cover
Contact Name
Swasti Maharani
Contact Email
adminpub@mykreatif.com
Phone
-
Journal Mail Official
educatife@gmail.com
Editorial Address
Perumahan Griya Salaam, Sawit, Boyolali
Location
Kab. boyolali,
Jawa tengah
INDONESIA
Educatif: Journal of Education Research
ISSN : 26863669     EISSN : 26862077     DOI : -
Core Subject : Education,
Educatif is a scientific journal that publishes research articles, case studies, and reviews in education. Educatif is concerned with innovation, creativity, and novelty. Educatif published by PT. Kreasi Teknologi Informatif (KREATIF). Educative published every 3 months ( January, April, July, & October).
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 21 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 2 (2022): April" : 21 Documents clear
Penggunaan Media Power Point Untuk Menunjang Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SDN Nglorog 1 Sragen Mitha Afrilia; Fitri Puji Rahmawati; Wahyu Ratnawati
Educatif Journal of Education Research Vol 4 No 2 (2022): April
Publisher : Kreasi Teknologi Informasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36654/educatif.v4i2.98

Abstract

Penelitian ini untuk menerapkan media power point dalam meunjang motivasi belajar siswa kelas IV SDN Nglorog 1 Sragen. Penelitian ini menyajikan sebuah laporan penelitian pada kemajuan motivasi belajar melalui media power point. Tujuannya adalah untuk mengetahui apakah penggunaan media power point dapat menunjang motivasi siswa dalam pembelajaran. Hal ini dilakukan dengan menggunakan media power point. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Nglorog 1 Sragen dengan jumlah 23 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode deskriftif kualitatif dengan pengunaan media power point terhadap motivasi belajar siswa kelas IV SDN Nglorog 1 tahun pelajaran 2020/2021 dapat menunjang motivasi siswa dalam pembelajaran. Dengan penggunaan media powerpoint menjadikan siswa lebih aktif dan inovatif dalam melaksanakan pembelajaran di SD dan mengintegrasikan pengetahuan baru dapat meningkatkan daya fokus siswa dalam belajar sehingga meningkatkan motivasi. Motivasi belajar juga sangatlah penting dan dapat ditingkatkan melalui penggunaan media power point, ataupun media pembelajaran lain yang bervariasi agar tidak terjadi kejenuhan pada peserta didik di saat kegiatan pembelajaran berlangsung.
Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Materi Lingkaran menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Kelas VIII SMP Negeri 2 Tlogomulyo Tahun Pelajaran 2020/2021 Nurul Azizah Desi Wulandari
Educatif Journal of Education Research Vol 4 No 2 (2022): April
Publisher : Kreasi Teknologi Informasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36654/educatif.v4i2.99

Abstract

Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Materi Lingkaran menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Kelas VIII SMP Negeri 2 Tlogomulyo Tahun Pelajaran 2020/2021”. Penelitian tindakan kelas ini didasari dari rendahnya kemampuan pemecahan masalah pada mata pelajaran matematika kelas VIII SMP Negeri 2 Tlogomulyo. Tujuan perbaikan pembelajaran adalah untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika kelas VIII SMP Negeri 2 Tlogomulyo. Peneliti melaksanakan perbaikan pembelajaran dengan menggunakan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) yang dilakukan dalam dua siklus. Materi yang digunakan dalam pembelajaran ini adalah materi lingkaran. Siklus I difokuskan pada sub materi Panjang Busur Lingkaran, sedangkan siklus II pada sub materi “Luas Juring Lingkaran”. Hasil yang diperoleh adalah penggunaan model Pembelajaran Berbasis Masalah pada materi Lingkaran dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tlogomulyo. Pada siklus I kemampuan pemecahan masalah siswa sebesar 60,94%, berikutnya pada siklus II sebesar 80,45%. Peningkatan kemampuan pemecahan masalah dari siklus I ke siklus II sebesar 19,51%.
Upaya Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Menggunakan Model Discovery Learning di SDN 2 Talun Tyas Nurfitriana; Agustina Tri Wijayanti; Sri Umi Mardiyah
Educatif Journal of Education Research Vol 4 No 2 (2022): April
Publisher : Kreasi Teknologi Informasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36654/educatif.v4i2.100

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan belajar siswa dengan menggunakan model Discovery Learning di kelas V SDN 2 Talun. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan bentuk penelitian berupa penelitian secara langsung. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, angket, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah deskripsi kuantitatif. Penelitian dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi atau pengamatan, dan (4) refleksi. Pada siklus I rata-rata keaktifan siswa 63,73% dan pada pelaksanaan siklus II rata-rata keaktifan siswa adalah 76,39% atau meningkat 12,66 dibanding rata-rata keaktifan siswa siklus I. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Discovery Learning dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas V SDN 2 Talun.
Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Melalui Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW): Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas V SD Negeri 2 Dibal Tahun Ajaran 2020/2021 Rahma Zulydawati; Retno Winarni; Yezika Pravangasta Krisviskalia
Educatif Journal of Education Research Vol 4 No 2 (2022): April
Publisher : Kreasi Teknologi Informasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36654/educatif.v4i2.101

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan menulis narasi melalui model pembelajaran Think Talk Write (TTW) pada peserta didik kelas V SD Negeri 2 Dibal tahun ajaran 2020/2021. Model pembelajaran TTW merupakan model pembelajaran yang diawali dengan mengikutsertakan peserta didik dalam bernalar yaitu berkomunikasi dengan diri sendiri, kemudian berbincang dan melakukan sharing mengenai gagasannya bersama teman sekelompok sebelum ia menuangkan ide – idenya tersebut melalui tulisan. Hal ini diharapkan peserta didik dapat aktif, kreatif, dan dapat meningkatkan keterampilan menulis narasi.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan selama dua siklus dengan perencanaa, pelaksanaan, observasi, dan refleksi pada setiap siklus. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V berjumlah 25 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan wawanvara, observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Simpulan dari penelitian adalah penerapan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) meningkatkan keterampilan menulis narasi peserta didik kelas V SD Negeri 2 Dibal tahun ajaran 2020/2021. Peningkatan tersebut dibuktikan dengan adanya peningkatan nilai keterampilan menulis narasi peserta didik pada setiap siklus. Nilai rata-rata keterampilan menulis narasi siklus I 68,92 dengan persentase ketuntasan 56%, dan pada siklus II 80,16 dengan persentase ketuntasan 84%.
Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Menghitung Satuan Ukuran Panjang Muatan Pelajaran Matematika Kelas II di SD Negeri 2 Dibal Shogi Johan Wahyudi; Retno Winarni; Yezika Pravangasta Krisviskalia
Educatif Journal of Education Research Vol 4 No 2 (2022): April
Publisher : Kreasi Teknologi Informasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36654/educatif.v4i2.102

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Menghitung satuan ukuran panjang di SD Negeri 2 Dibal. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas kolaboratif. Subjek penelitian siswa kelas II yang berjumlah 22 peserta didik. Desain penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus setap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Data dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara, soal tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitataif dan deskriptif kuantitatif. Indikator keberhasilan ditetapkan berdasarkan jumlah siswa yang mendapatkan nilai diatas KKM yaitu 67 sebanyak 85% atau sebesar 19 dari 22 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan yaitu pada siklus I yang berhasil mendapatkan nilai minimal KKM yaitu sebanyak 11 peserta didik (50%), terjadi peningkatan sebanyak 22 peserta didik (100%) dimana terjadi peningkatan (50%). Nilai rata-rata kelas juga mengalami peningkatan sebesar 62,45 pada siklus I dan terjadi penigkatan sebesar 86,31 pada siklus II.
Penggunaan Media Powerpoint untuk Meningkatkan Minat Belajar dan Hasil Belajar IPA di SD Negeri Tegalmade 02 Witri Wijayanti; Mukti Widayati; Sularmi Sularmi
Educatif Journal of Education Research Vol 4 No 2 (2022): April
Publisher : Kreasi Teknologi Informasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36654/educatif.v4i2.103

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat belajar dan hasil belajar siswa muatan pelajaran IPA melalui penggunaan media powerpoint pada siswa kelas IV SD Negeri Tegalmade 02. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang diadakan di SD Negeri Tegalmade 02. Subjek penelitian adalah 10 siswa kelas IV, subjek pelaksana tindakan adalah peneliti, obyek penelitian adalah minat belajar dan hasil belajar melalui penggunaan media Powerpoint. Teknik pengumpulan data melalui teknik observasi, angket, dokumentasi dan tes. Teknik analisis adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode alur yaitu pengumpulan data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan adanya sebuah peningkatan minat belajar dan hasil belajar siswa, dapat dilihat dari peningkatan minat belajar siswa kelas IV siklus I katagori tinggi sebanyak 4 siswa persentasenya 40%, siklus II katagori tinggi sebanyak 8 siswa persentasenya 80%. Hasil belajar siswa kelas IV pada muatan pelajaran IPA meningkat, sebelum tindakan hasil belajar siswa mencapai KKM (≥70) sebanyak 3 siswa, persentase ketuntasan sebanyak 30%, siklus I sebanyak 6 siswa atau 60%, pada siklus II sebanyak 9 siswa atau 90%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan media powerpoint dapat meningkatkan minat belajar dan hasil belajar muatan pelajaran IPA pada siswa kelas IV SD Negeri Tegalmade 02 semester II tahun pelajaran 2020/2021.
Upaya Meningkatkan Keterampilan Proses dan Hasil Belajar IPA Melalui Media Video Pembelajaran Yuliana Tri Wulandari; Krisdianto Hadiprasetyo; Toni Harsan
Educatif Journal of Education Research Vol 4 No 2 (2022): April
Publisher : Kreasi Teknologi Informasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36654/educatif.v4i2.104

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan proses IPA dan hasil belajar IPA siswa kelas IV di SD Negeri Tegalmade 02 Tahun Pelajaran 2020/2021, setelah menggunakan media video pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negari Tegalmade 02 Tahun Pelajaran 2020/2021, jumlah 10 siswa. Metode pengumpulan data melalui tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa keterampilan proses IPA menggunakan media video pembelajaran di kelas IV SD Negeri Tegalmade 02 mengalami peningkatan dari keterampilan proses sebelum tindakan kategori kurang (15,20%) meningkat menjadi kategori cukup (69,50%) pada siklus I, kemudian meningkat menjadi kategori baik sekali (87,75%) pada siklus II. Seiring dengan meningkatnya keterampilan proses, hasil belajar IPA pun meningkat dengan KKM ≥70. Hal tersebut ditunjukan pada pra siklus sebesar 3 siswa (30%) meningkat menjadi 6 siswa (60%) ≥KKM pada siklus I dan meningkat menjadi 9 siswa (90%) ≥KKM pada siklus II. Tindakan dikatakan berhasil pada siklus II karena telah mencapai kriteria keberhasilan.
Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar IPS Melalui Problem Based Learning Suwartini Suwartini; Mukti Widayati; Dwi Anggareni Siwi
Educatif Journal of Education Research Vol 4 No 2 (2022): April
Publisher : Kreasi Teknologi Informasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36654/educatif.v4i2.105

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Kenokorejo 01 pada muatan pelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan media powerpoint. Penelitian Tindakan Kelas ini terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dengan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. sedangkan teknik analisis data melalui tiga tahapan yaitu reduksi, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Kenokorejo 01. Peningkatannya sebagai berikut: pada pra siklus mengajukkan pertanyaan 3 siswa atau 30%, menjawab pertanyaan 3 siswa atau 30%, mengemukakan pendapat 2 siswa atau 20%, dan hasil belajar 3 siswa atau 30% pada siklus I mengajukkan pertanyaan 5 siswa atau 50%, menjawab pertanyaan 6 siswa atau 60%, mengemukakan pendapat 5 siswa atau 50%, dan hasil belajar 6 siswa atau 60% sedangkan pada siklus II mengajukkan pertanyaan 8 siswa atau 80%, menjawab pertanyaan 9 siswa atau 90%, mengemukakan pendapat 8 siswa atau 80%, dan hasil belajar 9 siswa atau 90%. Penelitian ini dapat disimpulkan melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dengan media powerpoint dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Kenokorejo 01 tahun 2020/2021.
Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Dengan Discovery Learning Melalui Audio Visual Khilayatun Ulin Noor; Paramita Purbosari; Sularmi Sularmi
Educatif Journal of Education Research Vol 4 No 2 (2022): April
Publisher : Kreasi Teknologi Informasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36654/educatif.v4i2.106

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa muatan pelajaran IPA melalui penerapan model pembelajaran Discovery Learning melalui media Audio Visual pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 3 Karangasem tahun pelajaran 2020/2021. Subjek penelitian adalah 12 siswa kelas V SD Negeri 3 Karangasem Kecamatan Cawas Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2020/2021, yang terdiri dari 4 laki-laki dan 8 perempuan. Subjek pelaksana tindakan adalah peneliti dan guru kelas sebagai observer. Teknik pengumpulan data melalui teknik observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yang meliputi tahap pengumpulan data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan aktivitas siswa dengan kategori minimal baik siklus I mencapai 41,66% dan siklus II 83,33%. Sedangkan hasil ketuntasan belajar siswa siklus I mencapai 50%, dan siklus II 91,66%. Dengan demikian dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Discovery Learning melalui Audio Visual dapat meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar muatan pelajaran IPA pada siswa kelas V SD Negeri 3 Karangasem Semester II Tahun Pelajaran 2020/2021.
Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Menggunakan Powerpoint Interaktif di Sekolah Dasar Rizky Ayudhityasari; Mukti Widayati; Khabibur Rahman
Educatif Journal of Education Research Vol 4 No 2 (2022): April
Publisher : Kreasi Teknologi Informasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36654/educatif.v4i2.107

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV. Pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, observasi, angket dan tes. Validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi metode. Teknik analisis data menggunakan model interaktif yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian sebagai berikut: (1) Motivasi belajar siswa yang berkategori “tinggi” pada siklus I sebesar 55% atau 6 siswa. Pada siklus II menjadi 91% atau 10 siswa. 2) Hasil belajar siswa sebelum tindakan hanya mencapai 28% atau 3 siswa yang tuntas. Setelah tindakan pada siklus I, sebanyak 4 siswa atau sebesar 36% belum mencapai ketuntasan belajar, 7 siswa atau sebesar 64% telah tuntas. Siklus II meningkat menjadi 1 siswa atau sebesar 9% belum tuntas, 10 siswa atau sebesar 91% telah tuntas.

Page 1 of 3 | Total Record : 21