cover
Contact Name
Muhammad Yunus
Contact Email
m.yunus@polije.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jtim.sekawan@gmail.com
Editorial Address
Jl. Bandeng No.25, Bintaro, Kec. Ampenan, Kota Mataram, Nusa Tenggara Bar. 83511
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
JTIM : Jurnal Teknologi Informasi dan Multimedia
ISSN : 27152529     EISSN : 26849151     DOI : https://doi.org/10.35746/jtim.v2i1
Core Subject : Science,
Cakupan dan ruang lingkup JTIM terdiri dari Databases System, Data Mining/Web Mining, Datawarehouse, Artificial Integelence, Business Integelence, Cloud & Grid Computing, Decision Support System, Human Computer & Interaction, Mobile Computing & Application, E-System, Machine Learning, Deep Learning, Information Retrievel (IR), Computer Network & Security, Multimedia System, Sistem Informasi, Sistem Informasi Geografis (GIS), Sistem Informasi Akuntansi, Database Security, Network Security, Fuzzy Logic, Expert System, Image Processing, Computer Graphic, Computer Vision, Semantic Web, Animation dan lainnya yang serumpun dengan Teknologi Informasi dan Multimedia.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 2 (2022): Agustus" : 6 Documents clear
Aplikasi Adaptive Neuro Fuzzy System (ANFIS) Untuk Mem-prediksi Kebutuhan Gas Bumi Indonesia Henny Dwi Bhakti; Hadziqul Abror
JTIM : Jurnal Teknologi Informasi dan Multimedia Vol 4 No 2 (2022): Agustus
Publisher : Puslitbang Sekawan Institute Nusa Tenggara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35746/jtim.v4i2.198

Abstract

Kebutuhan energi di Indonesia terus mengalami peningkatan setiap tahun. Kebutuhan energi tersebut dipenuhi dari energi primer yang berasal dari batu bara, min-yak bumi, gas bumi, serta energi baru terbarukan (EBT) misalnya energi panas bumi, an-gin, panel surya dan sebagainya. Dari empat energi primer tersebut, gas bumi merupakan energi fosil yang ditingkat-kan bauran energinya sampai tahun 2050. Hal ini dikarenakan cadangan gas bumi yang cukup besar, ramah lingkungan dan relatif murah daripada minyak bumi, serta gas bumi untuk pembangkit listrik dan bahan baku industri. Konsumsi gas bumi di Indonesia terus meningkat, sedangkan besar cadangan gas bumi Indonesia semakin berkurang dan masih adanya komitmen ekspor gas bumi selama puluhan tahun ke depan. Mulai tahun 2012, prosentase pemanfaatan gas bumi Indonesia untuk konsumsi domestik mulai lebih besar daripada untuk ekspor. Seiring dengan terus meningkatnya konsumsi domestik tersebut dapat mengakibatkan Indonesia akan menjadi negara net im-porter gas bumi di kemudian hari. Untuk itu, diperlukan upaya prediksi kebutuhan konsumsi gas bumi di masa depan yang akurat sehingga pemerintah dapat mengupayakan pemenuhan pasokan gas bumi tersebut baik dari kegiatan eksplorasi dan eksploitasi dalam negeri maupun membuka opsi impor. Maka proyeksi tersebut dapat dibantu menggunakan Artificial Intelligence dengan memasukan beberapa parameter yang mempengaruhi konsumsi. Adaptive Neuro Fuzzy Inference System (ANFIS) merupakan suatu sistem yang meng-gabungkan kemampuan jaringan syaraf tiruan dan logika fuzzy. Untuk itu, pada penelitian ini dilakukan prediksi kebutuhan gas bumi menggunakan ANFIS dengan tiga parameter inputan yang dipakai adalah pertumbuhan ekonomi, jumlah penduduk, dan harga gas, sementara output yang dicari adalah kon-sumsi gas bumi. Dari hasil prediksi didapatkan tingkat akurasi 99.203% dan MAPE sebesar 1.2855 %. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ANFIS dapat digunakan sebagai metode proyeksi kebutuhan konsumsi gas bumi Indonesia.
Aplikasi Pedagang Sayur Untuk Daftar Harga Bahan Pangan Subsistem Aplikasi Android Untuk Pedagang Sunardi; Addin Gama Bertaqwa; Dedy Sofian MZ
JTIM : Jurnal Teknologi Informasi dan Multimedia Vol 4 No 2 (2022): Agustus
Publisher : Puslitbang Sekawan Institute Nusa Tenggara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35746/jtim.v4i2.203

Abstract

Abstract: All economic operations disturbed by technological centers or traditional markets during the Covid-19 epidemic will benefit from the development of this information or information system capable of supporting business activities in every line of life. A vegetable trader's work entails selling items such as vegetables, meat, fish, and other items that are frequently sought after by the community to meet their daily dietary requirements. Traders have significant challenges due to the limited number of market visitors and the rapid decay of merchandise. The goal of this research is to create a mobile veggie application utilizing the React Native framework and the Waterfall approach to design Android-based applications that are simple to use. Customers can order via Whatsapp since it is simpler and easier to follow up, and the majority of customers must be familiar with Whatsapp. Customers can examine prices, types/categories, and place orders via the app, which is an android-based application. Keywords: Vegetable seller; Android; Waterfall Abstrak: Berkembangnya teknologi informasi atau sistem informasi saat ini telah mampu mendukung kegiatan bisnis pada setiap lini kehidupan hal tersebut menjadi faktor pembantu saat segala proses ekonomi terganggu oleh pembatasan kerumunan pada pusat perbelanjaan atau pasar tradisional selama masa pandemi Covid-19. Pedagang sayur adalah sebuah pekerjaan yang menjual barang dagangan seperti sayuran, daging, ikan, dan lain-lain yang dagangannya seringkali dicari oleh masyarakat untuk memenuhi kebutuhan bahan pangan sehari – hari. Rendahnya jumlah pengunjung pasar dan cepat membusuknya bahan dagangan menjadi masalah besar bagi pedagang. Tujuan dari penelitian ini adalah membangun suatu aplikasi sayur mobile menggunakan framework React Native untuk mengembangkan aplikasi berbasis Android dengan menggunakan metode Waterfall, sehingga aplikasi yang dibangun mudah digunakan. Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi berbasis android untuk memudahkan pedagang menambahkan data dagangan karena mayoritas sudah memiliki hp android, pelanggan bisa memesan melalui Whatsupp karena lebih simple dan mudah di follow up, mayoritas pelanggan pasti sudah familiar dengan Whatsupp, Customer bisa melihat harga, jenis/kategori melakukan pesanan via app. Kata kunci: Pedagang Sayur; Android; Waterfall.
Rancang Bangun Aplikasi Android “Kasanima” Sebagai Media Pembelajaran Teknik Animasi 2 Dimensi Kelas XI Multimedia SMK Pasundan 3 Bandung Syifa Shobariyah; Fahmi Candra Permana; Intan Permata Sari
JTIM : Jurnal Teknologi Informasi dan Multimedia Vol 4 No 2 (2022): Agustus
Publisher : Puslitbang Sekawan Institute Nusa Tenggara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35746/jtim.v4i2.219

Abstract

Kemajuan teknologi modern saat ini sangatlah pesat, teknologi modern sudah mulai banyak dipergunakan dan bahkan memiliki banyak peranan didalam beberapa sektor. Pendidikan merupakan bagian yang inhern dengan kehidupan. Pemahaman seperti ini, mungkin terkesan dipaksakan, tetapi jika mencoba merunut alur dan proses kehidupan manusia, maka tidak dapat dipungkiri bahwa pendidikan telah mawarnai jalan panjang kehidupan manusia dari awal hingga akhir. Pada proses pembelajaran banyak siswa terkendala dalam memahami materi dari penjelasan guru melalui materi yang diasajikan dalam slide powerpoint secara langsung dikelas sehingga guru harus mengulang kembali materi yang sebelumnya sudah disampaikan agar siswa dapat memahami materi pembelajaran, hal tersebut mengakibatkan pembelajaran yang kurang efektif, kecendrungan siswa lebih menyenangi pembelajaran praktik ketimbang teori sehingga hasil belajar kognitif masih rendah. Dengan demikian dalam pembelajaran Teknik Animasi 2 Dimensi dibutuhkan media yang dapat digunakan kapan saja dan dimana saja. Oleh karena itu, peneliti termotivasi untuk merancang media pembelajaran interaktif yaitu aplikasi berbasis Android untuk mata pelajaran Teknik Animasi 2 Dimensi kelas XI yang bernama Kasanima. Jenis metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menghasilkan produk berupa media pembelajaran. Metode yang digunakan untuk penelitian ini adalah metode penelitian Design and Development (D&D) yang merujuk pada tahapan pembuatan suatu media pembelajaran. Dengan model N.J Manson dengan lima tahapan yaitu menyadari adanya masalah, memberi saran, mengembangkan produk, melakukan evaluasi, dan menyimpulkan. Aplikasi pembelajaran Kasanima berbasis android layak digunakan sebagai media pembelajaran siswa kelas XI Multimedia SMK Pasundan 3 Bandung yang mempelajari mata pelajaran Teknik Animasi 2 Dimensi.
Implementasi Chatbot Sebagai Virtual Assistant di Universitas Panca Marga Probolinggo menggunakan Metode TF-IDF Nuzul Hikmah; Dyah Ariyanti; Ferry Agus Pratama
JTIM : Jurnal Teknologi Informasi dan Multimedia Vol 4 No 2 (2022): Agustus
Publisher : Puslitbang Sekawan Institute Nusa Tenggara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35746/jtim.v4i2.225

Abstract

This research is to implement a chatbot as a virtual assistant that can be used as an academic information service for the general public as well as for the academic community of the Panca Marga University Probolinggo campus. The stages of developing this chatbot using the waterfall method include analysis, design, code, testing and maintenance. The method used for learning chatbots uses Tf-Idf and VSM for word weighting in documents and queries and Cosine similarity to calculate similarity (similarity) between documents and queries. The final result of this research is a chatbot application that can be used as a virtual assistant as customer service in serving and providing information about academics at Panca Marga University Probolinggo. Based on the results of the accuracy and UAT testing, the accuracy rate obtained by the chatbot reached 85.7% and the UAT test in the first test reached 84.1% with a total of 30 respondents, in the second test it reached 82.1% with a total of 92 respondents.
Early Detection Of Development To Children Aged 0 – 24 Months With Developmental Pre-screening Questionnaire Model Using Certainty Factor Method Indah Qurrothul Uyun; Wiryawan I Gede; Mukhamad Angga Gumilang; Nugroho Setyo Wibowo
JTIM : Jurnal Teknologi Informasi dan Multimedia Vol 4 No 2 (2022): Agustus
Publisher : Puslitbang Sekawan Institute Nusa Tenggara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35746/jtim.v4i2.231

Abstract

An expert system is a computer application designed to help solve specific problems, one of which is the problem of developmental deviations in children aged 0-24 months. This expert system aims to detect early whether the child has deviations from his development by selecting a questionnaire according to the user's baby age. Method, The expert system in this study uses the Certainty Factor. The calculation method aims to determine the percentage of possible developmental deviations in children. This study's results obtained the accuracy of the expert system method of 100% from 75 experiments carried out directly by experts.
The Customer Profiling berdasarkan Model RFM dengan Metode K-Means pada Institusi Pendidikan untuk menunjang Strategi Bisnis di Masa Pandemi Covid-19 Luh Putu Wiwien Widhyastuti; I. N. Sukajaya; Kadek Yota Ernanda Aryanto
JTIM : Jurnal Teknologi Informasi dan Multimedia Vol 4 No 2 (2022): Agustus
Publisher : Puslitbang Sekawan Institute Nusa Tenggara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35746/jtim.v4i2.232

Abstract

Idealnya sebuah perguruan tinggi harus bisa beradaptasi untuk tetap membuat bisnisnya bertahan dan berkelanjutan dalam situasi apapun, seperti pandemi saat ini yang berdampak pada berbagai sektor termasuk sektor pendidikan seperti perguruan tinggi X di Denpasar, Bali. Berdasarkan data pada bagian pemasaran di perguruan tinggi X, terdapat penurunan jumlah penerimaan mahasiswa baru jika dibandingkan saat kondisi normal dengan saat pandemi berlangsung serta belum teridentifikasinya profil kelompok pelanggan potensial di perguruan tinggi tersebut. Solusi yang dapat dilakukan adalah melakukan identifikasi karakteristik pelanggan potensial / customer profiling pada perguruan tinggi X sehingga dapat diketahui kelompok pelanggan potensial pada perguruan tinggi X. Customer profiling dilakukan dengan Model RFM (Recency, Frequency, Monetary) dan metode data mining, yaitu K-Means terhadap data transaksi mahasiswa selama tahun 2019 - 2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi profil karakteristik pelanggan yang ada pada perguruan tinggi X dan mendapatkan rekomendasi strategi pemasaran di masa mendatang berdasarkan hasil profiling tersebut. Berdasarkan hasil analisis didapatkan karakteristik dari empat (4) kelompok profil pelanggan pada Perguruan Tinggi X, yaitu “Sangat Potensial”, “Potensial”, “Netral” dan “Tidak Potensial”. Kemudian didapatkan juga rekomendasi strategi pemasaran yaitu strategi retensi untuk kelompok “Sangat Potensial” dan “Potensial”, strategi Up Sell untuk kelompok “Sangat Potensial”, “Potensial” dan “Netral”, strategi Cross Sell untuk kelompok “Sangat Potensial”, “Potensial” dan “Netral” serta strategi promosi untuk seluruh kelompok pelanggan di Perguruan Tinggi X.

Page 1 of 1 | Total Record : 6