cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Isema : Islamic Educational Management
ISSN : 2541383X     EISSN : 225417088     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
JURNAL IsEMa (Islamic Educational Management) ialah jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan oleh Laboratorium Jurusan/Prodi S1 Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Jurnal ini memfokuskan diri pada kajian ilmu manajemen pendidikan Islam.
Arjuna Subject : -
Articles 124 Documents
PRINSIP-PRINSIP DASAR MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM DALAM AL-QUR’AN Hisam Ahyani; Agus Yosep Abduloh; Tobroni Tobroni
Jurnal Isema : Islamic Educational Management Vol 6, No 1 (2021): Jurnal Islamic Education Management
Publisher : Laboratorium Jurusan S1 Manajemen Pendidikan Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/isema.v6i1.10148

Abstract

Prinsip dasar Manajemen Pendidikan Islam mengandung berbagai prinsip umum yang fleksibel sehingga ia sejalan dengan kemajuan dan perkembangan yang baik. Prinsip-prinsip inilah yang membedakan antara manajemen pendidikan secara umum dengan manjemen pendidikan Islam. Mengenai prinsip-prinsip manajemen pendidikan Islam banyak pakar pendidikan Islam yang berbeda pendapat. Maka dari itu di era yang serba digital ini yaitu Era Revolusi Industri 4.0 perlu adanya revitaslisasi kajian mengenai prinsip-prinsip dalam manajemen pendidikan Islam guna mewujudkan manajemen yang kokoh dan unggul. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dalam penelitian kepustakaan (library research). Adapun pendekatannya menggunakan pendekatannya kulalitatif. Penulis mengambil ayat-ayat yang berkaitan, antara lain yaitu Surat Al-A’raf ayat 29, Surat Al-Ahzab ayat 24, Surat Al-Zumr ayat 33, Surat At-Taubah ayat 119, Surat Muhammad ayat 21, Surat An-Nisa ayat 58, Al-Maidah ayat 8. Hasil temuan dalam penelitian ini adalah bahwa prinsip-prinsip dasar dalam manajemen pendidikan Islam dan relevansinya dalam kehidupan Era Revlusi Industri 4.0 diantaranya meliputi prinsip ikhlas, jujur, amanah dan adil.
MANAJEMEN PEMBELAJARAN BERBASIS BLENDED LEARNING PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus di MAS YPP Jamanis Parigi dan MAN 1 Pangandaran) Ahmad Noval; Lilis Kholisoh Nuryani
Jurnal Isema : Islamic Educational Management Vol 5, No 2 (2020): Jurnal Islamic Educational Managament
Publisher : Laboratorium Jurusan S1 Manajemen Pendidikan Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/isema.v5i2.10509

Abstract

Pada masa pandemi Covid-19, lembaga pendidikan madrasah melaksanakan pembelajaran jarak jauh secara online. Untuk daerah yang termasuk zona hijau, pembelajaran tatap muka bisa dilakukan dengan waktu yang terbatas serta mematuhi protokol kesehatan. Salah satu inovasi pembelajaran yang bisa dilakukan oleh madrasah adalah pembelajaran berbasis blended learning, termasuk di MAS YPP Jamanis Parigi dan MAN 1 Pangandaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan pembelajaran, implementasi pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran berbasis blended learning di MAS YPP Jamanis Parigi dan MAN 1 Pangandaran. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahap perencanaan, kedua madrasah merumuskan kulikulum khusus sesuai dengan model pembelajaran blended learning di masa Pandemi Covid-19 didukung sarana dan prasana belajar yang memadai. Pada tahap implementasi, ada perbedaan pada kedua madrasah tentang waktu pembelajaran luring dan daring. MAN 1 Pangandaran menerapkan sistem shift, sehari pembelajaran luring dan di hari yang lain pembelajaran daring, sedangkan MAS YPP Jamanis Parigi tetap melaksanakan pembelajaran tatap muka full satu minggu, pembelajaran daring disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing guru. Pada tahap evaluasi, kedua madrasah melaksanakan evaluasi secara online berbasis website.
EFEKTIVITAS PROGRAM TAHFIDZ AL-QURAN DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA Asmaul Husna; Rafiatul Hasanah; Puspo Nugroho
Jurnal Isema : Islamic Educational Management Vol 6, No 1 (2021): Jurnal Islamic Education Management
Publisher : Laboratorium Jurusan S1 Manajemen Pendidikan Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/isema.v6i1.10689

Abstract

Tahfidz Al-Quran merupakan progam yang sangat diminati banyak orang. Progam tahfidz di MTs NU Al Hidayah ini dilaksanakan karena adanya kemauan sendiri dari masyarakat sekitar yang mana peserta didik itu sudah mempunyai kemampuan dalam menghafal Al-Quran. Masing-masing dari orang tua siswa mengatakan supaya kemampuan siswa dalam menghafal tersebut dapat dikembangkan tanpa harus di pondok. Menghafal Al-Quran sangatlah membutuhkan semangat dan motivasi yang tinggi untuk bisa sampai pada tahap hafidz karena untuk mencapai hal tersebut sangatlah tidak mudah apabila dari diri sendiri tidak mempunyai dorongan atau keinginan sendiri untuk menghafal Al-Quran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan program tahfidz Al-Qur’an dan efektivitas program Al-Qur’an di MTs NU Al- Hidayah.
MANAJEMEN STRATEGIK DALAM MENINGKATKAN MUTU ‎PENDIDIKAN MADRASAH IBTIDAIYAH Hilya Gania Adilah; Yaya Suryana
Jurnal Isema : Islamic Educational Management Vol 6, No 1 (2021): Jurnal Islamic Education Management
Publisher : Laboratorium Jurusan S1 Manajemen Pendidikan Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/isema.v6i1.11037

Abstract

Mutu pendidikan tidak akan berhasil tanpa strategi yang tepat terhadap penyempurnaan mutu seluruh komponen, permasalahan yang terjadi meliputi profesionalisme guru, standar kompetensi lulusan, pembelajaran efektif, dan program yang tidak menunjang terhadap pencapaian mutu. Salah satu upaya peningkatan mutu melalui penerapan manajemen strategik sehingga mampu menentukan strategik yang tepat untuk meningkatkan mutu pendidikan. Penelitian ini bertujuan mengungkap latar alamiah, analisis kondisi lingkungan internal dan eksternal, implementasi dan evaluasi manajemen strategik, dan hasil yang dicapai dari implementasi manajemen strategik dalam meningkatkan mutu pendidikan di MI Terpadu Ar-Rifki Cileunyi Bandung. Metode penelitian yang digunakan ialah metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian manajemen strategik dalam meningkatkan mutu pendidikan di MI Terpadu Ar-Rifki Cileunyi Bandung terdiri dari empat tahap yaitu analisis lingkungan, formulasi, implementasi, dan evaluasi. Analisis lingkungan dilakukan dengan menganalisis internal meliputi kekuatan dan kelemahan dan analisis eksternal meliputi peluang dan ancaman. Formulasi manajemen strategik meliputi formulasi visi, misi, tujuan dan strategi sekolah. Implementasi manajemen strategik meliputi penerapan Delapan Standar Nasional Pendidikan dan pelaksanaan manajemen kurikulum, kesiswaan dan sarana prasarana yang baik. Evaluasi manajemen strategik yang di bagi beberapa jenis yaitu evaluasi langsung terhadap program sekolah oleh kepala sekolah atau penanggung jawab program, evaluasi di bidang akademik yaitu dibidang akademik dan kurikulum ciri khas, dan pelaksanaan rapat evaluasi sekolah. Adapun faktor pendukungnya yaitu sarana dan prasarana yang memadai, prestasi yang diperoleh sekolah, hubungan baik dengan orang tua dan kemitraan. Faktor penghambatnya yaitu beberapa tenaga pendidik dan kependidikan yang belum memenuhi kualifikasi, proses pembelajaran yang terganggu, serta persaingan dengan sekolah lain yang setara merupakan ancaman bagi sekolah.
UPAYA OPTIMALISASI MUTU PEMBELAJARAN DENGAN ADAPTASI STRATEGI SUPERVISI AKADEMIK DITENGAH PANDEMI Romi Satria Azhar; Jumira Warlizasusi Nurman; Rona Putra Azhar
Jurnal Isema : Islamic Educational Management Vol 6, No 2 (2021): Jurnal Islamic Education Management
Publisher : Laboratorium Jurusan S1 Manajemen Pendidikan Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/isema.v6i2.11257

Abstract

Supervisor berperan penting dalam mengawal mutu pendidikan dengan tugas untuk memastikan bahwa proses pembelajaran berjalan sesuai standar nasional pendidikan. Disamping itu membantu, membimbing dan mengarahkan guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Supervisi akademik oleh kepala sekolah berorientasi pada bimbingan terhadap guru melalui diskusi dan pengarahan bersama guru sehingga dalam pelaksanaan supervisi pengajaran mengikuti tahapan yaitu perencanaan awal, pelaksanaan observasi dan tahap akhir. Tujuan penelitian ini untuk mengungkapkan kegiatan supervisi dan penguasaan kompetensi SMK oleh peserta didik serta adaptasi strategis pada proses supervisi sehingga berpengaruh pada optimalisasi mutu pembelajaran dalam menghadapi tantangan perubahan. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif, yang menjadi objek peneltian adalah kegiatan supervisi di SMKIT Khoiru Ummah dimasa Pandemi Covid-19. Dari hasil penelitaan ini ditemukan bahwa pentingnya kegiatan supervisi dan strategi adaptasi terutama dimasa pandemi Covid-19, pentingnya pembinaan oleh kepala sekolah sebagai kegiatan supervisi guna saling mendukung peningkatan kinerja dan keterampilan guru guna mengoptimalkan mutu pembelajaran. Kegiatan supervisi secara berkala dan adanya strategi adaptasi supervisi baik dari media pembelajaran maupun evaluasi hasil pembelajaran upaya mengoptimalkan mutu pembelajaran.
ANALISIS PENERAPAN BLENDED LEARNING DI SEKOLAH DASAR Nikku Panduning Hutami; Beni Azwar; Jumira Warlizasusi
Jurnal Isema : Islamic Educational Management Vol 7, No 1 (2022): Jurnal Islamic Educational Management
Publisher : Laboratorium Jurusan S1 Manajemen Pendidikan Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/isema.v7i1.11397

Abstract

The covid-19 virus poses new challenges for the whole world. All activities become disrupted including disrupting teaching and learning activities at school. During a pandemic like this, the world of education must change and modify learning that can be applied to this situation so that learning productivity can be achieved. Blended learning is a learning method that can be applied in the current situation. Blended learning is a learning method that combines face-to-face learning or classical learning with modern technology-based learning that is done online. Muhammadiyah Elementary School in Ketanggungan is one of the schools that applies this method. As long as this method is applied, it is considered effective for use during this pandemic, although it cannot be denied that there are also negative sides. By analyzing the application of blended learning, it is intended to be material for consideration of the school's leadership in choosing the right method for the application of the learning system during this pandemic, as well as being an evaluation material for Muhammadiyah Elementary School in Ketanggungan. The research method used in this research is descriptive qualitative, and the data collection method uses interviews and online observations.
HUBUNGAN PELATIHAN PROFESIONALISME GURU DENGAN ‎KINERJA GURU ‎ Amelia Nurhaliza
Jurnal Isema : Islamic Educational Management Vol 6, No 2 (2021): Jurnal Islamic Education Management
Publisher : Laboratorium Jurusan S1 Manajemen Pendidikan Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/isema.v6i2.11895

Abstract

Guru dituntut untuk meningkatkan kinerjanya agar dapat menjadi guru yang profesional. Semakin baik profesionalisme guru, maka semakin baik pula kualitas pendidikan. Itulah sebabnya guru perlu diberi kesempatan untuk meningkatkan kinerjanya yaitu melalui pelatihan profesionalisme guru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan realitas pelatihan profesionalisme guru, kinerja guru, dan hubungan pelatihan profesionalisme guru dengan kinerja guru. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh guru Madrasah Tsanawiyah Ar-Rosyidiyah sebanyak 33 guru dan pengambilan sampel secara sampel jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa angket dan studi dokumentasi. Pengujian instrumen penelitian menggunakan uji validitas dan reliabilitas, sedangkan analisis data menggunakan analisis korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan profesionalisme guru dan kinerja guru di Madrasah Tsanawiyah Ar-Rosyidiyah dalam kategori tinggi. Berdasarkan hasil analisis korelasi dinyatakan bahwa ada hubungan yang signifikan antara pelatihan profesionalisme guru dengan kinerja guru di Madrasah Tsanawiyah Ar-Rosyidiyah sebesar 0,785 yang berarti tingkat hubungannya dalam kategori kuat, sehingga hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima. Kontribusi pelatihan profesionalisme guru terhadap kinerja guru sebesar 61,5%, hal ini berarti 38,5% dipengaruhi oleh faktor lain.
IMPLEMENTASI NILAI DAN ETIKA DALAM MENINGKATKAN MUTU DI SD MUHAMMADIYAH SAMBISARI Sholawati Sholawati
Jurnal Isema : Islamic Educational Management Vol 6, No 2 (2021): Jurnal Islamic Education Management
Publisher : Laboratorium Jurusan S1 Manajemen Pendidikan Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/isema.v6i2.11900

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan nilai dan etika dalam meningkatkan mutu di SD Muhammadiyah Sambisari Sleman. Penelitian ini merupakan jenis penelitian yang menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan studi pustaka, observasi dan wawancara dengan kepala sekolah SD Muhammadiyah Sambisari sebagai manajer instansi. Data yang sudah terkumpul kemudian direduksi dan ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai dan etika yang diimplementasikan dalam instansi pendidikan dapat menunjang peningkatan mutu. Dalam meningkatkan mutu, SD Muhammadiyah Sambisari membangun kepercayaan (trust), integritas, dan tanggung jawab secara konsisten. Nilai-nilai ini dicontohkan oleh kepala sekolah sebagai leader dan dianut oleh seluruh anggota instansi, terutama guru, karyawan, dan siswa. Sekolah yang memiliki sarana dan prasarana atau fasilitias yang minimal pun dapat membangun budaya mutu dan terus meningkatkan kualitasnya. Hal ini menunjukkan penerapan nilai dan etika menjadi faktor yang sangat penting dalam upaya peningkatan mutu.
PENGARUH MANAJEMEN PEMASARAN JASA TERHADAP CITRA LEMBAGA PENDIDIKAN DI MADRASAH TSANAWIYAH MA'ARIF CIKERUH JATINANGOR SUMEDANG Tatang Ibrahim; Padilah Umuhani
Jurnal Isema : Islamic Educational Management Vol 6, No 2 (2021): Jurnal Islamic Education Management
Publisher : Laboratorium Jurusan S1 Manajemen Pendidikan Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/isema.v6i2.12023

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang terjadi di MTs Ma’Arif Cikeruh Jatinangor Sumedang bahwa MTs dijadikan sebagai second choice (pilihan kedua) setelah sekolah negeri. Hal ini disebabkan karena adanya sekolah negeri yang berjarak dengan dengan MTs Ma’Arif Cikeruh Jatinangor Sumedang yang menawarkan keunggulan fasilitas, sehingga menyebabkan adanya suatu persaingan yang menjadi tantangan dalam merekrut calon siswa baru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) manajemen pemasaran jasa di MTs Ma’Arif Cikeruh Jatinangor Sumedang; 2) citra lembaga pendidikan di MTs Ma’Arif Cikeruh Jatinangor Sumedang di MTs Ma’Arif Cikeruh Jatinangor Sumedang; 3) apakah ada pengaruh manajemen pemasaran jasa terhadap citra lembaga pendidikan di MTs Ma’Arif Cikeruh Jatinangor Sumedang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif lapangan dengan menggunakan metode survey. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan angket/kuesioner. Instrument kuesioner dilakukan dengan pengujian validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, teknik korelasi dan teknik analisis regresi sederhana. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas manajemen pemasaran jasa (X) MTs Ma’Arif Cikeruh Jatinangor Sumedang termasuk dalam kategori “cukup baik” yaitu berada pada interval 50-54 dengan nilai rata – rata 53,10. Sedangkan kualitas citra lembaga pendidikan (Y) MTs Ma’Arif Cikeruh Jatinangor Sumedang termasuk dalam kategori “cukup baik” yaitu berada pada interval 48 – 52 dengan nilai rata – rata 51,09. Adapun hasil analisisnya secara keseluruhan menunjukkan ada pengaruh yang signifikan antara manajemen pemasaran jasa terhadap citra lembaga pendidikan. Hal ini ditunjukkan dari nilai Fhitung sebesar 81,691.Berdasarkan hasil perhitungan ini, maka hipotesis kerja  yang berbunyi “Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara manajemen pemasaran jasa terhadap citra lembaga pendidikan di MTs Ma’Arif Cikeruh Jatinangor Sumedang” diterima.
RESISTENSI PONDOK PESANTREN DALAM MENGELOLA SANTRI DI MASA PANDEMI COVID-19 Hilmi Qosim Mubah
Jurnal Isema : Islamic Educational Management Vol 6, No 2 (2021): Jurnal Islamic Education Management
Publisher : Laboratorium Jurusan S1 Manajemen Pendidikan Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/isema.v6i2.13331

Abstract

Kajian ini bertujuan untuk menguraikan bagaiamana pondok pesantren dalam mempertahankan diri dari pandemi Covid-19 yang sedang melanda di nusantara dengan mengaitkan dengan kajian manajemen pendidikan agar dapat memberi kontribusi yang baik bagi pendidikan pesantren dan dapat menghindarkan santri dari munculnya klaster baru Covid-19. Metode pembahasan menggunakan studi literatur dengan penguraian, perangkuman, serta penarikan kesimpulan dan berusaha untuk memunculkan gagasan-gagasan baru yang relevan dan mutakhir untuk dilaksanakan di dalam sistem manajemen pondok pesantren. Dari studi literatur yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa pengelolaan santri dalam pondok pesantren agar terhindar dari Covid-19 merupakan hal wajib yang harus dilaksanakan oleh pondok pesantren. Pengelolaan santri secara fisik dapat dilakukan dengan membentuk gugus Covid-19, menyediakan fasilitas protokol kesehatan, program kebersihan pondok, program olahraga rutin, penyediaan makanan santri yang higienis, pengurangan jumlah santri dalam satu kamar, santri diberi waktu istirahat yang cukup agar kekebalan tubuh tetap terjaga, bertindak cepat bila ada santri yang sakit, serta para pimpinan pesantren ikut serta dalam mengawasi para santri dalam kepatuhan terhadap protokol kesehatan. Selain itu di lingkup kurikulum pesantren, perlu adanya perubahan yang sesuai dengan karakteristik pembelajaran di masa pandemi dan tetap efektif dalam transfer ilmu pengetahuan dan agama kepada santri. Dalam pembelajaran pengelola pesantren hendaknya mengurangi jadwal kegiatan, menyediakan kelas daring dengan sistem blended learning membuka pesantren virtual dalam rangka mewadahi para santri dewasa yang masih ingin mengaji kepada para kiai.

Page 1 of 13 | Total Record : 124