cover
Contact Name
Gerardus Gilang
Contact Email
gilang@starki.id
Phone
-
Journal Mail Official
gilang@starki.id
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Ilmu Komunikasi dan Bisnis
ISSN : 25410741     EISSN : 25982443     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Ilmu Komunikasi dan Bisnis adalah jurnal ilmiah bidang ilmu komunikasi serta ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan bidang komunikasi yang diterbitkan oleh STIKS TARAKANITA, Program Studi S1 Komunikasi di Jakarta. Jurnal Ilmu Komunikasi menyampaikan sumbangan pemikiran di bidang komunikasi yang otentik, analitis dan kritis kepada para akademisi yang menaruh perhatian dan berminat di bidang ilmu komunikasi. Terbit satu tahun dua kali bulan April dan November.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 2 (2020): Jurnal Ilmu Komunikasi dan Bisnis" : 10 Documents clear
Analisis Makna Iklan Indomie Versi “Selera Yang Selalu Menemani” Friska Amallia; Agustinus Rustanta
Jurnal Komunikasi dan Bisnis Vol 5, No 2 (2020): Jurnal Ilmu Komunikasi dan Bisnis
Publisher : STARKI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36914/jikb.v5i2.353

Abstract

Penelitian ini tentang iklan Indomie versi “Selera yang selalu menemani” pada kanal Youtube. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui makna-makna atau pesan-pesan khususnya makna atau pesan denotasi, konotasi, dan mitos di dalam tayangan iklan Indomie versi “Selera yang selalu menemani”. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif, dengan pisau analisis Semiotika Roland Barthes. Ditemukan bahwa terdapat makna denotasi di dalam tayangan iklan Indomie versi “Selera yang selalu menemani”adalah aktivitas sehari-hari yang dilakukan oleh masyarakat yang ada di pedesaan dan di kota salah satunya yaitu kegiatan makan mie instan bersama-sama. Makna konotasi yang terdapat di dalam tayangan iklan Indomie versi “Selera yang selalu menemani” adalah kebersamaan, keserdahaan, dan keberagaman. Makna mitos yang terdapat di dalam tayangan iklan Indomie versi “Selera yang selalu menemani” adalah sebuah kebiasaan yang tanpa sadar atau dengan sadar dilakukan oleh masyarakat Indonesia selama ini yaitu gotong royong, dan “Mangan Ora Mangan Sing Penting Ngumpul”.
Marginalisasi Masyarakat Indonesia Timur Dalam Program Waktu Indonesia Timur Net Tv Altobeli Lobodally
Jurnal Komunikasi dan Bisnis Vol 5, No 2 (2020): Jurnal Ilmu Komunikasi dan Bisnis
Publisher : STARKI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36914/jikb.v5i2.312

Abstract

Masyarakat Indonesia Timur seringkali menjadi bahan lelucon. Baik karena faktor fisik yang berbeda maupun karena ketetinggalan informasi yang seringkali dialami oleh masyrakat Indonesia Timur, akibat kontur geografis yang jauh dengan pusat pemerintahan. Hal tersebut bahkan juga muncul dalam Program Waktu Indonesia Timur NET TV. Untuk itu, penelitian ini akan berupaya membongkar marginalisasi masyarakat Indonesia Timur yang muncul dalam program tersebut. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Budaya Populer. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis isi-semiotika. Khususnya semiotika Roland Barthes. Peneliti menemukan bahwa Program Waktu Indonesia Timur NET TV memandang Masyarakat Indonesia Timur sebagai pihak yang mengalami keterbelakangan baik informasi maupun pembangunan, fisiknya ditunjukkan sebagai individu yang aneh dan tidak tepat menjalani profesi yang menjaga garda terdepan atau menjadi simbolisasi sebuah perusahaan, Masyarakat Indonesia Timur juga mengalami dehumanisasi, pelaku tindakan kriminal, tidak memiliki kedudukan dan status ekonomi yang tinggi, dan bahkan juga tidak memiliki wawasan dan pengetahuan yang luas. Disamping itu, peneliti juga menemukan bahwa Masyarakat Indonesia Timur dijabarkan sebagai bangsa yang tertinggal dan termarjinalkan, serta digambarkan sebagai masyarakat yang hidup dalam kasta terbawah dan memiliki pola kehidupan yang sulit dan tidak dapat melakukan pekerjaan-pekerjaan mulia. Upaya marginalisasi tersebut muncul sebagai bentuk ideologi budaya populer.
Cover, Editorial Team, Table of Contents Yustin Yustin
Jurnal Komunikasi dan Bisnis Vol 5, No 2 (2020): Jurnal Ilmu Komunikasi dan Bisnis
Publisher : STARKI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36914/jikb.v5i2.390

Abstract

ANALISIS GAYA KEPEMIMPINAN PADA PT. UNIRAMA DUTA NIAGA CABANG CIBUBUR DAN SUNTER Cahyani, Annisa Eka; Samatan, Nuriyati
Jurnal Komunikasi dan Bisnis Vol 5, No 2 (2020): Jurnal Ilmu Komunikasi dan Bisnis
Publisher : STIKS Tarakanita

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Komunikasi dalam sebuah organisasi terjadi karena adanya interaksi antar individu organisasi. Interaksi terjadi pada semua orang yang ada didalam organisasi baik atasan maupun bawahan. Kepemimpinan merupakan suatu proses atau gaya seseorang untuk mempengaruhi orang lain. Dalam menjalankan fungsinya, pemimpin perlu memperhatikan gaya kepemimpinannya. Gaya kepemimpinan adalah salah satu cara pemimpin untuk menggerakkan anggotanya dalam menjalankan aktivitas kerja dengan baik dan maksimal. PT Unirama Duta Niaga yaitu perusahaan yang bergerak di bidang distributor barang yang berkembang. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui gaya kepemimpinan yang digunakan oleh PT. Unirama Duta Niaga Cabang Cibubur dan Sunter. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data yakni melalui wawancara sebagai data primer, dokumentasi dan observasi non partisipan sebagai data sekunder. Informan yang dipilih sebagai narasumber adalah pemimpin PT. Unirama Duta Niaga Cabang Cibubur dan Sunter. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Bapak Yanuar Husein sebagai Operasional Manajer Cabang Sunter memiliki gaya kepemimpinan dominan yaitu Pelatihan, Mendukung dan Mendelegasikan. Adapun pendekatan yang dilakukan menggunakan pendekatan partisipatif dengan menggunakan gaya kepemimpinan GII. Sedangkan Bapak Aris Dinomo sebagai Operasional Manajer Cabang Cibubur menerapkan gaya kepemimpinan yaitu Memerintah, Mendukung, dan Pelatihan. Adapun pendekatan yang digunakan adalah pendekatan konsultatif dan partisipatif dengan menggunakan gaya kepemimpinan CII dan GII. Menggunakan pola komunikasi bintang atau semua saluran. Komunikasi yang terjadi bersifat dua arah.
Berbagi Pengetahuan Dan Pembelajaran Organisasi Dalam Upaya Peningkatan Kinerja Karyawan Andi Hendrawan; Hari Sucahyowati; Altril Rayendra; Indriyani Indriyani
Jurnal Komunikasi dan Bisnis Vol 5, No 2 (2020): Jurnal Ilmu Komunikasi dan Bisnis
Publisher : STARKI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36914/jikb.v5i2.350

Abstract

Berbagi pengetahuan (KS) dan pembelajaran organisasi (LO) dua hal yang tidak terpisahkan dalam suatu orgnisasi. Perusahaan bertujuan untuk meningkatkan kinerja sehingga dapat diperoleh keuntungan yang optimal. Tujuan penelitian ini adalah membuktikan apakah terdapat pengaruh berbagi pengetahuan (KS) dan pembelajaran organisasi (LO) terhadap kinerja di PT MK Semarang. Penelitian Jenis penelitian ini adalah penelitian eksplanatori. Penelitian eksplanatori (explanatory research) adalah untuk menguji hipotesis antar variabel yang dihipotesiskan. Penelitian mengambil sampel jenuh yaitu mengambil seluruh populasi menjadi sampel. Hasil dari peneltian ini adalah terdapat pengaruh berbagi pengetahuan (KS) dan pembelajaran organisasi (LO) terhadap kinerja di PT MK Semarang.
Komunikasi Pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Dalam Pembinaan Akhlak (Studi Fenomenologi Pada Siswa SDIT Darunnajah Jatijajar Depok Tahun Ajaran 2018/2019) Diah Shauma Sari; Ahmad Nasher
Jurnal Komunikasi dan Bisnis Vol 5, No 2 (2020): Jurnal Ilmu Komunikasi dan Bisnis
Publisher : STARKI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36914/jikb.v5i2.287

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bagaimana komunikasi pembelajaran guru pendidikan agama islam dalam pembinaan akhlak pada siswa dan faktor-faktor penghambatnya. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menggunakan teori belajar sosial Bandura dan metode pembinaan akhlak. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme dimana kebenaran suatu realitas sosial dilihat sebagai hasil konstruksi sosial, dan kebenaran suatu realitas sosial bersifat relatif dan menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara sebagai data primer, dokumentasi dan observasi non partisipan sebagai data sekunder. Informan yang dipilih sebagai narasumber adalah guru pendidikan agama islam dari kelas satu hingga kelas 6 dan juga perwakilan dari orang tua siswa kelas satu hingga kelas 4. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan jika guru pendidikan agama islam dari kelas satu hingga kelas enam menggunakan beberapa cara dalam melakukan kegiatan belajar mengajar pendidikan agama islam di kelas. Misalnya menggunakan metode ceramah, belajar sambil bermain, menceritakan kisah nabi, menjelaskan materi dan langsung memberikan contohnya. Faktor penghambat yang ditemukan guru berupa kehadiran siswa, umur siswa yang masih terlalu muda sehingga emosinya belum stabil, kurangnya kepedulian keluarga siswa, dan faktor eksternal seperti tayangan televisi, film, video dan handphone yang terdapat unsur kekerasan, pornografi dan pornoaksi yang di khawatirkan akan ditiru oleh siswa.
Pemanfaatan Media Sosial Whatsapp sebagai Sarana Penyelenggaraan Seminar Online Bunga Wiladatika; Mulia Megantari; Zaenal Abidin Eko Putro
Jurnal Komunikasi dan Bisnis Vol 5, No 2 (2020): Jurnal Ilmu Komunikasi dan Bisnis
Publisher : STARKI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36914/jikb.v5i2.351

Abstract

Saat ini, masyarakat banyak menggunakan media sosial. Salah satu negara dengan pengguna media sosial terbanyak adalah Indonesia. Salah satu media sosial yang paling digemari adalah Whatsapp. Kini, media sosial Whatsapp dimanfaatkan oleh klub atau organisasi masyarakat untuk menyelenggarakan seminar. Penelitian ini akan membahas bagaimana pemanfaatan sebuah media sosial Whatsapp yang dijadikan sarana untuk menyelenggaran seminar online. Penelitian ini dianalisis menggunakan analisis konten agar dapat menganalisis secara keseluruhan teks yang ada selama penyelenggaran seminar. Seminar dilakukan melalui grup Whatsapp. Seminar online yang diselenggaran di Whatsapp memiliki empat segmen, yaitu perkenalan, pemberian materi, tanya jawab yang terdiri dari empat sesi, dan penutup. Penyelanggaran seminar online dilakukan oleh moderator. Moderator menangani peserta yang akan memberikan pertanyaan. Anggota mengajukan pertanyaan kepada moderator lalu moderator mengumpulkan pertanyaan dan mengirimkan daftar pertanyaan ke grup chat. Lalu, pemateri memberikan closing statement kepada peserta dan notulen membagikan notulensi. Saran dari penelitian ini sebaiknya penyelenggarakan seminar online sebaiknya melibatkan anggota untuk berinteraksi dengan pemateri dan panitia lainnya. Interaksi secara langsung juga diperlukan agar seminar online menjadi lebih interaktif dan lebih hidup.
Manajemen Hubungan Influencer Media Sosial: Kesadaran Pengikut Dewi Sandra Akan Dukungan Niat Beli Wardah Aurel Raisha Sandy; Niken Febrina Ernungtyas
Jurnal Komunikasi dan Bisnis Vol 5, No 2 (2020): Jurnal Ilmu Komunikasi dan Bisnis
Publisher : STARKI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36914/jikb.v5i2.295

Abstract

Media sosial dinilai mampu membangun ikatan yang baik bagi konsumen. Sebagian besar perusahaan bersaing untuk berinteraksi dengan pelanggan mereka dalam berbagai cara inovatif untuk menghasilkan niat membeli produk. Jadi dalam penelitian ini, peneliti akan mengetahui tentang hubungan melalui Influencer-Followers, eWom, dan niat beli. Menggunakan survei online (N = 31), yang terdiri dari siswa sekolah menengah atas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan teknik Purposive Sampling untuk memperoleh sampel. Pengumpulan data dalam proses penilaian dikumpulkan melalui penggunaan kuesioner online. Hasil analisis yang dilakukan dalam penelitian ini menunjukkan ada hubungan influencer-follower dengan niat beli.
Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Herbal Sari Dinda Anna Sonia; Yakin Bakhtiar Siregar
Jurnal Komunikasi dan Bisnis Vol 5, No 2 (2020): Jurnal Ilmu Komunikasi dan Bisnis
Publisher : STARKI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36914/jikb.v5i2.352

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penjualan produk Herbal Sari Dinda pada tahun 2013-2016 yang tidak stabil. Hasil penjualan tersebut terkait dengan strategi komunikasi pemasaran, dalam hal ini bauran promosi yang diterapkan oleh perusahaan. Bauran promosi yang dimaksud adalah advertising, sales promotion, public relations, personal selling, dan direct marketing. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh bauran promosi terhadap keputusan pembelian Herbal Sari Dinda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah alat bauran promosi berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Sampel yang digunakan adalah sebanyak 120 responden. Analisis Data menggunakan aplikasi SPSS versi 22 untuk menguji asumsi klasik, regresi linier berganda, dan uji hipotesis. Hasil uji serempak menunjukkan bahwa advertising, sales promotion, public relations, personal selling, dan direct marketing berpengaruh terhadap keputusan pembelian Herbal Sari Dinda. Hasil ujian parsial menunjukkan variabel iklan dan hubungan masyarakat tidak berpengaruh atau berkorelasi dengan keputusan pembelian. Hasil uji determinasi bahwa bauran promosi memberikan kontribusi sebesar 79,7% terhadap keputusan pembelian, sedangkan sisanya 20,3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.
Strategi ‘Kampanye Produk’ PR Agency Di Sosial Media Denaya Putri Setiawan; Ratu Laura Mulia Baskara Putri; Vina Mahdalena
Jurnal Komunikasi dan Bisnis Vol 5, No 2 (2020): Jurnal Ilmu Komunikasi dan Bisnis
Publisher : STARKI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36914/jikb.v5i2.307

Abstract

Perkembangan sosial media sekarang ini mempengaruhi munculnya cyber PR dan profesi Key Opinion Leader yang digunakan untuk tujuan membentuk citra dengan menggunakan bantuan PR agency. Seperti Kandi Imaji yang menjadi representatif Vivo dalam kampanye produk Vivo Z1 Pro. Tujuan penelitian ini untuk menggambarkan strategi kampanye produk Vivo Z1 Pro menggunakan KOL yang dibuat oleh Kandi Imaji di sosial media. Metode penelitian ini adalah deskriptif-kualitatif. Hasil penelitian adalah Kandi Imaji menggunakan strategi yang dibuatnya sendiri namun serupa dengan konsep yang digunakan dalam penelitian ini. Berdasarkan data engagement rate, strategi yang dilakukan Kandi Imaji berhasil karena interaksi target audiens tinggi.

Page 1 of 1 | Total Record : 10