun instagram para informan sebagai pelaku cyberbullying, peneliti melihat bahwa latar belakang perilaku pelaku cyberbullying sangat dekat dengan dorongan balas dendam. Para pelaku cyberbullying sangat memanfaatkan instagram sebagai sarana mereka melancarkan aksinya karena instagram menjadi salah satu aplikasi yang amat populer di berbagai kalangan -terutama para remaja dan instagram mempersilahkan kebebasan dalam bertindak dan bersikap.
The Strategi Branding PT Pos Indonesia (Persero) Pada Media Sosial Instagram @posindonesia.ig Salsabila Rahiq Rahmat
MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 5 No 2 (2022): Medialog: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UM Buton

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35326/medialog.v5i2.2429

Abstract

PT Pos Indonesia (Persero) memiliki pandangan dimata publik sebagai perusahaan kuno dan lama. Namun, dengan tujuh transformasi bisnis yang dimiliki, PT Pos Indonesia (Persero) masih berusaha untuk tetap berinovasi. Salah satunya product and channel transformations yaitu aplikasi Pospay. Aplikasi Pospay digunakan dalam branding Public Relations untuk membangun citra PT Posindo. Dengan menggunakan metode kualitatif – deskriptif, penelitian ini membahas mengenai bagaimana strategi branding Public Relations dalam membangun citra PT Posindo melalui aplikasi Pospay pada Instagram @posindonesia.ig. Pada penelitian ini peneliti mengumpulkan data dari hasil wawancara bersama Public Relations PT Posindo, pihak Marketing jasa keuangan, dan pengguna aplikasi Pospay, serta melakukan observasi melalui media instagram @posindonesia.ig. Konsep strategi branding yang digunakan peneliti yaitu menurut Van Gelder, Shults dan Barnes yaitu Brand Positioning, Brand Identity, dan Brand Communications. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini yaitu branding Public Relations mampu membangun citra PT Posindo menjadi lebih baik dari sebelumnya. Karena melalui aplikasi Pospay, publik percaya bahwa PT Posindo mampu berkembang dan mengikuti zaman.

Page 1 of 1 | Total Record : 7