cover
Contact Name
Safira Permata Dewi
Contact Email
saphire2687@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jpb@fkip.unsri.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. ogan ilir,
Sumatera selatan
INDONESIA
Jurnal Pembelajaran Biologi : Kajian Biologi dan Pembelajarannya
Published by Universitas Sriwijaya
ISSN : 23557192     EISSN : 26139936     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
Jurnal Pembelajaran Biologi : Kajian Biologi dan Pembelajarannya (e-issn : 2613-9936; p-issn : 2355-7192), journals managed by the Biology Education Study Program FKIP Unsri. This journal has been active since 2014, biannually. starting in 2019, Jurnal Pembelajaran Biologi will only publish 6 articles for each issue. We accept scientific articles for the field of Biology Education and Biological Studies in learning.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 2 (2019)" : 6 Documents clear
PROFIL KEMAMPUAN MENGAJAR CALON GURU BIOLOGI PADA MATA KULIAH PKM ( PEMBINAAN KOMPETENSI MENGAJAR ) Mega Elvianasti; Gufron Amirullah; Puri Pramudiani
Jurnal Pembelajaran Biologi: Kajian Biologi dan Pembelajarannya Vol 6, No 2 (2019)
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sriwi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/fpbio.v6i2.9449

Abstract

Pembinaan Kompetensi Mengajar (PKM) adalah salah satu mata kuliah yang membekali calon guru untuk menjadi guru yang profesional. Calon guru dibekali dengan teori mengajar, dan mengembangkan keterampilan mengajar, serta mengintegrasikan antara pedagogik dan konten, kemudian dipraktekkan di dalam kelas. Metode penelitian ini adalah metode deskriptif yang memberi gambaran secara rinci tentang kemampuan mengajar calon guru pada mata kuliah PKM serta hubungannya dengan kesiapan calon guru biologi dalam mengikuti program magang 3 / PPL). Populasi dan sampel penelitian adalah mahasiswa semester 6 FKIP Pendidikan Biologi UHAMKA. Hasil penelitian berupa penguasaan pedagogik, colon guru biologi belum bisa mengidentifikasi pengetahuan awal siswa, mengusai teori belajar yang terkait dengan strategi pendekatan, metode, dan model, dan menentukan aspek-aspek proses dan hasil belajar yang penting untuk dinilai dan dievaluasi dengan karakteristik mata pelajaran yang diampu. Pada saat praktik mengajar, dan persiapan mengajar ada beberapa indikator yang belum dikuasai oleh siswa. Terkait kesiapan mengikuti magang 3, seluruh calon guru mengatakan siap untuk mengikutinya.
MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS) PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM KOORDINASI Mardaleni Leni; Yenny Anwar; Meilinda Meilinda
Jurnal Pembelajaran Biologi: Kajian Biologi dan Pembelajarannya Vol 6, No 2 (2019)
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sriwi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/fpbio.v6i2.9860

Abstract

Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains peserta didik pada materi sistem koordinasi kelas XI SMA Negeri 1 Indralaya Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Desain-Non Equivalent Control Group. Penentuan sampel menggunakan teknik Simple Random Samping. Melalui pengundian ditentukan dua kelas yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data dilakukan dengan tes tertulis berupa soal pilihan ganda 30 soal dengan lima jawaban alternatif dan lembar observasi kinerja KPS. Perbandingan nilai rata-rata tes akhir kelas eksperimen sebesar 83 dengan gain 47 sedangkan kelas kontrol tes akhir sebesar 71 dengan gain 26. Nilai n-gain tertinggi pada kelas eksperimen adalah KPS menafsirkan/interpretasi sedangkan n-gain terendah adalah KPS berkomunikasi. Berdasarkan uji statistik menggunakan SPSS uji t, nilai probabilitas (signifikansi) sebesar 0,000 maka hipotesis H0 ditolak artinya model inkuiri terbimbing berpengaruh signifikan terhadap KPS peserta didik pada materi sistem koordinasi kelas XI SMA Negeri 1 Indralaya Selatan.
IMPLEMENTASI PENILAIAN SOFT SKILLSPADA PEMBELAJARAN IPA DI PERSEKOLAHAN BERORIENTASI LESSONS STUDY Ida Yayu Nurul Hizqiyah; Cartono Cartono; Fitri Aryanti
Jurnal Pembelajaran Biologi: Kajian Biologi dan Pembelajarannya Vol 6, No 2 (2019)
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sriwi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/fpbio.v6i2.9627

Abstract

Peningkatan mutu penyelenggaraan akademik di sekolah dititik beratkan pada penciptaan proses pembelajaran yang kondusif, efektif dan efisien, agar dapat memberikan bekal kemampuan akademis dan profesional kepada para siswa, sehingga lulusan yang dihasilkan siap bersaing di pasar global. Guru harus berfikir kreatif dalam merancang dan melaksanakan kegiatan pembelajaran seperti halnya penerapan lessons study dan peningkatan soft skills.  Lesson Study merupakan suatu kegiatan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan pengembangan keprofesionalan guru. Pengembangan diri dan pembangunan karakter siswa juga diperlukan dan merupakan unsur penting dalam proses pembelajaran. Selama ini pendidikan di negeri ini hanya menekankan pada hard skills dengan alasan indikator pada hard skills lebih mudah untuk diukur dan diamati daripada indikator soft skills. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan penelitian dapat disimpulkan bahwa rata-rata keterlaksanaan implementasi penilaian soft skills cenderung pada kategori baik dimana nilai rata-ratanya diatas 80% dan nilai rerata indikator soft skills pada kategori Mulai Berkembang (MB) dan Mulai Membudaya (MM). Kata Kunci: pembelajaran, lesson study, soft skills
SOFT SKILLS PROFILE OF STUDENT AS A BIOLOGY TEACHER CANDIDATE THROUGH THE EDUCATION ORIENTED WITH LESSON STUDY IN FKIP PASUNDAN UNIVERSITY Fitri Aryanti; Cartono Cartono; Ida Yayu Nurul Hizqiyah
Jurnal Pembelajaran Biologi: Kajian Biologi dan Pembelajarannya Vol 6, No 2 (2019)
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sriwi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/fpbio.v6i2.8695

Abstract

ABSTRACTThis research is a qualitative descriptive. Data collection done through limited interviews and observation sheets. The results obtained are in the form of soft skills profiles of student as a biology teacher candidate on the implementation of education oriented with lesson study. Score of the accuracy of word selection  60%, score of clarity of the use of words  40%, score of the ability of students to compare various data from several sources 55%, score of analyzing problem relationships 45%, score of identifying the problem 65%, score of limiting the problem 35%, score of contributions to groups 55%, score of member responsibility 45%, score of the ability to manage an organization is the quality of information sources 50%, score of the quality of information management 50% and score of the honesty 70%. The  expansion   implementation  program  in   schools planned to be carried out in further research Keywords:soft skills profile, student as a biology teacher candidate, lesson study ABSTRAKPenelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara terbatas dan lembar observasi. Hasil yang diperoleh berupa profil soft skill siswa sebagai calon guru biologi pada pelaksanaan pendidikan yang berorientasi pada lesson study. Skor ketepatan pemilihan kata 60%, skor kejelasan penggunaan kata 40%, skor kemampuan siswa untuk membandingkan berbagai data dari beberapa sumber 55%, skor analisis masalah hubungan 45%, skor identifikasi masalah 65%, skor membatasi masalah 35%, skor kontribusi kepada kelompok 55%, skor tanggung jawab anggota 45%, skor kemampuan mengelola organisasi adalah kualitas sumber informasi 50%, skor kualitas manajemen informasi 50% dan skor kejujuran 70%. Program implementasi perluasan di sekolah direncanakan akan dilakukan dalam penelitian lebih lanjut. Kata kunci:profil soft skill, mahasiswa sebagai calon guru biologi, lesson study
PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROYEK TERHADAP KEMAMPUAN MERANCANG PRODUK DIFUSI OSMOSIS Syamsul Bahri; Hilda Zulkifli; Kodri Madang
Jurnal Pembelajaran Biologi: Kajian Biologi dan Pembelajarannya Vol 6, No 2 (2019)
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sriwi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/fpbio.v6i2.9799

Abstract

This study aims to develop a project-based Student Worksheet (LKPD) on the ability to design osmosis diffusion products for vocational students in Tourism Expertise. This research includes the development of LKPD which is divided into three phases, namely a preliminary study phase, a product design development phase, and a product testing phase. The results showed that the LKPD that had been developed was feasible used well in learning and fulfilled the validation test by experts for the feasibility of the material (content), presentation (construction) and language with good categories. Student responses after using LKPD are very good for supporting and completing LKPD while learning. LKPD tested in Applied Science lessons was able to improve student scores from initial test results with an average score of 66.5 and final test results with an average score of 75.4.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, EXTENDING (CORE) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS Kemala Putri Hadiyati; Purwati Kuswarini Suprapto; Popo Musthofa Kamil
Jurnal Pembelajaran Biologi: Kajian Biologi dan Pembelajarannya Vol 6, No 2 (2019)
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sriwi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/fpbio.v6i2.9157

Abstract

The study aims to determine the effect of Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE) learning model toward criticial thinking skill of students on the senses system material. This research was conducted from September 2018 to June 2019. The research method used is true experiment. Population in this research is all 11th grade Mathematics and Science of State Senior High School at Tasikmalaya. Sample of this research is 2 classes the 11th grade Mathematics and Science, taken by cluster random sampling technique. The result of the research data were analyzed using the ANCOVA test. Based on the result of the research that there was an influence of the Connecting Organizing Reflecting Extending (CORE) learning model toward criticial thinking skill of students on the senses system material in the 11th grade Mathematics and Science of State Senior High School at Tasikmalaya.Keyword:CORE,  criticial thinking, sense system

Page 1 of 1 | Total Record : 6