cover
Contact Name
Pulung Riyanto
Contact Email
riyantopul@unsub.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
vhoelubar@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. subang,
Jawa barat
INDONESIA
BIORMATIKA : JURNAL ILMIAH FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
Published by Universitas Subang
ISSN : 24603961     EISSN : 25806335     DOI : -
Core Subject : Education,
BIORMATIKA adalah jurnal ilmiah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Subang. Ruang lingkup jurnal ini meliputi bidang Ilmu Pendidikan Matematika, Pedidikan Bahasa Inggris, dan Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Reksreasi serta bidang ilmu pendidikan lainnya.
Arjuna Subject : -
Articles 23 Documents
Search results for , issue "Vol. 6 No. 1 (2020): Biormatika : Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan" : 23 Documents clear
Penerapan Teknik Information Gap dalam Pembelajaran Speaking di Kelas II Sekolah Dasar Anggi Citra Apriliana
Biormatika : Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Vol. 6 No. 1 (2020): Biormatika : Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35569/biormatika.v6i1.675

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana proses dan hasil pembelajaran speaking dengan menggunakan teknik Information Gap di kelas II sekolah dasar Laboratorium UPI Kampus Cibiru. Metode dalam penelitian ini menggunakan PTK dengan model spiral Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari 3 siklus. Kegiatan pembelajaran dalam setiap siklus menggunakan teknik Information Gap yang menekankan pada komunikasi nyata ‘real communication’ sehingga dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa dalam berbicara bahasa Inggris. Berdasarkan hasil penelitian selama 3 siklus, pembelajaran speaking dengan teknik Information Gap dapat menciptakan suasana pembelajaran bahasa Inggris yang menyenangkan dan menggairahkan serta dapat meningkatkan kemampuan speaking siswa, terbukti dengan adanya peningkatan nilai rata-rata hasil speaking siswa pada setiap siklusnya yaitu pada siklus I rata-rata siswa yang memperoleh nilai baik adalah 31,81%, siklus II adalah 52 %, dan siklus III adalah 80%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, penulis merekomendasikan kepada para guru untuk menerapkan teknik Information Gap dalam pembelajaran speaking di sekolah dasar dengan persiapan yang baik dan matang mulai dari perencanaan pembelajaran, media, sampai kepada evaluasi yang digunakan.
Pancasila sebagai Landasan Filosofi Pendidikan Karakter Kurikulum 2013 Bayu Ananto Wibowo
Biormatika : Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Vol. 6 No. 1 (2020): Biormatika : Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35569/biormatika.v6i1.678

Abstract

Penerapan Pendidikan Karakter pada kurikulum 2013 adalah salah satu upaya pemerintah untuk menanggulangi permasalahan moral di Indonesia. Terdapat 18 nilai-nilai karakter yang menjadi fokus dalam pendidikan karakter di kurikulum 2013, yang bisa di komparasikan dengan landasan dasar negara Indonesia. Indonesia merupakan negara yang berlandasakan Pancasila. Kelima nilai dasar yang tercakup dalam Pancasila merupakan inti hidup dalam kebudayaan bangsa, sekaligus menjadi tuntutan dan tujuan hidupnya, serta menjadi ukuran dasar seluruh perikehidupan bangsa Indonesia. Dengan kata lain, pada hakikatnya adalah moral, moral bangsa Indonesia yang mengikat seluruh warga masyarakat, baik sebagai perorangan maupun sebagai kesatuan bangsa. Oleh karena itu sudah seharusnya Pendidikan Karakter pada kurikulum 2013 sesuai dengan falsafah Pancasila.
Profil Kemampuan Berpikir Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Geografi dalam Menyelesaikan Permasalahan Pencemaran Lingkungan Eko Hariyadi
Biormatika : Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Vol. 6 No. 1 (2020): Biormatika : Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35569/biormatika.v6i1.679

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan tingkat kemampuan berpikir ilmiah mahasiswa pendidikan geografi Universitas Sembilanbelas November Kolaka. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa survey dengan instrumen tes soal essay. Populasi penelitian adalah mahasiswa pendidikan geografi Universitas Sembilanbelas November Kolaka berjumlah 221 mahasiswa dengan metode pengambilan sampel total sampling. Acuan kriteria kemampuan berpikir ilmiah yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kemampuan berpikir logis, analisis, sistematis dan kemampuan memberikan kesimpulan secara deduktif dan induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kemampuan berpikir ilmiah mahasiswa pendidikan geografi berada pada kategori sedang dengan persentase sebesar 76,5%. Sedangkan rata-rata persebaran persentase setiap indikator kemampuan berpikir ilmiah terdiri dari kemampuan berpikir logis sebesar 47,7% dengan kategori baik, sedangkan kategori sedang untuk indikator kemampuan analisis sebesar 52%, kemampuan berpikir secara sistematis sebesar 67,4%, dan kemampuan memberikan kesimpulan secara deduktif dan induktif sebesar 44,3% dan 58,4%.
Kecukupan Zat Gizi Siswa PPOP Sepak Takraw Fatkhur Rozi; Budhi Satyawan; Waluyo Waluyo
Biormatika : Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Vol. 6 No. 1 (2020): Biormatika : Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35569/biormatika.v6i1.680

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan tingkat kecukupan zat gizi pada Siswa PPOP Sepak Takraw Kabupaten Jepara. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain survei. Hasil tingkat kecukupan gizi Siswa PPOP Sepak Takraw di Kabupaten Jepara menunjukkan bahwa, siswa berada dalam kategori “di atas kebutuhan, defisit sedang, dan defisit berat”. Hasil ini perlu dipertimbangkan untuk mendukung keberhasilan dan tumbuh-kembang siswa yang optimal. Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi tingkat kecukupan gizi pada Siswa PPOP Sepak Takraw di Kabupaten Jepara, yaitu: kurangnya perhatian pada penyusunan menu makanan siswa, kurangnya kesadaran siswa dalam pola makan saat di sekolah, dan belum terpenuhinya asupan gizi yang dikonsumsi oleh siswa
Penerapan Metode Jarimatika Materi Perkalian Pada Siswa Kelas 4 MI Hidayatul Mubtadiin Balak Songgon Firma Yudha
Biormatika : Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Vol. 6 No. 1 (2020): Biormatika : Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35569/biormatika.v6i1.681

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan pembelajaran matematika dengan media jarimatika di kelas 4 MI Hidayatul Mubtadi’in pada operasi hitung perkalian dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Berhitung jarimatika bukanlah hal yang sulit, dengan menggunakan kedua tangan, hasil perkalian yang dihitung akan mampu terselesaikan tanpa menggunakan hitung diatas kertas, dengan begitu siswa akan merasa senang. Guru mengajarkan berhitung dasar kepada anak-anak menurut kaidah, dimulai dengan memahamkan secara benar terlebih dahulu tentang konsep bilangan, lambang bilangan, dan operasi hitung dasar, kemudian mengajarkan cara berhitung dengan jari-jari tangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian Tindakan Kelas ini terdiri atas dua siklus dengan mengambil data melalui pengamatan dan tes. Rata-rata skor pada masing-masing tes meningkat disetiap siklus. Rata-rata Tes prestasi belajar matematika siswa pada siklus I adalah 69,7 pada siklus II 86,4. Prosentase ketuntasan klasikal siswa pada siklus I adalah 48,57% pada siklus II 86% hal ini sangat naik drastis. Hasil pengamatan aktivitas belajar matematika siswa siklus I adalah 2,14 sedangkan pada siklus II 3,65. Untuk hasil pengamatan pembelajaran guru matematika pada siklus I adalah 2,8 sedangkan siklus II adalah 3,8. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa metode jarimatika dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas 4 MI Hidayatul Mubtadi’in Balak-Songgon pada materi operasi hitung perkalian.
Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa Dengan Penggunaan Media Lapbook Gilang Maulana Jamaludin; Ani Rosidah
Biormatika : Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Vol. 6 No. 1 (2020): Biormatika : Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35569/biormatika.v6i1.682

Abstract

Berdasarkan data awal yang diperoleh di kelas V SDN Palasari Kecamatan Sumedang Selatan Kabupaten Sumedang, pada pembelajaran IPS materi keragaman kenampakan alam hasil belajar serta kemampuan berpikir kritis siswa masih rendah. Dilihat dari masalah tersebut, maka digunakan media lapbook yang merupakan sebuah media hasil modifikasi dari media visual. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa serta hasil belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) Instrumen yang digunakan pada penelitian ini diantaranya adalah lembar observasi kinerja guru pada perencanaan dan pelaksanaan, aktivitas siswa, lembar wawancara, catatan lapangan, tes kemampuan berpikir kritis siswa dan tes hasil belajar siswa.Dari hasil penelitian pada akhir siklus yaitu siklus III didapatkan hasil yang mencapai target, Dengan demikian, penggunaan media lapbook pada materi keragaman kenampakan alam mata pelajaran IPS berhasil meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa.
Pendekatan Contextual Teaching and Learning dalam Pembelajaran Sudut Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Hani Handayani
Biormatika : Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Vol. 6 No. 1 (2020): Biormatika : Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35569/biormatika.v6i1.683

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui gambaran meningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran konsep sudut melalui pendekatan contextual teaching learning. Metode penelitian yang digunakan adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Penelitian ini terdiri dari tiga siklus, setiap siklus terdiri dari empat tindakan pembelajaran. Setiap tindakan dilaksanakan mulai dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis tindakan dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas III SDN Cikoneng di Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung. NIlai rata-rata aktivitas siswa setiap siklusnya adalah sebagai berikut: siklus 1 mencapai 73,2; siklus 2 mencapai 76,6; siklus 3 mencapai 81,3. Sedangkan nilai rata-rata hasil belajar siswa setiap siklusnya adalah sebagai berikut: siklus 1 mencapai 68,4; silkus 2 mencapai 73,3; siklus 3 mencapai 76,8. Oleh karena ini dapat disimpulkan bahwa pendekatan contextual teaching dan learning dalam pembelajaran sudut dapat meningkatkan hasil belajar siswa
Pengaruh Motivasi Belajar pada Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Prestasi Belajar Bahasa Inggris dalam Kurikulum 2013 Ida Maulida; Mimin Aminah
Biormatika : Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Vol. 6 No. 1 (2020): Biormatika : Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35569/biormatika.v6i1.684

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pengaruh motivasi belajar pada model pembelajaran Discovery Learning terhadap prestasi belajar bahasa Inggris dalam kurikulum 2013. Instrumen yang digunakannya adalah test dan angket. Jumlah sample yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 38 siswa terdiri dari kelas X IPS 1 dan X IPS 2 di SMA Negeri Serangpanjang-Subang. Hasil perhitungan tersebut meningkat. Untuk Pre-test rata-rata dan untuk post-test 42.43 dan post-test memiliki rata-rata 63.36. Hasil dari kuesioner Discovery Learning menyatakan bahwa 0.940 > 0.60 berarti instrument variable Discovery Learning dinyatakan variable. Sedangkan hasil kuesioner motivasi belajar siswa menyatakan 0.784> 0.60 berarti instrument variable motivasi belajar dinyatakan variable. Kesimpulannya menunjukan ada perbedaan yang signifikan antara skor pretest dan posttest pada penelitian ini.
The effect of students' motivation and behavior to the learning environment and it implication to students' achievement in learning English Is Dewangga; Nasaruddin Nasaruddin
Biormatika : Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Vol. 6 No. 1 (2020): Biormatika : Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35569/biormatika.v6i1.685

Abstract

This research aims to find out the answer of the hypothesis about the effect of students' motivation and behaviour to the learning environment and it implication to students' achievement in learning English. Survey causal was the approach of this research by using path analysis. Structure Equational Analysis by using LISREL was used to analyse the data. The population was 320 students and the sample was 177 students taken randomly. The result hypothesis was: (1) There was an effect of learning motivation (X1) to learning behaviour with the Value = 8.99 > t t = 1.984; (2) There was an effect of motivation to learning attitude with the value to= 5.30 >t t = 1.984 (3) There was an effect of learning behaviour to learning environment with the value= 11.92 > tt = 1.984 (4) There was an effect of students’ learning motivation to learning environment with the value to= 4.25 > tt = 1.984 (5) There was an effect of students’ learning behaviour to learning environment with the value to= 7.74 > tt = 1.984 (6) There was an effect of students’ learning motivation to learning achievement in learning English with the value = 5.25 > tt = 1.984 (7) There was an effect of learning behaviour to learning achievement in learning English with the value to= 7.61 > tt = 1.984 (8) There was an effect of learning behaviour to learning achievement in learning English (Y) with the value to= 2.23 > tt= 1.984 (9) There was an effect of learning environment to slearning achievement in learning English with the value = 6.44 > tt = 1.984. The correlation test model was a fit model with the value of Chi-Square = 0, 05 and P was 1 (P > 0,00).
Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika melalui Metode Practice Rehearsal Pairs pada Siswa SMA Al-Hidayah Medan Mika Debora Br Barus; Anil Hakim
Biormatika : Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Vol. 6 No. 1 (2020): Biormatika : Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35569/biormatika.v6i1.687

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dalam pokok bahasan persamaan kuadrat melalui metode pembelajaran Practice Rehearsal Pairs.Yang menjadi lokasi dalam penelitian ini bertempat di SMA Al-Hidayah Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Al-Hidayah Medan yang terdiri dari 3 kelas sebanyak 120 orang. Yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA-1 SMA Al-Hidayah Medan yang berjumlah 30 orang.Instrumen penelitian ini adalah dengan menggunakan tes untuk mengetahui tingkat kemampuan siswa dalam memecahkan masalah berdasarkan tingkat kemampuan pemecahan masalah yang dikemukakan oleh Polya dan untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa. Observasi digunakan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika berdasarkan hasil tes. Dari analisis kemampuan pemecahan masalah matematika siswa berdasarkan tingkat kemampuan pemecahan masalah yang dikemukakan oleh Polya melalui metode Practice Rehearsal Pairs adalah pada tingakat kemampuan 1 persentasenya 2%, pada tingkat kemampuan 2 persentasenya 6%, pada Tingkat Kemampuan 3 persentasenya 67%, pada tingkat kemampuan 4 persentasenya 25% serta ketuntasan belajar siswa diperoleh persentasenya 93%. Deskripsi tingkat kemampuan siswa dalam memecahkan masalah dalam bentuk soal cerita : (1) Peserta didik tidak mampu melaksanakan empat langkah pemecahan masalah Polya sama sekali (memahami masalah, menyusun rencana penyelesaian, melaksanakan rencana penyelesaian, memeriksa kembali), (2) Peserta didik mampu memahami masalah, (3) Peserta didik mampu melaksanakan tahap memahami masalah, menyusun rencana penyelesaian, dan tahap melaksanakan rencana penyelesaian, (4) Peserta didik mampu melaksanakan tahap memahami soal, menyusun rencana penyelesaian, melaksanakan rencana penyelesaian, dan tahap memeriksa kembali. Dengan demikian dapat dikatakan tingkat kemampuan siswa kelas X IPA SMA Al-Hidayah Medan dalam memecahkan masalah bentuk soal cerita pada materi persamaan kuadrat pada Tingkat 3

Page 1 of 3 | Total Record : 23