cover
Contact Name
Andi Syaputra
Contact Email
-
Phone
+6282332189018
Journal Mail Official
jmd@sttkd.ac.id
Editorial Address
Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Jl. Parangtritis No.KM.4,5, Druwo, Bangunharjo, Kec. Sewon, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55143
Location
Kab. bantul,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Manajemen Dirgantara
ISSN : 22527451     EISSN : 26220946     DOI : -
Jurnal Manajemen Dirgantara is a scientific journal published by Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan. Jurnal Manajemen Dirgantara was first published in 2008 with registered number ISSN 2252-7451 (Print) and ISSN 2622-0946 (Online), is a peer-reviewed journal published two times a year (July and December). Jurnal Manajemen Dirgantara is intended to be the journal for publishing articles reporting the results of management research on aviation.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 13 No 2 (2020): Jurnal Manajemen Dirgantara, Desember 2020" : 10 Documents clear
Pengaruh Penerbangan Charter Terhadap On Time Performance Penerbangan Niaga Berjadwal Maskapai Lion Air Farah Putri Wenang Lusianingrum; Azis Budiman
Jurnal Manajemen Dirgantara Vol 13 No 2 (2020): Jurnal Manajemen Dirgantara, Desember 2020
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (652.776 KB)

Abstract

On Time Performance (OTP) dijadikan sebagai indikator bagi pengguna jasa transportasi udara untuk menentukan maskapai penerbangan yang akan digunakan. Perusahaan maskapai penerbangan tentunya harus berusaha secara maksimal untuk mewujudkan OTP. Dengan demikian, maskapai penerbangan dinilai harus melakukan analisis faktor yang memengaruhi OTP sebagai dasar melakukan perbaikan. Selanjutnya, penelitian ini merespon kebutuhan tersebut dengan menguji pengaruh penerbangan tidak berjadwal berupa penerbangan charter terhadap OTP penerbangan berjadwal maskapai Lion Air. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Jenis data penelitian yaitu data sekunder berupa AMC sheet pada tahun 2018 dari unit AMC. Analisis data menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) berbasis varian yaitu Partially Least Square (PLS) dengan aplikasi Warp PLS 6.0. Hasil analisis pengujian hipotesis membuktikan adanya pengaruh signifikan penerbangan charter terhadap OTP penerbangan berjadwal maskapai Lion Air sebesar 17%. Sementara, 83% OTP penerbangan bejadwal dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
ANALISIS KUALITAS PELAYANAN CUSTOMER SERVICE PADA INDUSTRI PENERBANGAN MENGGUNAKAN MODEL SERVQUAL Dhiani Dyahjatmayanti; Dini Septiani Putri
Jurnal Manajemen Dirgantara Vol 13 No 2 (2020): Jurnal Manajemen Dirgantara, Desember 2020
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (447.594 KB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan customer service terhadap kepuasan pengguna jasa penerbangan dengan menggunakan model SERVQUAL. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis variabel yang paling dominan mempengaruhi kepuasan pengguna jasa. Desain penelitian adalah kuantitatif. Penelitian ini menggunakan data primer yaitu berupa hasil pengisian kuisioner yang dibagikan secara acak kepada para pengguna jasa di Bandar Udara Internasional Ahmad Yani Semarang. Metode yang digunakan untuk menganalisis data ialah uji regresi linear berganda, uji parsial dan uji simultan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variable-variabel yang mempengaruhi tingkat kepuasan pengguna jasa yaitu tangible (p 0,044), reliability (p 0,037), responsiviness (p 0,029), assurance (p 0,393), empathy (p 0,267). Variabel yang paling dominan mempengaruhi kepuasan pengguna jasa di Bandar Udara Internasional Ahmad Yani Semarang adalah bukti fisik (tangible) dengan nilai beta 0,214.
Studi Ekplorasi Persepsi User Satisfaction atas Kinerja Lulusan Perguruan Tinggi Andi Syaputra
Jurnal Manajemen Dirgantara Vol 13 No 2 (2020): Jurnal Manajemen Dirgantara, Desember 2020
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (548.949 KB)

Abstract

Tujuan dari studi ini adalah untuk mendapatkan wawasan tentang kepuasan perusahaan dengan kinerja lulusan. studi ini diharapkan dapat menjadi sumber informasi dan referensi dalam pengetahuan ilmu di bidang manajemen, khususnya manajemen transportasi udara dan dapat dimanfaatkan dalam penelitian selanjutnya yang berkenaan dengan pengaruh kinerja (performance) terhadap kepuasan perusahaan (user satisfaction). Berdasarkan tujuannya, penelitian ini terdiri dari penelitian penggalian (exploratory), penelitian penjelasan (explanatory), dan penelitian deskriptif. Data primer dalam penelitian ini diperoleh dengan teknik wawancara langsung dengan beberapa manajer lini tengah atasan dari objek penelitian yang sesuai dengan penelitian ini. Metode analisis data dalam penelitian ini ada beberapa tahap, yaitu; Data Collection, Reduction, Display, dan Concluting Drawing. Beberapa temuan diantaranya manajemen waktu dari objek yang diteliti mendapatkan penilaian yang baik yang kemudian diiringi oleh kualitas kerja baik individu maupun tim yang keduanya mendapatkan penilaian positif meski pada penilaian individu dengan indicator bahasa inggris mendapatkan kritik yang membangun. Untuk kreativitas dalam memecahkan masalah yang diwakilkan oleh indicator “pemecahan masalah dengan cepat’ dan “terampil merespon perubahan proses bisnis’ mendapatkan penilaian yang positif. Terakhir, studi ini mendapatkan temuan bahwa faktor penting lainnya adalah disiplin kerja merupakan faktor penting dalam pencapaian hasil kerja.
PEMANFAATAN BOT TELEGRAM SEBAGAI PENUNJANG PROMOSI ONLINE MENGGUNAKAN JAVA SCRIPT DI STTKD YOGYAKARTA Faiz Albanna
Jurnal Manajemen Dirgantara Vol 13 No 2 (2020): Jurnal Manajemen Dirgantara, Desember 2020
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (696.197 KB)

Abstract

Salah satu cara promosi online STTKD Yogyakarta dengan menggunakan aplikasi pesan Telegram. Keterbatasan waktu staf penerimaan mahasiswa baru (PTB) membuat respon saat berinteraksi dengan calon pendaftar tidak bisa dilakukan secara cepat, dikarenakan interaksi terjadi di luar jam kerja. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan solusi bagi STTKD Yogyakarta dalam melakukan promosi dan penyampaian informasi kepada calon pendaftar dengan memanfaatkan aplikasi telegram. Aplikasi telegram digunakan dalam peneltian ini karena gratis, multiplatform, dan dapat menampung hingga 10.000 pengguna dalam sebuah group. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Waterfall dengan melakukan penggalian informasi kepada staf PTB untuk melakukan analisis kebutuhan. Bahasa yang digunakan untuk merancang bot ini adalah javascript dan menggunakan layanan dari google apps script sebagai hosting. Hasil penelitian berupa bot virtual admin yang bisa berinteraksi dengan calon pendaftar melalui aplikasi pesan Telegram. Calon pendaftar dapat memperoleh informasi penerimaan taruna baru dalam database bot telegram dengan mengakses bot tersebut menggunakan aplikasi telegram. Promosi yang dapat dilakukan adalah memanfaatkan kepopuleran aplikasi telegram dengan merancang bot yang mempunyai nama dan identitas STTKD. Dengan memanfaatkan bot telegram ini maka akan meringankan pekerjaan admin dalam memjawab pertanyaan dari calon taruna-taruni STTKD.
TEKNIK PENERJEMAHAN PAPAN PETUNJUK DI BANDAR UDARA YOGYAKARTA INTERNATIONAL AIRPORT Febriansyah Ignas Pradana
Jurnal Manajemen Dirgantara Vol 13 No 2 (2020): Jurnal Manajemen Dirgantara, Desember 2020
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1163.8 KB)

Abstract

Adanya interferensi, baik bahasa maupun budaya menyebabkan penerjemah harus cermat dalam menerjemahkan pesan-pesan dari bahasa sumber ke bahasa sasaran.Teknik penerjemahan merupakan sebuah teknik yang digunakan oleh penerjemah untuk menyampaikan pesan dari bahasa sumber ke bahasa sasaran. Pada papan petunjuk di sebuah bandara memuat informasi-informasi penting yang ditujukan untuk membantu pengguna bandar udara dalam kegiatan operasional yang dilaksanakan. Penelitian ini berfokus pada (1) bagaimana penerapan teknik penerjemahan pada papan petunjuk di bandar udara Yogyakarta International Airport, dan (2) faktor apa yang mempengaruhi penerapan teknik penerjemahan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk menjawab rumusan masalah. Data dalam penelitian ini berupa kata hingga frasa yang terdapat pada papan petunjuk dan diterjemahkan. Bahasa sumber dalam penelitian ini adalah bahasa Indonesia sedangkan bahasa sasaran yaitu bahasa Inggris. Data diambil langsung oleh peneliti menggunakan metode simak catat dan juga wawancara narasumber. Hasil menunjukkan terdapat 5 teknik penerjemahan yang digunakan dan ditemukan faktor yang mempengaruhi penerapan teknik penerjemahan tersebut.
IMPLEMENTASI E-LEARNING BERBASIS AEROFOOD LEARNING CENTER TERHADAP KINERJA KARYAWAN (STUDI KASUS: pada KARYAWAN di DIVISI HOT KITCHEN) di PT AEROFOOD ACS CENGKARENG Baskoro Harwindito; Dinda Aisyah
Jurnal Manajemen Dirgantara Vol 13 No 2 (2020): Jurnal Manajemen Dirgantara, Desember 2020
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (720.297 KB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang penerapan e-learning terhadap kinerja karyawan di Aerofood ACS. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat apakah program yang mengandalkan teknologi informasi dapat menghasilkan apa yang diinginkan perusahaan. Dan apa saja kendala yang akan dihadapi saat menerapkan e-learning. Tujuan lain dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa efektif e-learning menggunakan kinerja karyawan. Penelitian ini merupakan penelitian eksplanatori. Pendekatan sampel dalam penelitian ini adalah 4 orang karyawan Aerofood ACS Cengkareng. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan wawancara mendalam, dengan teknik ttriangulasi sumber untuk mengetahui hasil penerapan e-learning terhadap kinerja pegawai. Hasil wawancara yang telah penulis teliti terlebih dahulu dari 3 narasumber dengan jumlah narasumber sebanyak 4 narasumber yang menyatakan bahwa e-learning sangat bermanfaat karena dapat menghemat waktu dan dapat diakses dimanapun kapanpun dan dapat. melihat materi yang dipelajari sebelumnya tanpa takut kehilangan materi sebelumnya Yang kedua adalah banyaknya kendala yang masih dialami oleh perusahaan terkait pelaksana e-learning, salah satunya adalah biaya yang dikeluarkan akan semakin besar pada saat pembuatan program, kurangnya antusias dari karyawan hingga akses e-learning, dan faktor usia pegawai yang sudah tidak produktif lagi yang tidak mengikuti perkembangan zaman saat ini dan program yang dijalankan masih terkendala saat mengakses e-learning tersebut.
ANALISIS PERSYARATAN TEKNIS FASILITAS TERMINAL PENUMPANG YOGYAKARTA INTERNATIONAL AIRPORT (YIA) Sudirman Hi Umar
Jurnal Manajemen Dirgantara Vol 13 No 2 (2020): Jurnal Manajemen Dirgantara, Desember 2020
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (837.381 KB)

Abstract

Terminal penumpang adalah bangunan yang disediakan untuk melayani seluruh kegiatan yang dilakukan oleh penumpang mulai dari keberangkatan hingga kedatangan. Aspek yang diperhatikan dalam penilaian kinerja operasional adalah jumlah fasislitas dan kondisi fasilitas diterminal bandara tersebut. Yogyakarta International Airport (YIA) di siapkan untuk melayani pergerakan penumpang sebesar 10.000.000 pax/tahun dengan luasan terminal bandar udara sebesar 106.500 m2 untuk tahap pertama pembangunan, 14.000.000 pax/tahun dan luasan terminal bandar udara sebesar 130.000 m2, dan 20.000.000 pax/tahun dengan luasan terminal bandar udara sebesar 195.400 m2. Waktu sibuk Yogyakarta International Airport (YIA) ditentukan dengan menggunakan indikasi awal pembangunan, pendayagunaan, pengembangan, dan pengoperasian (IAP4) sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 178 tahun 2015. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Persyaratan Teknis Pengoperasian Fasilitas Terminal Penumpang Yogyakarta International Airport (YIA). Penelitian ini dilakukan mengambil tempat di Yogyakarta International Airport (YIA) di Kabupaten Kulon Progo. Peneliti melakukan analisis dengan cara menghitung persyaratan teknis pengoperasian terminal penumpang Bandar udara Yogyakarta international airport (YIA) dengan mengacu pada Peraturan Dirjenhubud yang tertuang dalam Skep/77/VI/2005 dan SNI 03-7046-2004, sedangkan penentuan waktu sibuk PWS pada Bandar udara menggunakan motede yang terdapat pada PM 178 tahun 2015. Hasil penelitian menunjukkan terminal domestik pada tahap pertama pembangunan jumlah penumpang waktu sibuk adalah sebanyak 1268 pax, sedangkan terminal internasional adalah sebanyak 193 pax, pada tahap kedua pembangunan waktu sibuk penumpang domestik sebanyak 1527 pax, sedangkan terminal internasional akan melayani penumpang waktu sibuk sebesar 243 pax, dan untuk tahap ketiga pembangunan waktu sibuk penumpang domestik sebanyak 2059 pax, sedangkan terminal internasional akan melayani penumpang waktu sibuk sebesar 452 pax. Hasil analisis teknis pengoperasian bandar udara, pengelola bandar udara harus menyediakan fasilitas terminal penumpang berdasarkan hitungan luas dan jumlah kebutuhan prasarana terminal domestik dan internasional untuk tiga tahap pembangunan bandar udara untuk dapat melayani kebutuhan penumpang sesuai Keputusan Menteri Perhubungan yang dituangkan dalam KP 1164 tahun 2013 sebagaimana di jelaskan pada tabel VIII – XIII pada bab V.
PENERAPAN PEDIDIKAN 4.0 PADA MATA KULIAH PENGANTAR EKONOMI DI STTKD YOGYAKARTA Aditya Dewantari
Jurnal Manajemen Dirgantara Vol 13 No 2 (2020): Jurnal Manajemen Dirgantara, Desember 2020
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (960.478 KB)

Abstract

Revolusi industri 4.0 yang telah berlangsung saat ini tidak hanya berdampak pada perekonomian saja, tetapi juga berdampak pada dunia pendidikan, karena melalui pendidikanlah suatu negara dapat menyiapkan sumber daya manusia untuk menghadapi tantangan di revolusi industri 4.0. Dalam penelitian ini, peneliti ingin menerapkan pendidikan 4.0 pada mata kuliah pengantar ekonomi di STTKDYogyakarta dan melihat keefektifannya. Metode yang digunakan untuk menjawab rumusan permasalahan yang ada yakni menggunakan metode kualitatif, dengan metode pengumpulan data berupa observasi, dokumentasi, dan studi pustaka. Dari hasil dari penelitian ini didapati bahwa untuk menerapkan pendidikan 4.0 maka dosen dapat menggunakan beberapa metode pembelajaran yang mendukung ciri pendidikan 4.0., dan pada pembelajaran pengantar ekonomi ini peneliti menerapkan tiga model pembelajaran yakni blended learning, project based learning, dan flipped classroom. Dari ketiga model tersebut didapatkan hasil bahwa ketiganya efektif untuk meningkatkan pengetahuan mahasiswa.
PERSEPSI PENUMPANG TERHADAP YOGYAKARTA INTERNATIONAL AIRPORT KULON PROGO Nanik Rianandita Sari; Irfan Abdulhafizh Karnaen
Jurnal Manajemen Dirgantara Vol 13 No 2 (2020): Jurnal Manajemen Dirgantara, Desember 2020
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (592.247 KB)

Abstract

Kepadatan di Bandar Udara Adisutjipto Yogyakarta sudah melebihi kapasitas penumpang, seiring dengan semakin banyak penumpang bepergian dengan pesawat dari dan ke Yogyakarta, jumlah penumpang per tahun kini mencapai 7,8 juta orang. Sehingga perlu adanya penambahan atau pengadaan bandar udara baru untuk mendukung dan memfasilitasi sarana dan prasarana yang dapat meningkatkan kualitas pelayanan dan fasilitas yang ada di bandar udara. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui persepsi penumpang terhadap Yogyakarta International Airport Kulon Progo. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif bertujuan untuk menggambarkan secara sistematis dan terukur pada keseluruhan obyek penelitian mengenai persepsi penumpang terhadap Yogyakarta International Airport Kulon Progo. Penumpang menunjukkan persepsi yang baik dengan kategori positif untuk dimensi fasilitas, pelayanan dan akses. Untuk dimensi keberadaan antarmoda di Yogyakarta International Airport berada di kategori sangat positif.
ANALISIS STRATEGI PEMASARAN CARGO DALAM MENGHADAPI REVOLUSI INDUSTRI 4.0 (STUDI KASUS PADA LION PARCEL JOGJA) You She Melly Anne Dharasta; Kifni Yudianto
Jurnal Manajemen Dirgantara Vol 13 No 2 (2020): Jurnal Manajemen Dirgantara, Desember 2020
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (211.145 KB)

Abstract

Era revolusi industri 4.0 telah berjalan sejak beberapa dekade. Saat ini teknologi informasi telah mengambil peran sangat penting dalam mengubah perkembangan bisnis. Cara pelaku bisnis menawarkan produk dan jasanya tentu telah berkembang jauh. Tidak terkecuali industri logistik yang berkembang di Tanah Air Indonesia. Industri bisnis logistik/ ekspedisi / jasa pengiriman modern saat ini mempunyai proses manajemen bisnis yang tidak sederhana. Hal ini menjadi strategi pemasaran yang kemudian menarik minat peneliti melakukan studi terkait strategi pemasaran cargo dalam menghadapi revolusi Industri 4.0. Studi disajikan dengan metode penelitian deskriptif kualitatif, dengan pertimbangan dalam mengkaji permasalahan, peneliti tidak membuktikan ataupun menolak hipotesis yang dibuat sebelum penelitian tetapi mengolah data dan menganalisis suatu masalah secara non numeric. Dengan metode pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi, sedangkan analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitiannya menunjukan bahwa dalam menghadapi revolusi industri 4.0 PT Graha Nusa Pratama yang bekerjasama dengan Lion Parcel sudah menerapkan internet of things sehingga dapat mengetahui secara detail keberadaan dari barang yang dikirimkan. Sedangkan dibidang promosi PT Graha Nusa Pratama sudah memanfaatkan internet dalam hal promosinya, seperti melalui website resmi perusahaan, instagram ataupun media sosial yang lainnya.

Page 1 of 1 | Total Record : 10