cover
Contact Name
Enang Yusuf Nurjaman
Contact Email
enangyusuf@iain-ternate.ac.id
Phone
+6281572238784
Journal Mail Official
altadabbur2017@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota ternate,
Maluku utara
INDONESIA
Al-Tadabbur ; Jurnal Kajian sosial, Peradaban dan Agama
ISSN : 25273248     EISSN : 26139154     DOI : -
AL-TADABBUR (P-ISSN : 2527-3248; E-ISSN : 2613-9154 ) is a Journal published by Faculty of Ushuluddin Adab dan Dakwah of IAIN Ternate, Indonesia. It is a peer-reviewed open access journal in social civilization and religion.
Articles 93 Documents
TALFIQ (Teori Dan Penerapannya) MUHAMAD FADLY
AL-TADABBUR Vol 2, No 1 (2016): Al-Tadabbur
Publisher : IAIN TERNATE

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (230.127 KB)

Abstract

Sumber utama ajaran Islam adalah al-qur’an dan sunnah dalam memahaminya dan mengimplemntasikannya dalam kehidupan sehari – hari, terutama menjadikan sebagai pedoman amaliah dalam konteks fikih kelihatan terdapat pengaruh madzhab sehingga fikih menjadi terkotak-kotak dalam berbagi madzhab,seperti di kenal dengan madzhab al arba’ahSecara harfiah, talfiq berarti  “menyamakan atau merapatkan dua ujung barang yang berbeda”, menurut istilah fikih, talfiq berarti “mengambil atau mengikuti suatu hukum tentang suatu peristiwa dengan mengambilnya dari berbagai madzhab.Dalam bertalfiq Perbedaan ini bersumber dari dua masalah  boleh dan tidaknya sesorang berpindah dari suatu madzhab ke madzhab lain, dalam masalah ini mereka terbagi menjadi tiga kelompok: Kelompok pertama berpendrian bahwa manakala sesorang telah memilih suatu madzhab , ia harus berpegang pada madzhab yang telah di pilihnya, tidak di benarkan pindah, secara keseluruahan atau sebagian (talfiq), madzhab lain. Kelompok kedua berpendrian bahwa orang yang telah memilih salah satu madzhab , Islam tidak melarangnya untuk berpindah ke madzhab lain. Kelompok ketiga memandang bahwa yang telah memilih salah satu madzhab dapat berpindah ke madzhab lain walaupun dengan motivasi mencari kemudahan.Adapun kesimpulan tulisan ini adalah  Orang yang bertalfiq pada dasarnya boleh karena untuk mencari kemaslahatan, tapi kalau untuk kemudahan tidak boleh. Pada intinya talfiqbergantung pada niat dari orang yang melakukan. Karena dari niat akan terlihat seseorang dalam menentukan sikap memilih madzhab di dasarkan dengan tujuan kemaslahatan  atau semata mata bertujuan untuk mencari hal yang ringan. Talfiq boleh dilakukan pada soal muamalah untuk kepentingan orang banyak. Karena bertujuan mewujudkan kemasalahatan umum.
PANDANGAN IQBAL TENTANG MANUSIA Sahjad M.Aksan
AL-TADABBUR Vol 4, No 2 (2018): Al-Tadabbur
Publisher : IAIN TERNATE

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (95.199 KB)

Abstract

The philosophy that underlies the overall structure of Iqbal's thought is the concept of Ego. For Iqbal; every thing in the universe has its own individuality, including matter even atoms have contained an ego colony in a low degree. and that's where an ego with a high degree (human) emerges. Individuality moves slowly uphill, climbing the ladder of existence to the point of development of perfection in humans.
ISLAM AGAMA RAHMATAN LIL ALAMIN MARWAN - SYABAN
AL-TADABBUR Vol 4, No 1 (2018): Al-Tadabbur
Publisher : IAIN TERNATE

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (76.524 KB)

Abstract

Sejak penyebaran Islam yang paling awal keluar dari arab, Islam telah menjadi suatu agama dari berbagai suku,ras,dan kelompok masyarakat. Islam adalah suatu agama yang datang dari Allah SWT, dengan demikian pada umumnya kita dapat menemukan Islam di sebagian besar tempat-tempat utama dan di antara masyarakat yang ada di dunia.Islam merupakan suatu agama yang disebarkan, muslim diperintahkan untuk membawa pesan Tuhan kepada semua orang di muka bumi ini dan untuk membuat kondisi dunia menjadi lebih baik, tempat yang baik secara moral.Islam adalah jalan hidup yang benar, jalan yang membawa keselamatan dunia dan akhirat dan Islam merupakan jalan satu-satunya yang harus ditempuh
KONSEP UMMAH DALAM PIAGAM MADINAH; ASAS DEMOKRASI NABI MUHAMMAD DAN RELEVANSINYA DI INDONESIA Febri Hijroh Mukhlis
AL-TADABBUR Vol 5, No 1 (2019): Al-Tadabbur
Publisher : IAIN TERNATE

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (79.043 KB)

Abstract

Konsep ummah dan warga negara di Indonesia memiliki kesamaan. Tulisan ini kembali menghadirkan bagaimana kontekstualisasi pesan-pesan Nabi Muhammad dalam piagam madinah itu di Indonesia. Para tokoh dan ulama di Indonesia telah berhasil membumikan pesan Nabi Muhammad sesuai dengan zamannya. Indonesia dalam ragam identitas agama dan budaya, mesti memiliki simbol persatuan dan kesatuan. Titik temu itu bernama pancasila. Ideologi pancasila ini menjadi alat pemersatu bangsa dengan memberikan pemahaman bahwa dalam kehidupan demokrasi, seseorang selain menjadi seorang warga agama, ia juga seorang warga negara.
MENGGUGAT PARADIGMA DAKWAH Dr Burhan M.Sos.I
AL-TADABBUR Vol 4, No 1 (2018): Al-Tadabbur
Publisher : IAIN TERNATE

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (109.798 KB)

Abstract

A.    AbstrakTuhan sendiri tidak menghedaki keragaman terhadap aktivitas hambah-Nya, bahkan hidup ini jadi indah karena penuh dengan perbedaan.  Jadi kalau ada orang selalu menghendaki bahkan memaksakan kehendak agar terjadi keseragaman dalam menjalankan aktivitas pengabdian kepada Tuhan, penulis sangat khawatir yang bersangkutan lebih tuhan daripada Tuhan itu sendiri.  Agama saja, Tuhan tidak paksakan untuk seragam walaupun itu bisa Dia lakukan. Artinya, konsep apapun di dunia ini pintu berbeda senantiasa terbuka.  Apa lagi kalau yang berbeda itu hanya meliputi wilayah pemikiran, sikap, pakaian, penampilan, gerakan dan lain-lain, semua itu merupakan sesuatu yang masuk wilayah dimana terbuka untuk memilih sesuai dengan selera masing-masing, karena keadaan seseorang tidak sama semua dan tentu apa yang menjadi pilihan masing-masing tidak ada yang bebas dari konsekuensi dari suatu ketentuan Tuhan.Sebagai orang yang mengaku beriman, kehidupan di dunia adalah perjalanan yang didalamnya berlangsung proses ujian untuk menentukan siapa yang lebih baik dan benar dalam menjalankan pengabdian kepada Tuhan. Sangat tidak etis dan bijak kalau ada yang ribut-ribut dan mengaku-ngaku lebih daripada orang lain, padahal lembaran kerja belum diperiksa dan hasilnya belum diumumkan oleh yang maha mengetahui (Allah).Kalau aktivitas dakwah ternyata tidak membawa kemaslahatan kepada umat manusia, maka aktivitas tersebut harus dihentikan.  Saatnya para da’i melakukan evaluasi terhadap paradigma dakwah yang dikembangkan selama ini dan bagaimana capaiannya.  Hemat  penulis, para pengawal agama-agama dalam melaksanakan aktivitas dakwahnya semestinya diarahkan kepada prinsip berlomba-lomba dalam menghadirkan yang Haq dengan mengedepankan kemaslahatan umum umat manusia dan senantiasa membuka pintu dialog kepada siapa saja, sehingga tercipta kondisi saling tegur sapa di tengah-tengah perbedaan
PENGARUH ISLAM DALAM PENYELENGGARAAN PEMERINTAHAN KESULTANAN TERNATE Masfa Malan
AL-TADABBUR Vol 5, No 1 (2019): Al-Tadabbur
Publisher : IAIN TERNATE

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (156.009 KB)

Abstract

Kesultanan Ternate merupakan salah satu wilayah dari empat kesultanan yang berada di Moloku Kie Raha dan bahkan Indonesia yang masih tetap eksis dengan model pemerintahannya yang khas, yakni memadukan antara sistem pemerintahan (kesultanan) dengan nilai-nilai agama (Islam). Perpaduan antara agama (Islam) dan tradisi lokal dalam penyelenggaraan pemerintahan inilah yang kemudian mengantarkan kesultanan Ternate menjadi salah satu kerajaan besar yang disegani oleh kerajaan di Nusantara bahkan dunia. Dari sini ada ketertarikan penulis untuk melihat pengaruh nilai ke-Islaman dalam penyelenggaraan kesultanan Ternate, sehingga mampu mempertahankan eksistensinya hingga saat ini, dengan menggunakan pendekatan studi kepustakaan (library research). Kesultnan Ternate adalah sebuah Kerajaan yang terlahir dari solidaritas rakyat yang dalam teori Ibnu Khaldun disebut dengan Ashabiyah. Ashabiyah dikalangan rakyat Ternate ini telah terbentuk jauh sebelum masa kesultanan yang dikenal dengan momole.  Dan dari solidaritas tersebut kemudian berevolusi menjadi sebuah negara yang dilakukan dengan satu konsensus politik yang dikenal dengan konsensus foramadiahi yang kemudian melahirkan kerajaan Ternate. Ketika masuknya ajaran Islam ke Ternate dan mengalami akulturasi dengan kebudayaan Ternate, maka terjadi reformasi sistem pemerintahan yakni, perubahan gelar raja dari Kolano menjadi Sultan dan terdapat penambahan lembaga yang mengurus bidang keagamaan yang disebut dengan Bobato Akhirat. Selain itu, ada juga beberapa kebijakan yang mengatur tata kehidupan masyarakat yang bersumber dari ajaran Islam.
ISLAM DI SISILIA (Asal-usul, Kemajuan, Kemunduruan dan Kehancuran) MUSTAMIN GILING
AL-TADABBUR Vol 2, No 1 (2016): Al-Tadabbur
Publisher : IAIN TERNATE

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (183.894 KB)

Abstract

Salah satu faktor masuknya Islam ke Spanyol adalah  semangat da’wah di samping dipengaruhi oleh faktor materi yang secara universal berlaku waktu itu. Islam di Spanyol menjadi pusat peradaban Islam selama kurun waktu 700 tahun (711-1609M.). Hal ini menjadi arti yang sangat strategis bagi perkembangan IPTEK dan peradaban umat manusia secara keseluruhan. Namun kemajuan dan perkembangan peradaban terutama di bidang filsafat, sains dan teknologi, ternyata tidak bersinergi  dengan perkembangan kemajuan da’wah yang berorientasi  idiologis bagi penduduk setempat. Akibatnya Islam di Spanyol tidak melahirkan tokoh-tokoh putra daerah yang dapat meneruskan dan melestarikan Islam dalam aspek idiologis.  Akibatnya secara politik dan psikologis melemahkan  kekuatan Islam, dan membuka peluang penguasa Kristen mengambil alih kekuasaan di daerah tersebut, penyebabnya atl., konflik Islam vs Kristen, tidak adanya idiologi pemersatu, diperparah sulitnya ekonomi.  Endingnya bahwa penguasa Kristen mengambil alih kekuasan di Spanyol.  Menjadi sejarah yang pahit bagi umat Islam Spanyol, hanya satu opsi politik: memeluk agama Krsiten atau memilih keluar di daerah Spanyol.
KISAH ABU LAHAB DAN SEBAB TURUNNYA Q.S Al-LAHAB AYAT 1-5 Sunarti Ahuang; Nurjannah M.PdI
AL-TADABBUR Vol 4, No 2 (2018): Al-Tadabbur
Publisher : IAIN TERNATE

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (91.154 KB)

Abstract

Abu Lahab adalah keturunan dari suku Quraisy yang memusuhi, menentang dan menghalang-halangi perjuangan dakwah Rasulullah SAW dalam menegakkan agama  Islam  di  Makah.  Abu  Lahab  memiliki  nasab  yang  mulia.  Seorang Quraisy.   Paman   dari   manusia   terbaik   dan   rasul   yang   paling   utama, Muhammad. Memiliki kedudukan di tengah kaumnya. Memiliki paras yang rupawan. Namun semuanya tidak ada artinya tanpa keimanan. Allah hinakan dia  dengan  mencatatnya  sebagai  seorang  yang  celaka.  Dan  dibaca  oleh manusia hingga hari kiamat dalam surat al-Lahab. Surat al-Lahab mengandung tema utama: kebinasaan bagi Abu Lahab dan tema pokok: balasan bagi Abu Lahab berupa kebinasaan, tidak bermanfaat baginya sesuatu yang dibanggakannya, dimasukkan kedalam neraka beserta istri dan kondisi istri Abu Lahab di Neraka. Tujuan umum surat al-Lahab adalah ajakan kepada tauhid dan akhlak yang mulia, sementara tujuan khususnya adalah gambaran bagi orang yang memusuhi ajaran Allah dan RasulNya akan mendapat balasan berupa kebinasaan.
Perdebatan Aspek-Aspek Ketuhan dalam Teologi dan Kaitannya dengan Kalimat Tauhid Hamza Giling
AL-TADABBUR Vol 2, No 1 (2016): Al-Tadabbur
Publisher : IAIN TERNATE

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (393.278 KB)

Abstract

Tauhid adalah suatu ilmu yang membahas tentang wujud Allah, tentang sifat-sifat yang wajib tetap pada-Nya, sifat-sifat yang boleh disifatkan kepada-Nya dan tentang sifat-sifat yang sama sekali wajib dilenyapkan dari pada-Nya;  juga membahas tentang para rasul Allah, meyakinkan kerasulan mereka, meyakinkan apa yang wajib ada pada diri mereka, apa yang boleh dihubungkan (nisbah) kepada diri mereka dan apa yang terlarang menghubungkannya kepada diri mereka. Dalam teologi Islam, tentang wujud Allah tidak menjadi persoalan tetapi penafsiran tentang sifat-sifat-Nya, kalam-Nya, intinya perdebatan lebih memfokuskan tentang sifat-sifat Allah, keadilan Tuhan, hubungan wahyu dan akal dan perbuatan manusia.  Menyangkut tentang kontroversi, tulisan ini memfokuskan pembahasan tentang perdebatan tentang aspek-aspek ketuhanan dalam teologi dalam aliran Asy`ariyah dan Mu`tazilah, khusus pada tiga pokok permasalahan, yaitu tentang sifat Tuhan, keadilan Tuhan dan kekuasaan dan kehendak mutlak Tuhan.
PARIWISATA: ANTARA KEPENTINGAN EKONOMI DAN TUNTUTAN NILAI-NILAI ISLAM MUHARTO - -
AL-TADABBUR Vol 4, No 1 (2018): Al-Tadabbur
Publisher : IAIN TERNATE

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (98.122 KB)

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan kontribusi pariwisata terhadap perekonomian; 2) Menguraikan dampak negatif yang ditimbulkan oleh kegiatan pariwisata; 3) Mendeskripsikan pariwisata dari perspektif islam. Penelitian ini termasuk kualitatif deskriptif dengan pendekatan library research, yaitu melakukan analisis terhadap berbagai buku, laporan dan hasil penelitian yang dipublikasi dalam jurnal nasional dan internasional. Hasil penelitian menunjukan bahwa pariwisata merupakan industry yang memberikan dampak positif terhadap perekonomian. Namun menimbulkan dampak negative berupa kerusakan lingkungan dan perilaku yang bertentangan dengan nilai-nilai islam. Pariwisata syariah atau halal menjadi alternative model pariwisata yang dapat meminimalisasi terjadinya dampak negative. Wisata syariah atau wisata halal dapat menjadi alternatif dalam menangkap peluang bisnis dari pasar wisatawan muslim dan sekaligus dapat mengatasi berbagai dampak negatif yang ditimbulkan oleh kegiatan pariwisata

Page 1 of 10 | Total Record : 93