cover
Contact Name
indah dwi sartika
Contact Email
indahdwisartika@radenfatah.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
raudhatulathfal@radenfatah.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota palembang,
Sumatera selatan
INDONESIA
Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini
ISSN : 25812793     EISSN : 25812793     DOI : -
Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini is a peer-reviewed journal which is published by PIAUD Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah Palembang. Then, the articles will be sent to the Mitra Bebestari/ peer reviewer and will go to the next selection by Blind Preview Process. Publishes biannually in June and December. This Journal publishes current original research on problems of early childhood, education, parenting, media, Islamic education, religion, humanities, and development (religion, social Emotional, physic, motoric, art, language, cognitive).
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 5 No 2 (2021): Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini" : 6 Documents clear
Metode Bermain Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini Nita Apriyani; Hibana Hibana; Susilo Suhrahman
Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Vol 5 No 2 (2021): Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Publisher : PIAUD Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Fatah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19109/ra.v5i2.8933

Abstract

Pemebelajaran Pendidikan anak usia dini yaitu beroriantasi untuk perkembangan dan kebutuhan anak. Para guru harus menyesuaikan dengan tahap perkembangan dan kebutuhan anak. strategi rmain dalam belajar anak usia dini sangat penting karena dunia anak-anak adalah bermain, dengn melalui bermain anak dapat belajar banyak hal. Bermain sambil belajar dan belajar sambil bermain. Oleh sebab itu setiap guru atau pendidik akan mengguanakan metode sesuai dengan kegiatan yang berlangsung. Namun yang harus dipertimbangkan oleh pendidik ialah anak-anak anak memiliki ciri yang unik atau ke unikan. Oleh sebab itu metode bermain yang sering dilaksanakan dalam strategi pendidikan di Paud. Mengakibat Fase masa kecil teruntuk anak usia dini ialah masa main, sebab dari itu metoede paling baik dilakukan dalam pembelajaran di Paud adalah metode main. Penelitian ini ialah rancangan studi perpustakaan atau library research dengan melakukan kajian dari berbagai sumber bacaan yang relevan dengan permasalahan yang diteliti ataupun dari teori-teori para ahli. Khususnya metode bermain dalam pembelajaran anak. Pembelajaran dengan menggunakan metode bermain sangat mendukung anak, dan merupakan suatu metode pembelajaran yang seharusnya didapatkan anak.
Model Pengembangan Desain Ilustrasi Buku Cerita Temi Story Sebagai Media Pengenalan Hidup Sehat di TK Mentari Bontoa Aliza Shafira Nur Dhaahiru; Rusmayadi Rusmayadi; Muhammad Yusri Bachtiar
Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Vol 5 No 2 (2021): Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Publisher : PIAUD Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Fatah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19109/ra.v5i2.9838

Abstract

Pengenalan hidup sehat adalah kebiasaan yang perlu diperhatikan setiap individu. Maka dari itu perlu diperkenalkan sejak dini agar kebiasaan pola hidup sehat dapat menjadi kebiasaan baik yang melekat disetiap individu. Penelitian ini bertujuan untuk: (a) menghasilkan buku cerita bergambar sebagai media pengenalan hidup sehat, (b) mengetahui kelayakan buku cerita bergambar sebagai media pengenalan hidup sehat, (c) mengetahui efektivitas buku cerita bergambar sebagai media pengenalan hidup sehat. Jenis penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) denganmengadaptasi model Borg dan Gall. Tahapan pengembangan meliputi lima tahapan: analisis kebutuhan, perencanaan, pengembangan produk awal, pengujian terbatas, revisi hasil uji produk. Analisis kebutuhan dilakukan dalam penelitian ini untuk mengetahui apaka buku cerita bergambar sebagai media pengenalan hidup sehat dibutuhkan. Berdasarkan tujuh responden menjawab sangat butuh dengan presentase 100%. Buku cerita Temi Story diuji validasi dan efektivitas. Hasil validasi oleh ahli media di peroleh 100% sangat baik. Hasil uji efektivitas diperoleh 75% layak dan 25% sangat layak.
Pelibatan Orang Tua dalam Mendukung Program Sekolah se-Gugus Teratai Kecamatan Pondok Suguh Kabupaten Mukomuko Insyirah Yuvita; Drs.Nina Kurniah, M.Pd; Wembrayarli, M.Sn
Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Vol 5 No 2 (2021): Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Publisher : PIAUD Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Fatah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19109/ra.v5i2.9909

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan bentuk pelibatan orang tua dalam program parenting dan communicating di PAUD se-Gugus Teratai Desa Pondok Suguh Kecamatan Pondok Suguh Kabupaten Mukomuko. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan angket. Populasi dalam penelitian ini yaitu 16 orang guru, sedangkan teknik pengambilan sampel yaitu total sampling. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis statistik dengan rumus persentase. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kegiatan pelibatan orang tua dalam mendukung program sekolah yang telah dilaksanakan oleh semua PAUD se-Gugus Teratai Kecamatan Pondok Suguh Kabupaten Mukomuko dalam program parenting meliputi kegiatan pertemuan orang tua dan pelibatan orang tua dalam acara bersama, sedangkan dalam program communicating meliputi bentuk komunikasi tidak langsung menggunakan media elektronik. Saran penelitian ini yaitu pada pihak sekolah untuk bisa meningkatkan pelaksanaan dalam setiap kegiatan dan melakukan upaya untuk mengatasi penyebab kurangnya pelaksanaan dalam kegiatan tersebut.
Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemandirian Anak Tunagrahita Sedang di YPAC Palembang kurnia nia dewi; Pramesti Hardika; Leny Marlina
Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Vol 5 No 2 (2021): Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Publisher : PIAUD Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Fatah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19109/ra.v5i2.10369

Abstract

Penelitian ini berjudul “Hubungan Pola Asuh Orangtua Terhadap Kemandirian Anak Tunagrahita Sedang di YPAC Palembang”. Dilatar belakangi dengan masih banyaknya orangtua yang belum memberikan pola asuh yang sesuai untuk anaknya, karena banyak orangtua yang mengandalkan orang lain untuk merawat anaknya. Yang mengakibatkan tingkat kemandirian anak tunagrahita sedang berbeda-beda, ada yang sudah berkembang dan ada juga yang belum berkembang. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana pola asuh orangtua di kelas 1 C1 YPAC Palembang, bagaimana kemandirian anak tunagrahita sedang, dan adakah hubungan antara pola asuh orangtua dengan kemandirian anak tunagrahita di YPAC Palembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemandirian anak tunagrahita sedang dan pola asuh yang digunakan orangtua, serta melihat adakah hubungan antara pola asuh orangtua terhadap kemandirian anak tunagrahita sedang di kelas 1 C1 YPAC Palembang. Penelitian ini dilakukan di kelas 1 C1 YPAC Palembang pada tanggal 29 Oktober – 2 November 2019. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh anak tunagrahita sedang di kelas 1 C1 YPAC Palembang yaitu 9 anak. Karena terbatasnya pelayanan untuk ABK yang mengalami tunagrahita sedang dengan klasifikasi anak usia dini umur 0-8 tahun jadi sampel dalam penelitian ini yaitu 6. Untuk melihat adanya hubungan antara variabel x (pola asuh) dengan variabel y (kemandirian anak tunagrahita sedang) maka jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif korelasi dan analisis datanya menggunakan Product Moment. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket kuesioner. Setelah dilakukannya teknik pengumpulan data dan teknis analisis data, maka peneliti mendapatkan hasil dari hubungan pola asuh orangtua dengan kemandirian anak yaitu nilai rxy 1,00. Dapat diartikan bahwa terdapat hubungan yang sangat signifikan/tinggi antara pola asuh orangtua dengan kemandirian anak tunagrahita sedang.Kata Kunci: Pola Asuh Orangtua, Kemandirian Anak, Tunagrahita SedangABSTRACTThis study entitled "The Relationship of Parenting Parents To the Independence of Children with Developmental Disabilities at YPAC Palembang". Against the background, there are still many parents who have not provided appropriate parenting for their children, because many parents rely on others to care for their children. Which causes the level of independence of mentally retarded children is different, there are those who have developed and some who have not yet developed. The formulation of the problem in this study is how parenting in class one C1 YPAC Palembang, how independent mental retarded children are, and is there a relationship between parenting parenting with the mental retardation ofchildren in YPAC Palembang. This study aims to determine the level of independence of mentally retarded children and the parenting patterns used by parents, and see whether there is a relationship between parenting parental independence of mentally retarded children in class one C1 YPAC Palembang. This research was conducted in class one C1 YPAC Palembang at the date of twenty-nine October - two November two thousand nineteen. The population used in this study were all mentally retarded children in class one C1 YPAC Palembang, nine children. Because of the limited services for ABK who experience moderate mental retardation with the classification of early childhood aged zero to eight years, the sample in this study is six. To see the relationship between variable x (parenting) with variable y (independence of mentally retarded children), the type of research The method used in this research is quantitative correlation and data analysis using Product Moment. Data collection techniques used were observation, interviews, documentation, and questionnaire questionnaires. After doing the data collection techniques and data analysis techniques, the researchers get the results of the relationship between parenting parents with the independence of children, the rxy value of 1.00. Can be interpreted that there is a very significant / high relationship between parenting parents with moderate mental retardation children independence.Keywords : Parenting Patterns, Independence, Mentally Retarded Children
Pengaruh Metode Tikrar Terhadap Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Pada Kelas B Di PAUD SPS Bhakti Pertiwi sulis aryani; Mardiah Astuti; Fahmi Fahmi
Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Vol 5 No 2 (2021): Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Publisher : PIAUD Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Fatah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19109/ra.v5i2.11246

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian untuk mengetahui pengaruh metode tikrar terhadap kemampuan menghafal Al-Qur’an pada kelas B di PAUD SPS Bhakti Pertiwi. Subjek penelitian seluruh anak kelas B yaitu B1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 10 anak dan B2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 10 anak. Metode penelitian menggunakan metode penelitian kuantitatif tipe eksperimen dengan desain Quasi Eksperimental tepatnya bentuk desain “Nonequivalent Control Group Design”. Peneliti mengumpulkan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis dengan menggunakan rumus uji t independent (tidak berpasangan). Hasil penelitian ditemukan bahwa terdapat pengaruh dari penggunaan metode tikrar terhadap kemampuan menghafal anak, yang mana dapat dilihat dari hasil analisis data setelah mendapatkan perlakuan nilai thitung = 3,873 dan ttabel = 2,10. Hal ini ternyata thitung > ttabel maka dapat diambil keputusan bahwa terdapat pengaruh metode tikrar terhadap kemampuan menghafal Al-Qur’an pada Kelas B di PAUD SPS Bhakti Pertiwi.
Pengaruh Penerapan Percobaan Sains Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di RA Atto’ah Desa Sipatuhu Kecamatan Banding Agung Kabupaten OKU Selatan Endang Winarti; Fahmi Fahmi
Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Vol 5 No 2 (2021): Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Publisher : PIAUD Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Fatah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19109/ra.v5i2.11233

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian untuk mengetahui pengaruh penerapan percobaan sains terhadap perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun di RA Atto’ah desa Sipatuhu Kecamatan Banding Agung Kabupaten OKU Selatan tahun 2021. Subjek penelitian seluruh anak kelas B yaitu B1 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 15 anak dan B2 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 15 anak. Metode penelitian menggunakan Quasi Ekeperimental Design, dengan pendekatan penelitian kuantitatif “Nonequivalent Control Group Design”. Peneliti mengumpulkan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis t test. Berdasarkan hasil yang diperoleh, dapat diketahui bahwa terdapat perbedaan nilai rata-rata setelah di lakukan penerapan percobaan sains dimana nilai rata-rata kelompok kontrol 54,59 sedangkan kelompok eksperimen 72,67 kemudian hasil perhitungan uji t dimana nilai thitung>ttabel(4,5107>2,048), maka kesimpulannya terdapat pengaruh penerapan percobaan sains terhadap perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun di Desa Sipatuhu Kecamatan Banding Agung Kabupaten OKU Selatan Tahun 2021.

Page 1 of 1 | Total Record : 6