cover
Contact Name
Sri Yuliani
Contact Email
sriyuliani@edu.uir.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
sriyuliani@edu.uir.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota pekanbaru,
Riau
INDONESIA
Perspektif Pendidikan dan Keguruan
Published by Universitas Islam Riau
ISSN : 14113570     EISSN : 25799525     DOI : -
Core Subject : Education,
Focus and scope is education field. Perspektif journal is published by the Faculty of Education Islamic University of Riau (UIR), as a vehicle of scientific information, Science Education, Teaching in the form of research and literature review, opinions, technical papers, short communications, and reviews of books.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 5 No 9 (2014): Perspektif Pendidikan dan Keguruan" : 10 Documents clear
A STUDY ON STUDENTS’ ABILITY IN IDENTIFYING AND CORRECTING ERRORS IN ENGLISH SENTENCES OF THE THIRD YEAR STUDENTS AT FKIP UIR Syofianis, Syofianis; Yulianto, Yulianto; Hajizah, Yuli
Perspektif Vol 5 No 9 (2014): Perspektif Pendidikan dan Keguruan
Publisher : UIR Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Ada banyak jenis menulis kalimat bahasa Inggris dalam tata bahasa, seperti: kata benda, kata sifat, kata kerja, kata ganti, kata keterangan, kata depan dan lain-lain Berdasarkan peneliti penelitian pendahuluan mereka tidak dapat menemukan, mengidentifikasi dan memperbaiki kesalahan kalimat meskipun mereka memiliki mempelajari pemahaman menulis dan kalimat gramatikal seperti: Grammar I, II, Advance dan lain-lain tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan siswa dalam mengidentifikasi dan mengoreksi kesalahan dalam kalimat bahasa Inggris dan persentase penguasaan mereka dalam menjawab tes. Penulis tertarik melakukan penelitian tentang masalah ini. Penelitian ini diberikan pada Mahasiswa FKIP UIR. Subjek penelitian ini adalah siswa tahun ketiga di FKIP UIR dan objek penelitian adalah studi tentang kemampuan siswa dalam mengidentifikasi dan mengoreksi kesalahan dalam kalimat bahasa Inggris Mahasiswa Semester tiga di FKIP UIR. Desain penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi penelitian ini adalah semua mahasiswa Semester tiga. Jumlah populasi adalah 280 mahasiswa dan jumlah total sampel adalah 33 mahasiswa. Penulis menggunakan tes tertulis sebagai instrumen penelitian yang terdiri dari 40 tes item. Untuk menganalisis data, peneliti menggunakan rumus nilai rata-rata, Variance, dan standar deviasi. Setelah menganalisa data, penulis menemukan bahwa kemampuan siswa dalam mengidentifikasi dan mengoreksi kesalahan dalam kalimat bahasa Inggris yang baik. Hal ini ditunjukkan dari nilai rata-rata tes siswa dari kalimat kesalahan yang terdiri dari 4 bahan. Skor rata-rata tes siswa dari yang tidak benar / s.present hilang tegang adalah 81,2%, hadir continous tense 63,3%, quantifier 49,6%, kata keterangan dan klausa kata sifat 34,8%. Berdasarkan kategori skor siswa dapat diklasifikasikan ke dalam kategori baik.
USING TOP-DOWN PROCESSING STRATEGIES TOWARD STUDENTS’ READING COMPREHENSION ON RECOUNT TEXTS OF EIGHT YEAR AT SMP YLPI PEKANBARU Syofianis, Syofianis; Putri, Miranti Eka; Prasetyo, Moch. Rio Yoga
Perspektif Vol 5 No 9 (2014): Perspektif Pendidikan dan Keguruan
Publisher : UIR Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Top-down membaca adalah sebuah proses dimulai dengan pembaca berfokus pada ide utama dari teks dan informasi lainnya yang mereka dapat memahami segera. Strategi membaca efektif membutuhkan keseimbangan antara kedua proses, tapi harus dimulai dengan proses top-down. Skripsi ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman membaca kelas delapan di SMP YLPI Pekanbaru Dalam memahami teks Recount. Top-Down Processing adalah cara alternatif dalam pemahaman mengajar membaca. Membaca adalah cara umum untuk mendapatkan informasi dan pengetahuan. Melalui membaca orang akan mendapatkan ide-ide yang mereka inginkan, dan akan dapat menggunakannya sesuai dengan kebutuhan mereka. Sebagai contoh, jika ternyata pada radio yang menggunakan teknologi baru atau dalam model modern yang kita belum pernah menggunakan sebelumnya, kita akan membacanya secara manual. Singkatnya, orang membaca untuk mendapatkan informasi yang disajikan dalam bentuk tertulis. Setelah menghitung data, peneliti menemukan bahwa total rata-rata dari kelompok dan kelompok kontrol eksperimental dalam pre-test adalah 60,5 untuk kelompok eksperimen dan 56 untuk kelompok kontrol. Di tingkat signifikan 0,5 dihitung adalah terbesar dari t-tabel (0,94 <2.021) di derajat kebebasan (df 38). Ini berarti bahwa t-obs lebih tinggi dari t-tab. Setelah pengobatan diberikan dalam mengajar untuk kelompok eksperimen selama enam pertemuan untuk meningkatkan membaca kemampuan untuk menceritakan teks, pasca-uji diadministrasikan untuk kelompok, kelompok eksperimen adalah 82,5 dan kelompok kontrol 65,5 dapat dilihat itu berarti peningkatan dibuat oleh kelompok eksperimen untuk pre-test post-test 22% dan kelompok kontrol adalah 9,5%. Berdasarkan standar perhitungan deviasi dari kelompok eksperimen dan kelompok kontrol adalah pengujian hipotesis, ditemukan bahwa nilai t-obs lebih besar dari t-tab (1,08> 2,021) di tingkat keputusan alpha α = 0,5 dengan derajat kebebasan (df 38) karena itu, hipotesis nol ditolak. Ini berarti ada yang signifikan Menggunakan Strategi Pengolahan Top-Down Menuju Siswa Membaca Pemahaman tentang Teks Recount Delapan Tahun di SMP YLPI Pekanbaru.
KEMAMPUAN SISWA KELAS VII SMP PLUS AT-THOIBA KOTA PEKANBARU T.A 2013/2014 DALAM MEMBACA CEPAT Nazirun, Nazirun; Hermaliza, Hermaliza; Setyorini, Diah
Perspektif Vol 5 No 9 (2014): Perspektif Pendidikan dan Keguruan
Publisher : UIR Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Reading is an important activity, they are a fast readingandsilent reading. To boost reading skills one of them is fast reading. The problem of this research is how much the speed reading of class VII SMP PLUS AT-THOIBA Pekanbaru AcademicYear 2013/2014. How students class VII PLUS ATTHOIBA Pekanbaru academic year 2013/2014 in speed reading. This study aims to describe, analyze, interpret ability of the student class VII PLUS AT-THOIBA Pekanbaru academic year 2013/2014 in speed reading. The population is full sample comprised 28 students of class VII PLUS AT-THOIBA. This research method is descriptive method with quantitative approach. The theory used is Henry Guntur GM (1986), Abdul Razak (2005), Tampubolon (2008), Dalman (2010), Sudirman (2010), Nurgiantoro (2011). Analysis using the formula based on Tampubolon research, and evaluation criteria based SBC (2007) The results of the research capabilities of the first hypothesis stated that speed reading at class VII SMP PLUS AT- THOIBA Pekanbaru academic year 2013/2014 city in fast reading is low with less speed 60-90 wpm and students read high category is 104 wpm. The second hypothesis states that the reading ability of students of class VII PLUS AT-THOIBA Pekanbaru academic year 2013/2014 in fast reading is enough to 50-69 with less categoriy. It is shownthat the average of students’ ability who obtained 80. As summary,fast reading at class VII SMP PLUS AT- THOIBAPekanbaru academic year 2013/2014 is high category with 104 wpm, and the ability of the student class VII PLUS AT-THOIBA Pekanbaru academic year 2013/2014 is quick fast in reading category.
AN ANALYSIS OF SCHOOL-WIDE TOKEN ECONOMY SYSTEM ON CHALLENGE BEHAVIOR OF MENTAL RETARDATION’ STUDENTS AT SLBN PENBINA PEKANBARU Sailun, Betty; Putri, Miranti Eka; Handayani, Pera
Perspektif Vol 5 No 9 (2014): Perspektif Pendidikan dan Keguruan
Publisher : UIR Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: Bagaimana perilaku keterbelakangan mental 'siswa dengan sistem school-wide token economy di SLBN Pembina pekanbaru? Ada tiga Sampel dari penelitian ini di SLBN Pembina Pekanbaru. Penelitian ini dilakukan berdasarkan metode deskriptif kualitatif. Hanya ada satu variabel dalam penelitian yaitu menantang perilaku. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan wawancara dan observasi untuk mendapatkan data.Pengamatan digunakan untuk mendapatkan beberapa data tentang aktivitas dan guru siswa aktivitas di perilaku mereka yang mengalami keterbelakangan mental 'siswa dengan sistem ekonomi Token. Ada 3 perilaku tantangan siswa retardasi mental ini seperti berteriak, menangis dan membenturkan kepala. Hasil pengamatan adalah school-wide token economy adalah perubahan perilaku tantangan mereka keterbelakangan mental 'siswa dari perilaku buruk menjadi perilaku yang baik.Wawancara ini digunakan untuk mendapatkan informasi tentang perilaku mereka selama dalam proses belajar mengajar dosa kelas. Dengan demikian, peneliti dapat menyimpulkan bahwa SchoolWide Token Economy System pada perilaku siswa keterbelakangan mental di SLBN Pembina Pekanbaru yang mengubah perilaku mereka dari perilaku buruk menjadi perilaku yang baik..
ANALISIS NILAI MORAL PADA PANTUN ADAT PERKAWINAN MASYARAKAT MELAYU KABUPATEN KARIMUN PROVINSI KEPULAUAN RIAU Erni, Erni; Supriyadi, Supriyadi; Jusliani, Jusliani
Perspektif Vol 5 No 9 (2014): Perspektif Pendidikan dan Keguruan
Publisher : UIR Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pantun for Malay community in Kabupaten Karimun is a popular literary, for this reason the writers are interested to raise this problem by assigning the title "Analysis of Moral Values in Pantun at Malay Customary Marriage ofKabupaten Karimun Provinsi Kepulauan Riau ". The issues raised in this research is how the moral values inherent in traditional wedding rhyme Malay community Kabupaten Karimun Provinsi Kepulauan Riau. The purpose of this study was to obtain data information, systematically and in detail about the moral values inherent in traditional wedding rhyme Malay community at Kabupaten Karimun Provinsi Riau. The theory that the writers used to answer these problems was the theory of moral values related to responsibility, conscience and obligation to process the data. The sample in this study was limited to rhyme merisik meminang total 64 Pantun. The method which the writers usedwas descriptive method. Data collection techniques were observation and documentation. All the data that was analyzed found that 16 Pantun merisik in marriage customs Malay society Kabupaten Karimun Provinsi Kepulauan Riau, 1 Pantun moral value associated with responsibility, 11 Pantun moral value pertaining to the conscience, and 4 rhyme has moral values relating to liability. 48 Pantun in meminang in the marriage customs of Kabupaten Karimun Provinsi Kepulauan Riau, 12 Pantun moral value associated with responsibility, 27 Pantun moral value pertaining to the conscience, and 25 Pantun have moral values relating to liability
ANALISIS NILAI MORAL PADA PANTUN ADAT PERKAWINAN MASYARAKAT MELAYU KABUPATEN KARIMUN PROVINSI KEPULAUAN RIAU Erni Erni; Supriyadi Supriyadi; Jusliani Jusliani
Perspektif Pendidikan dan Keguruan Vol 5 No 9 (2014): Perspektif Pendidikan dan Keguruan
Publisher : UIR Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pantun for Malay community in Kabupaten Karimun is a popular literary, for this reason the writers are interested to raise this problem by assigning the title "Analysis of Moral Values in Pantun at Malay Customary Marriage ofKabupaten Karimun Provinsi Kepulauan Riau ". The issues raised in this research is how the moral values inherent in traditional wedding rhyme Malay community Kabupaten Karimun Provinsi Kepulauan Riau. The purpose of this study was to obtain data information, systematically and in detail about the moral values inherent in traditional wedding rhyme Malay community at Kabupaten Karimun Provinsi Riau. The theory that the writers used to answer these problems was the theory of moral values related to responsibility, conscience and obligation to process the data. The sample in this study was limited to rhyme merisik meminang total 64 Pantun. The method which the writers usedwas descriptive method. Data collection techniques were observation and documentation. All the data that was analyzed found that 16 Pantun merisik in marriage customs Malay society Kabupaten Karimun Provinsi Kepulauan Riau, 1 Pantun moral value associated with responsibility, 11 Pantun moral value pertaining to the conscience, and 4 rhyme has moral values relating to liability. 48 Pantun in meminang in the marriage customs of Kabupaten Karimun Provinsi Kepulauan Riau, 12 Pantun moral value associated with responsibility, 27 Pantun moral value pertaining to the conscience, and 25 Pantun have moral values relating to liability
A STUDY ON STUDENTS’ ABILITY IN IDENTIFYING AND CORRECTING ERRORS IN ENGLISH SENTENCES OF THE THIRD YEAR STUDENTS AT FKIP UIR Syofianis Syofianis; Yulianto Yulianto; Yuli Hajizah
Perspektif Pendidikan dan Keguruan Vol 5 No 9 (2014): Perspektif Pendidikan dan Keguruan
Publisher : UIR Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Ada banyak jenis menulis kalimat bahasa Inggris dalam tata bahasa, seperti: kata benda, kata sifat, kata kerja, kata ganti, kata keterangan, kata depan dan lain-lain Berdasarkan peneliti penelitian pendahuluan mereka tidak dapat menemukan, mengidentifikasi dan memperbaiki kesalahan kalimat meskipun mereka memiliki mempelajari pemahaman menulis dan kalimat gramatikal seperti: Grammar I, II, Advance dan lain-lain tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan siswa dalam mengidentifikasi dan mengoreksi kesalahan dalam kalimat bahasa Inggris dan persentase penguasaan mereka dalam menjawab tes. Penulis tertarik melakukan penelitian tentang masalah ini. Penelitian ini diberikan pada Mahasiswa FKIP UIR. Subjek penelitian ini adalah siswa tahun ketiga di FKIP UIR dan objek penelitian adalah studi tentang kemampuan siswa dalam mengidentifikasi dan mengoreksi kesalahan dalam kalimat bahasa Inggris Mahasiswa Semester tiga di FKIP UIR. Desain penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi penelitian ini adalah semua mahasiswa Semester tiga. Jumlah populasi adalah 280 mahasiswa dan jumlah total sampel adalah 33 mahasiswa. Penulis menggunakan tes tertulis sebagai instrumen penelitian yang terdiri dari 40 tes item. Untuk menganalisis data, peneliti menggunakan rumus nilai rata-rata, Variance, dan standar deviasi. Setelah menganalisa data, penulis menemukan bahwa kemampuan siswa dalam mengidentifikasi dan mengoreksi kesalahan dalam kalimat bahasa Inggris yang baik. Hal ini ditunjukkan dari nilai rata-rata tes siswa dari kalimat kesalahan yang terdiri dari 4 bahan. Skor rata-rata tes siswa dari yang tidak benar / s.present hilang tegang adalah 81,2%, hadir continous tense 63,3%, quantifier 49,6%, kata keterangan dan klausa kata sifat 34,8%. Berdasarkan kategori skor siswa dapat diklasifikasikan ke dalam kategori baik.
USING TOP-DOWN PROCESSING STRATEGIES TOWARD STUDENTS’ READING COMPREHENSION ON RECOUNT TEXTS OF EIGHT YEAR AT SMP YLPI PEKANBARU Syofianis Syofianis; Miranti Eka Putri; Moch. Rio Yoga Prasetyo
Perspektif Pendidikan dan Keguruan Vol 5 No 9 (2014): Perspektif Pendidikan dan Keguruan
Publisher : UIR Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Top-down membaca adalah sebuah proses dimulai dengan pembaca berfokus pada ide utama dari teks dan informasi lainnya yang mereka dapat memahami segera. Strategi membaca efektif membutuhkan keseimbangan antara kedua proses, tapi harus dimulai dengan proses top-down. Skripsi ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman membaca kelas delapan di SMP YLPI Pekanbaru Dalam memahami teks Recount. Top-Down Processing adalah cara alternatif dalam pemahaman mengajar membaca. Membaca adalah cara umum untuk mendapatkan informasi dan pengetahuan. Melalui membaca orang akan mendapatkan ide-ide yang mereka inginkan, dan akan dapat menggunakannya sesuai dengan kebutuhan mereka. Sebagai contoh, jika ternyata pada radio yang menggunakan teknologi baru atau dalam model modern yang kita belum pernah menggunakan sebelumnya, kita akan membacanya secara manual. Singkatnya, orang membaca untuk mendapatkan informasi yang disajikan dalam bentuk tertulis. Setelah menghitung data, peneliti menemukan bahwa total rata-rata dari kelompok dan kelompok kontrol eksperimental dalam pre-test adalah 60,5 untuk kelompok eksperimen dan 56 untuk kelompok kontrol. Di tingkat signifikan 0,5 dihitung adalah terbesar dari t-tabel (0,94 <2.021) di derajat kebebasan (df 38). Ini berarti bahwa t-obs lebih tinggi dari t-tab. Setelah pengobatan diberikan dalam mengajar untuk kelompok eksperimen selama enam pertemuan untuk meningkatkan membaca kemampuan untuk menceritakan teks, pasca-uji diadministrasikan untuk kelompok, kelompok eksperimen adalah 82,5 dan kelompok kontrol 65,5 dapat dilihat itu berarti peningkatan dibuat oleh kelompok eksperimen untuk pre-test post-test 22% dan kelompok kontrol adalah 9,5%. Berdasarkan standar perhitungan deviasi dari kelompok eksperimen dan kelompok kontrol adalah pengujian hipotesis, ditemukan bahwa nilai t-obs lebih besar dari t-tab (1,08> 2,021) di tingkat keputusan alpha α = 0,5 dengan derajat kebebasan (df 38) karena itu, hipotesis nol ditolak. Ini berarti ada yang signifikan Menggunakan Strategi Pengolahan Top-Down Menuju Siswa Membaca Pemahaman tentang Teks Recount Delapan Tahun di SMP YLPI Pekanbaru.
KEMAMPUAN SISWA KELAS VII SMP PLUS AT-THOIBA KOTA PEKANBARU T.A 2013/2014 DALAM MEMBACA CEPAT Nazirun Nazirun; Hermaliza Hermaliza; Diah Setyorini
Perspektif Pendidikan dan Keguruan Vol 5 No 9 (2014): Perspektif Pendidikan dan Keguruan
Publisher : UIR Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Reading is an important activity, they are a fast readingandsilent reading. To boost reading skills one of them is fast reading. The problem of this research is how much the speed reading of class VII SMP PLUS AT-THOIBA Pekanbaru AcademicYear 2013/2014. How students class VII PLUS ATTHOIBA Pekanbaru academic year 2013/2014 in speed reading. This study aims to describe, analyze, interpret ability of the student class VII PLUS AT-THOIBA Pekanbaru academic year 2013/2014 in speed reading. The population is full sample comprised 28 students of class VII PLUS AT-THOIBA. This research method is descriptive method with quantitative approach. The theory used is Henry Guntur GM (1986), Abdul Razak (2005), Tampubolon (2008), Dalman (2010), Sudirman (2010), Nurgiantoro (2011). Analysis using the formula based on Tampubolon research, and evaluation criteria based SBC (2007) The results of the research capabilities of the first hypothesis stated that speed reading at class VII SMP PLUS AT- THOIBA Pekanbaru academic year 2013/2014 city in fast reading is low with less speed 60-90 wpm and students read high category is 104 wpm. The second hypothesis states that the reading ability of students of class VII PLUS AT-THOIBA Pekanbaru academic year 2013/2014 in fast reading is enough to 50-69 with less categoriy. It is shownthat the average of students’ ability who obtained 80. As summary,fast reading at class VII SMP PLUS AT- THOIBAPekanbaru academic year 2013/2014 is high category with 104 wpm, and the ability of the student class VII PLUS AT-THOIBA Pekanbaru academic year 2013/2014 is quick fast in reading category.
AN ANALYSIS OF SCHOOL-WIDE TOKEN ECONOMY SYSTEM ON CHALLENGE BEHAVIOR OF MENTAL RETARDATION’ STUDENTS AT SLBN PENBINA PEKANBARU Betty Sailun; Miranti Eka Putri; Pera Handayani
Perspektif Pendidikan dan Keguruan Vol 5 No 9 (2014): Perspektif Pendidikan dan Keguruan
Publisher : UIR Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: Bagaimana perilaku keterbelakangan mental 'siswa dengan sistem school-wide token economy di SLBN Pembina pekanbaru? Ada tiga Sampel dari penelitian ini di SLBN Pembina Pekanbaru. Penelitian ini dilakukan berdasarkan metode deskriptif kualitatif. Hanya ada satu variabel dalam penelitian yaitu menantang perilaku. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan wawancara dan observasi untuk mendapatkan data.Pengamatan digunakan untuk mendapatkan beberapa data tentang aktivitas dan guru siswa aktivitas di perilaku mereka yang mengalami keterbelakangan mental 'siswa dengan sistem ekonomi Token. Ada 3 perilaku tantangan siswa retardasi mental ini seperti berteriak, menangis dan membenturkan kepala. Hasil pengamatan adalah school-wide token economy adalah perubahan perilaku tantangan mereka keterbelakangan mental 'siswa dari perilaku buruk menjadi perilaku yang baik.Wawancara ini digunakan untuk mendapatkan informasi tentang perilaku mereka selama dalam proses belajar mengajar dosa kelas. Dengan demikian, peneliti dapat menyimpulkan bahwa SchoolWide Token Economy System pada perilaku siswa keterbelakangan mental di SLBN Pembina Pekanbaru yang mengubah perilaku mereka dari perilaku buruk menjadi perilaku yang baik..

Page 1 of 1 | Total Record : 10


Filter by Year

2014 2014


Filter By Issues
All Issue Vol 14 No 2 (2023): Perspektif Pendidikan dan Keguruan Vol 14 No 2 Oktober 2023 Vol 14 No 1 (2023): Perspektif Pendidikan dan Keguruan Vol 14 No 1 April 2023 Vol 13 No 2 (2022): Perspektif Pendidikan dan Keguruan Vol 13 No 2 Oktober 2022 Vol 13 No 1 (2022): Perspektif Pendidikan dan Keguruan Vol 12 No 2 (2021): Perspektif Pendidikan dan Keguruan Vol 12 No 1 (2021): Perspektif Pendidikan dan Keguruan Vol 11 No 2 (2020): Perspektif Pendidikan dan Keguruan Vol 11 No 1 (2020): Perspektif Pendidikan dan Keguruan Vol 10 No 2 (2019): Perspektif Pendidikan dan Keguruan Vol 10 No 1 (2019): Perspektif Pendidikan dan Keguruan Vol 10 No 1 (2019): Perspektif Pendidikan dan Keguruan Vol 9 No 02 (2018): Perspektif Pendidikan dan Keguruan Vol 9 No 02 (2018): Perspektif Pendidikan dan Keguruan Vol 9 No 1 (2018): Perspektif Pendidikan dan Keguruan Vol 9 No 1 (2018): Perspektif Pendidikan dan Keguruan Vol 8 No 02 (2017): Perspektif Pendidikan dan Keguruan Vol 8 No 02 (2017): Perspektif Pendidikan dan Keguruan Vol 8 No 1 (2017): Perspektif Pendidikan dan Keguruan Vol 8 No 1 (2017): Perspektif Pendidikan dan Keguruan Vol 7 No 14 (2016): Perspektif Pendidikan dan Keguruan Vol 7 No 14 (2016): Perspektif Pendidikan dan Keguruan Vol 7 No 13 (2016): Perspektif Pendidikan dan Keguruan Vol 7 No 13 (2016): Perspektif Pendidikan dan Keguruan Vol 6 No 12 (2015): Perspektif Pendidikan dan Keguruan Vol 6 No 12 (2015): Perspektif Pendidikan dan Keguruan Vol 6 No 11 (2015): Perspektif Pendidikan dan Keguruan Vol 6 No 11 (2015): Perspektif Pendidikan dan Keguruan Vol 5 No 10 (2014): Perspektif Pendidikan dan Keguruan Vol 5 No 10 (2014): Perspektif Pendidikan dan Keguruan Vol 5 No 9 (2014): Perspektif Pendidikan dan Keguruan Vol 5 No 9 (2014): Perspektif Pendidikan dan Keguruan More Issue