cover
Contact Name
Lufthia Sevriana
Contact Email
lufthia.sevriana@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
lufthia.sevriana@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Manajemen dan Bisnis (Performa)
ISSN : 18298680     EISSN : 25990039     DOI : -
Performa Journal publishes articles and brief communication with management theme (marketing, human resources, financial, operations, startegy), Islamic ecomy general economy, islamic and general approches development study, business in islamic and general basis.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 8, No 2 (2011)" : 10 Documents clear
Model Bisnis Kewirausahaan Sosial Mandiri Studi Kasus Pada BMT At-Taqwa Da Lpd Mas Septiana Ayu Estri Mahani; Alexander Mikael Tribuana
Jurnal Manajemen Bisnis Performa Vol 8, No 2 (2011)
Publisher : Universitas Islam Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29313/performa.v8i2.6074

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk mempelajari model bisnis yang diterapkan oleh pelaku wiarausaha sosial keungan mikro mandiri untuk mencapai nilai ekonomis organisasi dan meningkatkan nilai sosial masyarakat secara bersama-sama. Penelitian ini merupakan penelitian kumulatif explanatory dengan menggunakan metode studi kasus berganda tarhadap dua kasus, yaitu Baitul Maal wa Tamwil (BMT) At-Taqwa di Jakarta dan Lembaga Perkreditan Desa (LPD) Mas di Bali. Penelitian ini menggunakan dua satuan analisis, yaitu Lembaga Keuangan Mikro (LKM) yang menjadi fokus dan masyarakat di sekitar LKM dengan menggunakan satuan analisis berganda (embedded),  yaitu customer interface, strategi inti, sumber daya strategic, jaringan nilai LKM,nilai sosial target pasar LKM, dan kinerja keuangan LKM.Penelitian ini memberikan tujuh kesimpulan. (l) pelaku wirusaha sosial melalui pengaturan fulfillment & support dan relationship dynamic. (2) pelaku wiarausaha social keuangan mikro mandiri menciptakan strategi ni melalui pengaturan visi dan misi,linkup produk/pasar; dan basis diferensiasi. (3) pelaku wiarausaha sosial keuangan mikro mandiri menciptakan sumber daya strategic melalui kompetensi inti, asset strategic, dan proses inti memanfaatkan kompetensi inti dan asset strategic. (4) pelaku wirausaha sosial keuangan mikro mandiri menciptakan jaringan nilai melalui pengaturan jalinan hubungan dengan pemasok, rekan dan koalisi. (5) customer benefis berperan sebagai penghubung komponen customer interface dengan komponen startegi Secara khusus, customer benefis memungkinkan LKM mandiri melaksanakan berbagai hal pada sub komponen - sub komponen dalam komponen customer interface untuk menerapkan strategi inti. (6) konfigurasi aktivitas  berperan sebagai penghubung kompenen strategi inti dengan kompenen sumber daya strategik. 7) company boundaries berperan sebagai penghubung kompenen sumber daya strategic dengan jaringan nilai. kata Kunci : Bisnis, Kewirausahaan Sosiai Mandiri
Kontribusi Domestic Ownershp and Foreign Ownership Terhadap Kinerja Keuangan (Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta) Bambang Jatmiko
Jurnal Manajemen Bisnis Performa Vol 8, No 2 (2011)
Publisher : Universitas Islam Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29313/performa.v8i2.6065

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang besar kontribusi domestic ownership and foreign ownership terhadap kinerja keuangan. Penelitian dilakukan pada 94 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Busa Efek Jakarta dari tahun 2001 sampai dengan 2005 dengan metode studi kasus dan menggunakan analisis regresi sederhana yang diolah dengan SPSS versi 11.00.Hasil penelitian adalah variabel kontrol cateris paribus maka tipe kepemilikan tidak berkontribusi secara signifikan terhadap kinerja keuangan berupa ROA dan ROE. Keberadaan variabel kontrol memperkuat kontribusi dari tipe kepemilikan terhadap kinerja keuangan walaupun tidak signifikan. Hal ini disebabkan karena kepemilikan saham individu yang kecil tidak memonitor manajemen dengan baik yang kemungkinan disebabkan oleh persoalan free rider. Dalam kepemilikan institusi masih terdapat ketidakseimbangan informasi (assymetric information) serta masih lemahnya pasar modal di Indonesia dalam bentuk semi kuat (semi strong). Sehingga kepemilikan institusi belum bisa membantu memecahkan konflik keagenan antara pemegang saham dan manajemen. Kepemilikan manajemen dapat mengisolasi manajer dari kontrol pasar sehingga berdampak pada penurunan kinerja perusahaan melalui managerial entrenchment hypothesis yaitu hipotesis yang menyatakan bahwa kepemilikan manajemen akan menjadikan manajemen terbentengi dari kontrol pasar sehingga manajemen dengan mudah dapat melakukan tindakan entrenchment yang dapat menurunkan kinerja keungan. Kepemilikan asing dengan informasi yang superior diasumsikan memiliki kontribusi asimetris informasi dan menurunkan likuiditas yang berdampak pada penurunan kinerja keuangan.Tipe kepemilikan belum mampu menekan manajemen untuk meningkatkan kinerja keuangan perusahaan, karena dari hasil penelitian kontribusi tipe kepemilikan terhadap kinerja keuangan perusahaan manufaktur yang listing di BEJ masih sangat rendah. Key Word: Teori Agen (Agency Theory), Agency Conflict, Agency Problem, Stakeholder Theory.
Hubungan Word Of Mouth Marketing Dengan Loyalitas Pelanggan Produk Kesehatan Merek Xxx Di Serang Banten Dede Oktini
Jurnal Manajemen Bisnis Performa Vol 8, No 2 (2011)
Publisher : Universitas Islam Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29313/performa.v8i2.6070

Abstract

The Consumers gather information from several media campaigns including advertising and sales agents. They later told it to their relatives, or even their family, or they neighbor. This phenomenon is known as the Word Of Mouth (WOM). Word of mouth phenomenon is belived can boost purchases by the consumer, can give influence to certaint community, give more efficiency because WOM doesn’t need high budget (low budget), Wom able to create the positive image into one product, and also able to touch the affective side of consument, wheter using good advertising, the right-place promotion, or attractive online game, publication on newspaper, or held some event that will give good feedback that will be  talked constantly by people. This research objective is to find the relation between word of mouth marketing with consumer loyality. The research method that being used is verificative method. Variable that will be tested are word of mouth marketing variable  (x) and consumer loyality variable (y). the data collection technique on this research was done thourgh field research, which is direct interview, and spreading the questionnaire that using simple random sampling method. The data procces in this research using statistical calculation, with the use of rank spearman (rs)riietfud Variety of he tested is verificative riietfud (rs) correlation formala.The result of statistical calculation clearly shown that the word of mouth marketing marketing variables have an average or good enough correlation rate the amout of +0.586 with the customer loyality on XXX variable. That is means the better performance of the word of mouth merketing that’s been done, give impact to the increasing of the customer loyality rate. With the use of SPSS software, obtained probability number in the amount of 0.000 below 0, 05 point, thus it's mean how rejected and hi accepted, this result is supporting the hypothesis : there is a relationship bemeen the word of mourh marketing wth the customer loyality on XXX serang stockis.
Analisi Perbandingan Bid-Ask Spread Sebelum dan Sesudah Penurunan Tick Size di Bursa Efek Jakarta (Penelitian Pada Empat Perusahaan dengan Jumlah Saham Tercatat Terbesar Di Bursa Efek Jakarta) Wini Mulya Esandi; Nurdin Nurdin
Jurnal Manajemen Bisnis Performa Vol 8, No 2 (2011)
Publisher : Universitas Islam Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29313/performa.v8i2.6066

Abstract

Perkembangan kondisi keamanan. Politik dan ekonomi yang belum stabil membuat investor tidak tenang dalam melakukan investasinya di Indonesia. Bursa Efek Jakrta sebagai salah satu lahan investasi harus segera mengambil tindakan dalam mengembalikan kepercayaan terhadap jaminan berinvestasi di Indonesia. Dengan mengambil kebijakan penurunan tick size, sebagaimana dilakukan bursa-bursa utama lain di seluruh dunia.Penulis meneliti apakah penurunan tick size dipertengahan 2000 akan memberikan dampak yang signifikan terhadap bid-ask spread. Peneliti pada 4 perusahaan dengan jumlah tercatat terbesar di Bursa Efek Jakarta pada waktu itu. Dengan melakukan uji perbandingan bid-ask spread sebelum dan sesudah penurunan tick size. Bid-ask spread adalah perbedaan antara harga permintaan terendah dan harga penawaran tertinggi. Tick size adalah besaran kelipatan harga saham.Pada penelitian ini analisi dilakukan terhadap bid-ask spread periode 30 hari sebelum dan sesudah penurunan tick size dengan menggunakan metode deskriptif verifikatif. Data yang didapat merupakan data harian brid-ask spread ke 4 sampe emiten di Bursa Efek Jakarta.Untuk mengetahui hasil perbandingan tersebut maka dilakukan uji statistik 1 test. Dari pengujian yang telah dilakukan dapat diketahui besarnya I hitung adalah 72,947 dan t tabel terbesar 2,045. Sedangkan berdasarkan probabilitas terlihat bahwa probabilitas 0,00 < 0.05. maka berdasarkan pada kriteria yang ada, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap bid-ask spread sebelum dan sesudah penurunan tick size.Key Word: Brid-Ask Spread, Tick Size, Pasar Modal, Investasi, Bursa Efek Jakarta.
Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Sikap Etis Mahasiswa Akuntansi (Studi Kasus Pada Perguruan Tinggi Swasta di Kota Bandung) Pupung Purnamasari; Magnaz Lestira Oktaroza; Elly Halimatusadiah
Jurnal Manajemen Bisnis Performa Vol 8, No 2 (2011)
Publisher : Universitas Islam Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29313/performa.v8i2.6071

Abstract

The researi is aimed at: 1) Testing the effect of emotional intelligence (EQ) , and spiritual intelligence (SQ) on ethical attitudes of university accounting students. Simultaneously and partially: 2) Testing which variable that has dominant effect. The respondents of the research are accounting students at the State University of Parahyangan (UNPAR), Maranatha University (Maranatha), Pasundan University (UNPAS), Bandung Islamic University (UNISBA) and Widyatama University UTAMA in Bandung City. Purposive sampling technique is chosen with criteria respondents have done Auditing I Subject. Data was gathered by questionnaires and documentation. Data analysis to test hypothesis is done with multiple linear regression analysis. This research reauins siows that EQ, and SQ simultaneously and partially had significanuly effect on ethical attitudes of university accounting students SQ has significatly, and dominantly effects on technical attitudes of university accounting students. Key words : EQ, SQ, ethichal attitudes, ethics.
Kajian Strategi Event and Experience Dalam Rangka Meningkatkan Jumlah Mahasiswa Baru (Studi Kasus Pada Fakultas Ekonomi Unisba) Ratih Tresnati
Jurnal Manajemen Bisnis Performa Vol 8, No 2 (2011)
Publisher : Universitas Islam Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29313/performa.v8i2.6067

Abstract

Artikel ini membahas tentang Strategi Event & Experince yang diguan Fakultas Ekonomi Universitas Islam Bandung guna meningkatkan iumlah mahasiswa Baru. Event & Experience, pada dasarnya adalah sebuah alat promosi memberikan pengalaman kepada pelanggannya, siswa-siswa SMA dan sederajatnya di kota Bandung dan sekitarnya, antara lain dengan mengadakan kunjungan ke SMA-SMA di lingkungan kota Bandung dan sekitanya bahkan ke Jawa Barat. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mengetahui pelaksanaan Strategi Event & Experience yang dilakukan oleh Fakultas Ekonomi Unisba; 2) Mengetahui Hasil Strategi Event & Experience tersebut terhadap Peningkatan jumlah Mahasiswa Baru.Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Guna mendapatkan data tentang Strategi Event & Experience, jenis datanya sekunder berupa laporan Tahunan Unisba, yang diperoleh dengan wawancara kepada : Kabag Humas Unisba. Pimpinan Fakultas Ekonomi Unisba, Kabag Puslahta Unisba. Analisis dalam penelitian ini adalah melalui teknik FGD (Focus Group Discussion) dan Brainstorming  kemudian dikonfrontir dengan data sekunder yang didapatkan, dianalisis lebih tajam mengenai dampak Strategi Event & Experience terhadap jumlah mahasiswi baru di Ekonomi. Dalam beberapa tahun terakhir, Fakultas Ekonomi melakukan promosi dengan menggunakan alat promosi Event & Experience, dengan media : kunjungan ke SMA-SMA se kota Bandung atau di kota-kota di Jawa barat, pelatihan-pelatihan ditujukan ke siswa maupun guru-guru SMA dan lain-lain. Cukup mengembirakan dimana jumlah pendaftar ke Unisba khusunya Fakultas Ekonomu menunjukkan trend yang meningkatkan dari tahun ke tahun. Key word : Event & Experience
Analisis Praktik Akuntansi Pada Usaha Kecil Menengah Industri Rajutan Di Binongdjati Kelurahan Binong Kecamatan Batununggal Bandung Sri Fadilah
Jurnal Manajemen Bisnis Performa Vol 8, No 2 (2011)
Publisher : Universitas Islam Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29313/performa.v8i2.6072

Abstract

Pengembangan sentra rajut ini harus mendapat perhatian serius dari semua pihak, baik pemerintah daerah, asosiasi usaha dan sebagainya. Hal tersebut dilakukan agar sentra rajutan Binongdjati menjadi kornunitas yang menghasilkan produk unggulan di Kota Bandung. Untuk hal tersebut pengetahuan dan pamahaman berkaitan dengan akuntansi baik dari siklus akuntansi maupun pelaporan menjadi keharusan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif analisis dengan dept interview. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah: observasi, kuesioner, interview dan dokumentasi. Hasil penelitian sebagai berikut : sebagian besar pengrajin di sentra industri rajutan di daerah Binongjati Kelurahan Binong Kecamatan Batununggal Bandung telah melaksanakan pembukuan dan praktik akuntansi dari yang paling sederhana sampai dengan yang lengkap dan dibuatnya pelapisan keuangan yang sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan (SAK). Namun masih ada sebagian kecil yang sama sekali belum mempraktikannya. Adapun jenis praktik akuntansi yang sudah dijalankan adalah: pembukuan dan pelaporan keuangan, penentuan dan penghitungan harga pokok produksi dan manajemen persediaan. Kata Kunci: Akuntansi, Laporan Kauangan dan UKM
Penerapan Knowledge Management Dalam Peningkatan Kompetensi Kewirausahaan Sri Suwarsi
Jurnal Manajemen Bisnis Performa Vol 8, No 2 (2011)
Publisher : Universitas Islam Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29313/performa.v8i2.6068

Abstract

Setiap organisasi beroparasi dengan menggunakan semua komponen sumber daya yang dimiliki untuk dapat menghasilkan produk baik barang atau jasa yang dibutuhkan dan diinginkan konsumen. Pengelolaan sumber daya meliputi raw material, human resource, capital, technologi, and information. Mengingat keterbatasan sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan tersebut maka perusahaan dituntut mampu memberdayakan dan mengoptimalkan penggunaannya untuk dapat bersaing demi kelangsungan hidup perusahaan.Penerapan knowledge management di Indonesia seharusnya bukan hanya monopoli perusahaan besar, tetapi juga harus menjadi agenda dan akhirnya menjadi budaya organisasi, karena seiring dengan persaingan industri yang demikian pesat, maka menuntut perusahaan untuk selalu inovatif dan kreatif untuk memberikan value added yang berkelanjutan kepada para customernya. Dan juga adanya kecenderungan perkembangan kebutuhan dan keinginan konsumen yang semakin tinggi, cepat, dan bervariasi akibat arus informasi yang demikian cepat, sehingga expektasi konsumen akan suatu produk dari waktu ke waktu mengalami perubahan yang semakin cepat. Oleh karenanya perusahaan yang tidak ingin ditinggalkan oleh konsumennya, maka harus mencari jalan untuk mengelola knowledge yang dimiliki para karyawannya untuk dapat diintegrasikan dalam suatu sistem yang terstruktur untuk menghasilkan produk dan jasa yang berkualitas tinggi untuk menjawab perubahan dan tantangan persaingan. Untuk itu maka perusahaan perlu menerapkan knowledge management, karena dengan penerapan Knowledge Management, maka organisasi atau perusahaan akan selalu berupaya untuk selalu melakukan proses belajar untuk melakukan proses perubahan dan inovasi.Perubahan dari industri berbasis ekonomi menjadi industri yang berbasis pengetahuan dan informasi membutuhkan pengelolaan pengetahuan yang dikenal dengan Knowledge Management. Dengan menerapkan knowledge management diharapkan waktu kerja dapat dihemet, biaya komunikasi dapat diturunkan, sehingga perusahaan akan lebih produktif. Kata Kunci : Knowledge, Knowledge Management, Penerapan Knowledge Management
Kajian Teoritis Dan Empiris : Kreativitas & Inovasi Terhadap Keunggulan Bersaing Serta Dampaknya Terhadap Keunggulan Bersaing Serta Dampaknya Pada Kinerja Perusahaan Industri Kreatif Kota Bandung Titi Laras
Jurnal Manajemen Bisnis Performa Vol 8, No 2 (2011)
Publisher : Universitas Islam Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29313/performa.v8i2.6073

Abstract

Dalam kajian ini, penulis memilih Industri Kreatif Bandung sebagai unit penelitian. Adapun alasan sebagai industri kreatif kota Bandung, menurut Simatupang, (2007: 15) sebagai berikut: (a) Kota Bandung dikenal sebagai Paris Van Java dan Pusat Kebudayaan Sunda; (b) sudah dikenal sejak dulu kala sebagai pusat tektil dan mode; (c) pusat promosi karya budaya termasuk perintis perfileman nasional; (d) trend setter mode pakaian di kalangan anak muda; (e) sebagai daerah tujuan wisata dari Jakarta dan kota kota lainnya; (g) dike dengan generasi mudanya yang kreatif dan berani berekperimen dengan gagasa gasan yang inovatif; (h) sumberdaya pendukung industri kreatif tersedia dengan baik, dan (i) sebagai pusat pendidikan tinggi teknologi, bisnis, desain dan komunikasi visual.Mendasarkan fenomena dan penelitian terdahulu, maka tema sentral dalam penelitian ini adalah sebagai berikut; faktor pengubah creative destruction yang berati, dibangun inovasi baru dalam industri akan menggusur industri -industri lama yang tidak kreatif dan menggatinya dengan kreatif. Industri kreatif adalah bagian dari ekonomi kreatif.adapun yang menjadi fenomena dilipangan menunjukkan:1. Terdapat transportasi masih bermaalah2. Lemahnya penguasaan teknologi pendukung industri kreatif3. Pelaku usaha kurang terinoti untuk mengolah bahan baku menjadi bahan jadi jadi profitnya rendah4. kurangnya apresiasi masyarakat terhadap produk kreatif5. Belum ada bentuk skema pembiayaan yang sesuai untuk industri kreatif
Pemetaan Usaha Mikro (Micro Business) Di Kabupaten Belitung Timur Muhardi Muhardi
Jurnal Manajemen Bisnis Performa Vol 8, No 2 (2011)
Publisher : Universitas Islam Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29313/performa.v8i2.6069

Abstract

Di berbagai daerah, keberadaan usaha mikro seringkali mendominasi di Kabupaten Belitung Timur. Dengan keberadaannya ini diharapkan usaha mikro dapat memberikan kontribusi yang berarti terhadap ekonomi masyarakat. Dalam upaya penguatan usaha mikro dibutuhkan peranan berbagai pihak terkait untuk melakukan pembinaan dan pemberdayaan usaha mikro, sehingga usaha ini menjadi lebih berdaya dan menjadi penopang kemajuan ekonomi masyarakat. Sebagai daerah wisata keberadaan usaha mikro di Kabupaten Belitung Timur dengan berbagai produk yang dihasilkannya, tentunya akan mendukung kemajuan ekonomi dan pembangunan daerahnya. Kata kunci : Pemetaan, Usaha Mikro

Page 1 of 1 | Total Record : 10