cover
Contact Name
Wire Bagye
Contact Email
wirestmik@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
misistmiklombok@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. lombok tengah,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Jurnal Manajemen Informatika dan Sistem Informasi
ISSN : 26141701     EISSN : 26143739     DOI : -
Core Subject : Science,
MISI (Jurnal Manajemen Informatika dan Sistem Informasi) diterbitkan oleh LPPM STMIK Lombok sebagai wadah untuk mempublikasikan artikel tentang pengetahuan baru dan penelitian dengan isu terkini yang berkaiatan dengan teknologi informasi, dengan topik Sistem Informasi, Rekayasa Perangkat Lunak, Audit Sistem Informasi, E-Goverment. Jurnal ini terbit 2 (dua) kali dalam setahun yaitu pada bulan Januari dan Juni.
Arjuna Subject : -
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol. 6 No. 2 (2023): Misi Juni 2023" : 9 Documents clear
DETEKSI PLAT NOMOR KENDARAAN OTOMATIS DENGAN CONVOLUTIONAL NEURAL NETWORK DAN OCR PADA TEMPAT PARKIR ITB AHMAD DAHLAN LAMONGAN Yanuangga Galahartlambang; Titik Khotiah; Zahruddin Fanani; Afifatul Aprilia Yani Solekhah
Jurnal Manajemen Informatika dan Sistem Informasi Vol. 6 No. 2 (2023): Misi Juni 2023
Publisher : LPPM STMIK Lombok

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36595/misi.v6i2.754

Abstract

Pengenalan plat nomor kendaraan secara otomatis adalah konsep penting saat ini karena pesatnya pertumbuhan mobil, sepeda motor, dan kendaraan lainnya. Sistem pengenalan plat nomor otomatis ini menggunakan teknologi pemrosesan gambar untuk identifikasi kendaraan. Sistem ini dapat digunakan di daerah padat lalu lintas untuk memudahkan identifikasi kendaraan yang melanggar peraturan lalu lintas dan nama pemilik, alamat dan informasi lainnya dapat diambil dengan menggunakan sistem ini. Sistem cerdas dapat memainkan peran penting dalam pendeteksian pelat nomor kendaraan. Pada penelitian ini dikembangkan sebuah sistem untuk mendeteksi dan mengenali pelat nomor kendaraan menggunakan convolutional neural network (CNN), sebuah teknik deep learning, yang bertujuan untuk menyajikan sebuah sistem cerdas untuk pengenalan plat nomor kendaraan secara otomatis berbasis teknik pengolahan citra digital. Sistem ini terdiri dari dua bagian yaitu deteksi plat nomor dan pengenalan plat nomor. Pada bagian deteksi, citra kendaraan ditangkap melalui kamera digital. Kemudian sistem membagi wilayah pelat nomor dari bingkai gambar. Setelah mengekstrak wilayah pelat nomor, metode resolusi super diterapkan untuk mengubah gambar dari beresolusi rendah menjadi gambar beresolusi tinggi. Teknik resolusi super digunakan dengan convolutional layer CNN untuk merekonstruksi kualitas piksel dari citra masukan. Setiap karakter plat nomor disegmentasi berdasarkan area pengamatan (region of interest). Pada bagian pengenalan, fitur diekstraksi dan diklasifikasikan menggunakan model CNN. Hasil penelitian menunjukkan deteksi area plat nomor menunjukkan akurasi 98 % sedangkan pembacaan karakter nomor kendaraan menunjukkan akurasi 88 %.
PENERAPAN POLA PERMINTAAN DARAH METODE ASSOCIATION RULE MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI Erni Erni; Kartika Handayani
Jurnal Manajemen Informatika dan Sistem Informasi Vol. 6 No. 2 (2023): Misi Juni 2023
Publisher : LPPM STMIK Lombok

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36595/misi.v6i2.764

Abstract

Unit Donor Darah (UDD) di Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Pontianak memiliki tugas untuk dapat memenuhi permintaan darah bagi yang membutuhkan. Namun dalam pelaksanaannya, tidak semua dapat terpenuh, untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan sebuah pola data transaksi permintaan darah untuk dapat mengetahui pola permintaan darah terbanyak setiap rumah sakit sehingga UDD PMI Kota Pontianak dapat meminimasilir tidak terpenuhinya jumlah permintaan darah. Penggunaan Algoritma Apriori dalam menentukan pola asosiasi dapat digunakan untuk menemukan pola pola item dalam database yang memiliki minimum support dan pola frekuensi tinggi. Pola permintan darah yang dihasilkan dari pernggunaan algoritma aprioari, disimpulkan berdasarkan hasil uji  penentuan nilai minimum support yang memberikan hasil yang berbeda-beda pada nilai support, dengan juga mempertimbangkan nilai confidence pada pola permintaan darah. Pola permintaan yang sering dilakukan adalah jenis golongan darah A(+), O(+), dan B(+) confiddence 100%. Berdasarkan aturan asosiasi final diketahi bahwa jika meminta darah A(+), maka meminta darah AB(+) dengan confidence 90%, jika meminta darah B(+), maka meminta darah A(+) dengan confidence 95,23%, jika meminta darah O(+), maka meminta darah A(+) dengan confidence 95,23%,  jika meminta darah A(+), maka meminta darah O(+) dan B(+) dengan confidence 100% dan jika meminta darah O(+) dan  B(+), maka meminta darah A(+) dengan confidence 100%.  
ANALISIS KUALITAS WEBSITE CINEPOLIS DENGAN METODE WEBQUAL 4.0 & IPA Johanes Fernandes Andry -; Joshua Putra; Steffi Kristianti; Yonatan; Kevin Christianto
Jurnal Manajemen Informatika dan Sistem Informasi Vol. 6 No. 2 (2023): Misi Juni 2023
Publisher : LPPM STMIK Lombok

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36595/misi.v6i2.824

Abstract

Salah satu contoh dari perkembangan TI adalah proses pemesanan tiket Cinepolis yang dapat dilakukan secara online melalui website. Cinepolis sendiri adalah jaringan bioskop terbesar keempat di dunia yang beroperasi di sekitar 13 negara termasuk Indonesia. Akan tetapi dalam  website Cinepolis saat ini masih terdapat kekurangan terutama dalam hal kualitas website. Oleh sebab itu penulis melakukan analisis kualitas website Cinepolis dengan metode WebQual 4.0 dan IPA untuk mengetahui kualitas website pemesanan tiket milik Cinepolis saat ini. IPA sendiri digunakan untuk menentukan karakteristik mana yang bermanfaat atau mungkin perlu ditingkatkan untuk meningkatkan kepuasan pengguna terhadap website Cinepolis. Penelitian ini memiliki tujuan untuk melakukan evaluasi kualitas web Cinepolis dengan bantuan metode WebQual 4.0, yang menekankan pada usability, interactivity, dan service. Hasil dari penelitian ini berupa hasil pengujian hipotesis dan hasil analisis distribusi diagram IPA. Hasil pengujian hipotesis bertujuan untuk menguji hipotesis yang sudah peneliti buat. Hasil analisis distribusi diagram IPA bertujuan untuk menjelaskan aspek mana saja dari web Cinepolis yang harus ditingkatkan, dipertahankan atau dikurangi.
PERANCANGAN APLIKASI E-VOTING QR-CODE LOGIN BERBASIS WEB MUHAMMADIYAH KALIMANTAN BARAT Dedy Susanto; Ahmad Rabiul Muzammil; Heriansyah
Jurnal Manajemen Informatika dan Sistem Informasi Vol. 6 No. 2 (2023): Misi Juni 2023
Publisher : LPPM STMIK Lombok

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36595/misi.v6i2.837

Abstract

Pemilihan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Kalbar dilakukan secara konvensional dengan perhitungan suara manual sehingga membutuhkan waktu lama untuk mengetahui hasil perhitungan suara serta proses administrasi yang panjang menbuat rumit dan memungkinkan terjadinya data ganda pada proses verifikasi kandidat yang dilakukan oleh Panitia Pemilihan dalam rentang waktu selama kurang lebih dua pekan. Penelitian ini bertujuan untuk mendesain atau merancang aplikasi e-voting berbasis web untuk pemilihan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Kalbar (PWM KALBAR) agar pemilihan dilakukan dengan cepat tidak lagi dilakukan secara manual. Metode Wawancara, Observasi, dan Kepustakaan akan digunakan pada penelitian ini untuk memenuhi required sistem, membuat perencanaan serta pengumpulan data. Bahasa pemrograman yang digunakan adalah PHP, MySQLi (MariaDB) untuk pengolahan basis data, Framework Bootstrap untuk mempercantik Interface dan XAMPP.v.3.3.0 sebagai server lokal. Pengujian sistem dilakukan dengan teknik Black Box Testing yaitu menguji fungsi kode, kinerja kode css, html, javascript, php pada program yang dirancang, masukan, dan keluaran dari perangkat lunak sesuai dengan spesifikasi yang dibutuhkan. Hasil uji yang dilakukan menunjukkan bahwa Rancang Bangun Aplikasi E-Voting Pemilihan Ketua PWM KALBAR Berbasis Web layak dan sesuai dengan kebutuhan. Hasil rancang bangun website bisa digunakan pada pemilihan Ketua PWM KALBAR dan memudahkan tim IT panitia pemilihan dalam mengoperasikannya.
PERANCANGAN TATA KELOLA TI MENGGUNAKAN COBIT 2019 UNTUK PENGEMBANGAN PENELITIAN DAN PENGABDIAN BAGI PERGURUAN TINGGI (Studi Kasus: LPPM STMIK Lombok) Muhamad Rodi; Alva Hendi Muhammad; Asro Nasiri
Jurnal Manajemen Informatika dan Sistem Informasi Vol. 6 No. 2 (2023): Misi Juni 2023
Publisher : LPPM STMIK Lombok

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36595/misi.v6i2.868

Abstract

Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Lombok  adalah salah satu Perguruan Tinggi swasta yang berada di Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat. STMIK Lombok mempunyai Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) yang bergerak dalam bidang penelitian dan pengabdian pada masyrakat. Berdasarkan observasi dan wawancara yang di lakukan oleh peneliti dengan Kepala LPPM STMIK Lombok, bahwa LPPM STMIK Lombok pada saat ini dalam penyusunan dan pengelolaan dokumen yang terkait dengan kegiatan penelitian dan pengabdian pada masyrakat masih belum di kelola secara terstruktur dan belum memanfatkan TI secara keselurahan yang mana berdampak pada kehilangan data dan beresiko dalam pencapaian indikator kinerja sesuai dengan yang telah di tetapkan. Dalam penelitian ini menggunakan kerangka kerja COBIT 2019 yang bertujuan untuk mengetahui kelemahan dari permasalahan tata kelola pengelolaan dokumen penelitian dan pengabdian pada masyrakat sehingga dapat memberikan solusi sesuai dengan kerangka kerja yang di gunakan dengan memafaatkan TI. Selain itu untuk mengetahui objektiftas dari proses yang menjadi kepentingan LPPM melalui metode SWOT. Manfaat dari penelitian ini untuk membantu LPPM menemukan hal-hal yang perlu diperbaiki dari tata kelola dan implementasi TI yang di terapkan di dalam Institusi untuk mencapai strategi bisnis melalui penggunaan TI yang efektif dan inovatif. Dalam penelitian ini menghasilkan lima domain dari COBIT 2019 yaitu APO07, BAI05, BAI06, DSS05, MEA02 sebagai tolak ukur dari rekomendasi yang diberikan. Dari lima domain menghasilkan Mapping Of Control yang terkait dengan kebutuhan kontrol yang terkait dengan kebijakan di LPPM yang merincikan prosedur-prosedur di masing-masing kebijakan sebagai acuan dalam merancang tata kelola TI yang mana rancangan tersebut dalam bentuk buku panduan atau prosedur tata kelola TI di LPPM STMIK Lombok.
PEMODELAN PREDIKSI KELULUSAN MAHASISWA DENGAN METODE NAÏVE BAYES DI UNIBA Nur Mahar Aji mahar; Vihi Atina; Nugroho Arif Sudibyo
Jurnal Manajemen Informatika dan Sistem Informasi Vol. 6 No. 2 (2023): Misi Juni 2023
Publisher : LPPM STMIK Lombok

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36595/misi.v6i2.875

Abstract

Kualitas perguruan tinggi dapat diukur berdasarkan akreditasi yang dikeluarkan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi atau BAN-PT. Salah satu kriteria penilaian akreditasi yaitu jumlah lulusan mahasiswa. Universitas Islam Batik Surakarta (UNIBA), merupakan salah satu perguruan tinggi swasta di kawasan Surakarta yang memiliki empat fakultas, dengan jumlah mahasiswa yang terus mengalami peningkatan maupun penurunan disetiap tahunnya. Penelitian ini menggunakan metode naïve bayes untuk melakukan prediksi terhadap kelulusan mahasiswa tepat waktu ataupun terlambat, dengan hasil prediksi yang dapat dijadikan sebagai informasi dan masukan data bagi perguruan tinggi untuk meningkatkan kualitas perguruan tinggi. Metode naïve bayes memiliki kelebihan, diantaranya dapat memprediksi jumlah kelulusan berdasarkan data–data konkrit, agar hasil yang diperoleh dapat dipertanggungjawabkan dan digunakan untuk prediksi selanjutnya. Dalam melakukan prediksi, diperlukan 14 variabel, antara lain jenis kelamin, status mahasiswa, umur, status menikah, indeks prestasi semester 1, indeks prestasi semester 2, indeks prestasi semester 3, indeks prestasi semester 4, indeks prestasi semester 5, indeks prestasi semester 6, indeks prestasi semester 7, indeks prestasi semester 8, indeks prestasi kumulatif, dan keterangan lulus. Dari data set sebanyak 302 mahasiswa dengan 14 atribut mahasiswa angkatan 2018 Universitas Islam Batik Surakarta dengan menggunakan bahasa pemrograman python dan software jupyter notebook, penulis memperoleh hasil akurasi ketepatan prediksi sebesar 85%, dengan nilai precision terlambat 0.42, precision tepat 0.95, recall terlambat 0.65, recall tepat 0.88, f1-score terlambat 0.51, f1-score tepat 0.91.
DESIGNING EDUCATIONAL GAME TO INCREASE MATHEMATICAL KNOWLEDGE Joshua Putra; Johanes Fernandes Andry
Jurnal Manajemen Informatika dan Sistem Informasi Vol. 6 No. 2 (2023): Misi Juni 2023
Publisher : LPPM STMIK Lombok

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36595/misi.v6i2.878

Abstract

Matematika merupakan mata pelajaran yang sulit bagi banyak siswa, terutama ketika membahas perkalian. Hal ini dapat membuat siswa tidak menyukai mata pelajaran tersebut dan menghindarinya. Untuk membuat matematika lebih menarik dan interaktif, sebuah permainan pendidikan dikembangkan untuk meningkatkan pengetahuan siswa tentang perkalian. Permainan ini dikembangkan menggunakan metode Game Development Life Cycle (GDLC), yang merupakan proses enam fase yang memastikan pengembangan permainan dilakukan secara sistematis. Sebuah permainan pendidikan diuji coba beta dengan 30 siswa sekolah dasar kelas dua. Setelah memainkan permainan tersebut, 93,33% siswa memperoleh pengetahuan tentang perkalian. Hal ini menunjukkan bahwa permainan tersebut adalah cara yang efektif untuk mengajarkan perkalian kepada siswa sekolah dasar di Indonesia. 
PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN SUKU CADANG MOTOR DAN FITUR KELUHAN PELANGGAN BERBASIS WEB PADA PT. FUBORU INDONESIA Titasari Rahmawati; Alexander Wirapraja; Daniel Fabio Santoso
Jurnal Manajemen Informatika dan Sistem Informasi Vol. 6 No. 2 (2023): Misi Juni 2023
Publisher : LPPM STMIK Lombok

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36595/misi.v6i2.883

Abstract

Perkembangan teknologi khususnya pada era industri 4.0 secara tidak langsung telah mengubah cara opersional dari suatu pekerjaan dari cara konvensional menjadi cara yang lebih praktis dan cepat, tidak terkecuali pada perusahaan manufaktur. PT. Fuboru mengalami masalah dimana pada beberapa kegiatan masih dilakukan secara manual dan adanya pandemi covid-19 sehingga menyebabkan tingkat penjualan mereka menurun. Berdasarkan pada masalah tersebut maka diperlukan optimalisasi khususnya pada bidang penjualan agar mendapatkan profit yang lebih baik. Terkait hal tersebut perlu dilakukan perancangan web e-commerce sebagai solusi mengoptimalkan penjualan produk. Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan metode analisis deskriptif dan menggunakan kuesioner dengan teknik pengambilan sampel menggunakan non-probability sampling untuk mendapatkan data yang diperlukan sebagai acuan mengetahui kebutuhan pengguna. Adapun metode pengembangan aplikasi yang digunakan adalah menggunakan metode waterfall, metode ini dipilih karena menyediakan urutan pengerjaan yang teratur sehingga memudahan pengembang melakukan proses perancangan dan implementasi sistem.  Hasil yang didapatkan adalah aplikasi yang mampu menangani proses pemasaran sesuai dengan keinginan dan kebutuhan pengguna khususnya pada proses penjualan dan pembelian suku cadang motor. Penggunaan aplikasi ini juga mampu menyediakan pertukaran data dan informasi secara lebih baik dibandingan dengan sebelumnya. Pada situs e-commerce ini selain menangani penjualan dan pembelian juga tersedia beberapa fitur meliputi transfer stok, fitur diskon harga pada tiap produk terpilih dan fitur yang digunakan untuk menangani keluhan pelanggan terhadap produk paska pembelian hingga pada prosedur retur produk.
ANALISIS MANFAAT MACHINE LEARNING PADA NEXT-GENERATION FIREWALL SOPHOS XG 330 DALAM MENGATASI SERANGAN SQL INJECTION Celvine Adi Putra; Rianda Pratama; Tata Sutabri
Jurnal Manajemen Informatika dan Sistem Informasi Vol. 6 No. 2 (2023): Misi Juni 2023
Publisher : LPPM STMIK Lombok

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36595/misi.v6i2.886

Abstract

Dengan perkembangan dunia digital yang terus berkembang, penggunaan teknologi informasi menghasilkan sejumlah besar data yang berharga, dengan adanya data yang berharga ini membuat perusahaan yang menyimpannya memiliki risiko terhadap serangan siber. Salah satu ancaman siber yang umum terjadi adalah SQL Injection yang dapat memanipulasi hak akses dan menyebabkan kebocoran data, kehilangan data, dan kehilangan hak akses ke dalam database. Sehingga membuat perusahaan dan organisasi untuk dapat melindungi data mereka dari segala jenis ancaman yang mungkin akan terjadi. Dalam upaya untuk dapat mengatasi serangan SQL Injection penggunaan teknologi Next-Generation Firewall (NGFW) seperti Sophos XG 330 telah muncul sebagai solusi yang lebih unggul dibandingkan dengan firewall tradisional. NGFW mampu melakukan inspeksi paket yang lebih rinci dan menerapkan teknik pembelajaran mesin, memungkinkan mereka untuk mendeteksi ancaman keamanan yang lebih kompleks atau serangan yang sebelumnya tidak diketahui. Dalam penelitian ini kami melakukan analisis terkait dengan manfaat penerapan dari machine learning pada Next-Generation Firewall, dalam hal untuk dapat mengidentifikasi dan memblokir serangan yang terjadi. Hasil dari penelitian ini memberikan pengetahuan untuk perusahaan atau organisasi dalam memilih solusi yang tepat untuk dapat melindungi data mereka.

Page 1 of 1 | Total Record : 9