cover
Contact Name
Natalia Rosalina Rawa
Contact Email
nataliarosalinarawa@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jurnal.jipcb@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. ngada,
Nusa tenggara timur
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti
Published by STKIP Citra Bakti
ISSN : 23555106     EISSN : 26206641     DOI : https://doi.org/10.38048/jipcb
Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti merupakan salah satu jurnal yang dikelola oleh Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Ruang lingkup dan fokus publikasi pada bidang pendidikan, pembelajaran, media pembelajaran, TIK dalam pendidikan dan pembelajaran, manajemen pendidikan, pendidikan dasar, pendidikan anak usia dini, pendidikan luar biasa.
Arjuna Subject : -
Articles 20 Documents
Search results for , issue "Vol 10 No 3 (2023)" : 20 Documents clear
IMPLEMENTASI SUPERVISI KLINIS BERDASARKAN GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS GURU Maesun; Suherman; Isti Rusdiyani
Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti Vol 10 No 3 (2023)
Publisher : STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38048/jipcb.v10i3.907

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini yaitu : (1) Bagaimana perencanaan implementasi supervisi klinis berdasarkan gaya kepemimpinan kepala sekolah gugus 5 Kecamatan Cipondoh Kota Tangerang; (2) Bagaimana gaya kepemimpinan dalam mengembangkan kreativitas guru gugus 5 Kecamatan Cipondoh Kota Tangerang; (3) Bagaimana hasil implementasi supervisi klinis berdasarkan gaya kepemimpinan dalam mengembangkan kreativitas guru gugus 5 Kecamatan Cipondoh Kota Tangerang; dan (4) Faktor-faktor pendukung dan penghambat implementasi supervisi klinis berdasarkan gaya kepemimpinan dalam mengembangkan kreativitas guru gugus 5 Kecamatan Cipondoh Kota Tangerang. Pendekatan kualitatif dengan metode yang digunakan yaitu Studi Desktiptif. Hasil dari penelitian ini Yaitu: (1) Supervisor mencatat temuan dan melakukan tindak lanjut perbaikkan, bimbingan dan saran untuk memperbaiki kekurangan guru dalam mengajar; (2) Kepala sekolah bersikap otoriter dalam kedisiplinan dan bersikap demokratis dalam forum rapat; (3) Melalui supervisi klinis kepala sekolah memberikan perlakukan khusus kepada guru dalam memberikan arahan dan bimbingan untuk mengkatan pengetahuan dan pembelajaran; dan (4) Faktor pendukung membangun komitmen, Saling mendukung. Faktor penghambat takut gagal dalam berinovasi, kurang komitmen serta kolaborasi dan koordinasi.
PROFIL KUALITAS BERPIKIR INOVATIF GURU DI SEKOLAH MENENGAH ATAS Veni Wulandari; Indri Astuti; Afandi
Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti Vol 10 No 3 (2023)
Publisher : STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38048/jipcb.v10i3.947

Abstract

Pemikiran yang inovatif merupakan proses kognitif yang menjadi kompetensi penting dan merupakan kebutuhan yang harus dimiliki di abad ke 21 ini. Di bidang pendidikan berpikir inovatif dapat membantu guru dan siswa bisa dengan mudah beradaptasi pada kemajuan teknologi yang terus berkembang. Penelitian yang dilakukan ini memiliki tujuan untuk melihat kualitas berpikir inovatif guru di SMA Negeri 1 Kayan Hilir dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif. Instrumen yang dipergunakan yaitu soal angket sebanyak 19 soal yang terdiri dari 4 indikator yaitu guru mengamati, bertanya, mempunyai jaringan/ forum dalam hal mengembangkan diri dan guru melakukam eksperimen. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 22 orang yang merupakan guru-guru di SMA Negeri 1 Kayan Hilir. Pengumpulan data melalui survey angket dianalisis menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan mengkonversikan data pada skala likert. Melalui penelitian yang dilakukan maka rata-rata kualitas berpikir inovatif yang diperoleh dari rata-rata seluruh indikator adalah 76,02. Kesimpulan yang diperoleh adalah kualitas berpikir inovatif guru di SMA Negeri 1 Kayan Hilir sudah baik (mean = 76,02).
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPA MODEL P3E BERORIENTASI METODE EKSPERIMEN UNTUK MELATIH KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN CRITICAL THINKING SKILLS SISWA SEKOLAH DASAR Fenny Tanalinal Khasna; Agustin Fatmawati
Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti Vol 10 No 3 (2023)
Publisher : STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38048/jipcb.v10i3.1190

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan bahan ajar dengan model P3E berorientasi metode eksperimen untuk melatihkan keterampilan proses sains dan critical thinking skills siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada kelas IV di Sd Gmit no.7 Oebufu Kota Kupang. Penelitian ini menggunakan model 4D yang terdiri dari 4 tahapan yaitu pendefinisian (difine), perencanaan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (desiminate). Teknik analisis data yang digunakn adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) bahan ajar berada pada kategori layak dengan rata-rata setiap aspek antara 3.1 sampai 3.8, (2) bahan ajar berada pada kategori sangat praktis berdasarkan respon guru dengan rata-rata 90%, dan respon siswa 93%, dan (3) efektif berdasarkan perolehan rata-rata N-gain dapat diketahui perolehan rata-rata untuk data N-gain keterampilan berpikir kritis sebesar 0,80, sedangkan keterampilan proses sains sebesar 0,72 dengan kategori tinggi.
PEDAGOGI DALAM MENGEMBANGKAN DIRI PESERTA DIDIK MELALUI OLAHRAGA Fitri Alia Lestari; Shatria Kurniawan; Vilka Adidtya Rahayu Putri
Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti Vol 10 No 3 (2023)
Publisher : STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38048/jipcb.v10i3.1436

Abstract

Olahraga adalah suatu hal yang penting dalam kehidupan manusia, karena olahraga bukan hanya mengenai aktivitas fisik, tetapi juga psikis dan mental seseorang. Salah satu cara untuk membentuk karakter sebuah bangsa yaitu dengan cara mengembangkan sportivitas masyarakat melalui olahraga. Oleh karenanya, dalam meningkatkan aktivitas olahraga dibutuhkan partisipasi dari beberapa pihak agar kita mampu mendorong sebuah individu untuk menghadapi tantangan dalam meraih keberhasilan. Maka dari itu, tujuan dari penulisan artikel ini adalah untuk meninjau, melihat dan memperluas cakrawala para pembaca mengenai peran pedagogi dalam pengembangan diri peserta didik melalui olahraga sebagai salah satu institusi yang ikut serta dalam pengembangan pendidikan luar sekolah. Metode yang digunakan dalam artikel ini adalah metode pustaka. Pada artikel ini juga akan dibahas mengenai peran dan hubungan pedagogi dalam pengembangan diri peserta didik melalui olahraga. Penulis mengangkat topik ini karena ingin mengetahui apa saja kaitan antara pedagogi dengan pengembangan diri peserta didik dalam olahraga dengan cara mengumpulkan berbagai referensi melalui kumpulan jurnal, buku dan lain-lain. Oleh karena itu, perlu dilakukannya penguatan pedagogi dalam aktivitas olahraga yang dapat dilaksanakan melalui pembelajaran di lingkungan sekolah.
PENGEMBANGAN BUKU DIGITAL CERITA BERGAMBAR UNTUK PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA SD Meli Wulandari; Febrianti Yuli Satriyani
Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti Vol 10 No 3 (2023)
Publisher : STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38048/jipcb.v10i3.1463

Abstract

Penelitian ini dibuat berdasarkan kebutuhan dan karakteristik siswa SD. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan menghasilkan buku digital cerita bergambar untuk pembelajaran Tematik yang valid secara teoretis dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran. Penelitian dilakukan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Buku digital cerita bergambar untuk pembelajaran tematik memperoleh nilai rata-rata dari ahli bahasa sebesar 82%, ahli media 96%, ahli materi 86%, dan ahli praktisi 90%. Dari rata-rata skor yang dihasilkan maka produk dapat dikategorikan sangat valid atau sangat layak untuk digunakan. Hasil penelitian yang diberikan kepada siswa berupa angket penilaian pada 3 tahap uji coba media dan pada uji coba skala besar memperoleh nilai 95% yang dikategorikan sangat menarik. Penggunaan buku digital cerita bergambar untuk pembelajaran Tematik terbukti memenuhi aspek kelayakan untuk digunakan dalam pembelajaran dan berhasil meningkatkan hasil belajar siswa SDN Kuningan Barat 01 Pagi Jakarta. Hal tersebut dapat dibuktikan dari hasil nilai post test siswa saat uji coba. Hasil nilai siswa mengalami peningkatan sebanyak 22,05% yaitu dari persentase rata-rata nilai pre test sebelum penggunaan produk sebesar 68% dimana hanya 11 dari 23 siswa yang lulus standar KKM dan persentase rata-rata nilai siswa saat post test atau setelah menggunakan produk sebesar 83% dimana seluruh siswa lulus standar KKM.
PENERAPAN PEMBELAJARAN STEAM UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SD Lingga Eka Sari; Syahrial; Risdalina
Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti Vol 10 No 3 (2023)
Publisher : STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38048/jipcb.v10i3.1652

Abstract

Pembelajaran abad 21 harus relevan dengan tuntutan serta tantangan hidup yang nyata, seperti mengembangkan keterampilan kerja sama, memecahkan masalah, kemampuan berpikir kritis, keterampilan menguasai diri dan teknologi, serta kemampuan dalam mengolah informasi serta berkomunikasi dengan efektif. Namun, pembelajaran yang dilakukan saat ini kurang inovatif berdampak terhadap minat belajar rendah serta belum bisa membuat peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan minat belajar dan kemampuan berpikir kritis peserta didik sesudah adanya penerapan pembelajaran dengan STEAM. Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas 3 SDN 198/I Pasar Baru. Desain penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak dua siklus, satu siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian memperlihatkan minat belajar dan kemampuan berpikir kritis mengalami peningkatan tiap siklusnya. Pada siklus I minat belajar 78,03% kategori baik dan siklus II meningkat menjadi 80,30% kategori baik. Sedangkan kemampuan berpikir kritis siklus I 59,13% kategori cukup kritis dan meningkat di siklus II menjadi 79,9% kategori kritis. Dapat disimpulkan penerapan pembelajaran STEAM bisa meningkatkan minat belajar dan kemampuan berpikir kritis peserta didik.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZATION, INTELLEGENCY (SAVI) TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA KURIKULUM MERDEKA BELAJAR Asri Lidya Rosita Dewi; Feri Tirtoni
Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti Vol 10 No 3 (2023)
Publisher : STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38048/jipcb.v10i3.1707

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran SAVI terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN Keboananom Sidoarjo yaitu terdapat permasalahan rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Pancasila. Populasi penelitian yaitu 25 siswa. Metode penelitian ini menggunakan kuantitatif eksperimen, jenis penelitian Quasi Experiment,bentuk desain yang digunakan non-equivalent control grup design berbantuan software SPSS 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk menguji hipotesis dan menjawab rumusan masalah teknik analisis data menggunakan uji Independent Sample T-test. Hal tersebut dilihat dari nilai rata-rata saat diberi perlakuan model pembelajaran SAVI. Terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran SAVI terhadap hasil belajar pembelajaran Pendidikan Pancasila siswa kelas IV SDN Keboananom. Setelah dilakukan uji hipotesis menggunakan uji diperoleh rata-rata data pretest lebih kecil dibanding rata-rata data posttest. Diperoleh nilai Sig. (2- t Independent Sample T-Test tailed) lebih kecil dari 0,05 dan nilai ????ℎi???? lebih dari ????????????b artinya terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran SAVI terhadap hasil belajar Pendidikan Pancasila siswa kelas IV SDN Keboananom. Kesimpulan penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran SAVI siswa kelas IV berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar Pendidikan Pancasila siswa kelas IV sehingga dapat dijadikan sebagai solusi dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila di SDN Keboananom.
IMPLEMENTASI NEUROPSIKOLOGIS DALAM MENCIPTAKAN LINGKUNGAN BELAJAR YANG KOMPATIBEL DI SEKOLAH DASAR Alberth Manurung; Yufiarti; Asep Supena
Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti Vol 10 No 3 (2023)
Publisher : STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38048/jipcb.v10i3.1796

Abstract

The purpose of this study was to determine the extent to which teachers' understanding of a compatible learning environment and their efforts in implementing it. This study uses a descriptive qualitative method. The subjects of this study were 24 people consisting of 1 school principal, 18 class teachers, 3 religion teachers and 2 sports teachers at SDN Kenari 07 Pagi. Data collection was carried out through in-depth interviews. The results of the study show that the classroom teacher seems to have difficulty in creating a compatible environment. In addition, the researcher found several things that showed that the class teacher was not ready to create a compatible environment. For example, the condition of the school environment towards school facilities and infrastructure, the lack of preparation in creating a compatible environment, to the point where it is not appropriate to create a conducive atmosphere for children. Children's intelligence is certainly one of the priorities that they want to develop optimally. In addition, there are several other brain functions that are very important for their future success, such as creativity and emotional intelligence, there is one thing we need to pay attention to, namely the role of play in brain development. In our youth, our brains are very plastic, conditions where the brain is very easy to change, develop and be influenced by the environment.
BENTUK DAN FAKTOR PENYEBAB BULLYING: STUDI MENGATASI BULLYING DI MADRASAH ALIYAH Hamzah; Henny A. Manafe; Agapitus H Kaluge; Simon S. Niha
Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti Vol 10 No 3 (2023)
Publisher : STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38048/jipcb.v10i3.1968

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan bullying, bentuk-bentuk dan faktor-faktor penyebab bullying di kalangan siswa. Studi kasus pada siswa-siswi Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kota Kupang. Responden pada penelitian ini adalah dua siswa korban bullying, enam pelaku bullying, dan tiga guru MAN Kota Kupang. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan wawancara, observasi dan kecukupan refrensial. Validasi dan reliabilitas data dengan menggunakan teknik : ketekunan pengamatan, pengecekan melaui diskusi, trigulasi metode, tringulasi sumber data, dan trigulasi teori. Teknik analisis data dilakukan berdasarkan kasus perkasus, menggunakan langkah-langkah mempelajari informasi, buat kelas data yang diperlukan, kaitkan landasan teori yang ada, membuat kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk bullying yang terjadi di MAN Kota kupang adalah bullying verbal, faktor-faktor penyebab perilaku bullying pada siswa MAN Kota Kupang adalah faktor keluarga yang kurang harmonis, tidak utuh (orang tua meninggal atau bercerai), proses sosialisasi yang tidak sempurna dari keluarganya, komunikasi yang tidak lancar antara orang tua dan anak, serta pola asuh yang tidak adil, teman sebaya (di sekolah dan luar lingkungan sekolah) yang berperilaku bullying, upaya yang dilakukan sekolah untuk mengatasi bullying adalah: membangkitkan kesadaran dan pemahaman tentang bullying dan dampaknya, sosialisasi program anti bullying, terdapat sistem atau mekanisme untuk mencegah bullying.
PENINGKATAN KEMAMPUAN NUMERASI DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN PAPAN PINTAR BERHITUNG PADA ANAK USIA 6-7 TAHUN Gaudensiana Bopo; Elisabeth Tantiana Ngura; Yasinta Maria Fono; Dek Ngurah Laba Laksana
Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti Vol 10 No 3 (2023)
Publisher : STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38048/jipcb.v10i3.1998

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan numerasi dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan media papan pintar berhitung bagi anak usia 6-7 tahun di Desa Nagerawe, Kecamatan Boawae, Kabupaten Nagekeo. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang melibatkan 29 siswa kelas awal sebagai partisipan. Metode yang digunakan peneliti adalah; metode pengumpulan data menggunakan tes. Penelitian ini dilakukan dengan pra siklus dan siklus 1. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media papan pintar berhitung secara signifikan dapat meningkatkan kemampuan numerasi penjumlahan 1-20 pada siswa kelas awal. Penggunaan media papan pintar berhitung pada pembelajaran matematika dengan materi penjumlahan 1-20 dinyatakan meningkat setelah menggunakan media papan pintar dari pra siklus ke siklus 1 sebesar 10,69 % dan memperoleh skor rata-rata pra siklus sebesar 54,48% ke siklus 1 rata-rata sebesar 65,17% atau berada pada kategori cukup. Dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan rata-rata sebesar 80%. Sedangkan, secara klasikal terjadi peningkatan dari siklus I ke Siklus II yaitu sebesar 100% dari penetapan 75%. Hal ini mengindikasikan bahwa penggunaan media papan pintar berhitung sangat efektif dalam meningkatkan kemampuan numerasi pada anak usia 6-7 tahun.

Page 1 of 2 | Total Record : 20