cover
Contact Name
Aji Mulyana
Contact Email
ajimulyana@unsur.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
ajimulyana@unsur.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. cianjur,
Jawa barat
INDONESIA
JE (Journal of Empowerment)
ISSN : 25800620     EISSN : 25979809     DOI : -
JE (Journal of Empowerment) was formed based on the results of Suryakancana University Leaders Meeting on January 28, 2017, and was approved on April 8, 2017 in accordance with the Rector Decree Number 11 / SK / REK / UG / IV / 2017 regarding Appointment of Journal Manager of Community Service at Suryakancana University. The name of the Journal of Community Service is JE (Journal of Empowerment). JE (Journal of Empowerment), is a mean of developing science and technology in the exact and non-exact field through the publication of writing based on the results of community service (original). JE (Journal of Empowerment), is a periodic scientific journal published by Institute of Research and Community Service of Suryakancana University (LPPM UNSUR) twice a year in June and December. JE (Journal of Empowerment), has registered number ISSN 2580-0620 (print), and ISSN 2597-9809 (online). The first edition is Volume 1, Number. 1, June 2017. JE (Journal of Empowerment), has the vision to become Scientific journal with National and International standard in disseminating and developing the results of conceptual.
Arjuna Subject : -
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 1 (2021): JUNI" : 12 Documents clear
PENINGKATAN MUTU DAN PEMASARAN GULA AREN Firdaus Hendry Prabowo Yudho
JE (Journal of Empowerment) Vol 2, No 1 (2021): JUNI
Publisher : Universitas Suryakancana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35194/je.v2i1.1231

Abstract

ABSTRAKDalam menjawab keinginan pasar terhadap produk gula aren sebagai komoditas konsumsi dan bahan baku usaha, produsen harus senantiasa melakukan berbagai upaya peningkatan mutu produk serta pengemasan yang lebih menarik dan segar untuk kemudian dilanjutkan dengan pemasaran yang cerdas dan tepat sasaran serta dapat menjangkau lebih banyak konsumen. Hal ini menjadi fokus para mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) universitas Suryakancana 2019 dalam misinya mengembangkan atmosfer kewirausahaan di desa Cidadap tempat mereka di tempatkan. Hasil daripada kegiatan di masyarakat tersebut adalah inovasi produk, varian pengemasan yang lebih baik dan lebih dapat menjawab kebutuhan konsumen secara lebih detail serta metode pemasaran yang lebih efisien dan efektif dengan penggunaan fasilitas dunia maya secara lebih masif yang bertujuan menjangkau masyarakat yang lebih luas.ABSTRACTIn responding to the market's desire for palm sugar products as consumption commodities and business raw materials, producers must always make various efforts to improve product quality and packaging that are more attractive and fresher which are then followed by smart and targeted marketing and can reach more consumers. This became the focus of the 2019 Suryakancana University Real Work Lecture (KKN) in its mission of developing an entrepreneurial atmosphere in the village of Cidadap where they were placed. The results of the activities in the community are product innovation, better packaging variants and better answer to the needs of consumers in more detail and more efficient and effective marketing methods with more massive use of cyberspace facilities aimed at reaching the wider community.
PENERAPAN ILMU MANAJEMEN DALAM MEWUJUDKAN PEMBANGUNAN MASJID PESANTREN NAHWA NUR KABUPATEN BOGOR JAWA BARAT Ade Onny Siagian
JE (Journal of Empowerment) Vol 2, No 1 (2021): JUNI
Publisher : Universitas Suryakancana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35194/je.v2i1.1242

Abstract

ABSTRAKPengabdian bertajuk Penerapan Ilmu Manajemen dalam Mewujudkan Pembangunan Masjid Pesantren Nahwa Nur, Kec. Bojong Gede, Bogor. Tujuan dari aktifitas pengabdian kepada warga ini membagikan pelatihan serta pengetahuan secara instan ilmu manajemen dalam pengelolaan kesehatan dan keselamatan kerja (K3) dalam pembangunan proyek masjid Pesantren. Metode yang digunakan metode survey dan penyampaian modul secara langsung dan simulasi serta dialog mengenai manajemen, Berartinya K3 dalam pembangunan. Kesimpulan merupakan proyek sudah mempraktikkan kebijakan K3 yang disebut Komitmen QPASS di proyek tetapi Implementasi belum dicoba secara maksimal, secara struktural sudah menerapkan organisasi. Pelaksanaan Ilmu Manajemen belum berjalan secara maksimal dalam mengamalkan komunikasi dan data informasi. proyek sudah melakukan pelatihan tetapi belum cocok dengan upaya pencegahan musibah kerja, belum optimalnya implementasi pengawasan K3.ABSTRACTThe service entitled Application of Management Science in Realizing the Construction of the Nahwa Nur Islamic Boarding School Mosque, Kec. Bojong Gede, Bogor. The purpose of this community service activity was to provide training and practical knowledge of management science in K3 management in the construction of the Pesantren mosque project. The method used the survey method and the delivery of material directly as well as simulations and discussions about management, the importance of K3 in development. The conclusion is the project has implemented a K3 policy called QPASS Commitment in the project but the implementation has not been carried out optimally, structurally it has implemented the organization. The application of Management Science has not run optimally in practising communication and information. the project has carried out training but it is not in accordance with work accident prevention efforts, the implementation of K3 supervision has not been optimal. 
PELAKSANAAN PEMBERIAN BANTUAN SOSIAL KEPADA KORBAN BENCANA BANJIR DAN LONGSOR Sya'baningrum Prihhartini; Reza Anggriyashati Adara; Siti Khadijah
JE (Journal of Empowerment) Vol 2, No 1 (2021): JUNI
Publisher : Universitas Suryakancana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35194/je.v2i1.1253

Abstract

ABSTRAK Bencana banjir dan longsor secara beruntun menimpa Desa Cileuksa, Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor, Jawa Barat pada tanggal 1 Januari 2020. Ribuan orang harus dievakuasi karena rumah-rumah mereka disapu banjir dari Sungai Cidurian. Walaupun terjadi setahun yang lalu, para penyintas masih terpaksa tinggal di tempat pengungsian yang dibangun oleh tentara. Selain bencana tersebut, bencana lain terjadi di Kabupaten Bekasi pada tanggal 7 Februari 2021 dan menghancurkan banvak rumah. Bencana ini terjadi di tengah pandemi Covid-19 yang telah berdampak buruk terhadap kondisi ekonomi dan kesehatan masyarakat. Demi meringankan beban para korban, FKSB Universitas Islam 45 Bekasi berinisiasi membuat sebuah program pengabdian masyarakat yang terdiri dari kampanye penggalangan dana, menggalang dana dari masyarakat dan kerjasama dengan Kwartir Cabang Pramuka Kabupaten Bekasi. Program ini diharapkan bisa meningkatkan kesadaran tentang pentingnya penyediaan bantuan terhadap korban-korban bencana. Data dari hasil survei kepada para penerima bantuan menunjukkan bahwa masyarakat penerima bantuan merasa puas dengan bantuan yang diberikan. Program pengabdian masyarakat ini diharapkan bisa menjadi titik tolak bagi dari program-program pengabdian masyarakat selanjutnya yang akan ditekankan kepada pemberdayaan masyarakat di daerah bencana.   ABSTRACTOn January 1st, 2020, a flood which was succeeded with landslides struck Desa Cileuksa, Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Thousands of people were evacuated because their homes were swept by floods from Sungai Cidurian. Although the disaster happened a year ago, the survivors still suffer from the aftermath as they still have to live in shelters built by army. Besides that, another flood disaster took place in Kabupaten Bekasi on February 7th, 2021 in Kabupaten Bekasi and destroyed many houses. These disasters took places amid Covid-19 pandemic which has negatively affected people’s economic and health conditions. In order to provide reliefs to survivors, FKSB Universitas Islam 45 Bekasi initiated a social service program. The program consists of creating a campaign for charity program, raising donations from public, and working together with Kwartir Cabang Pramuka Kabupaten Bekasi. The program aims to raise awareness for provision of reliefs toward disasters’ survivors. The survey results show that most recipients are satisfied with the relief’s provision. The present program is expected to be a milestone for further programs which aim to the empowerment of disasters’ survivors. 
MEMADUKAN INOVASI DAN KEARIFAN LOKAL DALAM PENGAJARAN LITERASI PADA ANAK USIA DINI: PENDAMPINGAN GERAKAN LITERASI Nia Kurniawati; Aprilla Adawiyah; Mia Fatimatul Munsi
JE (Journal of Empowerment) Vol 2, No 1 (2021): JUNI
Publisher : Universitas Suryakancana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35194/je.v2i1.1229

Abstract

ABSTRAK Literasi dini dipandang sebagai fondasi yang sangat penting dalam perkembangan kognitif manusia, dalam pengajaran literasi Pada Anak Usia Dini (PAUD), perlu diperhatikan bahan, media, dan cara penyampaian agar anak usia dini mudah untuk memahami dan menanamkan nilai-nilai kehidupan yang terdapat dalam pembelajaran, yang dituntut untuk dapat berinovasi dan kreatif dalam menyampaikan bahan pembelajaran literasi, dalam tumbuh kembang dan karakter anak usia dini. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pendampingan pada guru-guru PAUD di desa Sukawangi, Warungkondang. Adapun metode  kegiatan ini dilaksanakan pelatihan tentang teknik pengajaran literasi dini untuk anak-anak PAUD. Teknik yang digunakan pada para guru adalah mendongeng dengan menggunakan media boneka jari dan buku besar. Pengabdian ini bertujuan membuat guru menjadi kreatif dan anak usia dini lebih aktif terlibat pembelajaran serta mengenal kearifan lokal Cianjur. ABSTRACTEarly literacy is seen as a very important foundation in human cognitive development, in teaching literacy in PAUD, it is necessary to pay attention to materials, media, and delivery methods so that early childhood is easy to understand and instill the values of life contained in learning, which is required to be able to innovate and be creative in delivering literacy learning materials, in the development and character of early childhood. This activity aims to provide assistance to PAUD teachers in Sukawangi village, Warungkondang. The method of this activity is training on early literacy teaching techniques for PAUD children. The technique used by the teachers is storytelling using finger puppets and large books. This service aims to make teachers creative and early childhood more actively involved in learning and get to know Cianjur local wisdom. 
PENGGUNAAN APLIKASI SEBAGAI MEDIA E-LEARNING REMAJA DI KARANG TARUNA Dwi Yulistyanti; Naely Farkhatin; Dewi Mustari
JE (Journal of Empowerment) Vol 2, No 1 (2021): JUNI
Publisher : Universitas Suryakancana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35194/je.v2i1.1265

Abstract

ABSTRAK Saat pademi in,i pembelajaran harus tetap dilakukan walaupun tidak di langsungkan di kelas, tetapi dengan pembelajaran yang bersifat online. Pengabdian masyarakat kali ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada para Remaja mengenai Aplikasi media E-Learning yang sering digunakan di sekolah dan bisa memilih Aplikasi media pembelajaan yang efektif digunakan dalam E-Learning. Penggunaan Aplikasi (whastapp, zoom, google meet) sebagai media E-Learning ini sudah tidak asing lagi dikalangan remaja di dalam proses belajar mengajar. Tim pelaksana yang berperan sebagai tutor memberikan pengetahuan dan sekaligus melakukan pendampingan pada peserta pelatihan untuk menguasai materi pelatihan. Hal ini memungkinkan para remaja untuk menguasai materi dengan sekaligus melakukan praktik dengan pendampingan instruktur. 8 dari 10 remaja yang mengikuti pelatihan memilih menggunakan whatsapp dengan mempertimbangkan masalah kuota yang dimiliki sehingga pembelajaran bisa tetap berjalan dengan segala keterbatasan terutama masalah biaya pembelian kuota. ABSTRACTDuring this period, learning must still be carried out even though it is not carried out directly in class, but through online learning. This time, community service aims to provide knowledge to teenagers about E-Learning media applications that are often used in schools and can choose learning media applications that are effectively used in E-Learning. The use of applications (whastapp, zoom, google meet) as an E-Learning medium is no stranger to teenagers in the teaching and learning process. The implementation team, which acts as a tutor, provides knowledge and at the same time provides assistance to training participants to master the training material. This allows the youth to master the material while practicing with the instructor's assistance. 8 out of 10 teenagers who participated in the training chose to use WhatsApp by considering the quota problem they had so that learning could continue with all limitations, especially the problem of purchasing a quota.
BRANDING DALAM STRATEGI MARKETING KERIPIK PISANG PADA PELAKU USAHA RUMAHAN Reksa Jayengsari
JE (Journal of Empowerment) Vol 2, No 1 (2021): JUNI
Publisher : Universitas Suryakancana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35194/je.v2i1.1232

Abstract

ABSTRAKKegiatan ini merupakan pelaksanaan dari tridarma Perguruan Tinggi dalam melaksanakan pengabdian pada masyarakat. Bentuk pengabdian pada masyarakat ini mengambil tema kewirausahaan yang masuk kedalam kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Leuwikoja Kecamatan Mande Kabupaten Cianjur. Program kewirausahaan yang dilaksanakan diantaranya adalah Branding dan Marketing dari produk yang menjadi salah satu potensi desa yang bisa dikembangkan yaitu Keripik Pisang (Lantak). Kegiatan tersebut disertai dengan sosialisasi strategi pemasaran yang diberikan kepada pelaku usaha rumahan dimaksudkan untuk mengangkat potensi wirausaha masyarakat Desa Leuwikoja yang sudah ada. Pelaksanaan kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas dari kegiatan sosialisasi pada aspek pengetahuan masyarakat terkait masalah produksi, pengemasan dan pemasaran. Pendekatan kualitatif dengan teknik wawancara digunakan dalam menyusun hasil pengabdian ini. Setelah kegiatan analisis dengan metode penelitian yang digunakan didapat beberapa permasalahan dalam pengembangan produk diantaranya pelaku usaha rumahan masih menggunakan metode konvensional dan kurang inovasi baik dalam masalah produksi, kemasan, dan pemasaran. Hasil kegiatan ini menunjukan adanya peningkatan pengetahuan masyarakat terkait pengemasan dan pemasaran produk serta memberikan hasil peningkatan nilai ekonomi sebesar 30% pada produk keripik pisang yang diproduksi oleh masyarakat.ABSTRACTThis activity is an implementation of the Tri Darma Perguruan Tinggi in carrying out community service activity. This form takes the theme of entrepreneurship which is included in the Kuliah Kerja Nyata (KKN) activity in Leuwikoja Village, Mande District, Cianjur Regency. Entrepreneurship programs implemented include Branding and Marketing of products that are one of the village potentials that can be developed by means of Banana Chips (Lantak). The activity included marketing strategies is given to related home business actors to raise the entrepreneurial potential of the existing Leuwikoja Village community. The implementation of this activity aims to see the effectiveness of socialization activities on public knowledge related to production, packaging and marketing issues. A qualitative approach with interview techniques is used in compiling the results of this activity. After analyzing the activities with the research method used, several problems were found in product development, including home bussiness actors still using conventional methods and lack of innovation both in problems, packaging and marketing. The results of this activity indicate an increase in public knowledge about product packaging and marketing and in an increase in the economic value is 30% of banana chip products produced by the community. 
PELATIHAN DAN SERTIFIKASI MICROSOFT OFFICE PADA SMK KARYA GUNA BHAKTI 1 Onki Alexander; Eva Nur Isnaini
JE (Journal of Empowerment) Vol 2, No 1 (2021): JUNI
Publisher : Universitas Suryakancana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35194/je.v2i1.1273

Abstract

ABSTRAKDalam era globalisasi saat ini, dunia informasi berkembang begitu pesat karena didukung dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih. Microsoft Office merupakan software application yang sering digunakan membantu kegiatan belajar mengajar. Pada saat ini siswa-siswi SMK Karya Guna Bhakti1 sudah memiliki sarana dan prasarana penunjang kegitan belajar mengajar, namun siswa-siswi kurang bisa memanfaatkan fitur-fitur yang tersedia dalam aplikasi Microsoft Office. Pelatihan dan sertifikasi ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan siswa-siswi dalam memanfaatkan software Microsoft Office (Microsoft word, Microsoft excel dan Microsoft power point) untuk menunjang kegiatan belajar mengajar tersebut. Dalam pelatihan dan sertifikasi ini menggunakan metode pelaksanaan yang terdiri dari koordinasi pihak internal dan ekternal, pelaksanaan kegiatan pelatihan dan tes (sertifikasi), evaluasi dan penyusunan laporan kegiatan. Dengan adanya pelatihan dan sertifikasi microsoft office ini, keterampilan siswa-siswi SMK Karya Guna Bhakti1 semakin meningkat dengan hasil grade yang diperoleh “B’ (Baik). ABSTRACTIn the current era of globalization, the world of information is developing so rapidly because it is supported by increasingly sophisticated technological developments. Microsoft Office is a software application that is often used to assist teaching and learning activities. At this time, SMK Karya Guna Bhakti1 students already have facilities and infrastructure to support teaching and learning activities, but students are not able to take advantage of the features available in the Microsoft Office application. This training and certification aim to improve students' skills in utilizing Microsoft Office software (Microsoft word, Microsoft excel, and Microsoft PowerPoint) to support these teaching and learning activities. In this training and certification, the implementation method consists of the coordination of internal and external parties, implementation of training and testing activities (certification), evaluation, and preparation of activity reports. With the training and certification of Microsoft Office, the skills of SMK Karya Guna Bhakti1 students have increased with the grade results obtained by "B" (Good). 
PENGGUNAAN BOTOL AIR MINUM PENUNJANG PROTOKOL KESEHATAN DI MASA ADAPTASI KEBIASAAN BARU MELALUI FACEBOOK Henny Sri Mulyani; Ika Merdekawati Kusmayadi; Achmad Abdul Basith
JE (Journal of Empowerment) Vol 2, No 1 (2021): JUNI
Publisher : Universitas Suryakancana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35194/je.v2i1.1259

Abstract

ABSTRAK Pandemi COVID-19 membuat perubahan dalam kehidupan manusia. Pembatasan kegiatan bertatap muka, menjalankan aktivitas dari rumah, dan melaksanakan pola hidup sehat, sebagai upaya penanggulangan penyebaran. Upaya ini melahirkan kebijakan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB). Kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat, Dosen dan Mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata (KKNM) Integratif dilaksanakan secara daring selama satu bulan. Pengabdian Pada Masyarakat ini menggunakan metode kampanye penggunaan botol air minum sebagai penunjang protokol kesehatan dan pengurangan sampah plastik pada masa AKB melalui Facebook. Pesan kampanye bertema kesehatan dan pelestarian lingkungan dirancang dalam bentuk infografis agar komunikatif dan mudah dipahami. Dalam pelaksanaannya beberapa mahasiswa memanfaatkan akun Facebook pribadi serta bekerjasama dengan berbagai komunitas, seperti komunitas Greenpeace Indonesia, Himpunan Matematika Unpad, Membersihkan Indonesia Community, komunitas bersepeda, BEM Unpad, dan Unpad Hejo. Melalui kampanye ini literasi informasi dan kesadaran masyarakat meningkat akan pentingnya membawa botol air minum di masa AKB guna menunjang kesehatan dan lingkungan, sesuai dengan yang diharapkan. ABSTRACTThe COVID-19 pandemic is making changes in human life. Social distancing, working from home, healthy lifestyle, are an act to prevent virus spread; it creates New Habit Adaptation (AKB) policy. An Integrative Community Service (KKNM) lecturer-students have been carried out online. This KKNM applied a campaign method to use water bottles to support health protocols, and reduce plastic waste during the AKB period through Facebook. The messages on health and environmental preservation are designed in infographics, so it can be easily understood. In its implementation, several students use personal Facebook accounts and collaborate with various communities, such as the Greenpeace Indonesia community, the Unpad Mathematical Association, Membersihkan Indonesia Community, the cycling community, BEM Unpad, and Unpad Hejo. This campaign is expected to act as information literacy and increase public awareness of the importance of carrying bottles of drinking water during the AKB period to support health and the environment.
REVITALISASI NILAI-NILAI PANCASILA DALAM MEMBENTUK KARAKTER WARGA BINAAN LEMBAGA PEMASYARAKATAN KELAS IIA KARAWANG Lusiana Rahmatiani
JE (Journal of Empowerment) Vol 2, No 1 (2021): JUNI
Publisher : Universitas Suryakancana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35194/je.v2i1.1264

Abstract

ABSTRAK Permasalahan sosial muncul akibat adanya ketimpangan dalam faktor kehidupan sosial yang menyebabkan tindak kejahatan, sehingga menyebabkan adanya hukuman bagi seseorang yang telah melakukan perbuatan melawan hukum yang menyebabkan dirinya di hukum di lembaga pemasyarakatan. Tujuan pengabdian masyarakat ini, untuk memberikan sosialisasi akan pentingnya pengetahuan dan pemahaman nilai-nilai Pancasila serta nilai karakter dalam membentuk karakter warga binaan yang sedang menjalankan masa hukuman serta implementasi tridhrama perguruan tinggi. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan pengabdian menggunakan metode ceramah. Hasil pengabdian masyarakat berupa adanya upaya untuk menghidupkan kembali, membangkitkan kembali dan mengingatkan kembali nilai-nilai pancasila sebagai guiding principle dalam kehidupan serta pembentukan karakter para warga binaan agar menjadi bekal untuk kehidupan yang lebih baik dimasa depan setelah lepas dari masa tahanan. ABSTRACTSocial problems arise due to the imbalance in social life factors that lead to crime, thus leading to penalties for someone who has committed an illegal act which causes him to be punished in a correctional institution. The purpose of this community service is to provide socialization of the importance of knowledge and understanding of the values of Pancasila and character values in shaping the character of the inmates who are serving a sentence and the implementation of the tri dharma of higher education. The method used in the implementation of the service uses the lecture method. The results of community service are in the form of efforts to revive, revive and remind the values of Pancasila as the guiding principle in life and the formation of the character of the inmates so that they become provisions for a better life in the future after being released from detention.
PELATIHAN GOOGLE DOCS UNTUK MENINGKATKAN KOLABORASI PENYUSUNAN RPP PADA SD 20 PALMERAH JAKARTA BARAT Dewi Anjani; Desi Novianti; Ali Sadikin Wear
JE (Journal of Empowerment) Vol 2, No 1 (2021): JUNI
Publisher : Universitas Suryakancana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35194/je.v2i1.1263

Abstract

ABSTRAK Pelaksanaan pembelajaran di kelas memerlukan persiapan yang matang, seperti merancang kegiatan yang akan dilakukan guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) bertujuan memudahkan pencapaian tujuan pembelajaran.Sedangkan penyusunan dokumen RPP harus berkolaborasi antara 2-3 orang guru. Dalam kondisi pandemi ini pembuatan RPP sangat sulit karena media yang digunakan membuat RPP adalah media online. Seorang guru mengirimkan pekerjaannya ke guru atau karyawan lain untuk ditambahkan atau diedit. Guru lainnya kemudian akan melakukan hal yang sama; proses ini menyebabkan satu dokumen memiliki banyak nama file dan konten yang berbeda.Salah satu solusi dari permasalahan tersebut adalah malaksankan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang mengenalkan dan memberikan Pelatihan Aplikasi Kolaborasi Kerja Dalam Rangka Penyusunan Dokumen Perencanaan Pembelajaran di SD 20 Pal Merah Jakarta Barat.Harapan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah pembelajaran dokumen dapat terlaksana tepat waktu dan memudahkan guru dan karyawan dalam membuat RPP dalam mengerjakan dokumen. ABSTRACTLesson Plan aims to make it easier to achieve learning objectives. Meanwhile, the preparation of RPP documents must collaborate between 2-3 teachers or employees. In this pandemic condition, makingLesson Plan is very difficult because the media used to make Lesson Plan is online media. A teacher will send his work to other teachers or employees to add or edit. The other teachers will then do the same; this process causes one document to have many different file names and contents. One solution to this problem is to hold community service activities that introduce and provide Work Collaboration Application Training in the Context of Preparing Learning Planning Documents at SD 20 Pal Merah. The hope of implementing this activity is that document learning can be carried out on time and make it easier for teachers and employees to create lesson plans in working on document.

Page 1 of 2 | Total Record : 12