cover
Contact Name
Isnanita Noviya Andriyani
Contact Email
isnanita.87@gmail.com
Phone
+628562906161
Journal Mail Official
almanar@journal.staimsyk.ac.id
Editorial Address
Jl. Pringgokusuman No.12 Gedongtengen
Location
Kota yogyakarta,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Al-Manar : Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam
ISSN : 22527265     EISSN : 26158779     DOI : -
Jurnal AL Manar: Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam ini harus meliput tentang pendidikan Islam baik sebagai bentuk dakwah dengan integritas pendidikan sebagai realitas sosial yang dinamis dan terus berubah. Jurnal ini juga bertujuan menjembatani kesenjangan antara pendidikan Islam dan dakwah baik secara tekstual maupun kontekstual untuk Studi Islam; dan menyelesaikan dikotomi dalam pendidikan dan dakwah Islam. Maka, jurnal ini mengundang titik temu beberapa disiplin ilmu dan cendekiawan. Dengan kata lain, kontributornya meminjam dari berbagai disiplin ilmu, termasuk humaniora dan ilmu sosial yang memuat kajian studi ilmiah tentang hasil-hasil penelitian, pengembangan dan kajian ke-Islaman dalam bentuk hasil penelitian, gagasan konseptual, tinjauan literatur, dan pengalaman praktis.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 9, No 1 (2020): Juni" : 10 Documents clear
KONSEP PENDIDIKAN IBNU KHALDUN DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN DI ERA MODERN Muhammad Insan Jauhari
Jurnal Al-Manar Vol 9, No 1 (2020): Juni
Publisher : STAI Masjid Syuhada Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36668/jal.v9i1.138

Abstract

Pendidikan Islam dewasa ini masih perlu upaya untuk menopang tumbuh dan berkembangnya perkembangan pendidikan Islam tersebut. Salah satu upaya yang dilakukan dengan memotret kondisi perkembangan pendidikan Islam di era kejayaan Islam masa klasik sehingga banyak melahirkan tokoh-tokoh besar Islam berserta karyanya yang monumental. Kondisi ilmu pendidikan Islam dewasa ini yang mengalami berbagai macam persoalan perlu segera diatasi dengan cara menumbuhkembangkan ilmu pendidikan Islam melalui serangkaian kajian penelitian yang melibatkan kajian tokoh intelektual muslim dari zaman klasik, pertengahan, sampai modern sekarang ini. Salah satu tokoh yang berkiprah dalam dunia filosuf Islam ialah Ibnu Khaldun yang telah banyak menghasilkan buah karya dan eksistensinya dalam bidang keilmuan.
ARAH PERENCANAAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB ABAD 21 Cahya Edi Setyawan
Jurnal Al-Manar Vol 9, No 1 (2020): Juni
Publisher : STAI Masjid Syuhada Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36668/jal.v9i1.133

Abstract

Abad 21 telah merubah gaya hidup manusia. Abad 21 berdampak pada pendidikan dan pembelajaran. Arah baru pembelajaran menurut UNESCO yang berisi tentang 4C (Collaboration, Communication, Creativity, dan Critical Thinking) mempengaruhi arah pembelajaran bahasa Arab di Indonesia. Hal itu menjadi faktor ekternal yang mempengaruhi arah pembelajaran bahasa Arab. Ditambah lagi faktor internal pembelajaran bahasa Arab yang tak kunjung selesai yaitu 1) pola pikir yang sudah terbentuk dalam benak siswa Indonesia bahwa belajar bahasa Arab masih sulit, 2) generasi milenial di indonesia masih menganggap bahasa Arab belum begitu penting dan hanya bahasa untuk mempelajari ilmu Agama, 3) masih dalam pandangan bahwa belajar bahasa Arab adalah belajar apa itu bahasa Arab bukan belajar bagaimana berbahasa Arab, 4) habit berbahasa Arab yang masih lemah atau kurang. Maka dari itu, penulis menyajikan dan merumuskan tentang konsep bagaimana arah perencanaan pembelajaran bahasa Arab di Indonesia perspektif abad 21. Halhal yang menjadi rumusan adalah 1) konsep standar pengajaran bahasa Arab abad 21, 2) konsep kebutuhan guru bahasa Arab dan pebelajar bahasa Arab abad 21, 3) konsep perencanaan pengajaran bahasa Arab dalam konteks masyarakat Indonesia
PENGARUSUTAMAAN LITERASI SPIRITUAL SEBAGAI KONSTRUKSI DASAR PENGEMBANGAN SAINS HOLISTIK DI RUANG KELAS Unik Hanifah Salsabila; Anggi Pratiwi; Difa'ul Husna; Yazida Ichsan
Jurnal Al-Manar Vol 9, No 1 (2020): Juni
Publisher : STAI Masjid Syuhada Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36668/jal.v9i1.139

Abstract

Literasi spiritual merupakan amanat Undang Undang Dasar 1945 yang tidak bisa diabaikan begitu saja. Konseptualisasi pendidikan di Indonesia diarahkan pada penciptaan generasi-generasi unggul dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi diimbangi dengan kepribadian luhur yang tetap beriman, bertakwa, dan juga berakhlak mulia. Sekolah sebagai lembaga tranformasi ilmu dan nilai, memikul tanggungjawab besar untuk mewadahi generasi terdidik dalam mengoptimalkan potensi literasi spiritual pada individu peserta didiknya melalui berbagai macam aktivitas pembelajaran yang bermakna. Seorang guru dituntut inovatif dalam memberikan ruang belajar seluas-luasnya kepada peserta didik untuk dapat bertumbuh, berproses, dan belajar mengenai berbagai hal yang mengarah pada pemahaman mendalam terhadap apa yang ingin mereka pelajari kelak di kemudian hari. Makalah ini berupaya membahas konsepsi mendasar yang menjadi bagian awal dari pengembangan literasi spiritual melalui aktivitas pembelajaran sains yang holistik dan integratif di lingkungan pendidikan dasar. Pembahasan mengenai model pembelajaran tersebut diharapkan dapat menjadi langkah awal dalam mereformulasikan penguasaan literasi spiritual berbasis pembelajaran sains yang holistik. Kontribusi keilmuan terbesar yang diharapkan oleh penulis mengarah pada pembentukan pola-pola aktivitas belajar sains yang cenderung mengarusutamakan kebermaknaan pembelajaran melalui penanaman literasi spiritual yang integratif di lingkungan pendidikan dasar.
MENEMUKAN KARAKTERISTIK BUTIR MENGGUNAKAN QUEST Suparman Suparman
Jurnal Al-Manar Vol 9, No 1 (2020): Juni
Publisher : STAI Masjid Syuhada Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36668/jal.v9i1.134

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan karakteristik item evaluasi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Data utama dalam penelitian ini adalah lembar jawaban peserta didik terhadap item soal evaluasi yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Nasional Kabupaten Sleman pada tanggal 14 Maret 2020. Data dikumpulkan pada tanggal 21 Maret 2020 dengan metode dokmentasi di Sekolah Dasar Islam Terpadu Bakti Insani Kabipaten Sleman. Data yang digunakan untuk analisa seluruh peserta didik kelas VI yang berjumlah 56 peserta didik dengan jumlah soal sebanyak 40 item. Analisa data dengan menggunakan Program QUEST untuk mendapatkan karakteristik dari item soal evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 5 (lima) item terjadi item has perfect score, sebagian besar item memiliki tingkat kesukaran “Sedang”. Sebanyak 48,5% item memiliki daya beda dengan kategori “sangat Baik”. Sebanyak 88,5% item merupakan item yang sesuai untuk mengevaluasi kemampuan peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Estimasi reliabilitas sebesar 0,75, dan jumlah distractor yang efektif sebanyak 50%.
PERAN MOTIVASI MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN TUGAS AKHIR (Studi Kasus Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam FAI UMM) Zulfikar Yusuf
Jurnal Al-Manar Vol 9, No 1 (2020): Juni
Publisher : STAI Masjid Syuhada Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36668/jal.v9i1.148

Abstract

Waktu kelulusan mahasiswa PAI sangatlah beragam, terdapat mahasiswa yang lulus lebih cepat, yaitu 3,5 tahun. Adapula yang lulus tepat 4 tahun dan yang melewati batas 4 tahun. Seluruh mahasiswa yang telah mengerjakan dan akan segera melakukan proses ujian skripsi tentunya memiliki berbagai motivasi yang ditanamkan di dalam diri masing-masing. Motivasi dari internal maupun eksternal diri mereka. Penulis hendak mengetahui motivasi apa yang dimiliki para mahasiswa dan bagaimana peran motivasi para mahasiswa dalam menghadapi proses pengerjaan tugas akhir. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan dengan jenis penelitian studi kasus. Obyek penelitian yang diambil adalah mahasiswa tingkat akhir, mulai semester tujuh sampai semester empat belas. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi. Peneliti melakukan analisa data menggunakan teknik triangulasi (gabungan) Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini adalah setiap mahasiswa yang telah menyelesaikan skripsi menunjukkan bahwa setiap mahasiswa memiliki motivasi yang menggerakkannya. Adapun motivasi yang dimiliki mereka berbeda-beda. Mahasiswa yang lulus 3,5 tahun memiliki motivasi dari orang tua, target menikah, teman kos dan diri sendiri. Adapun mahasiswa yang lulus 4 tahun memiliki semangat dari orang tua, pribadi, kakak kandung, beasiswa, dosen pembimbing, teman kelas dan harapan melanjutkan ke jenjang pascasarjana. Mahasiswa yang lulus dipenghujung masa kuliahnya memiliki motivasi dari orang tua, teman UKM, masyarakat/ lingkungan masjid dan istri. Adapun peran motivasi yang didapat oleh para mahasiswa mampu memberikan dorongan dalam menyelesaikan tugas akhir. Dorongan-dorongan yang diterima dari internal maupun eksternal mahasiswa dapat memenuhi kebutuhan manusia, yaitu kebutuhan fisiologis, rasa aman, rasa aman, diterima, dihargai dan aktualisasi diri.
JIE SAM SOE SEBAGAI ALTERNATIF METODE PEMBELAJARAN KITAB KLASIK DI ERA MILENIAL Wayan Sugiarti; Agus Purwadi; Abdul Haris; Dina Mardiana
Jurnal Al-Manar Vol 9, No 1 (2020): Juni
Publisher : STAI Masjid Syuhada Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36668/jal.v9i1.135

Abstract

Riset ini bertujuan untuk mengukur persepsi mahasiswa tentang metode Jie Sam Soe pada pembelajaran kitab klasik. Riset ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan format penelitian survei. Populasi dalam penelitian ini ialah mahasiswa jurusan Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Malang angkatan 2015 yang telah menempuh mata kuliah Qiroatul Qutub I dan II. Penelitian ini menggunakan skala Likert sebagai instrumen pengukuran data. Uji validitas instrumen menggunakan korelasi Product Moment dan untuk uji reliabilitas instrument menggunakan rumus alpha Cronbach. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan rentang skala untuk menentukan kategori sesuai dengan kriteria penelitian yang sudah ditentukan. Hasi penelitian menunjukkan: 1) Sebanyak 66% mahasiswa memiliki persepsi positif terhadap pernyataan yang menyatakan bahwa metode Jie Sam Soe mudah untuk dipahami. 2) Sebanyak 85% mahasiswa memiliki persepsi positif terhadap pernyataan yang menyatakan bahwa mahasiswa mampu menerapkan metode Jie Sam Soe dengan baik dan benar dalam pembelajaran kitab klasik. 3) Sebanyak 66% mahasiswa setuju bahwa pembelajaran kitab klasik adalah pembelajaran yang penting bagi mahasiswa PAI sebab mahasiswa dapat memahami kitab-kitab klasik berbahasa Arab tanpa harakat. 4) Sebanyak 69% mahasiswa memilih setuju dengan pernyataan bahwa tujuan pelaksanaan pembelajaran kitab klasik ialah untuk melatih mahasiswa agar mampu membaca, memahami dan menelaah kitab-kitab berbahasa Arab dengan mudah.
PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN SANTRI DI PONDOK PESANTREN AL-FATAH TEMBORO Khairuddin Alfath
Jurnal Al-Manar Vol 9, No 1 (2020): Juni
Publisher : STAI Masjid Syuhada Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36668/jal.v9i1.136

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dunia pendidikan yang sedang mengalami ujian dan tantangan yang cukup berat. Salah satunya adalah terjadinya kemerosotan nilai-nilai karakter disiplin ditandai dengan dijumpai siswa yang membolos pada jam pelajaran dan terlambat masuk sekolah. Seperti yang terjadi di Surabaya, Kota Depok, Palembang, Kota Kediri dan Kota Surakarta. Penelitian ini difokuskan pada Pendidikan Karakter Disiplin Santri di Pondok Pesantren Al-Fatah Temboro. Pondok Pesantren Al-Fatah Temboro sudah cukup berhasil dalam menanamkan karakter disiplin terhadap siswa/santri. Ada dua fokus utama dalam penelitian ini. Pertama, Bagaimana proses pendidikan karakter disiplin santri di Pondok Pesantren Al-Fatah Temboro. Kedua, Bagaimana hasil pendidikan karakter disiplin santri di Pondok Pesantren Al-Fatah Temboro. Jenis penelitian yang digunakan penulis adalah jenis penelitian lapangan yang bersifat kualitatif. Pengumpulan datanya dengan metode observasi, interview dan dokumentasi, yang semuanya untuk menjawab permasalahan tentang proses pendidikan karakter disiplin santri dalam hal disiplin beribadah dan belajar. Subyek dalam penelitian ini adalah Kepala Madrasah, Pengasuh/Asatidz dan Santri Pondok Pesantren Al-Fatah Temboro. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pendidikan karakter disiplin santri di Pondok Pesantren Al-Fatah Temboro dengan cara: (1) Pertama, pembiasaan Melalui muhasabah dan khuruj. Kedua, mengajarkan hal-hal yang baik, melalui proses mentransformasi pengetahuan dan keilmuan dengan mengedepankan nilai-nilai kebaikan, ketaatan dan ketertiban dalam peraturan. Ketiga, Melalui Bayan dan Taklim dalam pelaksanaan kegiatan khuruj, sehingga merasakan dan mencintai yang baik. Keempat, melalui amalanamalan yang baik seperti amalan sunnah, ṣalāt qobliyah, ṣalāt Ba’diyah, baca Qur’ān, ṣalāt tahajud, ṣalāt Ḍuḥa, awabid, witir, Ṣadaqah, buang sampah pada tempatnya, dan amalan-amalan muhasabah lainnya. Kelima, keteladanan, melalui kegiatan muhasabah dan kegiatan khuruj. Keenam, tarbiyah (Keamanan), melalui aturan dan tata tertib. (2) Hasil pendidikan karakter disiplin di Pondok Pesantren Al-Fatah sangat baik, dalam hal ini dengan menunjukan adanya peningkatan perilaku santri dalam hal ibadah dan belajar.
LINGKARAN KECERDASAN QUR’ANI Azis Abdullah
Jurnal Al-Manar Vol 9, No 1 (2020): Juni
Publisher : STAI Masjid Syuhada Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36668/jal.v9i1.131

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji konsep lingkaran kecerdasan Qurâni. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bercorak kepustakaan, dengan pendekatan psikoantropologis yaitu studi tentang manusia dari sisi kejiwaan. Pengumpulan data dengan metode dokumentasi yaitu menelaah data-data yang terkait. Teknik analisis data menggunakan metode tafsir maudhu’i dan tahapan metode maudhu’i yaitu menentukan topik kajian, menghimpun ayat-ayat yang berkaitan dengan topik, menjelaskan maksud ayat-ayat berdasarkan berbagai tafsir dan menyimpulkan maksud topik kajiannya. Hasil penelitian menunjukkan konsep lingkaran kecerdasan yang Qurâni bersumber dari Lubb yaitu lingkaran hati terdalam, yang berarti inti, fuad adalah lingkaran lebih dalam yang bermakna pancaran serta perbatasan qalb dan dunia, serta qalb adalah lingkaran luar yang mewadahi ma’rifah dan perjalanan manusia. Sedangkan Lingkaran kecerdasan Qurâni terdiri, pertama kata رشد yang mengandung makna kesempurnaan manusia dalam akal dan jiwa, kemampuan bersikap dan bertindak dengan tepat dan benar. Kedua Kata مرة yang berarti kecerdasan manusia yang dikembangkan menjadi keteguhan dan kekuatan untuk melaksanakan kekhalifahan di bumi. Ketiga kata عقل berarti kemampuan mempertimbangkan dan memilih jalan yang benar dan salah, untuk keselamatan hidup manusia. Keempat kata فقھ berarti kemampuan memahami dan mendalami sesuatu dengan benar, baik secara lahir maupun batin. Kelima kata بصر mengandung makna kemampuan melihat secara lahir dan batin terhadap fenomena di dunia dan akherat.
PROBLEMATIKA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH Mulyawan Mulyawan
Jurnal Al-Manar Vol 9, No 1 (2020): Juni
Publisher : STAI Masjid Syuhada Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36668/jal.v9i1.137

Abstract

Madrasah sebagai lembaga pendidikan Islam memegang peranan penting dalam mencetak generasi unggul baik dalam penguasaan IPTEK (ilmu pengetahuan dan teknologi) maupun dalam penguatan IMTAQ (iman dan taqwa) sehingga tujuan pendidikan betul-betul tercapai sebagaimana termaktub dalam undangundang bahwa pendidikan bertujuan mencetak generasi yang beriman, bertaqwa, berakhlak mulia, cerdas, mandiri, kreatif, dan bertanggungjawab. Namun realitanya, madrasah belum mampu mencapai tujuan diatas. Sehingga ini menjadi sebuah problematika khususnya bagi para pendidik di madrasah. Bagaimana profesionalitas guru PAI di madrasah dan secara umum serta bagaimana dampak dari kehadiran teknologi dalam pembelajaran agama. Inilah yang akan menjadi bahasan pokok dalam penelitian ini dengan harapan dapat menjadi bahan evaluasi demi kemajuan madrasah kedepannya.
SEJARAH PENDIDIKAN ISLAM PEREMPUAN DARI MASA KLASIK, SEBELUM DAN SESUDAH KEMERDEKAAN INDONESIA Permana Octofrezi
Jurnal Al-Manar Vol 9, No 1 (2020): Juni
Publisher : STAI Masjid Syuhada Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36668/jal.v9i1.132

Abstract

Pendidikan untuk perempuan sudah mendapatkan perhatian sejak masa Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم .Beliau sudah memperlakukan perempuan dengan baik sama halnya dengan laki-laki terutama dalam pengajaran dan pembelajaran ilmu, khusunya ilmu pendidikan islam. Hal ini terbukti dengan kesediaan beliau dalam memberikan pengajaran langsung kepada kaum perempuan yang ingin menimba ilmu. Pada masa sebelum kemerdekaan, rakyat indonesia mengalami diskriminasi pendidikan. Rakyat tidak bisa mengenyam pendidikan sampai ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Mereka hanya merasakan pendidikan rendah untuk diperdayakan tenaganya oleh kolonial Belanda. Pada masa inilah muncul tokoh-tokoh perempuan indonesia yang memperjuangkan hak-hak pendidikan dan hak bersekolah untuk kaum perempuan antara lain : Raden Ajeng Kartini, Dewi Sartika, Rohana Kudus, Rohmah El-Yunusiyah, Rasuna Said, Siti Walidah, dan sosok laki-laki KH. Ahmad Dahlan. Melalui tangan-tangan merekalah pendidikan islam untuk perempuan bisa berdiri kokoh. Sedangkan pada masa sesudah kemerdekaan, hikmah akan kemerdekaan berimbas pada kebebasan memperoleh hak pendidikan pada setiap warga negara terutama bagi perempuan, dan terbebas dari belenggu diskriminasi pendidikan. Mereka berhak bersekolah dan mengenyam pendidikan sampai ke tingkat yang lebih tinggi sampai sekarang.

Page 1 of 1 | Total Record : 10