cover
Contact Name
IDEL WALDELMI
Contact Email
idelwaldelmi@unilak.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
idelwaldelmi@unilak.ac.id
Editorial Address
-
Location
,
INDONESIA
Diklat Review : Jurnal manajemen pendidikan dan pelatihan
ISSN : 25986449     EISSN : 25804111     DOI : -
Jurnal Diklat Review (Online ISSN: 2598-6449| Print ISSN : 2580-4111) published by Komunitas Manajemen Kompetitif. This journal published thrice in April, Agustus dan December. It contain the articles such as scientific papers (research and non-research), analytical studies, theoretical applications and reviews of management issues. The publication of this journal aims to increase the quantity and quality as well as its spread with the science of communication among the intellectuals, practitioners, students and observers of HR management problems.
Arjuna Subject : -
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 2 (2019)" : 12 Documents clear
Pengembangan Usaha Rumah Tangga Melalui Pembuatan Ikan Sarden Sehat Dan Ekonomis Di Kelurahan Rejosari Kecamatan Tenayan Raya Kota Pekanbaru Lili Erti; Murnawati Murnawati; Tasril Tasril
Diklat Review : Jurnal manajemen pendidikan dan pelatihan Vol 3 No 2 (2019)
Publisher : Komunitas Manajemen Kompetitif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (136.432 KB) | DOI: 10.35446/diklatreview.v3i2.370

Abstract

Ibu-ibu Kelurahan Rejosari, Kecamatan Tenayan Raya pada umumnya masih memiliki sangat banyak waktu luang setelah mereka selesai mengerjakan pekerjaan rutin rumah tangga. Keterampilan yang mereka miliki untuk mengkreatifitaskan sebuah bahan pangan sangatlah minim karena pengetahuan yang mereka miliki sangatlah sedikit. Melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang merupakan salah satu kegiatan tri dharma perguruan tinggi, maka diharapkan dapat memberikan solusi untuk membantu memberikan ilmu kepada masyarakat khususnya ibu-ibu Kelurahan Rejosari, Kecamatan Tenayan Raya. Salah satu upaya untuk meningkatkan kreativitas dan keterampilan ibu-ibu tersebut adalah dengan melaluipembuatan ikan sarden sehat dan ekonomis. Kehadiran pembuatan ikan sarden sehat dan ekonomis yang tradional dan sehat mampu memberi solusi sebagai usaha rumah tangga sehingga dapat memberikan peluang potensial apalagi jika dapat dikembangkan. Salah satu yang potensial adalah melalui pembuatan ikan sarden sehat dan ekonomis .ikan sarden inidisukai oleh anak anak maupun orang dewasa yang rasanyaenak dan sehat.namun tekstur ikan sardennya sangat lembut dan enak karenadalam adonannya mengandung tomat segar dan bawang merah dan bawang putih. Cara membuat ikan sarden tentu saja sangat mudah dan praktis. Bahan-bahan yang dibutuhkan juga terjangkau dimana-dimana dengan harga yang cukup ekonomis. Jadi siapa saja dapat membuat ikan sarden ini sangat ekonomis dan sangat praktis, bahkan bagi pemula sekali pun. Enak dan lembutnya ikan sarden ini membuat banyak orang suka dan merupakan lauk yang favorit.Dalam kegiatan pengabdian ini diharapkan pengetahuan masyarakat meningkat dengan kriteria “baik” minimal 75%Sebagai kriterianya adalah minimal 75% dari peserta memiliki pengetahuan yang “baik” mengenai kegiatan ini.Kegiatan pengabdian masyarakat dilaksanakan dengan metode penyampaian pengetahuan melalui penyuluhan dan praktek melalui pembuatan ikan sarden sehat dan ekonomis. Kata Kunci : Ikan sarden sehat dan ekonomis, Wirausaha
Pengembangan Kualitas Layanan Jasa Bank PD. BPR Sarimadu Bangkinang Arman Arman
Diklat Review : Jurnal manajemen pendidikan dan pelatihan Vol 3 No 2 (2019)
Publisher : Komunitas Manajemen Kompetitif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (276.792 KB) | DOI: 10.35446/diklatreview.v3i2.386

Abstract

Bank PD. BPR Sarimadu Bangkinang merupakan salah satu bank perkreditan rakyat yang sedang berkembang dengan pesatnya. Persaingan yang ketat membuat perusahaan daerah ini memikirkan bagaimana memenangkan persaingan dan merebut hati nasabah. Salah satu variabel yang dapat dikembangkan adalah variabel kualitas layanaan. Dimana melalui pendekatan penelitian survey kepada nasabah sebanyak 100 orang nasabah dan dianalisis secara deskriptif. Diperoleh hasil penelitian bahwa dalam rangka mengembangkan kualitas layanan perusahaan ini maka yang perlu dilakukan adalah melakukan pengembangan bukti fisik bank. Penampilan fasilitas fisik, peralatan, personil, dan materi komunikasi; pengembangan kehandalan. Kemampuan untuk melakukan pelayanan yang dijanjikan, dapat diandalkan dan akurat; pengembangan daya tanggap bank. Kesediaan untuk membantu pelanggan dan menyediakan prompt pelayanan; pengembangan jaminan nasabah. Kredibilitas, kepercayaan, kejujuran penyedia pelayanan; pengembangan empati kepada nasaah Akses yang mudah didekati, komunikasi mendengarkan pelanggan dan menjaga agar mereka terinformasikan dalam bahasa yang bisa dimengerti; memahami pelanggan, membuat upaya untuk mengenali pelanggan dan kebutuhan mereka dan pengembangan produk mudah digunakan. Produk mudah digunakan dengan ketersediaan informasi di web, kemudian kemudahan dalam bertransaksi.
Membina Kerelasian Nasabah Bank BPR Di Kota Pekanbaru Arman Arman
Diklat Review : Jurnal manajemen pendidikan dan pelatihan Vol 3 No 2 (2019)
Publisher : Komunitas Manajemen Kompetitif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (324.313 KB) | DOI: 10.35446/diklatreview.v3i2.387

Abstract

Kota Pekanbaru merupakan salah satu kota yang berkembang, dimana saat ini perkembangan perbankan juga sangat pesat. Salah satunya adalah bank BPR. Persaingan antara bank konvensional ditambah dengan bank syariah sangat membuat bank BPR menjadi terus melakukan perbaikan. Khususnya dalam rangka menjaga nasabahnya. Usaha menjaga nasabah ini salah satunya adalah dengan membina kerelasian dengan mereka. Melalui pendekatan deskriptif dan survey kepada 50 orang nasabah BPR di Kota Pekanbaru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa BPR di Kota Pekanbaru, sangat bervariatif, dimana katagorinya dari kerelasian pemsaran jasa tidak baik menuju sangat baik. Oleh karena itu masih perlu adanya upaya peningkatan kerelasian pemasaran yang lebih baik lagi dan lebih merata. Upaya yang dapat dilakukan dalam membina kerelasian pemasaran produk BPR dengan cara menyediakan sarana untuk menampung saran nasabah, kemudian berdiskusi dengan nasabah, juga memberikan penjelasan proses kerja dan prosedur pada BPR, serta upaya membangun hubungan yang lebih dekat dengan nasabah yakni melalui penyediaan sistem informasi online. Kemudian dari sisi petugas BPR dalam membangun hubungan dengan pelanggan maka perlu meningkatkan rasa tanggung jawab, mengatasi masalah nasabah secara tuntas dengan cara memberikan pelatihan kepada petugas.
PKM Kewirausahaan Remaja Masjid Baitul Amal Kelurahan Sungai Sibam Pekanbaru Hardi Hardi; Nurhayani Lubis
Diklat Review : Jurnal manajemen pendidikan dan pelatihan Vol 3 No 2 (2019)
Publisher : Komunitas Manajemen Kompetitif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35446/diklatreview.v3i2.356

Abstract

Permasalahan utama tidak berjalannya kegiatan kewirausahaan kerajinan bunga dari sabun bagi Remaja Masjid Baitul amal di masjid baltul Amal Kelurahan sungaisibam adalah ketidak tahuan dalam membuat kreatifitas bagi remaja masjid dari kelompok pengabdian dan belum maksimalnya informasi berkaitan dalam pembuatan kerajian bunga dari sabun. Prospek remaja masjid kelurahan sugai sibam melalui peltihan pembutan kerjainan bunga dari sabun sangat baik. Setelah mendapat arahan dan materi yang disampaikan oleh motivator dan tim pengabdian terlihat pemahaman dan motivasi dalam pembuatan proposal kewirausahaan para mahasiswa meningkat. Bisa terlihat setelah adanya tanya jawab bahwa remaja masjid sudah memahami dan termotivasi dalam membuat kerajinan bunga dari sabun yang bisa dijual di perumahan di lingkungan kelurahan sungaisibam dan juga sebagai referensi untuk membuka usaha untuk kelopok Remaja Masjid. Dapat dilihat dari hasil kuesioner setelah diberinya materi dan penjelasan terkait pembuatan kerjajinan bunga dari sabun, semua pernyataan 100% dijawab benar oleh Remaja Masjid.
IPTEKS Pembukuan dan Pelaporan Keuangan bagi UMKM Binaan BMT Mitra Arta Neneng Salmiah; Satria Tri Nanda; Intan Adino
Diklat Review : Jurnal manajemen pendidikan dan pelatihan Vol 3 No 2 (2019)
Publisher : Komunitas Manajemen Kompetitif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35446/diklatreview.v3i2.358

Abstract

Program pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan Pelaku UMKM Binaan BMT Mitra Arta dalam membuat pembukuan dan pelaporan keuangan sehingga dapat digunakan untuk menilai kinerja usaha dan meningkat akses pendanaan terutama pembiayaan dari BMT Mitra Arta Pekanbaru. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah metode penyuluhan dan pelatihan dengan cara memberikan pengetahuan tentang pembukuan dan pelaporan keuangan UMKM sesuai SAK EMKM. Kegiatan dilanjutkan dengan memberikan simulasi membuat pembukuan dan penyusunan laporan keuangan sesuai dengan transaksi dan jenis usaha UMKM tersebut. Pada kegiatan pelatihan ini, pelaku UMKM yang menjadi Binaan BMT Mitra Arta Pekanbaru akan dilibatkan secara kolaboratif dari awal sampai akhir kegiatan. Kegiatan meliputi penyuluhan dan pelatihan dengan metode ceramah, simulasi dan Tanya jawab. Kegiatan dilanjutkan dengan memberikan post test untuk melihat tingkat keberhasilan kegiatan yang telah dilaksanakan. Hasil dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini sesuai target yang diharapkan yaitu terjadi peningkatan tentang pembukuan dan pelaporan keuangan kepada UMKM Binaan BMT Mitra Arta Pekanbaru dan artikel ilmiah yang akan dipublikasikan di tingkat nasional.
E SPT PPh 21 Bagi Guru-Guru Sekolah Menengah Pertama Negeri 6 (SMP N) Siak Hulu Inova Fitri Siregar; Rinayanti Rasyad; Indarti Indarti
Diklat Review : Jurnal manajemen pendidikan dan pelatihan Vol 3 No 2 (2019)
Publisher : Komunitas Manajemen Kompetitif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35446/diklatreview.v3i2.359

Abstract

Permasalahan yang dialami oleh Guru-Guru Sekolah Menengah Pertama Negeri 6 (SMP N) Siak Hulu adalah ketidaktahuan dan minimnya akses informasi dan sosialisasi bahkan rendahnya kesadaran Wajib Pajak atas kewajiban perpajakannya masih menjadi kendala rendahnya kepatuhan wajib pajak untuk membayar utang pajak. Kemudian ketidakpahaman Guru-Guru Sekolah Menengah Pertama Negeri 6 (SMP N) Siak Hulu dalam pengaplikasian pelaporan E Spt PPh 21 dari aspek tarif pajak pengahasilan yang dikenakan berbeda oleh masing-masing wajib pajak, pengisian SPT yang wajib dilaporkan atas penghasilan yang mereka terima, dengan adanya kewajiban melapor tersebut, guru-guru lebih memilih untuk menggunakan jasa konsultan perpajakan tanpa mengetahui alasan dari setiap pengahasilan yang mereka terima dipotong setiap periode pajak. Metode yang digunakan adalah pelatihan dan pendampingan dalam perencanaan pajak dan pembukuan. Keberhasilan metode yang diterapkan diukur dengan menggunakan pendekatan proses dan produk melalui metode observasi dan wawancara selama dan setelah kegiatan pelatihan berlangsung. Data yang dikumpulkan adalah absensi peserta dan produk pelatihan dan penyuluhan berupa materi perpajakan dan pembukuan. Kegiatan pelatihan dirancang dalam tiga tahapan yang terdiri dari tahap persiapan, implementasi dan monitoring. Hasil kegiatan pengabdian pada masyarakat yang telah dilakukan secara garis besar mencakup beberapa komponen yaitu Ketercapaian target jumlah peserta dapat dilihat dari jumlah peserta yang ditargetkan adalah 30 orang dan pada kenyataannya kegiatan diikuti sebanyak 25 orang sehingga target jumlah peserta hampir telah dapat terpenuhi. Semua peserta dapat mengikuti seluruh proses simulasi dari awal sampai selesai, kegiatan yang dirancang 100% terlaksana, dan kehadiran kesiapan tim Guru 100%. Target penyampaian materi simulasi juga tercapai karena materi dapat disampaikan secara keseluruhan. Dengan demikian maka tujuan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dapat terpenuhi.
Peningkatan Pemahaman Zahir Accounting Bagi Guru Dan Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Nurul Falah Pekanbaru Dini Onasis; Ika Berty Apriliyani
Diklat Review : Jurnal manajemen pendidikan dan pelatihan Vol 3 No 2 (2019)
Publisher : Komunitas Manajemen Kompetitif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35446/diklatreview.v3i2.361

Abstract

Kegiatan Pengabdian ini dilakukan di lingkungan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Nurul Falah kota Pekanbaru. Para peserta terdiri dari para Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Nurul Falah yang masih belum memahami bagaimana penggunan software Akuntansi untuk melakukan pembukuan atau pelaporan keuangan . Aplikasi Komputer Akuntansi sebagai salah satu alat untuk memudahkan penyajian laporan keuangan . Dengan kondisi permasalahan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Nurul Falah kota Pekanbaru. Pengabdian ini diharapkan dapatn meningkatkan penyajian laporan keuangan yang lebih cepat, tepat dan akurat, dan untuk memudahkan dalam memahami penyajian dalam pelaporan keuangan sesuai dengan yang waktu dan ketentuan yang diberlakukan oleh Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Nurul Falah kota Pekanbaru. Melalui peningkatan Keterampilan penggunaan software Aplikasi Komputer Akuntansi Zahir Accounting dalam meningkatkan kemampuan penyajian laporan keuangan , diharapkan siswa-siswa termotivasi untuk mempelajari dan memahami penggunaan software Aplikasi Komputer Akuntansi dalam menunjang kinerja siswa pada saat bekerja nantinya, kemudian tidak merasa kesulitan jika harus menggunakan software akuntansi dalam kegiatan bisnisnya. Metode Pelaksanaan untuk kegiatan pengabdian ini adalah dengan melakukan sosialisasi bagaimana membuat laporan keuangan sesuai dengan penerapan Akuntansi sesuai dengan standar yang berlaku umum dengan menggunakan software Aplikasi Komputer Akuntansi untuk siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Nurul Falah Pekanbaru yang akan diambil sebanyak lebih kurang 25 Siswa. Hasil kegiatan pengabdian pada masyarakat yang telah dilakukan secara garis besar mencakup beberapa komponen, yaitu keberhasilan target jumlah peserta pelatihan, ketercapaian target materi yang telah direncanakan, ketercapaian tujuan pelatihan dan kemampuan peserta dalam penguasaan materi Ketercapaian target jumlah peserta dapat dilihat dari jumlah peserta yang ditargetkan adalah 30 orang dan pada kenyataannya kegiatan diikuti sebanyak 25 orang sehingga target jumlah peserta hampir telah dapat terpenuhi. Semua peserta dapat mengikuti seluruh proses simulasi dari awal sampai selesai, kegiatan yang dirancang 100% terlaksana, dan kehadiran kesiapan tim Peserta 100%.
Pemanfaatan Kain Perca Di Kelurahan Tangkerang Timur, Kecamatan Tenayan Raya, Pekanbaru Zaharman Zaharman; Serly Novianti; Arini Arini
Diklat Review : Jurnal manajemen pendidikan dan pelatihan Vol 3 No 2 (2019)
Publisher : Komunitas Manajemen Kompetitif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35446/diklatreview.v3i2.364

Abstract

Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada mitra yaitu ibu-ibu pengrajin ambon tepatnya pada RT 004 RW 002 bagaimana meningkatkan pemahaman dan pengetahuan tentang pembuatan ketrampilan menjahit, serta pemanfaatan kain perca, yang dilaksanakan di Keluruhan Tangkerang Timur Kecamatan Tenayan Raya Pekanbaru. Metode kegiatan pengabdian masyarakat ini menggunakan metode praktek langsung pemanfaatan kain perca dan pemberian motivasi kreativitas kepada ibu-ibu pengrajin Ambon. Praktik dilakukan dengan memberikan contoh langsung dalam membuat alas kaki. Harapan dari pelaksanaan pengabdian ini adalah tumbuhnya kreativitas dari ibu-ibu pengrajin Ambon dalam memanfaatkan kain perca yang banyak disekitar kita, sehingga dengan pengabdian yang langsung di lakukan oleh ibu-ibu Ambon dapat menghasilkan penghasilan sendiri dan meningkatkan perekonomian di dalam rumah tangga.
PKM Produk Olahan Nenas Bagi Kelompok PKK Mandiri di Kelurahan Tangkerang Barat Pekanbaru Zulia Khairani; Faizah Kamilah; Efrita Sofianti
Diklat Review : Jurnal manajemen pendidikan dan pelatihan Vol 3 No 2 (2019)
Publisher : Komunitas Manajemen Kompetitif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35446/diklatreview.v3i2.367

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini ditujukan bagi kelompok PKK Mandiri di Kelurahan Tangkerang Barat Pekanbaru. Permasalahan mitra terdiri dari ; 1. Adanya keinginan berwirausaha tapi belum memiliki ide produk yang akan dijual, 2. Masih kurangnya pengetahuan tentang cara pengemasan produk yang baik dan cara mempromosikannya. Adapun solusi yang yang ditawarkan yaitu 1. Membuat produk olahan nenas yaitu wajik nenas dari bahan baku nenas yang mudah didapatkan dan harganya murah, dan 2. Peningkatan pengetahuan cara pengemasaran dan pelabelan produk yang benar sehingga menarik minat konsumen dan upaya promosi yang efektif dan mudah untuk produk usaha kecil. Metode dalam kegiatan ini yaitu : 1. Metode demonstrasi / praktek membuat selai nenas yang siap untuk dijual 2. Metode presentasi,yaitu menjelaskan cara-cara pengemasan dan pelabelan yang benar dan perbedaan dari masing-masing metode promosi disertai dengan contoh melalui gambar dan dummy product. Berdasarkan hasil rangkuman kuesioner diatas, terdapat perbedaan pengetahuan dan keterampilan peserta pelatihan sebelum dan sesudah kegiatan ini. Peserta pelatihan sudah mengetahui kandungan gizi dan manfaat dari nenas bagi kesehatan dari materi yang di berikan penyaji. Selain itu sebagian besar peserta tertarik untuk mempraktekkan kembali membuat wajik nenas di rumah.
Alih Teknologi Peningkatan Nilai Gizi Opak Ikan Bagi Pelaku Usaha Produk Makanan Berbasis Ikan Di Desa Kiyab Jaya Kecamatan Bandar Sikijang Kabupaten Pelalawan Dwika Lodia Putri; Adi Rahmat; Aznuriyandi Aznuriyandi
Diklat Review : Jurnal manajemen pendidikan dan pelatihan Vol 3 No 2 (2019)
Publisher : Komunitas Manajemen Kompetitif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35446/diklatreview.v3i2.369

Abstract

Di Desa Kiyab Jaya Kecamatan Bandar Sikijang Kabupaten Pelalawan, banyak terdapat pelaku usaha rumahan yang mengolah makanan kering berbasis ikan. Kegiatan pengolahan makanan tersebut adalah kerupuk opak, ikan salai dan ikan asin, di mana dalam pengolahan produk tersebut membutuhkan proses pengeringan. Saat ini proses pengeringan produk sangat tergantung pada cuaca atau panas sinar matahari, sehingga bila kondisi cuaca hujan atau mendung produk tidak dapat dikeringkan sehingga produk mengalami pembusukan dan akhirnya merugikan pelaku usaha. Melalui inovasi teknologi pengeringan produk makanan berbasis ikan dan bahan pangan lainnya dengan alat pengering tepat guna sumber panas berbeda, diharapkan produk yang dihasilkan dapat ditingkatkan mutunya. Berkembangnya usaha-usaha kecil ini akan berdampak terhadap penyerapan tenaga kerja setempat dan peningkatan pendapatan ekonomi keluarga. Maka dari itu aplikasi teknologi pengering tepat guna dengan sumber panas berbeda sangat diperlukan. Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah : a) mengintroduksi dan menerapkan penggunaan alat pengering tepat guna dengan sumber panas berbeda untuk mendukung usaha produk olahan berbasis ubi dan ikan sehingga dapat dijadikan sebagai produk unggulan daerah dan mata pencaharian utama mereka, dalam rangka pengembangan usaha dan meningkatkan pendapatan keluarga, dan b) sebagai bahan masukan bagi pemerintah dalam rangka merencanakan pengembangan usaha mikro masyarakat pelaku usaha makanan berbasis potensi daerah (ubi dan ikan) dan ekonomi kerakyatan.

Page 1 of 2 | Total Record : 12