cover
Contact Name
Wiwit Damayanti Lestari
Contact Email
wiwitdamayantilestari@unwir.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
mathline@unwir.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. indramayu,
Jawa barat
INDONESIA
M A T H L I N E : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Published by Universitas Wiralodra
ISSN : 25025872     EISSN : 26223627     DOI : -
Core Subject : Education,
Mathline is published by Mathematics Education Department of Wiralodra University. Mathline publishes the research issues on mathematics, mathematics education, and could be experiment, research and development, or classroom action research. This Journal are bi-annual publication, on February and August.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol. 5 No. 1 (2020): Mathline" : 8 Documents clear
Integrasi Teknologi Dalam Pengajaran Matematika Neneng Aminah; St. Budi Waluya; Rochmad Rochmad
Mathline : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol. 5 No. 1 (2020): Mathline
Publisher : Universitas Wiralodra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31943/mathline.v5i1.122

Abstract

Guru merupakan pendidik yang harus memiliki berbagai kemampuan, bukan hanya materi saja yang harus dimiliki namun mereka harus memiliki kemampuan untuk mengajar, dengan pesatnya perkembangan jaman, hal ini berpengaruh pula pada bidang pendidikan, salah satunya pada pengajaran di kelas, sudah hampir seratus persen siswa pasti mengenal dengan gadgetnya, maka seorang guru diharapkan bisa memanfaatkan keadaan ini untuk pembelajaran di kelas. Hal ini merupakan sebuah problematika yang terjadi dikalangan pengajar, walaupun tidak semua guru mengalami hal ini, artikel kali ini akan membahas problematika guru terkait pengusaan teknologi dalam pembelajaran matematika, dimana pada era Revolusi Industri 4.0 guru professional di tuntut untuk menguasai kemampuan mengajar, kemampuan materi, yang terintegrasi ke dalam kemampuan teknologi, dimana para ahli pendidikan menyebutnya dengan kemampuan Technologi Pedagogic and Content Knowledge (TPACK), karena pengetahuan ini mensinyalir dapat meningkatkan profesionalisme guru.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS I-SPRING SUITE 8 PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA Puji Lestari
Mathline : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol. 5 No. 1 (2020): Mathline
Publisher : Universitas Wiralodra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31943/mathline.v5i1.124

Abstract

Penggunaan media pembelajaran sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran telah terbukti cukup efektif dalam mencapai tujuan pembelajaran. Salah satu kekurangan media pembelajaran saat ini diantaranya ketiadaan proses evaluasi yang secara interaktif melibatkan para siswa. Penelitian ini merupakan bagian dari Research and Development (R&D) yaitu pra penelitian pada tahapan validasi instrumen.Pengembangan selanjutnya dari penelitian ini akan dikembangkan media pembelajaran interaktif berbasis i-spring suite 8 yang bersifat valid, praktis dan efektif, pada beberapa materi matematika tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP). Diharapkan pengembangan media pembelajaran ini dapat membantu mengoptimalkan proses belajar siswa. Subjek dari penelitian ini adalah 6 orang Guru beserta 18 Siswa pada 3 Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri di Kota Tasikmalaya. Berdasarkan hasil uji coba terbatas pada Guru dan Siswa, diperoleh kesimpulan tingkat kelayakan media yang diberikan oleh ahli materi dan pengguna berturut-turut adalah sebesar 84,09 % dan 87,67 %. Dengan demikian disimpulkan bahwa media yang dikembangkan sangat layak digunakan sebagai sumber belajar.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN ISPRING DAN APK BUILDER UNTUK PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS X MATERI PROYEKSI VEKTOR Denih Handayani; Diar Veni Rahayu
Mathline : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol. 5 No. 1 (2020): Mathline
Publisher : Universitas Wiralodra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31943/mathline.v5i1.126

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif berbasis android menggunakan Ispring dan APK Builder untuk pembelajaran matematika kelas X pada materi proyeksi vektor dan mengetahui kelayakan dari media pembelajaran interaktif tersebut berdasarkan penilaian ahli media, ahli materi dan pembelajaran, serta berdasarkan penilaian teknis. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan merupakan model prosedural dengan tahapan analisis kebutuhan, desain, validasi desain, revisi desain, ujicoba produk, revisi produk, dan Produk akhir. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Penelitian ini telah berhasil mengembangkan media pembelajaran interkatif yang mempunyai kualitas sangat baik. Hasil nalisis data menunjukkan tingkat kelayakan oleh ahli media sebesar 94,44% yang termasuk katergori sangat layak, ahli materi dan pembelajaran sebesar 95% yang dikategorikan sangat layak dan siswa sebagai pengguna sebesar 94,42% yang dikategorikan sangat layak. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android menggunakan Ispring dan APK Builder untuk pembelajaran matematika kelas X materi proyeksi vektor sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran.
PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA MENGGUNAKAN WORKED EXAMPLE Intan Noorfitriani Intan; Abdul Rosyid
Mathline : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol. 5 No. 1 (2020): Mathline
Publisher : Universitas Wiralodra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31943/mathline.v5i1.127

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk menelaah dan menganalsis peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa setelah pembelajaran menggunakan worked example . Metode yang digunakan adalah metode pre-eksperimen dengan one group pretest postest design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMP kelas VIII-J SMP Negeri 1 Jalaksana. Peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa diperoleh dari nilai n-gain. Teknik analisis data yang digunakan meliputi uji normalitas, dan uji t satu sampel. Dari data hasil penelitian diperoleh rata-rata n-gain sebesar 0,73. Berdasarkan analsis data yang dilakukan diperoleh dan Karena kriteria tidak terpenuhi tetapi nilai t berada pada daerah penerimaan , maka diterima. Hal ini menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa setelah pembelajaran menggunakan worked example berada pada kategori tinggi.
Analisis Terhadap Disposisi Berpikir Kritis Siswa Jurusan IPS Pada Pembelajaran Matematika Eline Yanty Putri Nasution; Devi Pebrianti; Rahmi Putri
Mathline : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol. 5 No. 1 (2020): Mathline
Publisher : Universitas Wiralodra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31943/mathline.v5i1.130

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keadaan disposisi berpikir kritis siswa, faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi disposisi berpikir kritis siswa serta solusi untuk meningkatkan disposisi berpikir kritis siswa dalam pembelajaran matematika di kelas XI IPS pada salah satu Sekolah Menengah Atas di Kota Sungai Penuh Provinsi Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif menggunakan pendekatan deskriptif dengan jenis penelitian lapangan pada siswa Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Secara ontologi, terdapat dugaan bahwa siswa IPS memiliki tingkat disposisi (sikap positif) yang rendah terhadap mata pelajaran Matematika. Sementara itu secara epistemologi, disposisi berpikir kritis matematis siswa IPS sangat berguna pada kehidupan sehari-hari. Objek penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas IX IPS 1 SMA Negeri 5 Sungai Penuh yang berjumlah 23 orang dengan 1 orang Guru Matematika sebagai informan penelitian. Penelitian ini menggunakan Angket (Kuesioner) Disposisi Berpikir Kritis, Pedoman Wawancara untuk Guru dan Siswa serta Lembar Observasi Aktivitas Guru dan Siswa. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa: 1) terdapat 5 orang siswa (22%) memiliki disposisi berpikir kritis yang tinggi; 2) terdapat 13 orang siswa (56%) memiliki disposisi berpikir kritis yang sedang; dan 3) terdapat 5 orang siswa (22%) memiliki disposisi berpikir kritis yang rendah. Rendahnya disposisi berpikir kritis siswa IPS dapat ditanggulangi dengan memberikan strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa IPS dalam pembelajaran matematika serta diklat peningkatan kompetensi guru seperti PKB dan PKP. Kata Kunci : disposisi, berpikir kritis, kualitatif, deskriptif, siswa IPS, ontologi, epistemologi ABSTRACT This study aim to analyze the condition of students’ critical thinking disposition, all factors that affect students’ critical thinking disposition, and the solution to improve students’ critical thinking disposition in mathematics learning at XI IPS grade in one of the senior high school in Sungai Penuh City, Jambi Province. This study is a qualitative research using descriptive approach with field research type on Social (IPS) Major Students. Ontologically, there is a notion that IPS students has a lower disposition (positive attitude) through Mathematics subject. Otherwise, epistemologically, students’ critical thinking disposition on IPS students is usefull in their daily life. The object of this study is all of XI IPS 1 state senior high school (SMA) 5 students that contain 23 students with 1 mathematics teacher as the research informer. This study use critical thinking disposition quationnaire, interview guidelines for teacher and students then observation sheet for teacher and student’s activity. According to the data analysis result, obtain that: 1) there are 5 students (22%) has higher critical thinking disposition; 2) there are 13 students (56%) has medium critical thinking disposition; and 3) there are 5 students (22%) has lower critical thinking disposition. The lowerness of IPS students’ critical thinking disposition can be solved by applicate learning strategies that can improve IPS students’ critical thinking disposition in learning mathematics and a training to improve teacher competence like PKB dan PKP. Keyword(s): disposition, critical thinking, qualitative, descriptive, IPS students, ontology, epistemology
Penerapan Lesson Study dalam Perkuliahan Matematika Dasar pada Mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Pasir Pengaraian Ratri Isharyadi; Lusi Eka Afri; Annajmi Annajmi
Mathline : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol. 5 No. 1 (2020): Mathline
Publisher : Universitas Wiralodra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31943/mathline.v5i1.131

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran matematika dasar melalui kegiatan lesson study bagi mahasiswa pendidikan biologi universitas pasir pengaraian. Penelitian ini dilaksanakan di program studi Pendidikan Biologi Universitas Pasir Pengaraian dengan subjek penelitian adalah mahasiswa S-1 yang mengambil mata kuliah matematika dasar tahun akademik 2019/2020 semester ganjil. Pelaksanaan penelitian menggunakan tahapan plan, do dan see. Instrument penelitian berupa lembar observasi, rekaman video dan hasil pekerjaan mahasiswa berupa lembar kerja mahasiswa. Data hasil observasi dianalisis secara deskriptif, data hasil belajar matematis peserta didik dianalisis untuk mengetahui proses pembelajaran matematika dasar melalui lesson study. Pelaksanaan Lesson Study di perkuliahan Matematika Dasar secara garis besar berjalan dengan baik. Pelaksanaan pembelajaran berjalan sesuai dengan yang direncanakan. Selama proses pembelajaran, mahasiswa terlibat aktif dalam mempelajari materi perkuliahan. Hasil belajar yang diperoleh dari turnamen diakhir pelajaran menunjukkan tercapainya tujuan pembelajaran. Pelaksanaan lesson study dapat memberikan wadah untuk para pendidikan saling berbagi pengalaman tentang praktek terbaik dalam pembelajaran. Kolaborasi antar dosen dalam mempersiapkan dan melaksanakan pembelajaran memberikan hasil yang baik dalam proses dan hasil belajar mahasiswa. Rangkaian kegiatan pembelajaran tersebut ternyata dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan juga pemahaman mahasiswa dalam memahami materi perkuliahan. Walaupun demikian, masih terdapat beberapa perbaikan yang harus dilakukan untuk kedepannya
PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI APLIKASI BARISAN Nandang Nandang; Ela Susanti; Ita Duhita Puri
Mathline : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol. 5 No. 1 (2020): Mathline
Publisher : Universitas Wiralodra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31943/mathline.v5i1.142

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada materi aplikasi barisan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan di SMAN 2 Indramayu. Partisipan dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI-6 MIPA yang berjumlah 30 siswa. Alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi dan tes formatif. Hasil pengolahan data keaktifan diperoleh terjadi peningkatan. Pada siklus I sebesar 40%, siklus II sebesar 76,7% dan pada siklus III sebesar 93,3%. Hasil pengolahan data hasil belajar diperoleh rata-rata siklus I sebesar 82,1, siklus II sebesar 90,6 dan siklus III sebesar 95,9. Adapun peningkatan jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar yaitu dari siklus I sebesar 86,7% dengan kategori ketuntasan tinggi, siklus II sebesar 100% dengan kategori ketuntasan sangat tinggi, dan siklus III sebesar 100% dengan kategori ketuntasan sangat tinggi.
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PERSAMAAN TRIGONOMETRI Farid Gunadi; ULFHA RACHMAWATI; IMAN PERMANA HADI
Mathline : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol. 5 No. 1 (2020): Mathline
Publisher : Universitas Wiralodra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31943/mathline.v5i1.144

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada materi persamaan trigonometri. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan di SMA Negeri 1 Sindang. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lainteknik observasi dan tes. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI-2 MIPA yang berjumlah 36 siswa. Hasil pengolahan data hasil belajar yang diperoleh mengalami peningkatan pada setiap siklus dengan rata-rata pada siklus I 27,78%, siklus II 83,33%, siklus III 100%. Hasil uji efektivitas yang diperoleh pada siklus I to < t(0,05, 36) tidak efektif, tetapi pada siklus II dan siklus III to > t(0,05, 36) efektif. Sedangkan hasil pengolahan data keaktifan yang diperoleh mengalai peningkatan pada setiap siklus dengan rata-rata siklus I 69%, siklus II 86%, siklus III 92%. Kesimpulannya adalah model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) efektif untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar persamaan trigonometri.

Page 1 of 1 | Total Record : 8