cover
Contact Name
Kiftian Hady Prasetya
Contact Email
kiftian@uniba-bpn.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
pbsi@uniba-bpn.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota balikpapan,
Kalimantan timur
INDONESIA
Jurnal Basataka (JBT)
Published by Universitas Balikpapan
ISSN : 26213826     EISSN : 26215977     DOI : -
Core Subject : Education,
Fokus dan cakupan Jurnal BASATAKA adalah penelitian dalam bidang Pendidikan, Bahasa, dan Sastra Indonesia. The focus and scope of BASATAKA Journal is research in the fields of Education, Language, and Indonesian Literature.
Arjuna Subject : -
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 1 (2019): Juni 2019" : 12 Documents clear
TRANSFORMASI MITE “MISTERI GANG KERAMAT” MENJADI NASKAH DRAMA SEBAGAI BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 05 MEDAN TAHUN AJARAN 2019/2020 Nisa Prima; Ceni Rahim; Ronald Wibowo Sitompul Ginting; Sri Dinanta Beru Ginting
Jurnal Basataka (JBT) Vol. 2 No. 1 (2019): Juni 2019
Publisher : Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Balikpapan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (676.197 KB) | DOI: 10.36277/basataka.v2i1.41

Abstract

Penelitian ini berjudul “Transformasi Mite “Misteri Gang Keramat” Menjadi Naskah Drama Sebagai Bahan Ajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 05 Medan Tahun Ajaran 2019/2020”. Penelitian ini diangkat untuk mentransformasikan mite “Misteri Gang Keramat” menjadi naskah drama dan dijadikan sebagai bahan ajar Bahasa Indonesia pada siswa SMP kelas VIII SMP Muhammdiyah 05 Medan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif bertujuan untuk mendeskripsikan secara sistematis, faktual, dan akurat dengan menggunakan kata-kata atau kalimat. Penelitian ini dilaksanakan mulai bulan November 2018 sampai dengan Oktober 2019. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik simak bebas libat cakap. Data dalam penelitian ini adalah data lisan berupa mite “Misteri Gang Keramat”. Sumber data dalam penelitian ini adalah informan dari masyarakat Gang Keramat, Mabar, Medan Deli. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif, yaitu reduksi, penyajian data, dan penarikan simpulan. Teknik validitas data menggunakan triangulasi metode dan sumber. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan peyusunan laporan. Hasil penelitian diketahui mite “Misteri Gang Keramat” ini terbentuk karena adanya unsur mistis di daerah tersebut, terdapat sebuah pohon yang dianggap keramat dan sering didatangi oleh masyarakat sekitar untuk meminta sesuatu. Tujuan masyarakat bermacam-macam, ada yang meminta kesembuhan, keberuntungan dan sebagainya. Jika permintaan atau permohonannya terkabul, maka para penduduk sekitar akan meletakkan sesajen di bawah pohon sebagai wujud syukur. Sehingga dahulu para orang tua mengingatkan anaknya untuk tidak keluar malam karena daerah tersebut merupakan keramat, dari situlah mite ini muncul. Mite yang telah disusun kemudian ditransformasikan oleh peneliti menjadi naskah drama untuk dijadikan sebagai bahan ajar Bahasa Indonesia.
PENGARUH PENGGUNAAN MODEL DEBAT (DEBATE) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF ARGUMENTASI PADA SISWA KELAS X SMK SWASTA SULTAN ISKANDAR MUDA TAHUN PELAJARAN 2018/2019 Ayu Trigustina Panjaitan; Annisa Annisa; Dani Sukma Agus Setiawan
Jurnal Basataka (JBT) Vol. 2 No. 1 (2019): Juni 2019
Publisher : Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Balikpapan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (580.617 KB) | DOI: 10.36277/basataka.v2i1.42

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model debat (debate) terhadap kemampuan menulis paragraf argumentasi siswa kelas X SMK Swasta Sultan Iskandar Muda Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif Eksperimen dengan desain two group post-test design only. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Swasta Sultan Iskandar Muda yang berjumlah 102 siswa. Sampel Penelitian terdiri dari dua kelas, satu kelas sebagai kelas kontrol yaitu kelas X-MM 1 sejumlah 31 siswa dan satu kelas sebagai kelompok eksperimen yaitu X-MM 2 sejumlah 31 siswa. Pengambilan sampel ini dengan random sampling ( acak kelas ). Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes, yaitu post-test. Proses pengumpulan data dengan cara menugaskan siswa menulis Paragraf Argumentasi. Sebelum dilakukan analisis data, terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas yang menunjukkan bahwa skor post-test berdistribusi normal dan homogen. Teknik analisis data adalah uji-t. Hasil penelitian menunjukan adanya perbedaan kemampuan menulis paragraf argumentasi pada siswa kelas X SMK Swasta Sultan Iskandar Muda dengan penggunaan model debat (debate) dan tanpa penggunaan model debat (debate. Perbedaan tersebut ditunjukan oleh hasil uji-t yaitu -ttabel = -2,00 < thitung = 5,83 > ttabel = 2,00, maka hipotesis nol (H0) ditolak dan Hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini dibuktikan bahwa terdapat pengaruh positif penggunaan model debat (debate) terhadap kemampuan menulis paragraf argumentasi pada siswa kelas X SMK Swasta Sultan Iskandar Muda Tahun Pelajaran 2018/2019.
PENGARUH MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI PADA SISWA KELAS X SMK SWASTA SULTAN ISKANDAR MUDA TAHUN PELAJARAN 2018/2019 Sumitra Sumitra; Sri Dinanta Beru Ginting; Udut Silaen
Jurnal Basataka (JBT) Vol. 2 No. 1 (2019): Juni 2019
Publisher : Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Balikpapan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (348.535 KB) | DOI: 10.36277/basataka.v2i1.43

Abstract

Tujuan utama yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh penggunaan media audiovisual terhadap kemampuan menulis teks eksposisi pada siswa kelas X SMK Swasta Sultan Iskandar Muda Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif Eksperimen dengan desain two group post-test design only. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Multimedia SMK Swasta Sultan Iskandar Muda yang berjumlah 66 siswa. Sampel Penelitian terdiri dari dua kelas, satu kelas sebagai kelas kontrol yaitu kelas X-MM 2 sejumlah 32 siswa dan satu kelas sebagai kelompok eksperimen yaitu X-MM 1 sejumlah 34 siswa. Pengambilan sampel ini dengan random sampling ( acak kelas ). Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes, yaitu post-test. Proses pengumpulan data dengan cara menugaskan siswa menulis Teks Eksposisi. Sebelum dilakukan analisis data, terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas yang menunjukkan bahwa skor post-test berdistribusi normal dan homogen. Teknik analisis data adalah uji-t. Hasil penelitian menunjukan adanya perbedaan kemampuan menulis teks ekspsosisi pada siswa kelas X SMK Swasta Sultan Iskandar Muda dengan menggunakan media audiovisual dan tanpa menggunakan media audiovisual. Perbedaan tersebut ditunjukan oleh hasil uji-t yaitu -ttabel = -1,998 > thitung = -2,21 > ttabel = 1,998, maka hipotesis nol (H0) ditolak dan Hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini dibuktikan bahwa terdapat pengaruh positif penggunaan media audiovisual terhadap kemampuan menulis teks eskposisi pada siswa kelas X Multimedia SMK Swasta Sultan Iskandar Muda Tahun Pelajaran 2018/2019.
PENGARUH MODEL PAIR CHECK TERHADAP KEMAMPUAN MENGINDENTIFIKASI UNSUR-UNSUR TEKS NARASI (CERITA FANTASI) PADA SISWA KELAS VII SMP SWASTA BUDI SETIA SUNGGAL TAHUN PELAJARAN 2018/2019 Aulia Rahmadhani; Annisa Annisa; Ibrahim Daulay
Jurnal Basataka (JBT) Vol. 2 No. 1 (2019): Juni 2019
Publisher : Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Balikpapan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (205.599 KB) | DOI: 10.36277/basataka.v2i1.44

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pair check terhadap kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur teks narasi (cerita fantasi) pada kelas VII SMP Swasta Budi Setia Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode eksperimen dengan desain two group post-test only design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Swasta Budi Setia Sunggal yang berjumlah 91 siswa. Penelitian sampel dengan teknik random sampling. Berdasarkan teknik tersebut diperoleh kelas VII-A sebagai kelas eksperimen terdiri dari 30 siswa dan kelas VII-B sebagai kelas kontrol terdiri dari 30 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes, yaitu post-test. Proses pengumpulan data dengan cara menugaskan siswa mengidentifikasi unsur-unsur teks narasi (cerita fantasi). Sebelum dilakukan analisis data, terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas yang menunjukkan bahwa skor post-test berdistribusi normal dan homogen. Teknik analisis data adalah uji-t. hasil penelitian menunjukkan adanya pebedaan kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur teks narasi (cerita fantasi) siswa kelas VII SMP Swasta Budi Setia Sunggal dengan model pair check dan tanpa model pair check. perbedaan tersebut ditunjukkan oleh hasil uji-t yaitu = 11,2, = 2,03 maka kriteria pengujian hipotesis penelitian ini adalah > . Hipotesis nilai ditolak dan hipotesis alternatif () diterima.hal ini membukikan bahwa terdapat pengaruh positif model pair check terhadap kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur teks narasi (ceriat fantasi) pada siswa kelas VII SMP Swasta Budi Setia Sunggal Tahun Pelajaran 2018/2019.
PENGARUH MODEL COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMAK BERITA SISWA KELAS VIII SMP SWASTA BUDI SETIA SUNGGAL Ermayana Sagala; Hilman Haidir; Udut Silaen
Jurnal Basataka (JBT) Vol. 2 No. 1 (2019): Juni 2019
Publisher : Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Balikpapan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (242.985 KB) | DOI: 10.36277/basataka.v2i1.45

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui lebih jelas pengaruh model pembelajaran cooperative script terhadap kemampuan menyimak berita kelas VIII SMP Swasta Budi Setia Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode eksperimen dengan desain two group post-test only design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Swasta Budi Setia yang berjumlah 92 siswa. Penelitian sampel dengan teknik random sampling. Berdasarkan teknik tersebut diperoleh kelas VIII-B sebagai kelas kontrol terdiri dari 31 siswa dan kelas VIII-C sebagai kelas eksperimen terdiri dari 31 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes, yaitu post-test. Proses pengumpulan data dengan cara menugaskan siswa menyimak berita. Sebelum dilakukan analisis data, terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas yang menunjukkan bahwa skor post-test berdistribusi normal dan homogen. Teknik analisis data adalah uji-t. hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan kemampuan menyimak berita siswa kelas VIII SMP Swasta Budi Setia Sunggal dengan model Cooperative Script dan tanpa model Cooperative Script. Perbedaan tersebut ditunjukan oleh hasil uji-t yaitu = 8,11, = 2,00 maka kriteria pengujian hipotesis alternative () diterima. Hal ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh positif model Cooperative Script terhadap kemampuan menyimak berita siswa kelas VIII SMP Swasta Budi Setia Sunggal Tahun Pelajaran 2018/2019.
PENINGKATAN MODEL GROUP INVESTIGATION PADA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI SISWA KELAS X TKJ SMK SWASTA BUDI SETIA SUNGGAL TAHUN PELAJARAN 2018/2019 Rahmadini Syahfitri; Annisa Annisa; Dani Sukma Agus Setiawan
Jurnal Basataka (JBT) Vol. 2 No. 1 (2019): Juni 2019
Publisher : Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Balikpapan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (112.525 KB) | DOI: 10.36277/basataka.v2i1.46

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas X TKJ SMK Swasta Budi Setia Sunggal melalui model group investigation. Penggunaan model group investigation diharapkan mampu mempermudah siswa dalam memahami materi dan mampu menulis teks laporan hasil observasi agar keterampilan menulis meningkat. Melalui model group investigation , peningkatan dapat dilihat secara proses maupun produk. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Budi Setia Sunggal. Subjek penelitian adalah kelas X TKJ yang berjumlah 28 siswa. Hal ini dilihat dari peningkata skor rata-rata setelah diberi siklus I dengan rata-rata 74,11 dan pada akhirnya siklus II skor rata-rata menjadi 82,01. Peningkatan skor rata-rata siswa mulai siklus I hingga siklus II adalah 7,9. Secara keseluruhan pada akhir siklus II semua berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model group investigation berhasil dan mampu meningkatkan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas X TKJ SMK Swasta Budi Setia Setia.
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR BERSERI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR SISWA KELAS VII SMP SULTAN ISKANDAR MUDA TAHUN PELAJARAN 2018/2019 Alicia Indriyanto; Hilman Haidir; Annisa Annisa
Jurnal Basataka (JBT) Vol. 2 No. 1 (2019): Juni 2019
Publisher : Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Balikpapan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (152.145 KB) | DOI: 10.36277/basataka.v2i1.47

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian Two Group Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Sultan Iskandar Muda. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Berdasarkan teknik tersebut maka diperoleh kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII D sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes tertulis, yaitu posttest. Proses pengumpulan data dengan cara menugaskan siswa untuk menulis teks prosedur. Sebelum dilakukan analisis data, terlebih dahulu melakukan uji normalitas dan uji homogenitas yang menunjukkan bahwa skor posttest berdistribusi normal dan homogen. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t. Hasil analisis data menunjukkan bahwa adanya perbedaan keterampilan menulisteks prosedur siswa kelas VII SMP Sultan Iskandar Muda dengan menggunakan media gambar berseri dan tanpa menggunakan media gambar berseri. Setelah dianalisis dengan menggunakan rumus uji-t yang dilakukan dengan manual, maka terlihat dari tabel t pada taraf α = 0,05 dengan dk =82-2=80 nilai thit > ttab (27,61 > 2,00) maka dapat dibuktikan bahwa media gambar berseri memiliki pengaruh yang lebih tinggi dibandingkan dengan metode kovensional terhadap kemampuan menulis
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS ULASAN CERPEN SISWA KELAS VIII SMP SULTAN ISKANDAR MUDA MEDAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019 Juwita Theresia Bangun; Annisa Annisa; Ibrahim Daulay
Jurnal Basataka (JBT) Vol. 2 No. 1 (2019): Juni 2019
Publisher : Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Balikpapan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (142.331 KB) | DOI: 10.36277/basataka.v2i1.48

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran STAD terhadap kemampuan menulis teks ulasan cerpen siswa kelas VIII SMP Sultan Iskandar Muda Medan Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode eksperimen degan desain true design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SULTAN ISKANDAR MUDA MEDAN yang berjumlah 168 siswa. Penentuan sampel dengan teknik random sampling. Berdasarkan teknik tersebut diperoleh kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen terdiri dari 41 siswa dan kelas VIII-B sebagai kelas kontrol terdiri dari 41 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes, yaitu post-test. Proses pengumpulan data dengan cara menugaskan siswa menulis teks ulasan cerpen. Sebelum dilakukan analisis data, terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas yang menunjukkan bahwa skor post-test berdistribusi normal dan homogen. Teknik analisis data adalah uji- t. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan kemampuan menulis teks ulasan cerpen siswa kelas VIII Smp Sultan Iskandar Muda Medan dengan menggunakan model STAD dan tanpa menggunakan model STAD. Perbedaan tersebut ditunjukkan oleh hasil uji- t yaitu thitung = 18,90, ttabel = 1,99, sehingga kriteria pengujian hipotesis penelitian ini adalah thitung > ttabel, maka hipotesis nilai H0 ditolak dan hipotesis alternative (Ha) diterima. Hal ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh positif model pembelajaran STAD dari pada tanpa model pembelajaran STAD terhadap kemampuan menulis teks ulasan cerpen siswa kelas VIII SMP Sultan Iskandar Muda Medan Tahun Pelajaran 2018/2019pengaruh, model pembelajaran STAD, menulis teks ulasan cerpen.
EKSPLORASI LEGENDA SELANG PANGERAN SEBAGAI BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA Lisa Krisdayani Sitepu; Maria Natalia Situmorang; Wita Dewi; Sri Dinanta Beru Ginting
Jurnal Basataka (JBT) Vol. 2 No. 1 (2019): Juni 2019
Publisher : Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Balikpapan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (150.524 KB) | DOI: 10.36277/basataka.v2i1.56

Abstract

Legenda adalah cerita prosa rakyat yang dianggap benar-benar terjadi biasanya dihubungkan dengan tokoh sejarah serta dibumbui dengan keajaiban, kesaktian, dan keistimewaan tokohnya. Berdasarkan hal tersebut legenda Selang Pangeran sangat penting untuk diteliti. Penelitian ini berjudul “Eksplorasi Legenda Selang Pangeran sebagai Bahan Ajar Bahasa Indonesia”. Penelitian ini diangkat untuk mengeksplorasi bentuk dan maksud dari legenda Selang Pangeran, kemudian mengeksplorasinya menjadi bahan ajar bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menambah wawasan siswa tentang legenda tepatnya legenda Selang Pangeran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif bertujuan untuk mendeskripsikan secara sistematis, faktual, dan akurat dengan menggunakan kata-kata atau kalimat. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik simak bebas libat cakap. Data dalam penelitian ini adalah data lisan berupa cerita rakyat legenda Selang Pangeran. Sumber data dalam penelitian ini adalah informan dari masyarakat di desa Landak kabupaten Langkat. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif, yaitu reduksi, penyajian data, dan penarikan simpulan. Teknik validitas data menggunakan triangulasi teori dan sumber. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan peyusunan laporan. Luaran dari penelitian ini adalah sebagai bahan ajar bahasa Indonesia, dan artikel yang dipublikasikan
PERGESERAN MAKNA ASOSIATIF PADA LIRIK LAGU IWAN FALS DI ALBUM MUSIKAL SATU TAHUN 2015 Retnowaty; Iin Ratnasari; Retnowaty Retnowaty; Kiftian Hady Prasetya
Jurnal Basataka (JBT) Vol. 2 No. 1 (2019): Juni 2019
Publisher : Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Balikpapan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (172.098 KB) | DOI: 10.36277/basataka.v2i1.60

Abstract

Pembahasan yang diangkat oleh peneliti adalah tentang kajian semantik yakni jenis-jenis makna. Akan tetapi peneliti hanya memfokuskan pada jenis makna asosiatif dengan rumusan masalah yakni mengenai jenis makna asosiatif yang meliputi makna konotatif, makna stilistik, makna afektif, makna reflektif dan makna kolokatif. Peneliti memilih lirik lagu Iwan Fals album musikal “Satu” tahun 2015 sebagai objek penelitian karena dalam objek tersebut banyak mengandung pembahasan mengenai rumusan masalah tersebut. Jenis metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif yang bersifat mendeskripsikan data, untuk mempermudah dalam pengumpulan data mengenai makna asosiatif yang terdapat pada lirik lagu Iwan Fals album musikal “Satu” tahun 2015. Peneliti menggunakan kartu data kemudian peneliti menguraikan di pembahasan hasil penelitian. Hasil penelitian yang berjudul Pergeseran Makna Asosiatif Pada Lirik Lagu Iwan Fals Di Album Musikal “Satu” Tahun 2015. Peneliti menemukan jenis – jenis makna asosiatif yaitu makna konotatif makna yang mempunyai nilai rasa, ditemukan sebanyak 14 data. Makna stilistik makna yang berhubungan dengan perbedaan sosial, ditemukan sebanyak 4 data. Makna afektif makna yang berhubungan dengan perasaan pendengar, ditemukan sebanyak 5 data. Makna reflektif makna yang menimbulkan makna lain, ditemukan sebanyak 6 data. Makna kolokatif merupakan makna yang berada pada kolokasi yang sama, ditemukan sebanyak 4 data.

Page 1 of 2 | Total Record : 12