cover
Contact Name
Pulung Riyanto
Contact Email
riyantopul@unsub.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
vhoelubar@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. subang,
Jawa barat
INDONESIA
BIORMATIKA : JURNAL ILMIAH FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
Published by Universitas Subang
ISSN : 24603961     EISSN : 25806335     DOI : -
Core Subject : Education,
BIORMATIKA adalah jurnal ilmiah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Subang. Ruang lingkup jurnal ini meliputi bidang Ilmu Pendidikan Matematika, Pedidikan Bahasa Inggris, dan Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Reksreasi serta bidang ilmu pendidikan lainnya.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol. 9 No. 2 (2023): Biormatika : Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan" : 10 Documents clear
Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Chervony; Fitri Nur Mahmudah
Biormatika : Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Vol. 9 No. 2 (2023): Biormatika : Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35569/biormatika.v9i2.1366

Abstract

Perkembangan yang semakin meningkat di era globalisasi dan modernitas seperti saat ini, peningkatan mutu pendidikan dapat menjadi suatu masalah yang urgen. Permasalahan yang timbul dalam lingkup sekolah terkait dengan fungsi dan peranan kepemimpinan kepala sekolah, sehingga diangkat suatu penelitian dengan judul penelitian Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Guru. Teknik pengambilan data yang digunakan yaitu teknik wawancara oleh beberapa orang Kepala Sekolah. Kompetensi merupakan perpaduan dari penguasaan pengetahuan, nilai dan sikap yang direfleksikan dalam kebiasaan berfikir dan bertindak dalam melaksanakan tugas/pekerjaannya. Guru yang mampu menerapkan kompetensi dalam pelaksanaan pembelajaran, akan lebih menyenangkan serta membangkitkan minat belajar dan menimbulkan suasana belajar yang aktif dan akhirnya berdampak kepada meningkatnya prestasi siswa. Upaya kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik dan kompetensi kepribadian guru yaitu dengan mengadakan beberapa program kegiatan pelatihan dan anjuran. Secara umum peningkatan kompetensi yang dilakukan oleh kepala sekolah, bertujuan agar guru menguasai pengelolaan kelas. Adapun 4 komponen utama mengenai kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru yaitu kinerja tenaga pendidik, peningkatan kompetensi, kualitas pendidikan, dan strategi pemimpin
Analisis Komponen Biomotorik Atlet Spesialisasi All Round Cabang Olahraga Bolavoli Bujang; Khurotul Aini
Biormatika : Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Vol. 9 No. 2 (2023): Biormatika : Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35569/biormatika.v9i2.1430

Abstract

Tercapainya tujuan olahraga salah satunya adalah berhasilnya transfer keterampilan hidup yang diterapkan pada kehidupan sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil analisis komponen biomotor dominan pada atlet all round bolavoli baik pada atlet putra maupun putri Kota Bekasi. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan subjek penelitian atlet putra dan putri bolavoli Kota Bekasi berjumlah 29 subjek. Analisis data dalam penelitian menggunakan analisis data menggunakan persentase. Intrumen tes yang digunakan meliputi sprint 20meter, shuttle run, Sit& Reach, core stability, push up, sit up, back up, squat, vertical jump, throw medicine ball, dan bleep test. Hasil penelitian berdasarkan hasil rekapitulasi tes komponen biomotor atlet bolavoli terlihat enam (6) komponen biomotor yakni kecepatan, kelentukan, keseimbangan, kekuatan otot perut, kekuatan otot paha, daya ledak otot tungkai baik untuk atlet putra dan putri didominasi oleh pemain dengan spesialisasi all round. Sehingga dapat disimpulkan sebagai seorang atlet bolavoli all round yang handal perlu memenuhi komponen biomotor yang mendukung seperti kecepatan, kelincahan, kelentukan, keseimbangan, kekuatan otot lengan, kekuatan otot perut, kekuatan otot punggung, kekuatan otot paha, daya ledak otot tungkai, daya ledak otot lengan dan daya tahan. Komponen-komponen tersebut dapat diperoleh atau ditingkatkan melalu latihan yang teratur dan intensif yang sejalan dengan program yang telah disusun
Perbandingan Kurikulum Pendidikan Jasmani Antara Indonesia dengan Finlandia: Kajian Review Pinton Setya Mustafa; Hafidz Gusdiyanto
Biormatika : Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Vol. 9 No. 2 (2023): Biormatika : Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35569/biormatika.v9i2.1534

Abstract

Tujuan dari kurikulum pendidikan jasmani supaya mengoptimalkan tumbuh kembang anak dari segi kognitif, afektif, dan psikomotor. Tujuan tersebut belum sepenuhnya tercapai sesuai dengan harapan karena masih banyaknya kendala yang dijumpai. Tujuan dari artikel ini mengkaji perbandingan kurikulum pendidikan jasmani di Indonesia dengan Finlandia, sebab Finlandia merupakan negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan mereview beragam referensi yang relevan dari buku aupun hasil penelitian. Penelitian ini terdiri dari penentuan topik, menyeleksian temuan dan penyajian hasil deskripsi. Analisis data dalam penelitian ini terdiri dari: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa kurikulum pendidikan jasmani di Indonesia dan Finlandia dibagun dari pandangan hidup bangsa masing-masing. Pendidikan jasmani di Indonesia mempunyai karakteristik bahwa anak dituntut untuk menguasai keterampilan tertentu sebagai syarat dalam menuntaskan kompetensi. Sedangkan Pendidikanjasmani di Finlandia memberikan kesempatan anak untuk bermain dan bersosialisasi untuk pengoptimalan tumbuh kembang siswa. Kesimpulan yang  didapat yaitu Finlandia telah memiliki pola pembelajaran tertentu dalam upaya untuk memberikan proses pembelajaran yang lebih efektif dan efisien, sehingga diharapkan Indonesia dapat mengadopsi hal-hal yang positif yang dapat diterapkan dengan situasi dan kondisi di Indonesia, sehingga tujuan dari pendidikan jasmani dapat tercapai secara optimal.
Pengaruh Media Pembelajaran Macromedia Flash Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Seni Budaya Kasman; Rauddin; Mudeing
Biormatika : Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Vol. 9 No. 2 (2023): Biormatika : Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35569/biormatika.v9i2.1555

Abstract

penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan media pembelajaran macromedia flash terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran seni budaya. Adapun metode penelitian digunakan yaitu deskriptif statistik dengan pendekatan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian penggunaan media dan tes diperoleh rata-rata nilai pretest berada pada 46,66% dan setelah dilakukan posttest data yang diperoleh meningkat menjadi 82,59, artinya terjadi peningkatan sebesar 35,92 %. Hal ini berarti bahwa penggunaan media pembelajaran macromedia flash pengaruh positif karena terjadi peningkatan hasil belajar siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran macromedia flash terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran seni budaya. Temuan ini didasari bahwa penggunaan macromedia flash membuat siswa lebih berantusias dan dapat menjawab kebutuhan belajarnya. Secara umum siswa yang dibelajarkan mata pelajaran seni budaya menunjukkan hasil belajar lebih baik atau berada di atas dari nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM).
Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Siti Umayah Hopatun Fatonah; Iyan Rosita Dewi Nur
Biormatika : Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Vol. 9 No. 2 (2023): Biormatika : Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35569/biormatika.v9i2.1641

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini ialah untuk mengdeskripsikan kemampuan literasi matematis siswa SMP Ketika menyelesaikan soal pada materi bangun ruang sisi datar. Pendekatan yang digunakan ialah pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian sebanyak 35 siswa kelas VIII semester genap tahun pelajaran 2022/2023 dan pengambilan sempelnya dilakukan dengan cara simple random sampling. Penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman sebagai metode analisis data, yang memiliki tiga jalur. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes kemampuan literasi matematis berupa soal materi bangun ruang sisi datar dalam bentuk soaal uraian. Hasil penelitian di peroleh bahwa kemampuan literasi siswa diperoleh tidak terdapat siswa yang memiliki kemampuan literasi matematis tinggi, sebanyak 34 siswa dengan presentase 97% dengan kemampuan literasi matematis sedang, dan 1 siswa dengan presentase 3% berada pada kategori kemampuan matematis siswa rendah belum memenuhi keseluruna indikator literasi matematis.
Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Kartu terhadap Peningkatan Hasil Belajar pada Pembelajaran Matematika Seno Budi Setyawan; Walid; Bambang Eko Susilo
Biormatika : Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Vol. 9 No. 2 (2023): Biormatika : Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35569/biormatika.v9i2.1645

Abstract

Hasil Survei PISA 2018 menunjukkan kemampuan matematika di Indonesia berada pada peringkat rendah dan terjadi penurunan peringkat. Media dapat menjadi faktor penting dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Media kartu merupakan salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi media pembelajaran kartu terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika. Metode Systematic Literature Review (SLR) menjadi metode yang digunakan dalam penelitian ini. Metode SLR dilakukan dengan menelaah artikel yang diperoleh dari 3 database yaitu Garuda,Google Scholar, dan Scopus. Banyak artikel telaah yaitu 14 artikel. Kata kunci untuk pencarian artikel adalah media kartu dan hasil belajar dengan publikasi dari tahun 2018 sampai 2021. Tahap pada penelitian ini adalah perencanaan, review dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan ialah pengelompokan data, analisa data dan penyimpulan data. Hasil yang didapatkan pada penelitian ini yaitu penelitian terdahulu memiliki kecenderungan meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa. Jenis penelitian: PTK, desain penelitian: menurut Kemmis dan Mc. Taggart, jenjang penelitian: tingkat SD, materi: bilangan. Kesimpulan pada penelitianini yaitu media kartu pembelajaran matematika dengan menggunakan media kartu dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan rata-rata sebesar 14,69%. Media kartu dapat diimplementasikan pada berbagai materi matematika, tingkat pendidikan serta model pembelajaran
Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Aritmetika Sosial Fiqia Millatina Faiz; Iyan Rosita Dewi Nur
Biormatika : Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Vol. 9 No. 2 (2023): Biormatika : Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35569/biormatika.v9i2.1649

Abstract

Kecakapan dalam mengatasi suatu persoalan merupakan konsep yang perlu dikuasai oleh siswa, dan setiap persoalan yang ditemui memiliki derajat kesulitan yang beragam, oleh sebab itu tanpa adanya kemahiran dalam hal tersebut akan menyulitkan siswa dalam mencapai suatu keberhasilan dalam belajar. Adapun tujuan dalam riset ini yakni untuk menginterpretasikan kecakapan siswa dalam mengatasi persoalan matematika pada mata pelajaran aritmetika sosial. Metode penelitian yang diaplikasikan dalam riset ini adalah deskriptif kualitatif. Dalam proses penghimpunan data untuk memenuhi kebutuhan riset menggunakan tes sebanyak dua butir soal. Selanjutnya, subjek pada riset ini adalah murid kelas VIII dengan jumlah 40 orang. Kemudian, hasil riset membuktikan bahwa siswa yang diklasifikasikan pada kategori sangat baik yaitu siswa yang bisa mengatasi suatu persoalan sesuai dengan seluruh tahapan pemecahan masalah, dengan presentase 17,5% dari 40 siswa. Siswa yang dikategorikan cukup yaitu siswa yang hanya bisa mengerjakan soal dengan dua atau tiga tahapan pemecahan masalah, dengan presentase 67,5% dari 40 siswa. Siswa yang digolongkan pada kategori kurang baik yaitu siswa yang hanya bisa mengerjakan soal dengan satu tahapan pemecahan masalah, dengan presentase 15% dari 40 siswa.
Grammatical Intricacy in Product Descriptions and Advertisement Videos: Lesson from IKEA Tegar Aliansyah; Siti Yuliah
Biormatika : Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Vol. 9 No. 2 (2023): Biormatika : Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35569/biormatika.v9i2.1682

Abstract

This study analyzed grammatical intricacy (GI) found in written and spoken texts represented by 20 product descriptions and 20 advertisement videos of IKEA. The data were collected purposively from IKEA’s official website and YouTube Channel. The objectives of this study were to investigate the complexity of IKEA product descriptions and advertisement videos using GI and to identify which text has a higher average GI score. This study applied a descriptive qualitative method and formula proposed by Eggins to calculate the complexity of the texts. The analysis process included identifying the clauses and sentences based on Hogue & Oshima’s theories, counting the number of clauses and sentences, and calculating the GI score. The results showed that (1) product descriptions and advertisement videos composed by IKEA possessed a low level of complexity as the average GI score of both texts is below 2.00. (2) Advertisement videos reach a higher score (1.74) compared to product descriptions (1.57); however, the difference is not significant. The results of this study may contribute to two important implications, both theoretically and practically. Theoretically, the results enrich the knowledge on grammatical intricacy. Practically, this study provides an insight for marketing practitioners to compose marketing discourse with strong messages to lure customers’ attention. 
Peningkatan Keterampilan Menulis Tegak Bersambung Dengan Menerapkan Metode Drill Melalui Bantuan Media Android.: Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas II SDI Ummahatul Mukminin Zulifitria Ningsih; Iis Aprinawati; Yusnira
Biormatika : Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Vol. 9 No. 2 (2023): Biormatika : Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35569/biormatika.v9i2.1768

Abstract

Permasalahan ini di latar belakangi oleh rendahnya keterampilan menulis tegak bersambung peserta didik mata pelajaran Bahasa Indonesia di SDI Ummahatul  Mukminin Kecamatan Tampan  Kota Pekanbaru. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menerapkan metode drill. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan metode drill untuk meningkatkan kemampuan menulis tegak bersambung berbantuan media android. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi, dan waktu penelitian dilaksanakan bulan Mei hingga Juni 2023. Subjek Penelitian ini peserta didik kelas II yang berjumlah 12 orang anak perempuan. Teknik pengumpulan berupa dokumentasi, observasi dan tes. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa keterampilan menulis tegak bersambung dengan menggunakan metode drill kelas II SDI Ummahatul Mukminin pada siklus I tergolong baik dengan rata-rata 73. Selanjutnya dari 12 orang peserta didik hanya 8 orang peserta didik yang tuntas sedangkan  ketuntasan belajar klasikal 66,66%. Pada siklus II sangat baik dengan rata-rata 78,58, dan dari 12 orang peserta didik terdapat 10 orang yang tuntas sedangkan ketuntasan belajar klasikal 83,33%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode drill dapat meningkatkan keterampilan menulis tegak bersambung kelas II SDI Ummahatul Mukminin
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Lay Up Shoot Melalui Model Pembelajaran Variasi Lompat Pada Siswa SMAN 1 Jakarta Andi Hasriadi Hasyim; Sujarwo; Rizky Nurulfa; Eko Prabowo
Biormatika : Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Vol. 9 No. 2 (2023): Biormatika : Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan
Publisher : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35569/biormatika.v9i2.1806

Abstract

Bola basket adalah salah satu cabang olahraga yang termasuk populer dan banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Tembakan lay up adalah jenis tembakan yang efektif, karena dilakukan pada jarak yang sedekat – dekatnya dengan ring basket. Tujuan dari penelitian ini Untuk mengetahui Peningkatan Hasil Belajar Lay Up Shoot Melalui Model Pembelajaran Variasi Lompat pada siswa SMAN 1 Jakarta. Penelitian ini tergolong penelitian tindakan yang berbasis kelas (Classroom Action Research) yang bersifat deskriptif. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa dari 36 subjek penelitian terdapat 32 siswa dengan persentase 88,9% sudah dalam kategori tuntas dan 4 siswa dengan persentase 11,1% dalam kategori tidak tuntas pada  siklus II. jumlah siswa yang berada pada kategori tuntas mengalami peningkatan sebanyak 22 siswa atau 61,1% pada siklus I, proses ketuntasan terjadi dalam dua kali pertemuan proses pembelajaran dengan materi yang sama, pada siklus II mengalami ketuntasan 88,9% dengan  pelaksanaan proses penelitian yang sampir sama dengan siklus I. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar dribble lay up melalui model pembelajaran lompat naik turun bangku siswa kelas XI  di SMAN setiap siswa dengan standar KKM 75 dan nilai ketuntasan seluruh siswa 88,9% pada siklus II, sehingga tidak perlu lagi dilanjutkan ke siklus berikutnya.

Page 1 of 1 | Total Record : 10