cover
Contact Name
Maltha Kharisma
Contact Email
psrunp@gmail.com
Phone
+6282284572574
Journal Mail Official
maltha.kharisma@fbs.unp.ac.id
Editorial Address
Universitas Negeri Padang Fakultas Bahasa dan Seni Departemen Seni Rupa Jl. Prof Dr. Hamka Kampus UNP Air Tawar, Padang
Location
Kota padang,
Sumatera barat
INDONESIA
Serupa : The Journal of Art Education
ISSN : -     EISSN : 23023236     DOI : https://doi.org/10.24036/stjae
Core Subject : Education, Art,
Serupa: The Journal of Art Education menyambut baik kiriman yang memberikan wawasan tentang isu-isu terkini dan utama yang berhubungan dengan studi pendidikan maupun seni rupa. Jurnal ini menyediakan tempat bagi para peneliti dan praktisi pendidikan dan seni rupa untuk berdiskusi, mengejar dan mempromosikan pengetahuan di bidang yang muncul dan berkembang dalam studi pendidikan dan seni rupa. Bahasa naskah bisa dalam bahasa Indonesia. Harus ada diskusi kritis tentang masalah dan kontribusi baru dan signifikan untuk bidang terkait. Artikel dapat berasal dari salah satu bidang berikut: Pendidikan seni rupa, Seni Rupa, Kriya, Seni Grafis, Seni Patung, Seni Lukis, Seni Ukir Kayu,.
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 2 (2013): Seri A" : 12 Documents clear
GERAK TARI TRADISIONAL MENGAGAH HARIMAU DI DESA PULAU TENGAH KABUPATEN KERINCI DALAM KARYA LUKIS Dedi Haryanto, Yasrul Sami B, Yofita Sandra
Serupa The Journal of Art Education Vol 1, No 2 (2013): Seri A
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (815.051 KB) | DOI: 10.24036/sr.v1i2.1043

Abstract

AbstrakKarya akhir ini bertujuan untuk menvisualisasikan gerakan tari tradisional mengagah harimau ini dengan bentuk lukisan, supaya tari tradisi mengagah harimau ini tidak hilang/tidak memudar.Tari mengagah harimau merupakan salah satu tari tradisional masyarakat Pulau Tengah Kabupaten Kerinci. Tari ini ditampilkan dalam acara penting, seperti pengangkatan lembaga adat, konduri sko dan pesta danau. Gerak merupakan awalan dari tari, maka tidak ada tarian tanpa gerak. Segala bentuk gerak tari mempunyai pesan yang akan disampaikan tetapi dengan bentuk gerakan. Bentuk gerakan tari tradisional mengagah harimau ini divisualkan dalam sepuluhkarya lukis yang lebih mengutamakan gerakan tari sebagai objek utama, dengan judul: 1). Groak pamukoak, 2). Ngko matai ateh, 3). Ngko kedadea, 4). Ngko kamukea, 5). Ngko marawo, 6). Ngko nak npow, 7). Ngko matai aweng, 8). Ngko silang, 9). Nanjoak kateh, 10). Nanjoak kaweng.AbstractThis final work aims to visualize the movements of the traditional dance amuse tiger in painting form, in order that amuse tiger traditions are not losing/not fading. Amuse tiger dance is one of the traditional dance of Pulau Tengah villagers in Kerinci regency. This dance is featured in an important event, such as the removal of traditional institutions, konduri sko and lake festival. The movements are a beginning of the dance. The movements are a beginning of the dance, so there’s no dance without the movements. All forms of dance has messages to deliver but in movement forms. All forms of this traditional dance’s movement amuse tiger are visualized in ten painting works that give priority to movement as the main object, titled : 1). Groak pamukoak, 2). Ngko matai ateh, 3). Ngko kedadea, 4). Ngko kamukea, 5). Ngko marawo, 6). Ngko nak npow, 7). Ngko matai aweng, 8). Ngko silang, 9). Nanjoak kateh, 10). Nanjoak kaweng.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PENGGUNAAN METODE INKUIRI PADA MATERI PELAJARAN SENI RUPA DI KELAS VII.9 SMP NEGERI 5 PADANG Andrizal, Wisdiarman, Mediagus
Serupa The Journal of Art Education Vol 1, No 2 (2013): Seri A
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (319.425 KB) | DOI: 10.24036/sr.v1i2.987

Abstract

AbstrakTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas VII.9 SMP Negeri 5 Padang dengan metode inkuiri pada materi pelajaran Seni Rupa. Sumber data penelitian adalah siswa yang dijadikan sampel. Data dikumpulkan dengan metode observasi, wawancara, pemberian tes hasil belajar dan alat pengumpul data yang digunakan pada penelitian ini adalah format observasi, tes hasil belajar, catatan lapangan, dan diskusi teman sejawat. Temuan penelitian ini adalah peningkatan aktivitas belajar siswa setiap siklus adalah, siklus I rata-rata aktivitasnya 32,83 dan pada siklus II mencapai 81,83. Peningkatan aktivitas belajar diiringi dengan peningkatan hasil belajar pada setiap siklus. Rata-rata hasil belajar pada siklus I 72,2 dan pada siklus II diperoleh rata-rata hasil belajar 84,3. Perolehan hasil belajar ini menunjukkan peningkatan yang signifikan sebagai hasil dari tindakan yang sudah dilakukan, pada siklus II hasil belajar sudah berada di atas KKM.AbstractThe purpose of this study is to determine the improvement of student learning outcomes VII.9 grade SMP Negeri 5 Padang by the method of inquiry on the subject matter Arts. Sources of research data is sampled students. Data collected by the method of observation, interviews, achievement test administration and data collection tool used in this study was the observation format, achievement test, field notes, and peer discussion. The findings of this study is to increase students' learning activities each cycle is the first cycle an average of 32.83 and activities on the second cycle reaches 81.83. Increased learning activities coupled with improved learning outcomes in each cycle. Average learning outcomes in the first cycle 72.2 and the second cycle earned on average learning outcomes 84.3. Obtaining the results of this study show a significant increase as a result of the actions that have been carried out, on the second cycle of learning outcomes was on the KKM.
FIGUR-FIGUR TERDAMPAK NARKOBA DAN PSIKOTROPIKA DALAM KARYA SENI PATUNG SURREALIS Alik Candra, Erfahmi, Eliya Pebriyeni
Serupa The Journal of Art Education Vol 1, No 2 (2013): Seri A
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (591.245 KB) | DOI: 10.24036/sr.v1i2.1044

Abstract

AbstrakTujuan pembuatan karya ini adalah untuk mengingatkan pada semua orang akan bahaya yang dapat ditimbulkan oleh penyalahgunaan narkoba, dimana narkoba dapat merusak masa depan bahkan dapat mengakibatkan pada kematian. Sebelum proses perwujudan karya dilaksanakan, penulis membuat sketsa berupa hasil mentah seperti apa karya akan jadi nantinya selanjutnya proses penggarapan awal, proses penggarapan akhir dan finishing. Karya akhir ini memvisualkan (menggambarkan secara langsung) dampak-dampak negatif yang ditimbulkan terhadap fisik pemakainya (manusia) oleh narkoba dalam karya seni patung dengan gaya surrealis dengan judul: 1),“Ketergantungan I”2), “Ketergantungan II” 3), “Tak Bisa Lepas”4),“Tak Berdaya” 5),“Tenggelam” 6), “Ingin Keluar”7),“Terbuai”. Keseluruhan dari karya yang penulis suguhkan pada dasarnya memiliki kesamaan, terutama dari segi kesan dan pesan yang disampaikan, baik itu dari karya pertama sampai pada karya terakhir, yaitu bercerita tentang akibat dari penyalahgunaan narkoba.AbstractThe purpose of making this work is to to remind everyone of the dangers that can be caused by drug abuse, where drugs can damage the future may even result in death. Before the realization of the work performed, the authors sketch the form of the raw results as to what work will be later next cultivation process beginning, the end and finishing the cultivation process. The work is to visualize the end (describing direct) negative impacts caused to the wearer's physical (human) by the drug in the works of sculpture by surrealist style with the title: 1), "The Dependence of I" 2), "The Dependence of II" 3), "Can’t be Separated" 4), "Not Helpless" 5), "Sink" 6), "Want Out" 7), "Lulled". The whole of the works of the author suguhkan basically have in common, especially in terms of the impression and the message, whether it's from the first work to the last work, which tells about the consequences of drug abuse.
PENGGUNAAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SENI RUPA SISWA KELAS VIII.1 SMP NEGERI 30 PADANG Rika Putri Dewi, Ernis, Ramalis Hakim
Serupa The Journal of Art Education Vol 1, No 2 (2013): Seri A
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (416.291 KB) | DOI: 10.24036/sr.v1i2.988

Abstract

AbstractThe purpose of this study was (1) to see a picture of the learning process of art using a contextual approach (2) to increase the creativity of art using a contextual approach. The data source of this research is the teacher and the students as the study sample. Data were collected by using observation and interviews. The findings of the study are (1) increased student creativity in the second cycle compared with the first cycle as indicators of creativity by using the contextual approach has been fulfilled (2) an increase in creativity from cycle I to cycle II is 48% (from 24% to 72%) of the students creative.
HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DAN KREATIVITAS DENGAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATERI PELAJARAN SENI RUPA DI SMP NEGERI 24 PADANG Ayu Sabtia, Eswendi, Heldi
Serupa The Journal of Art Education Vol 1, No 2 (2013): Seri A
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (453.886 KB) | DOI: 10.24036/sr.v1i2.1278

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) menguji hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar dalam materi pelajaran seni rupa, (2) menguji hubungan kreativitas dengan hasil belajar seni rupa, dan (3) menguji hubungan motivasi belajar dan kreativitas dengan hasil belajar materi pelajaran seni rupa. Sumber data penelitian ini adalah siswa yang dijadikan sampel penelitian. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Temuan penelitian yaitu (1) terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa dengan tingkat signifikan 0,271, (2) terdapat hubungan yang signifikan antara kreativitas dengan hasil belajar siswa dengan tingkat signifikan 0,247,dan (3) terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi dan kreativitas dengan hasil belajar siswa dalam materi pelajaran seni rupa. Kata kunci : motivasi, kreativitas, hasil belajar
STUDI TENTANG ANYAMAN BAMBU DI KECAMATAN PALUPUAH KABUPATEN AGAM Ratna Yanti, Jamilus Syafril R
Serupa The Journal of Art Education Vol 1, No 2 (2013): Seri A
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (343.72 KB) | DOI: 10.24036/sr.v1i2.975

Abstract

AbstrakTujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan, 1) proses pengolahan bahan, 2) teknik pembuatan produk, 3) bentuk motif produk, 4) proses finishing dan 5) jenis produk anyaman. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer, berupa keterangan lisan dari informan dan data sekunder berupa literature kepustakaan. Prosedur pengumpulan data dengan melakukan observasi, wawancara dan sudi dokumentasi. Data dianalisis dengan melakukan reduksi data (mengumpulkan seluruh data tentang produk anyaman bambu), display data(penyajian data dan disusun secara sistematis sehingga data yang diperoleh dapat menjelaskan dan menjawab masalah yang diteliti) dan mengambil kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan teknik triangulasi sumber.AbstractThe purpose of this study was to describe, 1) material processing, 2) manufacturing technique, 3) a motive for the product, 4) the process of finishing, and 5) the type of webbing products. This study uses a descriptive qualitative method. Sources of data in this study is primary data, in the form of oral testimony from informants and secondary data from the literature library. Data collection procedures by observation, interview and willing documentation. Data were analyzed by performing data reduction (to collect all the data about bamboo products), display data (presentation of data and systematically arranged so that the data obtained can explain and answer the problem under study) and draw conclusions. Checking the validity of the findings made by the technique of triangulation of sources.
PENGARUH PENGGUNAAN PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SENI BUDAYA BIDANG SENI RUPA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 34 PADANG Juria Susinta. S, Wisdiarman, Suib Awrus
Serupa The Journal of Art Education Vol 1, No 2 (2013): Seri A
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (490.352 KB) | DOI: 10.24036/sr.v1i2.989

Abstract

AbstrakTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Seni Budaya bidang Seni Rupa yang diajar menggunakan peta konsep dengan hasil belajar siswa yang diajar tanpa menggunakan peta konsep di kelas VII SMP Negeri 34 Padang. Hipotesis penelitian adalah terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang diajar menggunakan peta konsep dengan hasil belajar siswa yang diajar tanpa menggunakan peta konsep di kelas VII SMPN 34 Padang. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII terdiri dari 7 kelas, dengan jumlah 224 orang siswa. Sampel penelitian kelas VII.1 dan VII.2. Teknik pengumpulan data adalah dengan menggunakan test. Jenis penelitian adalah quasi eksperimen dengan rancangan penelitian pretest-posttest control group desaign. Temuan penelitian adalah hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Seni Budaya bidang Seni Rupa yang diajar menggunakan peta konsep berbeda dengan hasil belajar siswa yang diajar tanpa menggunakan peta konsep. Hal ini ditunjukkan dari hasil perhitungan t-test yang didapat = 5,304 dan = 1,645 dari perhitungan tersebut dapat dilihat bahwa > , sehingga dapat disimpulkan hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol berbeda secara signifikan.AbstractThe purpose of this study was to determine differences in student learning outcomes in the subject field of Cultural Arts Arts is taught using concept maps the learning outcomes of students who are taught without the use of concept maps in class VII 34 junior high schools Negeri Padang. The research hypothesis is that there is a significant difference between the learning outcomes of students who are taught using concept maps the learning outcomes of students who are taught without the use of concept maps in class VII junior high schools 34 Padang. Population were all students of class VII consists of 7 classes, with 224 students. Sample class research VII.1 and VII.2. The data collection technique is to use the test. This type of research is a quasi experimental research design pretest-posttest control group desaign. The study's findings are the result of student learning in the subject areas of Arts Cultural Arts is taught using concept maps different learning outcomes of students who are taught without using concept maps. It is shown from the calculation of the t-test obtained t_hitung = 5.304 and = 1.645 t_tabel of calculation can be seen that t_hitung> t_tabel, so we can conclude the experimental class learning outcomes and control classes vary significantly.
PEMBELAJARAN SENI BUDAYA SUB BIDANG STUDI SENI RUPA DI SMA NEGERI 3 PADANG Rudi Rahmadani, Ramalis Hakim, Yusron Wikarya
Serupa The Journal of Art Education Vol 1, No 2 (2013): Seri A
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (195.307 KB) | DOI: 10.24036/sr.v1i2.1277

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang pelaksanaan pembelajaranseni budaya sub bidang studi seni rupa di SMA Negeri 3 Padang dengan orientasinya adalahguru bidang studi. Fokus penelitian ini adalah pada proses atau pada saat pembelajaranberlangsung. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknikpengumpulan data dilaksanakan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.Data yang diperoleh disusun secara sistematis, terorganisir, terstruktur dan terpola,kemudian dianalisis, diverifikasi, dan disimpulkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwasekolah yang bagus ( disini dikatakan kedalam kategori RSBI) belum tentu menjamin mutuhasil pembelajaran. Pembelajaran dilakukan tidak secara professional. perencanaanpembelajaran hanya untuk memenuhi syarat saja, aspek mutu maupun sasaran yang ingindicapai hanya berwujud wacana/ konsep. Pelaksanaan pembelajaran tidak sesuai denganperencanaan awal dimana pembelajaran yang dilakukan oleh guru tidak memenuhi standar– standar yang telah di tetapkan. Tidak ada acuan yang jelas dalam mengevaluasipembelajaran siswa. Kata kunci: Perencanaan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pembelajaran
SEMUT SEBAGAI OBJEK DALAM KARYA DIGITAL PAINTING Berri Oktariza Sandra Suib Awrus Ariusmedi
Serupa The Journal of Art Education Vol 1, No 2 (2013): Seri A
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (661.855 KB) | DOI: 10.24036/sr.v1i2.981

Abstract

AbstrakKaryaakhirinibertujuanuntukmelatih rasa estetikdalamdirigunamenambahkepekaanterhadapalamdanmenjadikanmanusia agar bersikaplebihbaiklagikedepannya.Proses pembuatan karya yang penulis lakukan yaitu mengamati bentuk, tingkah laku dalamkehidupansemut baik dari alam maupun fhoto, selanjutnya penulis membuat sketsa yang cocok untuk karya akhir ini, setelah sketsa selesai, kemudianpenulismelakukan proses digital painting pada software Adobe Photoshop. Semut menginspirasi penulis untuk menciptakan sebuah karya, hasildarikaryatersebutpenulisberijudul: 1).“Tegur Sapa”, 2).“Peduli”, 3).“Berbagi”, 4).“Setia Kawan”, 5).”Gotong Royong”, 6).”Jujur”, 7).”Disiplin”, 8).”Perkasa”, 9).”Berani”, 10).”Rela Berkorban”.Dalam proses pembuatankaryaakhirini, penulislebih mengutamakan bentuk alami dari setiap jenis semut.AbstractThis invention aims to threat esthetical senses of us in order to add sensitivity into nature and future to make human to have good behavior.An artistic process that the writer done is to observe form, behavior of ants even in natural or photos. Later, the writer design the suitable scheme for this invention. Then, digital printing process by using Adobe Photoshop software. Ants inspiring the writer to create an artistic invention named: 1) greetings, 2) caring, 3) sharing, 4) friendly, 5) mutualism, 6) honesty, 7) discipline, 8) strength, 9) courage, 10) sacrificing. In the process of the invention, it is pointed to use the natural form in every kind of ants.
OBJEK WISATA KECAMATAN LINTAU BUO DALAM KARYA TEKSTIL DENGAN TEKNIK LATCH HOOK DAN CHAIN STITCH YELFI OKTARINI Mediagus, Erwin A
Serupa The Journal of Art Education Vol 1, No 2 (2013): Seri A
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (912.183 KB) | DOI: 10.24036/sr.v1i2.1024

Abstract

AbstrakTujuan pembuatan karya akhir ini adalah (1) memperkenalkan objek wisata alam Kecamatan Lintau Buo dalam karya tekstil dengan Teknik Latch Hook dan Chain Stitch kepada wisatawan, (2) memvisualisasikan keindahan alam Lintau Buo melalui karya tekstil dengan teknik latch hook dan chain stitch, dan (3)Menampilkan karya tekstil dengan teknik Latch Hook dan Chain Stitch dengan dalam ungkap objek wisata kecamatan Lintau Buo dalam Teknik Latch Hook dan Chain Stitch. Bentuk gambaran keindahan objek wisata alam ini dikemas dalam karya akhir dengan judul : 1) Batang Aia Sinama Buo,2) Ngalau Indah Pangian,3) Talago Anguih,4) Air Terjun Tanjung Bonai,5) Panorama Pamasian,6) Panorama Tigo Tumpuak,7) Panorama Puncak Pato. Selanjutnya dalam karya akhir ini, penulis lebih mengutamakan objek wisata alam yang ada di Lintau Buo untuk diperkenalkan, penulis lebih menonjolkan keindahan objek wisata alam di Lintau .AbstractThe purposes of creating this final project are 1) to introduce the natural tourism objects in Lintau Buo District in textile products by using latch hook and chain stitch techniques to tourists, 2) to visualize the Lintau Buo’s natural beauty through textile products by using latch hook and chain stitch techniques, and 3) to exihibit the textile products in showing Lintau Buo tourism objects by using latch hook and chain stitch techniques. These views of natural tourism object are covered in the final project entitled: 1) Batang Aia Sinama Buo, 2) Ngalau Indah Pangian, 3) Talago Anguih, 4) Air Terjun Tanjung Bonai, 5) Panorama Pamasian, 6) Panorama Tigo Tumpuak,7) Panorama Puncak Pato. Then, in this final project, the writer emphasizes on natural tourism objects exist in Lintau Buo to be introduced to the tourists.

Page 1 of 2 | Total Record : 12


Filter by Year

2013 2013


Filter By Issues
All Issue Vol 12, No 3 (2023) Vol 12, No 2 (2023) Vol 12, No 1 (2023) Vol 11, No 4 (2022) Vol 11, No 3 (2022) Vol 11, No 2 (2022) Vol 11, No 1 (2022) Vol 10, No 4 (2021) Vol 10, No 3 (2021) Vol 10, No 2 (2021) Vol 10, No 1 (2021) Vol 9, No 3 (2021): Seri D Vol 9, No 4 (2020) Vol 9, No 3 (2020) Vol 9, No 2 (2020) Vol 9, No 1 (2020) Vol 8, No 3 (2020): Seri B Vol 8, No 2 (2019): Seri B Vol 8, No 2 (2019): Seri A Vol 8, No 1 (2019): Seri B Vol 8, No 1 (2019): Seri A Vol 8, No 1 (2019): Seri C Vol 7, No 4 (2019): Seri A Vol 7, No 4 (2019): Seri B Vol 7, No 3 (2019): Seri B Vol 7, No 3 (2019): Seri C Vol 7, No 3 (2019): Seri A Vol 7, No 2 (2018): Seri B Vol 7, No 2 (2018): Seri A Vol 7, No 1 (2018): Seri A Vol 7, No 1 (2018): Seri B Vol 6, No 3 (2018): Seri A Vol 6, No 2 (2018): Seri D Vol 6, No 2 (2018): Seri E Vol 6, No 2 (2018): Seri B Vol 6, No 2 (2018): Seri A Vol 6, No 2 (2018): Seri C Vol 6, No 1 (2017): Seri F Vol 6, No 1 (2017): Seri E Vol 6, No 1 (2017): Seri G Vol 6, No 1 (2017): Seri A Vol 6, No 1 (2017): Seri B Vol 6, No 1 (2017): Seri D Vol 6, No 1 (2017): Seri C Vol 5, No 2 (2017): Seri B Vol 5, No 2 (2017): Seri D Vol 5, No 2 (2017): Seri C Vol 5, No 2 (2017): Seri A Vol 5, No 1 (2016): Seri C Vol 5, No 1 (2016): Seri A Vol 5, No 1 (2016): Seri B Vol 4, No 3 (2016): Seri A Vol 4, No 2 (2016): Seri A Vol 4, No 2 (2016): Seri B Vol 4, No 1 (2015): Seri B Vol 4, No 1 (2015): Seri A Vol 3, No 3 (2015): Seri A Vol 3, No 2 (2015): Seri B Vol 3, No 2 (2015): Seri C Vol 3, No 2 (2015): Seri A Vol 3, No 1 (2014): Seri A Vol 3, No 1 (2014): Seri C Vol 3, No 1 (2014): Seri B Vol 3, No 1 (2014): Seri E Vol 3, No 1 (2014): Seri D Vol 2, No 3 (2014): Seri A Vol 2, No 2 (2014): Seri C Vol 2, No 2 (2014): Seri A Vol 2, No 2 (2014): Seri B Vol 2, No 1 (2013): Seri A Vol 2, No 1 (2013): Seri C Vol 2, No 1 (2013): Seri B Vol 1, No 3 (2013): Seri A Vol 1, No 3 (2013): Seri B Vol 1, No 2 (2013): Seri A Vol 1, No 1 (2012): Seri A Vol 1, No 1 (2012): Seri B More Issue