cover
Contact Name
Maltha Kharisma
Contact Email
psrunp@gmail.com
Phone
+6282284572574
Journal Mail Official
maltha.kharisma@fbs.unp.ac.id
Editorial Address
Universitas Negeri Padang Fakultas Bahasa dan Seni Departemen Seni Rupa Jl. Prof Dr. Hamka Kampus UNP Air Tawar, Padang
Location
Kota padang,
Sumatera barat
INDONESIA
Serupa : The Journal of Art Education
ISSN : -     EISSN : 23023236     DOI : https://doi.org/10.24036/stjae
Core Subject : Education, Art,
Serupa: The Journal of Art Education menyambut baik kiriman yang memberikan wawasan tentang isu-isu terkini dan utama yang berhubungan dengan studi pendidikan maupun seni rupa. Jurnal ini menyediakan tempat bagi para peneliti dan praktisi pendidikan dan seni rupa untuk berdiskusi, mengejar dan mempromosikan pengetahuan di bidang yang muncul dan berkembang dalam studi pendidikan dan seni rupa. Bahasa naskah bisa dalam bahasa Indonesia. Harus ada diskusi kritis tentang masalah dan kontribusi baru dan signifikan untuk bidang terkait. Artikel dapat berasal dari salah satu bidang berikut: Pendidikan seni rupa, Seni Rupa, Kriya, Seni Grafis, Seni Patung, Seni Lukis, Seni Ukir Kayu,.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 12, No 2 (2023)" : 10 Documents clear
HUBUNGAN AKTIVITAS DAN MINAT BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SENI RUPA SISWA SMP NEGERI 1 TIGO LURAH KABUPATEN SOLOK Putri Pratiwi; Yusron Wikarya
Serupa The Journal of Art Education Vol 12, No 2 (2023)
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/stjae.v12i2.121592

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah : 1) Mengetahui hubungan aktivitas belajar serta hasil belajar seni rupa kelas VIII SMP Negeri 1 Tigo Lurah. 2) Mengetahui hubungan minat belajar serta hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tigo Lurah. Mengetahui hubungan aktivitas serta minat belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar seni rupa siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tigo Lurah. Jenis penelitian yaitu kuantitatif ex-post facto. Metode digunakan dalam pnelitian ini metode korelasional. Sampel penelitian 61 siswa dengan teknik purposive sampling. Instrument dalam penelitian adalah angket serta untuk teknik analisis menggunakan program SPSS. Berdasarkan hasil penelitian hubungan aktivitas dan minat belajar seni rupa siswa kelas VIII SMP 1 Tigo Lurah dapat disimpulkan : 1) Terdapat hubungan aktivitas belajar dengan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tigo Lurah yang signifikan dengan diperoleh skor 0,776 serta nilai signifikan 0,000 < 0,05 sehingga terdapat hubungan positif yang kuat antara aktivitas belajar dengan hasil belajar. 2) Terdapat hubungan minat belajar dengan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tigo Lurah yang signifikan diperoleh skor 0,748 serta nilai signifikan 0,000 < 0,05 sehingga terdapat hubungan positif yang kuat antara minat belajar dengan hasil belajar. 3) Terdapat hubungan aktivitas serta minat belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar seni rupa siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tigo Lurah yang signifikan dengan skor  0,759 seta nilai signifikan 0,000 < 0,05 sehingga terdapat hubungan positif yang kuat antara aktivitas serta minat secara bersama-sama dengan hasil belajar.Kata kunci : minat, aktivitas belajar, hasil belajar, seni rupa
Visualisasi Perjalanan Hidup Penyu dalam Teknik Tapestry sebagai Hiasan dinding Ikke Misreani; Ernis Ernis
Serupa The Journal of Art Education Vol 12, No 2 (2023)
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/stjae.v12i2.121843

Abstract

Karya akhir ini memiliki tujuan untuk memvisualisasikan perjalanan hidup penyu melalui teknik tapestry dengan adanya unsur dan prinsip seni rupa. Dalam berkarya ada empat teknik dalam tapestry yaitu teknik rata, teknik soumak, teknik kilim dan teknik giordes. Proses yang dilakukan terdapat bahan yang digunakan diantaranya benang wol, benang, jagung, dan lainnya untuk membentuk visual penyu dan latar penyu. Ada lima tahap dalam proses karya yakni tahap persiapan, tahap elaborasi, tahap sintesis, tahap realisasi konsep dan tahap penyelesain Ada 10 karya yang dihasil dengan judul yang terdiri dari : pencarian, keputusan, perjuangan, rahasia, rela, kehidupan baru, kemandirian, kecil yang berani, kuat, dan akhir yang rahasia. Setiap karya memiliki makna tersendiri baik itu terhadap penyu maupun sikap manusia. Berharap karya akhir dapat bermanfaat bagi mahasiswa seni rupa dan bisa dijadikan bahan perbandingan dalam penciptaam karya  Kata kunci : Penyu, Perjalanan Hidup, Tapestry
Pengembangan Modul Pembelajaran Ragam Hias Bagi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 V Koto Timur Erdi Syawal; Efrizal Efrizal
Serupa The Journal of Art Education Vol 12, No 2 (2023)
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/stjae.v12i2.121124

Abstract

This observation aims to create a valid and practical decorative variety learning module product. In this development, 4-D model is the research model used in this development. 4-D model is divided into definition, design, development, dissemination. To fit the short time, the implementation of research is limited to the development stage. This was fixed on input from expert validators, including 3 lecturers of fine arts, 1 lecturer of language and teacher of cultural arts. The development of the decorative learning module was carried out with a small-stage test conducted by 15 grade VII students of SMP Negeri 1 V Koto Timur Padang Pariaman Regency. On the validation sheet given to the validator, the results obtained, namely 87,12% categorized as very valid. While the influence of practical test addressed to students, results of the practicality test given to students, the results were 91,6% categorized as very practical. Based on the assesments of the validater experts and students regarding the decorative learning module it is valid and practical. Keyword: Learning Module, Decorative
Permainan Layang-Layang dalam Karya Seni Lukis Kontemporer Ridho Aulia Elsan; Mediagus Mediagus
Serupa The Journal of Art Education Vol 12, No 2 (2023)
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/stjae.v12i2.121710

Abstract

AbstrakRidho Aulia Elsan, 2023:Permainan Layang – Layang dalam Karya Seni Lukis KontemporerPembuatan karya ini adalah untuk memvisualisasikan “permaianan layang-layang”, layang-layang sebagai simbol terhadap pola asuh orang tua terhadap anak. Persamaan yang ditemui antara dua hal tersebut ialah sama-sama mengawasi, memelihara, dan melindungi. Hal tersebut sejalan dengan peran orang tua sebagai pemelihara, pelindung, dan pengawas pada tumbuh kembang anak.Metode yang digunakan dalam pembuatan karya ini melalui beberapa tahapan yaitu: Metode yang digunakan yaitu: (1).Tahapan Persiapan, (2). Tahapan Elaborasi, (3).Tahapan Sintesis, (4).Tahapan Realisasi konsep, (5).Tahapan finishing.Hasil dari karya yang telah divisualisasikan ke media dua dimensi yang dikembangkan menghasilkan judul “Ceria Tak Nyata”, “Dialihkan Dunia Maya”, “Ego Sepihak”, “Fasilitas Yang Lebih”, “Kekurangan Serius”, “Minim Apresiasi”“Sambung Asuh”, “Sampah”, “Terbandingkan”, “Tersangkut Kekinian” Kata kunci: Permainan, Layang-Layang, Lukis Kontemporer
Permainan Tradisional Dalam Karya Seni Kriya Logam mulya arif; M Nasrul Kamal
Serupa The Journal of Art Education Vol 12, No 2 (2023)
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/stjae.v12i2.121687

Abstract

ABSTRACT            Tujuan artikel ini adalah untuk memvisualisasikan permainan tradisional melalui karya seni kriya logam. Hal ini mengingatkan dan menyadarkan kembali kepada anak-anak mengenai kehidupan nilai-nilai budaya sosial yang diturun-temurunkan oleh kedua orang tua mereka sejak kecil seperti rasa tanggung jawab, kemandirian, solidaritas, sopan santun, toleransi, kerja sama, tidak bergantung pada orang lain. Mereka dapat berpegang teguh terhadap nilai-nilai sosial tersebut, yang dilatih sejak kecil untuk menjadikan ilmu dan bekal ketika mereka beranjak dewasa nantinya. Metode penciptaan karya ini memerlukan proses tahapan yaitu dengan tahapan persiapan, elaborasi, sintesis, realisasi konsep, hingga tahap penyelesaian atau finishing dalam berkarya. Hasil dari penciptaan karya seni kriya logam memvisualisasikan berbagai macam permainan tradisional Sumatera Barat yang di gambarkan dalam tujuh karya yakni memiliki ukuran 60 cm x 40 cm pada media plat logam tembaga dengan judul yang berbeda-beda yaitu: “main badia-badia”, “main kalereng”, “main kajai”, “main ula nago panjang”, “main congkak”, “main kayang”, “batu tujuah”. Kata Kunci : Permainan, Ukir Tekan, Tradisional, dan Kriya Logam.  
KASIH SAYANG INDUK AYAM DALAM KARYA SENI LUKIS KONTEMPORER Muhammad Ivan Amrozi; Yasrul Sami. B
Serupa The Journal of Art Education Vol 12, No 2 (2023)
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/stjae.v12i2.121754

Abstract

Muhammad Ivan Amrozi, 2023: Kasih Sayang Induk Ayam dalam Karya Seni Lukis Kontemporer                Karya akhir ini dibuat dengan tujuan untuk mengungkapkan bentuk kasih sayang ibu kepada anaknya yang divisualisasikan dengan induk ayam ke dalam karya seni lukis dengan gaya kontemporer. Serta sebagai sarana untuk memperdalam konsep dan teknik berkarya lukis.                Pembuatan karya akhir ini menerapkan metode penciptaan yang dilakukan secara bertahap. Dimulai dari tahapan persiapan, tahapan elaborasi, tahapan sintesis, tahapan realisasi konsep, serta tahapan penyelesaian.                Berdasarkan metode yang telah dilakukan, maka didapatkanlah sepuluh judul karya, yaitu : “Cari Tempat”, “Mak Geser Dulu”, ”Bukan Tidak Lapar”, ”Penunjuk”, “Demi”, “Benteng Terdepan”, “Nekat Melawan”, “Awas Jatuh!”, “Waktu itu disaat Hujan”, “Dibalik Diamnya”. Kata kunci : Kasih Sayang, Induk Ayam, Lukis Kontemporer
Visulisasi Bunga Matahari Melalui Teknik Benang Hias Pada Karya Hiasan Dinding Reza Anisa; Ernis Ernis
Serupa The Journal of Art Education Vol 12, No 2 (2023)
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/stjae.v12i2.121695

Abstract

AbstrakTerciptanya karya akhir ini bertujuan untuk memperkenalkan bentuk bunga matahari sebagai tanaman hias serta melestarikan ke dalam bentuk karya seni sulam dengan cara memvisualisasikan bentuk figur bunga, hewan dan objek pendukung lainya yang terdapat dalam bunga matahari. Metode yang digunakan untuk pembuataan karya akhir ini yaitu menggunakan lima tahap berikut tahap-tahap yang digunakan: 1. persiapan, 2. tahap elaborasi, 3. tahap sintesis, 4. tahap realisasi konsep, dan 5. tahap penyelesaian. Hasil yang dicapai untuk penciptaan karya sulaman ini yaitu berjudul sebagai berikut: menguntungkan, kebersamaan, merekah, tumbuh, kedamaian, mekar, berbagi, kepatuhan, searah, kebahagiaan. Kata kunci : Visualisasi, bunga matahari , sulam
BENALU DALAM SENI GRAFIS Virda Okta Nengsih; Irwan Irwan
Serupa The Journal of Art Education Vol 12, No 2 (2023)
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/stjae.v12i2.121821

Abstract

Penciptaan karya akhir ini bertujuan untuk memvisualisasikan bagaimana bentuk dari benalu yang menyerupai sifat-sifat manusia kedalam bentuk karya seni grafis (linoleum cut). Menampilkan berbagai macam sifat-sifat seperti benalu tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Teknik yang digunakan adalah teknik relief print (linoleun cut). Relief print dengan menggunakan karet lino sebagai klise dan proses karya yang digunakan dalam penciptaan karya seni grafis ini melalui beberapa tahapan: (1) persiapan, (2) Elaborasi, (3) Sintesis, (4) Realisasi konsep, (5) Penyelesaian. Hasil dari visualisasi Benalu dalam Karya Seni Grafis (Linoleum Cut) berupa 10 karya dengan judul: (1) Mengais, (2) Berharap, (3) Mencari Sampah, (4) Lelah , (5)Mengangkat Batu, (6) Bertahan, (7)memikul, (8)Menyambung Hidup, (9) Tertunduk, (10) Memikul Beban.
LESUNG SEBAGAI SUMBER KEHIDUPAN DALAM KARYA LUKIS SUREALIS Ikhsan Muhammad Irsa; Yasrul Sami
Serupa The Journal of Art Education Vol 12, No 2 (2023)
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/stjae.v12i2.121862

Abstract

Wujud kebudayaan adalah salah satu unsur yang ada dalam kebudayaan, wujud itu berupa benda yang ada dalam kegiatan budaya dan digunakan sebagai alat instrumen atau memunculkan suatu kebudayaan yang baru, lesung adalah benda budaya yang berperan dalam membentuk suatu kebudayaan dimasyarakat, nilai yang ada pada lesung ini visualisasikan kedalam bentuk seni lukis gaya surealis dua dimensi. Tujuan dari pembuatan karya didasarkan atas permasalahan yang terjadi pada lesung saat ini dimana eksitensinya yang mulai terlupakan akibat dari perkembangan zaman dan mengenalkan kembali lesung kemasyarakat sebagai benda budaya. Penulis menampilkan “lesung sebagai objek utama dalam lukisan surealisme dengan menggunakan lima metode penciptaan tahapan karya seni, yaitu tahap persiapan, tahap elaborasi, tahap sintesis, tahap realisasi konsep, tahap penyelesaian lalu setelah itu mengadakan pameran, dokumentasi, dan laporan karya akhir. Kesepuluh karya tersebut berjudul: Menyatu dengan alam, Tenggelam, gotong royong, simbol, remeh, terikat, indah, kerinduan, Halus, Pilihan. Kesepuluh karya tersebut menceritakan tentang fenomena-fenomena yang terjadi kepada lesung sebagai benda budaya.
visualisasi kehidupan burung elang dalam teknik sulam aplikasi pada karya hiasan dinding febriana adinda fauzan; Eliya Pebriyeni
Serupa The Journal of Art Education Vol 12, No 2 (2023)
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/stjae.v12i2.121844

Abstract

AbstrakAdapun tujuan terciptanya karya akhir ini ialah memumjukkan kehidupan burung elang ke dalam bentuk karya seni dengan teknik sulam aplikasi. Metode yang digunakan dalam penciptaan karya seni ini melalui beberapa tahapan, yaitu : persiapan, elaborasi, sintesis, realisasi konsep dan penyelesaian.Karya yang dihasikan dari penciptaan karya seni sulaman ini yaitu berjudul Fokus, Melintasi Badai, Sendirian, Transformasi, Hidup, Berkembang, Tenang, Berani, Berdiri Sendiri, Setia.   Kata kunci :visualisasi, kehidupan burung elang, sulam aplikasi

Page 1 of 1 | Total Record : 10


Filter by Year

2023 2023


Filter By Issues
All Issue Vol 12, No 3 (2023) Vol 12, No 2 (2023) Vol 12, No 1 (2023) Vol 11, No 4 (2022) Vol 11, No 3 (2022) Vol 11, No 2 (2022) Vol 11, No 1 (2022) Vol 10, No 4 (2021) Vol 10, No 3 (2021) Vol 10, No 2 (2021) Vol 10, No 1 (2021) Vol 9, No 3 (2021): Seri D Vol 9, No 4 (2020) Vol 9, No 3 (2020) Vol 9, No 2 (2020) Vol 9, No 1 (2020) Vol 8, No 3 (2020): Seri B Vol 8, No 2 (2019): Seri B Vol 8, No 2 (2019): Seri A Vol 8, No 1 (2019): Seri B Vol 8, No 1 (2019): Seri A Vol 8, No 1 (2019): Seri C Vol 7, No 4 (2019): Seri A Vol 7, No 4 (2019): Seri B Vol 7, No 3 (2019): Seri B Vol 7, No 3 (2019): Seri C Vol 7, No 3 (2019): Seri A Vol 7, No 2 (2018): Seri B Vol 7, No 2 (2018): Seri A Vol 7, No 1 (2018): Seri A Vol 7, No 1 (2018): Seri B Vol 6, No 3 (2018): Seri A Vol 6, No 2 (2018): Seri B Vol 6, No 2 (2018): Seri A Vol 6, No 2 (2018): Seri C Vol 6, No 2 (2018): Seri D Vol 6, No 2 (2018): Seri E Vol 6, No 1 (2017): Seri C Vol 6, No 1 (2017): Seri F Vol 6, No 1 (2017): Seri E Vol 6, No 1 (2017): Seri G Vol 6, No 1 (2017): Seri A Vol 6, No 1 (2017): Seri B Vol 6, No 1 (2017): Seri D Vol 5, No 2 (2017): Seri B Vol 5, No 2 (2017): Seri D Vol 5, No 2 (2017): Seri C Vol 5, No 2 (2017): Seri A Vol 5, No 1 (2016): Seri B Vol 5, No 1 (2016): Seri C Vol 5, No 1 (2016): Seri A Vol 4, No 3 (2016): Seri A Vol 4, No 2 (2016): Seri A Vol 4, No 2 (2016): Seri B Vol 4, No 1 (2015): Seri B Vol 4, No 1 (2015): Seri A Vol 3, No 3 (2015): Seri A Vol 3, No 2 (2015): Seri B Vol 3, No 2 (2015): Seri C Vol 3, No 2 (2015): Seri A Vol 3, No 1 (2014): Seri D Vol 3, No 1 (2014): Seri A Vol 3, No 1 (2014): Seri C Vol 3, No 1 (2014): Seri B Vol 3, No 1 (2014): Seri E Vol 2, No 3 (2014): Seri A Vol 2, No 2 (2014): Seri C Vol 2, No 2 (2014): Seri A Vol 2, No 2 (2014): Seri B Vol 2, No 1 (2013): Seri A Vol 2, No 1 (2013): Seri C Vol 2, No 1 (2013): Seri B Vol 1, No 3 (2013): Seri A Vol 1, No 3 (2013): Seri B Vol 1, No 2 (2013): Seri A Vol 1, No 1 (2012): Seri A Vol 1, No 1 (2012): Seri B More Issue