cover
Contact Name
Dion
Contact Email
dionwijoyo@yahoo.com
Phone
-
Journal Mail Official
stmik_dpr@yahoo.com
Editorial Address
-
Location
Kota pekanbaru,
Riau
INDONESIA
Jurnal Ilmu Komputer dan Bisnis
Published by STMIK Dharmapala Riau
ISSN : 20873921     EISSN : 25989715     DOI : -
Core Subject : Economy, Science,
Jurnal ini terbit dua kali setahun pada bulan Mei dan November berisi artikel tulisan ilmiah dalam bentuk hasil-hasil penelitian dan non penelitian, kajian analitis, aplikasi teori dan review tentang masalah-masalah bisnis, sistem informasi, dan komputer akuntansi baik di lembaga eksekutif, legislatif maupun di masyarakat. Penerbitan jurnal ini bertujuan untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas serta menyebarluaskan kajian ilmu komputer dan bisnis sekaligus sebagai wadah komunikasi di antara cendekiawan, praktisi, mahasiswa dan pemerhati masalah-masalah ilmu komputer dan bisnis.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 9 No 2 (2018)" : 10 Documents clear
Teknologi Virtual Reality Menggunakan Sensor Gyrosscope Sebagai Media Edukasi Budaya Melayu Pada Museum Efendi, Yoyon; ., Junaidi
Jurnal Ilmu Komputer dan Bisnis Vol 9 No 2 (2018)
Publisher : STMIK Dharmapala Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Teknologi Virtual Reality telah digunakan sebagai media edukasi. Salah satu pusat di Provinsi Riau yaitu Museum Sang nila Utama. Museum ini memiliki 3.819 koleksi benda-benda budaya khas Melayu. Kebijakan masalah yang memasukkan jumlah museum staf dalam memberikan layanan kepada pengunjung mempengaruhi menurunya pengunjung. Selain itu penggunaan teknologi sebagai media koleksi museum. Dari data pengunjung museum di dominasi oleh anak-anak sekolah. Diperlukan media edukatif yang menarik untuk meningkatkan minat pengunjung ke museum. Teknologi Virtual Reality menggunakan 3 Dimensi (3D) dengan metode penelitian konseptual aplikasi. Cara penggunaan melalui smartphone dan VR Box. Tujuannya menjadi museum sebagai salah satu tujuan wisata dan liburan bagi keluarga secara nasional dan mancanegara.
Penerapan Algoritma C 4.5 Untuk Penentuan Kriteria Anggota Layak Pinjam Berdasarkan AD/ART Koperasi Yusti, Herawati; Ameliza, Kiki
Jurnal Ilmu Komputer dan Bisnis Vol 9 No 2 (2018)
Publisher : STMIK Dharmapala Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Koperasi merupakan wadah yang cukup penting berada dalam sebuah lingkungan instansi. Yang bertujuan untuk mensejahterakan anggotanya. Dalam suatu aturan, koperasi harus memiliki kriteria untuk penentuan anggota layak pinjam, demi keharmonisan sesama anggota koperasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kriteria anggota layak pinjam berdasarkan AD / ART koperasi, menggunakan Data Mining dengan algoritma C 4.5. Atribut masukan kriteria anggota layak pinjam ini mencakup Kepegawaian, Anggota, Peminjam Izin Bendahara dan Kepala Sekolah (PIBK), Peminjam Mengikuti Daftar Antrian (PMDA) dan Simpanan Wajib. Dalam penelitian ini, rules yang dihasilkan merupakan langkah – langkah yang akan dilalui oleh anggota koperasi dalam melakukan peminjaman.
Perancangan Game “Puzzle Kata” Istilah Dalam Dunia Komputer Menggunakan Macromedia Flash 8 Metode Animasi Bitblt Muharmi, Yulya
Jurnal Ilmu Komputer dan Bisnis Vol 9 No 2 (2018)
Publisher : STMIK Dharmapala Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Game Puzzle Kata merupakan game menyusun kata dengan cara menebak huruf yang telah tersedia dilayar monitor sehingga membentuk satu kata. Metode yang digunakan dalam pembuatan game ini yaitu metode animasi bitblt. Game ini terdiri dari pertanyaan-pertanyaan tentang istilah dalam dunia komputer yang dapat memberikan kemudahan dalam mempelajari istilah-istilah yang terdapat pada dunia komputer. Game ini dibuat dengan menggunakan Macromedia Flash 8  dan Unified Model Language (UML) seperti use case diagram, class diagram, activity diagram serta sequence diagram.
Sistem Pembayaran Uang Kuliah Terintegrasi Suhaidi, Mustazzihim; Nugraha, Nur Budi
Jurnal Ilmu Komputer dan Bisnis Vol 9 No 2 (2018)
Publisher : STMIK Dharmapala Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Organisasi bisnis telah banyak yang memiliki sistem informasi, namun kebanyakan  masih  berjalan secara terpisah. Masalah yang timbul yaitu terjadi ketidakefektifan dalam proses  pemanfaatannya dan terjadi duplikasi data. Masalah itu diakibatkan karena tidak adanya perencanaan yang baik dalam pengembangan berbagai sistem informasi. Sekolah Tinggi Teknologi Dumai, mengalami kendala terkait dengan pengelolaan data dan informasi pemabayaran oleh mahasiswa. Pengolahan data pembayaran yang dilakukan melalaui bank harus di konfirmasi ulang kepihak akademik untuk melakukan aktifasi ulang mahasiswa dan baru bisa melakukan pengisian KRS.  Kendala yang dihadapi yaitu informasi mahasiswa yang telah melakukan pembayaran dengan sistem informasi akademik belum terintegrasi dengan baik. Permasalahan lain yaitu pengisian KRS melalui online harus tetap dilakukan setelah mahasiswa konfirmasi ulang kekampus, sehingga mahasiswa yang berada diluar daerah menjadi kendala dalam pengisian KRS tepat waktu.
Metode Economic Order Quantity (Eoq) Sebagai Dasar Pengendalian Bahan Baku Tepung Terigu ., Ritawiyati; Maryanti, Sri; Thamrin, Muhammad
Jurnal Ilmu Komputer dan Bisnis Vol 9 No 2 (2018)
Publisher : STMIK Dharmapala Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Metode EOQ merupakan salah satu metode yang paling sering diterapkan untuk mengetahui jumlah persediaan bahan baku terbaik yang dibutuhkan perusahaan untuk menjaga kelancaran produksinya dengan biaya yang efisien. Metode ini sering dipakai karena mudah untuk dilaksanakan dan mampu memberikan solusi yang terbaik bagi perusahaan, hal ini dibuktikan dengan menggunakan metode EOQ tidak saja diketahui berapa jumlah persediaan yang paling efisien bagi perusahaan tetapi akan diketahui juga biaya yang akan dikeluarkan perusahaan dengan persediaan bahan baku yang dimilikinya dihitung dengan (Total Inventory Cost ) dan waktu yang paling tepat untuk mengadakan pembelian kembali (dihitung dengan Re-order Point). Untuk home industry roti mekar sari berdasarkan prasurvey belum mengatur pengendalian persediaan sesuai dengan yang diharapkan oleh perusahaan.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui  besarnya jumlah pesanan , besarnya biaya persediaan , jumlah pembelian yang optimal bahan baku tepung terigu dengan menggunakan metode EOQ. Metode penelitian dalam hal ini dengan analisis deskriptif kuantitatif untuk membahas permasalahan yang sifatnya menguraikan, menggambarkan, membandingkan, suatu data atau keadaan, melukiskan dan menerangkan hasil penelitian sehingga dapat ditarik kesimpulan, Untuk menghitung besarnya EOQ dan ROP. Hasil Penelitian ini membuktikan bahwa home industry usaha roti sekarsari menerapkan metode Economic Order Quantity (EOQ)tahun 2017 dengan pembelian bahan baku nyang optimal. Maka terdapat adanya selisih penghematan pengeluaran total biaya untuk bahan baku gula sebesar  Rp. 442.187 dan bahan baku tepung sebesar Rp. 691.574. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan, maka sebaiknya Home Industry Usaha roti sekarsari menerapkan metode Economic Order Quantity (EOQ) dalam menentukan kuantitas pembelian bahan baku yang  optimal. Sehingga dapat meminimumkan total biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan setiap tahunnya
Aplikasi Kartu Magnetik Absensi Karyawan Menggunakan Personal Computer Dan Bahasa Pemrograman Muzawi, Rometdo; Sahrun, Nori
Jurnal Ilmu Komputer dan Bisnis Vol 9 No 2 (2018)
Publisher : STMIK Dharmapala Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penggunaan komputer sudah banyak diterapkan di berbagai instansi. Jika pada awalnya komputer hanya diciptakan sebagai alat bantu dalam bidang pengolahan data saja, sekarang tidak demikian halnya. Komputer dapat diaplikasikan dengan berbagai macam alat untuk menciptakan suatu sistem. Penelitian ini membahas tentang pengaplikasian komputer dengan kartu magnetik  sebagai sistem absensi karyawan pada suatu perusahaan. Sistem absensi dengan menggunakan kartu magnetik ini diharapkan akan lebih mudah dilakukan dibandingkan dengan absensi secara manual. Pada sistem ini, pengambilan absen dilakukan hanya dengan menggesekkan kartu magnetik ke readernya. Kemudian input data akan dikirimkan ke personal komputer melalui port paralel sebagai interfacenya. Data akan dibaca dan diolah oleh modul program yang telah dirancang. Selanjutnya data absen dari karyawan akan disimpan ke dalam database. Sistem ini dapat digunakan sebagai sistem absensi karyawan di suatu perusahaan. Dengan menggunakan sistem absensi yang dirancang pada penelitian ini dapat memberikan hasil yang lebih baik bila dibandingkan dengan absen secara manual, di mana keakuratan waktu pengambilan absen dapat dipercaya.
Video Animasi Multimedia Pembelajaran Keamanan Jaringan Komputer 2D Satria, Devit
Jurnal Ilmu Komputer dan Bisnis Vol 9 No 2 (2018)
Publisher : STMIK Dharmapala Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

SMK N 1 Dumai adalah sekolah kejuruan yang memiliki berbagai macam jurusan. Salah satunya ialah Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ). Salah satu mata pelajaran yang dipelajari adalah Keamanan Jaringan Komputer. Keamanan Jaringan Komputer sudah mulai dipelajari oleh siswa kelas 3 tingkat sekolah menengah kejuruan jurusan TKJ, karena sangat dianggap perlu untuk dipelajari sebagai dasar untuk mengenal bagaimana memonitor akses jaringan dan mencegah penyalahgunaan sumber daya jaringan yang tidak sah. Dalam mempelajari Keamanan Jaringan Komputer siswa TKJ cenderung kesulitan memahami materi, karena guru hanya memberi penjelasan materi melalui buku. Siswa terkesan kurang paham dan jenuh dalam belajar jika hanya membaca buku dan gambar statis saja, sementara dalam pelajaran keamanan jaringan komputer perlu adanya sebuah animasi multimedia untuk lebih memperjelas isi materi pelajaran. Penelitian ini dibangun dengan mengadopsi metodologi penelitian Luther dengan tahapan penelitian pengonsepan, perancangan, pengumpulan bahan, pembuatan, pengujian, penyimpanan. Tujuan penelitian ini adalah membuat video animasi multimedia pembelajaran Keamanan Jaringan Komputer berbasis 2D. Aplikasi ini diharapkan untuk mempermudah pihak pengajar dalam memperjelas isi materi dan membuat siswa lebih paham dan termotivasi untuk belajar.
Perancangan Sistem Informasi Penjualan dengan Menggunakan Bahasa Pemrograman Java pada PT. Libra Motor Nadriati, Sri
Jurnal Ilmu Komputer dan Bisnis Vol 9 No 2 (2018)
Publisher : STMIK Dharmapala Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Telah diadakan penelitian pada PT .LIBRA MOTOR tentang Sistem Informasi penjualan. Dimana perusahaan ini masih masih menggunakan sistem manual dalam pembuatan laporan penjualan, sehingga sulit untuk mendapatkan informasi pada saat-saat tertentu untuk meningkatkan kinerja serta keakuratan data, maka dirancanglah suatu Sistem Informasi Penjualan baru dengan menggunakan alat bantu komputer yang bertujuan untuk mengatasi kekurangan-kekurangan yang terdapat pada sistem lama dengan menggunakan bahasa pemrograman Java. Disain baru ini dimulai dengan melakukan penganalisaan terhadap sistem yang sedang berjalan, yang dilanjutkan dengan disain output, disain input, pengaplikasian Java, yang diharapkan dapat membantu pengolahan data penjualan. Dengan adanya sistem baru ini diharapkan mampu mengatasi kendala-kendala yang dihadapi pada PT .LIBRA MOTOR khususnya dalam pembuatan laporan penjualan.
Analisis Pengakuan Pendapatan dan Beban Kontrak Konstruksi Pada PT. Wahana Tata Riau Wijoyo, Hadion
Jurnal Ilmu Komputer dan Bisnis Vol 9 No 2 (2018)
Publisher : STMIK Dharmapala Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dalam Standar Akuntansi Keuangan mengungkapkan bahwa pendapatan dapat diartikan sebagai arus kas masuk bruto dari manfaat ekonomis yang timbul dari aktivitas normal perusahaan selama satu periode akuntansi, bila arus masuk itu mengakibatkan kenaikan ekuitas yang tidak berasal dari kontribusi penanaman modal. Sedangkan beban dapat diartikan sebagai pengorbanan ekonomis untuk menghasilkan sesuatu dalam kegiatan perekonomian. PT. Wahana Tata Riau mengelompokkan beban dalam dua klasifikasi beban yakni beban proyek dan beban usaha. Biaya proyek adalah kelompok biaya yang berhubungan langsung dengan proyek. Disini terjadi kesalahan dalam pembebanan atau pencatatan biaya-biaya yang timbul dari pekerjaan proyek seperti biaya bahan baku, upah tenaga kerja dan overhead. Perusahaan mencatat pengeluaran bahan baku dengan mendebet biaya kontrak dan mengkreditkan bahan baku, sedangkan untuk upah tenaga kerja, perusahaan mendebet biaya kontrak dan mengkreditkan upah tenaga kerja demikian juga dengan biaya overhead.
APLIKASI SMS GATEWAY UNTUK PENDISTRIBUSIAN INFORMASI PEMADAMAN LISTRIK PLN ., Zulafwan; Putri, Etika Melsyah
Jurnal Ilmu Komputer dan Bisnis Vol 9 No 2 (2018)
Publisher : STMIK Dharmapala Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Listrik merupakan salah satu kebutuhan vital bagi masyarakat luas, kebanyakan peralatan yang digunakan membutuhkan daya listrik dari yang bersumber dari PLN (Perusahaan Listrik Negara), Pengumuman jadwal pemadaman listrik dimuat di koran, sosial media ataupun di Website PLN, masalahnya tidak semua masyarakat akan melihat informasi tersebut. jika pemadaman karena ada kendala teknis, maka listrik PLN akan padam tanpa ada informasi sebelumnya. Sistem yang dibangun memanfaatkan SMS Gateway sebagai media pendistribususian informasi mengenai pemadaman listrik. Sistem dibangun dengan menggunakan Gammu sebagai aplikasi SMS gatewaynya dan PHP dengan Framework Codeigniter. Dengan adanya system ini maka informasi mengenai pemadaman listrik PLN akan mudah didistribusikan, tepat sasaran dan dapat diterima oleh pelanggan PLN.

Page 1 of 1 | Total Record : 10