cover
Contact Name
Gerardus Gilang
Contact Email
gilang@starki.id
Phone
-
Journal Mail Official
gilang@starki.id
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Ilmu Komunikasi dan Bisnis
ISSN : 25410741     EISSN : 25982443     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Ilmu Komunikasi dan Bisnis adalah jurnal ilmiah bidang ilmu komunikasi serta ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan bidang komunikasi yang diterbitkan oleh STIKS TARAKANITA, Program Studi S1 Komunikasi di Jakarta. Jurnal Ilmu Komunikasi menyampaikan sumbangan pemikiran di bidang komunikasi yang otentik, analitis dan kritis kepada para akademisi yang menaruh perhatian dan berminat di bidang ilmu komunikasi. Terbit satu tahun dua kali bulan April dan November.
Arjuna Subject : -
Articles 94 Documents
ANALISIS GAYA KEPEMIMPINAN PADA PT. UNIRAMA DUTA NIAGA CABANG CIBUBUR DAN SUNTER Cahyani, Annisa Eka; Samatan, Nuriyati
Jurnal Komunikasi dan Bisnis Vol 5, No 2 (2020): Jurnal Ilmu Komunikasi dan Bisnis
Publisher : STIKS Tarakanita

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Komunikasi dalam sebuah organisasi terjadi karena adanya interaksi antar individu organisasi. Interaksi terjadi pada semua orang yang ada didalam organisasi baik atasan maupun bawahan. Kepemimpinan merupakan suatu proses atau gaya seseorang untuk mempengaruhi orang lain. Dalam menjalankan fungsinya, pemimpin perlu memperhatikan gaya kepemimpinannya. Gaya kepemimpinan adalah salah satu cara pemimpin untuk menggerakkan anggotanya dalam menjalankan aktivitas kerja dengan baik dan maksimal. PT Unirama Duta Niaga yaitu perusahaan yang bergerak di bidang distributor barang yang berkembang. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui gaya kepemimpinan yang digunakan oleh PT. Unirama Duta Niaga Cabang Cibubur dan Sunter. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data yakni melalui wawancara sebagai data primer, dokumentasi dan observasi non partisipan sebagai data sekunder. Informan yang dipilih sebagai narasumber adalah pemimpin PT. Unirama Duta Niaga Cabang Cibubur dan Sunter. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Bapak Yanuar Husein sebagai Operasional Manajer Cabang Sunter memiliki gaya kepemimpinan dominan yaitu Pelatihan, Mendukung dan Mendelegasikan. Adapun pendekatan yang dilakukan menggunakan pendekatan partisipatif dengan menggunakan gaya kepemimpinan GII. Sedangkan Bapak Aris Dinomo sebagai Operasional Manajer Cabang Cibubur menerapkan gaya kepemimpinan yaitu Memerintah, Mendukung, dan Pelatihan. Adapun pendekatan yang digunakan adalah pendekatan konsultatif dan partisipatif dengan menggunakan gaya kepemimpinan CII dan GII. Menggunakan pola komunikasi bintang atau semua saluran. Komunikasi yang terjadi bersifat dua arah.
Menggunakan Komponen Blok Bangunan Sosial Media Youtube untuk Pemasaran di Indonesia Dotty Wimpertiwi; Jhony Kurniawan
Jurnal Komunikasi dan Bisnis Vol 2, No 2 (2017): Jurnal Ilmu Komunikasi dan Bisnis
Publisher : STARKI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36914/jikb.v2i2.239

Abstract

FACEBOOK THE REAL VIRUS: MEDIA SOSIAL SEPANJANG MASA Agustinus Rustanta
Jurnal Komunikasi dan Bisnis Vol 2, No 2 (2017): Jurnal Ilmu Komunikasi dan Bisnis
Publisher : STARKI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36914/jikb.v2i2.240

Abstract

Abstract: Facebook is a very popular social medium at the moment. It has been existing for years, even it is growing among other social media. Facebook helps user to gather the broken relationship or to build a new relationship or new communication network. It can be a home of memories. Furthermore, facebook at present is helpful in promoting goods or services because it is really fast, easy, and very cheap. Facebook is friendly for children, young adults, adults and the old. It is a qualitative research where data were collected via interview to users of facebook. At the end of this article is presented that facebook is still relevant today since there has been changing and innovating its technology for users. Abstrak: Facebook menjadi media sosial paling populer yang masih mampu bertahan dan bahkan berkembang di tengah-tengah gempuran berbagai media sosial saat ini. Facebook tetap menjadi media yang berguna untuk menyatukan kembali, membangun relasi baru, jaringan baru, dan juga menjadi tempat untuk melihat kembali saat saat bersejarah seseorang. Facebook juga dimanfaatkan sebagai media pemasaran yang murah cepat, mudah, dan murah. Facebook masih menjadi sarana membangun jejaring baik anak kecil, remaja, dewasa, bahkan orangorang yang sudah lanjut usia. Data mengenai penggunaan dan pemanfaatan media sosial ini diperoleh melalui wawancara terhadap delapan orang pengguna aktif Facebook. Kesimpulan yang dapat dipetik dari fenomena ini adalah bahwa facebook tetap menjadi media sosial karena Facebook selalu melakukan pembaharuan dan menghadirkan menu-menu baru yang tentunya sangat memanjakan penggunanya.
MAKNA SELF DISCLOSURE PENGGUNA FACEBOOK Sri Wahyuningsih
Jurnal Komunikasi dan Bisnis Vol 2, No 2 (2017): Jurnal Ilmu Komunikasi dan Bisnis
Publisher : STARKI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36914/jikb.v2i2.242

Abstract

REPRESENTASI NILAI ETIKA PADA LEMBAGA PENDIDIKAN (Studi Deskriptif Analitik Nilai-Nilai Moral Aristoteles sebagai Komunikasi dalam Penerapan Mata Pelajaran di Lembaga Pendidikan di Jakarta) Yohanes Probo Dwi S.
Jurnal Komunikasi dan Bisnis Vol 2, No 2 (2017): Jurnal Ilmu Komunikasi dan Bisnis
Publisher : STARKI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36914/jikb.v2i2.243

Abstract

SACCARIN: KEKUATAN MEDIA DALAM PERGESERAN POLA HIDUP (Kajian Teori Peluru pada Fenomena Pemanis Buatan) Adiella Yankie Lubis
Jurnal Komunikasi dan Bisnis Vol 2, No 2 (2017): Jurnal Ilmu Komunikasi dan Bisnis
Publisher : STARKI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36914/jikb.v2i2.244

Abstract

Artificial sweeteners was flarely used as a substitute for pure sweetener in the era of the first world war in the United States, not a few people who do not know the use of chemicals in the artificial sweetener used in some canned beverage product of its time. This study is a theoretical study of theory, where bullet theory will be used to see the saccarin phenomenon, and then associate it with the theory of media that had a view of the absolute effect of the mass media to illustrate the construction of a healthy lifestyle by using artificial sugar substitutes products through the illusion of control on the use of artificial sugar without heeding the dangers of artificial sweeteners and such products.
ETIKA BERKOMUNIKASI DALAM MEMPERTAHANKAN KEHARMONISAN BERDASARKAN PERIODISASI USIA PERKAWINAN (Studi Fenomenologi Pasangan Suami Istri di Keuskupan Agung Jakarta dan Keuskupan Bogor Yohannes Don Bosco Doho
Jurnal Komunikasi dan Bisnis Vol 2, No 2 (2017): Jurnal Ilmu Komunikasi dan Bisnis
Publisher : STARKI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36914/jikb.v2i2.245

Abstract

PERBEDAAN KONSTRUKSI TULISAN DI MEDIA MASSA DAN MEDIA SOSIAL (Analisis terhadap perbedaan konstruksi tulisan Kompas dan Kompasiana dalam vonis kasus korupsi Anas Urbaningrum di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta, Edisi, 25 September 2014) Dudi Sabil Iskandar
Jurnal Komunikasi dan Bisnis Vol 2, No 2 (2017): Jurnal Ilmu Komunikasi dan Bisnis
Publisher : STARKI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36914/jikb.v2i2.246

Abstract

Cover, Editorial Team, Table of Contents Gerardus Gilang
Jurnal Komunikasi dan Bisnis Vol 2, No 2 (2017): Jurnal Ilmu Komunikasi dan Bisnis
Publisher : STARKI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36914/jikb.v2i2.247

Abstract

Ketergantungan Media Online di Kalangan Mahasiswa Universitas Riau Rumyeni Rumyeni; Evawani Elysa Lubis; Nita Rimayanti
Jurnal Komunikasi dan Bisnis Vol 3, No 1 (2017): Jurnal Ilmu Komunikasi dan Bisnis
Publisher : STARKI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36914/jikb.v3i1.143

Abstract

This study aims to identify the dependency stage and various activities undertaken by students of Riau University in accessing online   media. This study used quantitative methods by distributing questionnaires to 100 students. The results of this study indicate that students of the University of Riau accessing online media for several reason. Almost all of them have internet with an average access frequency more than 10 times in a day and many of the access online media more than 6 hours in a day. The most online media type accessed by students are social media, where home being the favorite place to access the online media. Personal purposes are the most reason for students to access the online media such as searching for entertainment, relaxing, looking for reference and sharing opinions with other social media user instead of other social reason such as interacting, looking for new friends, updating current events, sharing talents and interests. In general, the results of this study can explain the implementation of media dependency system theory by Sandra Ball-Rokeach Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tahap ketergantungan dan berbagai aktivitas yang dilakukan oleh mahasiswa Universitas Riau dalam mengakses media online. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menyebarkan angket pada 100 orang mahasiswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa Universitas Riau memiliki aktivitas yang cukup beragam dalam mengakses media online. Hampir keseluruhan dari mereka berlangganan internet dengan frekuensi rata-rata lebih dari 10 kali dalam sehari dan banyak yang mengakses media online lebih dari 6 jam dalam sehari. Jenis media online yang paling banyak diakses oleh mahasiswa adalah media sosial, tempat mengakses media online paling sering adalah di rumah. Mahasiswa lebih banyak memiliki ketergantungan terhadap media online untuk tujuan pribadi seperti mencari hiburan, bersantai, mencari referensi bahan kuliah dan berbagi pendapat dengan pengguna lain dibandingkan dengan tujuan yang bersifat sosial seperti berinteraksi, menambah teman baru, mengupdate peristiwa terkini, dan sharing bakat dan minat. Secara umum hasil penelitian ini dapat menjelaskan implementasi teori sistem ketergantungan media oleh Sandra Ball-Rokeach

Page 1 of 10 | Total Record : 94