cover
Contact Name
Andi Syaputra
Contact Email
-
Phone
+6282332189018
Journal Mail Official
jmd@sttkd.ac.id
Editorial Address
Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Jl. Parangtritis No.KM.4,5, Druwo, Bangunharjo, Kec. Sewon, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55143
Location
Kab. bantul,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Manajemen Dirgantara
ISSN : 22527451     EISSN : 26220946     DOI : -
Jurnal Manajemen Dirgantara is a scientific journal published by Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan. Jurnal Manajemen Dirgantara was first published in 2008 with registered number ISSN 2252-7451 (Print) and ISSN 2622-0946 (Online), is a peer-reviewed journal published two times a year (July and December). Jurnal Manajemen Dirgantara is intended to be the journal for publishing articles reporting the results of management research on aviation.
Articles 207 Documents
1. Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Konsumen Sekolah Tinggi Penerbangan Di Yogyakarta You She Melly Anne Darasta
Jurnal Manajemen Dirgantara Vol 12 No 1 (2019): Jurnal Manajemen Dirgantara, Juli 2019
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (279.597 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan citra merek secara simultan terhadap kepuasan konsumen Sekolah Tinggi Penerbangan di Yogyakarta. Tehnik pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan tehnik purposive sampling. Uji hipotesis dalam Penelitian ini menggunakan uji regresi berganda, uji F, Uji T, dan uji Koefisen Determinasi. Hasil Penelitian ini pada uji F menunjukkan F hitung sebesar 154,587 dengan nilai signifikansi 0,000 hal ini berarti tingkat signifikansi < 5% (a=0,05) dan F hitung sebesar 154,587 > F tabel 3,06 (df=147-2). Hal ini menunjukkan bahwa variabel kualitas produk dan citra merek secara serempak berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen.
2. Perbedaan Pengaruh Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Berlatar Belakang Kedirgantaraan Dan Non Kedirgantaraan Indryana Mandraeny
Jurnal Manajemen Dirgantara Vol 12 No 1 (2019): Jurnal Manajemen Dirgantara, Juli 2019
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (71.952 KB)

Abstract

In running managerial effort toward Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan (STTKD) Yogyakarta, motivation achieved from admission selection of prospective employee is considered important because it can determine the performance of the candidate in the three-month orientation period set by the institution. With the existence of two employee backgrounds needed by STTKD namely aerospace and non-aerospace, this study aims to determine differences in the influence of motivation on the performance of employees with aerospace and non-aerospace backgrounds. Using secondary data in the form of the value of each motivation on the entrance selection and the orientation period performance obtained from the STTKD personnel section, this study was analyzed using regression analysis to obtain the influence values in both groups of employees. The independent variable is motivation and the dependent variable is performance. Respondents were all STTKD employees in 2014 totaling 33 people (10 people from aerospace backgrounds and 23 people from non-aerospace backgrounds). The results of the analysis show there are differences in the effect of motivation on employee performance, with greater value for employees with aerospace background (60%), while for employees with non-aerospace background only 25%.
3. Pengaruh Pengembangan Penerbangan Perintis Terhadap Perekonomian Masyarakat Di Kepulauan Derawan Aditya Dewantari
Jurnal Manajemen Dirgantara Vol 12 No 1 (2019): Jurnal Manajemen Dirgantara, Juli 2019
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (486.044 KB)

Abstract

Penerbangan perintis perlu untuk dikembangkan untuk menyukseskan upaya pemerataan ekonomi, membuka akses keluar masuk guna memperlancar arus perdagangan dan kerja sama sehinggal perekonomian di daerah terpencil akan meningkat. Salah satu penerbangan perintis yang dikembangkan adalah di Kepulauan Derawan, tepatnya di Pulau Maratua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan penerbangan perintis di Kepulauan Derawan dan bagaimana pengaruhnya terhadap perekonomian masyarakat sekitar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi dan kemudian di analisis menggunakan triangulasi. Dari penelitan ini didapatkan hasil sebagai berikut: (1) Penerbangan di Bandar Udara Maratua telah beroperasi sejak 27 Februari 2017. Ada dua maskapai yang melayani penerbangan dari dan menuju Bandar Udara Maratua yakni Susi Air dan Garuda Indonesia (2) Dibukanya Bandar Udara Maratua ternyata masih belum maksimal dalam menunjang kemajuan perekonomian masyarakat sekitar, dikarenakan jadwal penerbangan yang terbatas, kurangnya pengetahuan masyarakat terhadap adanya Bandar Udara Maratua, dan kurangnya minat wisatawan untuk menggunakan jalur udara untuk menuju Kepulauan Derawan.
4. Pengambilan Keputusan Return To Apron Dan Return To Base Terhadap Keterlambatan Penerbangan Di Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan Eka Prayudhista
Jurnal Manajemen Dirgantara Vol 12 No 1 (2019): Jurnal Manajemen Dirgantara, Juli 2019
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (271.607 KB)

Abstract

Variabel penelitian pengambilan keputusan RTA (Return to Apron) dan RTB (Return to Base) yang berdampak terhadap terhadap keterlambatan penerbangan di Bandar udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan –Balikpapan dan Bagaimana solusi dari RTA dan RTB terhadap keterlambatan penerbangan di Bandar udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan – Balikpapan. pilot atau cockpit crew yang dalam poisisi aktif memimpin penerbangan dibekali dengan manual khusus. Selain flight manual, prosedur operasi perusahaan dan lain- lain, yang terpenting adalah AOP (Aircraft Operating Procedur) pegangan pilot yang harus dipedomani bila terjadi ketidaknormalan komponen pesawat bila pesawat masih dalam posisi di darat. Karena di darat yang mengendalikan pesawat, first officer atau co pilot yang membacakan apa yang harus dilakukan terhadap ketidaknormalan pada komponen atau instrument pesawat. Apabila memang harus diperbaiki dahulu maka pesawat akan dibawa kembali ke apron atau biasa dikenal dengan sebutan RTA. khusus untuk uncontrollable engine fire yang terjadi setelah lepas landas, pesawat harus segera mendarat sesegera mungkin di bandar udara awal dan berkoordinasi dengan pihak ATC dan pemadam kebakaran di bandar udara awal harus pula dilakukan. Hal-hal yang menjadi syarat dasar RTB bisa dianulir karena sifat dari uncontrollable engine fire ini sudah masuk kategori yang sangat berbahaya.
5. Penerapan Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Peningkatan Frekuensi Penumpang Arif Fakhrudin
Jurnal Manajemen Dirgantara Vol 12 No 1 (2019): Jurnal Manajemen Dirgantara, Juli 2019
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (494.086 KB)

Abstract

Promotion is carried out by the company with the aim of providing information, influencing, persuading and encouraging consumers to make purchases of goods or services that are marketed. With the promotion, the company hopes to increase sales in accordance with the targets set. For this reason, a marketing strategy is needed, namely by implementing the right promotional mix so that the company's goals can be achieved. The writing method used in this study is a qualitative method where the author describes the promotion strategy in increasing the frequency of passengers. The data used in this study are primary data and secondary data taken and reprocessed from interviews by employees of PT. Citilink Palangkaraya and passenger data at the Tjilik Riwut Palangkaraya Air Transportation office based on departures and arrivals every month in 2017 and 2018. The results of this thesis show that there is an increase in passengers per three months, namely in January - March in 2017 and 2018 by the Citilink Indonesia airline Palangkaraya district, with the activities and implementation of promotional strategies namely direct advertising and face-to-face sales get maximum results with these activities, the increase in the frequency of Citilink passengers, namely January-March 2017 and 2018 increased by 14%.
1. Perancangan Baggage Handling System (BHS) Di New Yogyakarta International Airport (NYIA) Sudirman Hi. Umar
Jurnal Manajemen Dirgantara Vol 11 No 2 (2018): Jurnal Manajemen Dirgantara, Desember 2018
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (696.535 KB)

Abstract

Penanganan bagasi memiliki peran penting dalam menjaga kenyamanan penumpang bepergian menggunakan pesawat udara dan memproses bagasi tersebut sampai dapat diangkut bersamaan dalam satu pesawat dengan penumpangnya. Tetapi selama ini penumpang tidak tahu bagaimana proses barang bawaan yang sudah diserahkan di check-in counter sampai ke bagasi pesawat. Untuk mengatasi kapasitas penumpang dan pergerakan sebanyak itu dibutuhkan sistem penanganan bagasi yang terintegrasi dengan sistem inline screening Untuk menunjang keamanan serta keselamatan penerbangan suatu bandara, penerapan bagasi otomatis atau automated Baggage Handling System (BHS) / Hold Baggage Screening (HBS) sangat perlu digunakan untuk dapat meminimalisasi berbagai pencurian bagasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan desain Baggage Handling System (BHS) di New Yogyakarta International Airport (NYIA) sebagai salah satu Bandar udara yang direncanakan menggunakan konsep aerotropolis airport. Dan Untuk mengetahui bagaimana cara kerja komponen Baggage Handling System (BHS) di New Yogyakarta International Airport (NYIA) yang direncanakan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan bantuan aplikasi autocad 2012 dan aplikasi teknik lainya yang memungkinkan untuk mudah dalam melakukan perancangan/desain. Dari hasil penelitian, Desain pada penelitian dengan Kerangka baggage handling system (BHS) yang telah diterapkan pada Bandar udara internasional Kuala Namu di Deli Serdang sebagaimana terlihat pada gambar 5.1 Halaman 27. Dengan Cara kerja baggage handling system (BHS) yang di desain memiliki 7 tahapan dimulai dari pemanfaatan untuk pemeriksaan check in, pemeriksaan Out of Gauge (OOG) atau bagasi yang memiliki berat dan dimensi yang melibihi ukuran maksimum bagasi, Pemeriksaan X- Ray MVXR 5000 (Screening Level 1/2), Manual Coding Station (MCS), Pemeriksaan X- Ray RTT 110 (Screening Level 3/4), Pemeriksaan oleh Ahli Avsec dan Rekonsiliasi (Level 5/6), SCADA (Supervisor Control Data Acquisition).
2. Implementasi Perjanjian Kerja Sama Antara Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Dengan Akademi Angkatan Udara Dalam Membentuk Karakter Taruna Berdasarkan Nilai-Nilai Pancasila Sri Sutarwati
Jurnal Manajemen Dirgantara Vol 11 No 2 (2018): Jurnal Manajemen Dirgantara, Desember 2018
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (180.171 KB)

Abstract

Dekadensi moral yang terus melanda bangsa Indonesia yang ditandai dengan mulai mengendurnya ketaatan masyarakat terhadap norma norma sosial yang hidup dimasyarakat, menunjukkan pentingnya penanaman nilai-nilai ideologi melalui pendidikan Pancasila. Kerja sama anatar Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan (STTKD) dengan Akademi Angkatan Udara (AAU) tentang pemantapan kebangsaan dimaksudkan untuk membentuk karakter taruna sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kegiatan ketarunaan STTKD yang melibatkan AAU atau pengasuh dari AAU yang berhubungan dengan pembinaan karakter dan implementasi kerja sama antara AAU dengan STTKD dalam membentuk karakter taruna sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan menggunakan metode analisis deskriptif. Data diperoleh dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan, kegiatan pembinaan karakter taruna-taruni STTKD yang melibatkan AAU dan pengasuh dari AAU meliputi: Kegiatan Pekan Disiplin dan Kepemimpinan (PDK) bagi taruna/i baru pada tahun 2016 dan tahun 2017, Kegiatan Kerohanian dan Peribadatan, Unit Kegiatan Taruna (UKT) drumband dan Kegiatan Keorganisasian. Implementasi kerja sama AAU dengan STTKD dalam membentuk karakter taruna sesuai dengan nila-nilai Pancasila, meliputi: sila I, yaitu pembentukan Departemen Kerohanian dan Peribadatan, dengan menyusun program kerja yang sesuai dengan pengamalam sila pertama. Sila kedua, kegiatan kemanusiaan seperti donor darah, membagikan daging pada hari korban, dan membantu korban bencana alam. Sila ketiga, yaitu diselenggarakannya Upacara Bendera setiap perayaan hari besar kenegaraan, pentas seni yang menampilkan kesenian dari berbagai daerah, kuliah umum Wawasan Kebangsaan, dan dibentuknya UKT Drumband. Pengimplementasian sila ke IV dilakukan dalam pemilihan Badan Eksekutif Taruna, Senat dan Poltar, diputuskan dengan cara musyawarah untuk mufakat oleh jajaran Waka III. Implementasi dari Sila Ke lima, adalahTaruna/Taruni STTKD Ikut berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan oleh masyarakat sekitar kampus, membagikan sembako kepada masyarakat yang membutuhkan, memberikan pelatihan-pelatihan, penyuluhan yang bermanfaat untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, membentuk Unit Kegiatan Taruna (UKT) Pecinta Alam (Dirgapala) untuk mendidik taruna agar suka bekerja keras dan menjadi manusia yang tanggap, tanggon dan trengginas.
3. Analisis Pengaruh Kualitas Sistem Informasi Akademik (Siakad) Terhadap Kepuasan Mahasiswa Sttkd Yogyakarta Yayu Sri Rahayu
Jurnal Manajemen Dirgantara Vol 11 No 2 (2018): Jurnal Manajemen Dirgantara, Desember 2018
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (376.215 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) terhadap Kepuasan Mahasiswa Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaran (STTKD) Yogyakarta. Penelitian ini dilaksanakan di kampus STTKD dengan menyebarkan kuesioner yang diisi atau dijawab oleh 60 responden dari unsur mahasiswa di tiga Program Studi. SIAKAD tersebut menggantikan SIAKAD yang versi lama, dibangun versi baru untuk memenuhi kebutuhan kegiatan akademik kampus. Kuesioner yang telah diisi kemudian diolah menggunakan aplikasi SPSS Versi 22.0, data dianalisis menggunakan dua metode yaitu Metode Equal untuk mengukur kualitas laman atau web dalam hal ini adalah SIAKAD dan Metode Regresi Linier-Berganda untuk mengetahui pengaruh terhadap kepuasan mahasiswa. Terdapat Pengaruh antara Kualitas Sistem (X1) dengan Variable Kepuasan (Y) sebesar 0,383. Nilai ini menunjukkan pengaruh yang Lemah antara Kualitas Sistem terhadap Tingkat Kepuasan mahasiswa. Pengaruh antara Kualitas Informasi (X2) dengan Variable Kepuasan (Y) sebesar 0,714. Nilai ini menunjukkan pengaruh yang Kuat antara Kualitas Informasi terhadap Tingkat Kepuasan mahasiswa. Pengaruh antara Kualitas Layanan (X3) dengan Variable Kepuasan (Y) sebesar 0,492. Nilai ini menunjukkan pengaruh yang Cukup antara Kualitas Layanan SIAKAD terhadap Tingkat Kepuasan mahasiswa.
4. Pengaruh Budaya Organisasi, Lingkungan Kerja Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Arif Fakhrudin
Jurnal Manajemen Dirgantara Vol 11 No 2 (2018): Jurnal Manajemen Dirgantara, Desember 2018
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (395.513 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh budaya organisasi, lingkungan kerja dan motivasi berprestasi terhadap kepuasan kerja karyawan STTKD Yogyakarta. Penelitian dilakukan di STTKD Yogyakarta. Sampel penelitian diambil dengan teknik convenience sampling sebanyak 105 responden. Data dikumpulkan dengan kuesioner. Data dianalisis dengan Regresi Berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa budaya organisasi, lingkungan kerja dan motivasi berprestasi mempengaruhi kepuasan kerja karyawan STTKD Yogyakarta. Hasil penelitian ini dapat digunakan oleh peneliti berikutnya, sebagai bahan penelitian pada bidang ilmu pengetahuan perilaku organisasi atau ilmu pengetahuan yang sejenisnya.
5. Pengaruh Harga, Promotion Dan Customer Trust Terhadap Keputusan Pembelian Tiket Pesawat Secara Online Pada Situs Traveloka.com Esti Nur Wakhidah
Jurnal Manajemen Dirgantara Vol 11 No 2 (2018): Jurnal Manajemen Dirgantara, Desember 2018
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (307.739 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui apakah harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian; (2) Untuk mengetahui apakah promotion berpengaruh terhadap keputusan pembelian; (3) Untuk mengetahui apakah customer trust berpengaruh terhadap keputusan pembelian; (4) Untuk mengetahui apakah harga, promotion dan customer trust secara bersama-sama berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan analisis kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah populasi yang tidak diketahui secara pasti jumlahnya (infinit) yaitu pelanggan yang pernah membeli tiket pesawat melalui situs traveloka.com. Sampel yang ditetapkan dalam penelitian ini sejumlah 100 sampel. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dan olah data yang dianalisis, maka dapat disimpulkan bahwa (1) Harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian tiket pesawat pada situs Traveloka.com dengan nilai signifikansi 0,000; (2) Promotion berpengaruh terhadap keputusan pembelian tiket pesawat pada situs Traveloka.com dengan nilai signifikansi 0,040; (3) Customer trust berpengaruh terhadap keputusan pembelian tiket pesawat pada situs Traveloka.com dengan nilai signifikansi 0,010; (4) Harga, promotion dan customer trust secara bersama-sama berpengaruh terhadap keputusan pembelian tiket pesawat pada situs Traveloka.com dengan prosentase sebesar 34.7%.

Page 1 of 21 | Total Record : 207