cover
Contact Name
Budi Hermawan
Contact Email
-
Phone
+6281703408296
Journal Mail Official
info@kdi.or.id
Editorial Address
Jl. Flamboyan 2 Blok B3 No. 26 Griya Sangiang Mas - Tangerang 15132
Location
Kab. tangerang,
Banten
INDONESIA
eCo-Buss
ISSN : 26224291     EISSN : 26224305     DOI : https://doi.org/10.32877/eb
Core Subject : Economy, Science,
Focus on the development of economic sciences especially ECommerce and Business, both scientific and practical review, so it is expected to become a scientific medium for the creation of integration between theoretical studies and practical studies for the development of economic science in various social aspects.
Articles 27 Documents
Search results for , issue "Vol. 4 No. 3 (2022): eCo-Buss" : 27 Documents clear
Analisis Struktur Modal, Profitabilitas dan Earning Per Share Terhadap Harga Saham Perusahaan di Bursa Efek Indonesia Jennifer Jennifer; Syahril Effendi
eCo-Buss Vol. 4 No. 3 (2022): eCo-Buss
Publisher : Komunitas Dosen Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32877/eb.v4i3.280

Abstract

Berinvestasi pada instrumen sekuritas saham, para pemodal memiliki harapan besar untuk mendapatkan keuntungan maksimal. Investor harus cerdas dan cermat menilai segala macam aspek dalam melihat tingkat return dan resiko yang ada sebelum memutuskan untuk berinvestasi pada surat berharga berupa saham. Tujuan dilakukannya riset penelitian untuk menguji pengaruh struktur modal, profitabilitas dan earning per share terhadap harga saham pada perusahaan manufaktur subsektor makanan dan minuman yang tercatat di BEI dengan batasan periode 2016-2020. Populasi pada penelitian berjumlah 26 perusahaan, sampel didapati menggunakan metode purposive sampling dan jumlah data yang memenuhi kiteria dan diangkat menjadi sampel berjumlah 11 perusahaan. Hasil riset Uji T menunjukan bahwa struktur modal berdampak positif terhadap harga saham dengan thitung 3,561 > ttabel 2.00758 dan nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,05, profitabilitas memiliki pengaruh positif terhadap harga saham dengan thitung 3,190 > ttabel 2.00758 dan nilai signifikansi sebesar 0,002 < 0,05 dan earning per share memiliki pengaruh positif terhadap harga saham dengan thitung 6,567 > ttabel 2.00758 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Kemudian, hasil riset uji F menunjukan bahwa struktur modal, profitabilitas dan EPS secara bersamaan memiliki pengaruh signifikan terhadap harga saham dengan hasil Fhitung 47,093 > Ftabel 2,79
Analisis ROA, ROE dan NPM Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Melinda Melinda; Hermaya Ompusunggu
eCo-Buss Vol. 4 No. 3 (2022): eCo-Buss
Publisher : Komunitas Dosen Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32877/eb.v4i3.281

Abstract

The motive in this research is to analyze and determine the effect of Return on Assets, Return on Equity and Net Profit Margin on stock prices in manufacturing companies listed on Indonesia Stock Exchange from 2016-2020. The population are consumer goods industrial companies listed on the BEI with 61 companies. The sampling technique is use purposive sampling and the criteria for sampling is 26 companies. This reseach get the data is from secondary data in the form of manufacturing company reports. Data collection techniques using financial report documentation from www.idx.co.id. The data obtained by SPPS version 25. The data analysis technique used descriptive statistical analysis, classical assumption test, multiple linear analysis and hypothesis. The results of the research show that the variables of return on assets, return on equity and net profit margin have an influence on stock prices. Furthermore, return on assets has a negative and significant effect on stock prices. Meanwhile, return on equity and net profit margin have a significant and positive impact on the shares of manufacturing companies in the consumer goods industry which are listed on Indonesia Stock Exchange during 2016-2020
Pengaruh Kualitas Produk, Saluran Distribusi dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT Bingas Manufacturing Trie Yulliyanie; Winda Evyanto
eCo-Buss Vol. 4 No. 3 (2022): eCo-Buss
Publisher : Komunitas Dosen Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32877/eb.v4i3.283

Abstract

Keputusan pembelian konsumen terhadap barang atau jasa dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti kualitas produk, saluran distribusi, dan promosi yang dilakukan perusahaan. Pelanggan akan selalu memperhatikan kualitas produk yang bagus, kemudahan dalam pendistribusian, dan adanya pemasaran promosi. Tujuan penelitian yakni memahami pengaruh kualitas produk, saluran distribusi, dan promosi terhadap keputusan pembelian pada PT Bingas Manufacturing. Sampel dalam penelitian adalah 128 responden. Analisis data penelitian ini diolah menggunakan program software SPSS versi 25. Berdasarkan hasil pengolahan SPSS menunjukkan kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai t hitung 7,094 Saluran distribusi tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai t hitung 1,685. Promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai t hitung 5,277. Hasil uji f mengindikasikan nilai f hitung sebesar 47,222 sehingga dapat disimpulkan kualitas produk, saluran distribusi dan promosi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian
Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan Penjualan Pribadi Terhadap Keputusan Pembelian Produk MaxTea Tarikk Pada PT Sinar Mitra Usaha Yuki Christina; Tiurniari Purba
eCo-Buss Vol. 4 No. 3 (2022): eCo-Buss
Publisher : Komunitas Dosen Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32877/eb.v4i3.289

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yakni akan mengetahui pengaruh citra merek, kualitas produk, dan penjualan pribadi terhadap keputusan pembelian produk MaxTea Tarikk pada PT Sinar Mitra Usaha baik secara parsial maupun secara simultan. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang membeli produk MaxTea Tarikk di PT Sinar Mitra Usaha dengan jumlah 170 konsumen. Jumlah sampel yang diambil untuk penelitian ini sebanyak 119 responden. Simple random sampling sebagai teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel. Dengan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data. Proses perhitungan menggunakan software SPSS versi 25. metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa citra merek mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk MaxTea Tarikk pada PT Sinar Mitra Usaha dengan nilai t hitung 2.241 > t tabel 1.981, kualitas produk juga mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk MaxTea Tarikk pada PT Sinar Mitra Usaha dengan nilai t hitung 4.072 > t tabel 1.981, dan penjualan pribadi mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk MaxTea Tarikk pada PT Sinar Mitra Usaha dengan nilai t hitung 2.676 > t tabel 1.981. Hasil penelitian juga membuktikan bahwa citra merek, kualitas produk dan penjualan pribadi secara simultan mempunyai pengaruh terhadap keputusan pembelian produk MaxTea Tarikk pada PT Sinar Mitra Usaha, dengan nilai f hitung 49.424 > f tabel 2.68
Analisis Faktor Internal dan Faktor Eksternal terhadap Harga Saham yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Britney Britney; Sunarto Wage
eCo-Buss Vol. 4 No. 3 (2022): eCo-Buss
Publisher : Komunitas Dosen Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32877/eb.v4i3.290

Abstract

Dari waktu ke waktu harga saham akan mengalami perubahan, yang artinya harga saham tidak selalu konsisten nilainya. Akan ada saat dimana nilainya akan melonjak dan dapat menurun sesuai dengan kapasitas baik permintaan maupun penawaran. Tujuan dilakukan penelitian ini ialah untuk mengetahui apakah harga saham dipengaruhi return on asset, debt to equity ratio, inflasi dan suku bunga. Data dalam penelitian ini ialah data sekunder berupa laporan keuangan. Populasi penelitian ini berjumlah 32 perusahaan manufaktur subsektor food and beverages yang ada di BEI selama periode tahun 2016-2020 dan sampel berjumlah 14 perusahaan yang terpilih dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian uji t menandakan bahwa secara parsial return on asset memberi pengaruh terhadap harga saham dimana nilai signifikansinya ialah 0,000 < 0,05, debt to equity ratio tidak memberi pengaruh terhadap harga saham dimana nilai signifikansinya ialah 0,821 > 0,05, inflasi tidak memberi pengaruh terhadap harga saham dimana nilai signifikansinya ialah 0,441 > 0,05, suku bunga tidak memberi pengaruh terhadap harga saham dimana nilai signifikansinya ialah 0,803 > 0,05 dan secara simultan return on asset, debt to equity ratio, inflasi, dan suku bunga secara bersamaan memberi pengaruh terhadap harga saham dengan nilai signifikansi yang menunjukkan nilai 0,000 < 0,05
Analisis pengaruh pertumbuhan penjualan dan rasio profitabilitas terhadap harga saham pada perusahaan di Bursa Efek Indonesia Vivi Widiyanti; Anggun Permata Husda
eCo-Buss Vol. 4 No. 3 (2022): eCo-Buss
Publisher : Komunitas Dosen Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32877/eb.v4i3.292

Abstract

This study was conducted with the aim to examine the effect of sales growth and profitability ratios on stock prices in real estate/property sector companies that listed in the Indonesia Stock Exchange for the period 2016 to 2020. The independent variable in this study are sales growth and profitability ratio using return on equity measurement, while the dependent variable in this study is stock price. The sampling technique that used in this study is purposive sampling technique where the population of companies in this study are 79 companies and 9 companies that have been selected as samples to be used in accordance with predetermined criteria. Data analysis in this study consisted of descriptive statistic, classic assumption test, multiple linear regression analysis and hypothesis test proceed by SPSS (Statistical Product and Service Solutions) Program Version 28. Based on the results of hypothesis test using t test showed that sales growth and return on equity has not a significant effect on stock price.Based on the result of hypothesis test using f test showed the significant value 0,305 > 0,05 so both of sales growth and return on equity have not a significant effect of stock price.
Pengaruh Lokasi, Variasi Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian pada PT Setia Jaya Batam Angelyn Angelyn; Nora Pitri Nainggolan
eCo-Buss Vol. 4 No. 3 (2022): eCo-Buss
Publisher : Komunitas Dosen Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32877/eb.v4i3.293

Abstract

Tujuan pada penelitian ini ialah untuk menganalisis pengaruh lokasi, variasi produk dan kualitas pelayanan yang secara masing-masing (parsial) maupun secara bersamaan (simultan) terhadap keputusan pembelian pada PT Setia Jaya Batam. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah Simple Random Sampling. Populasi pada penelitian ini ialah pelanggan PT Setia Jaya Batam dengan jumlah populasi sebanyak 150 Pelanggan. Dengan mengangkat sebanyak 109 responden sebagai sampel. Dan menggunakan bantuan software SPSS 25 untuk menghitung hasil uji. Hasil pada penelitian ini membuktikan bahwa secara parsial lokasi, variasi produk beserta kualitas pelayanan memliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian pada PT Setia Jaya Batam, dengan niali t hitung lokasi (X1) 2,232 > t tabel 1,983, variasi produk (X2) t hitung 3,134 > t tabel 1,983, kualitas pelayanan (X3) t hitung 2,859 > t tabel 1,983. Pada hasil penelitian ini juga membuktikan bahwa secara bersama-sama (simultan) lokasi, variasi produk dan kualitas pelayanan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian pada PT Setia Jaya Batam.
Pengaruh Disiplin Kerja dan Komunikasi Terhadap Kinerja Karyawan PT Sat Nusapersada Tbk Meliani Meliani; Mauli Siagian
eCo-Buss Vol. 4 No. 3 (2022): eCo-Buss
Publisher : Komunitas Dosen Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32877/eb.v4i3.294

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh disiplin kerja, komunikasi terhadap kinerja karyawan pada PT Sat Nusapersada Tbk baik secara parsial maupun secara simultan. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan dengan posisi operator di departemen SMT dengan jumlah 245 karyawan. Jumlah sampel yang diambil untuk penelitian ini sebanyak 152 responden. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan cara teknik sampel jenuh. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan kuesioner. Data ini diolah mengginakan software SPSS versi 25. metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa disiplin kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada PT Sat Nusapersada Tbk dengan nilai t hitung 2.460 > t tabel 1.97601, dan komunikasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada PT Sat Nusapersada Tbk dengan nilai t hitung 4.647 > t tabel 1.97601. Hasil penelitian juga membuktikan disiplin kerja dan komunikasi secara simultan berpengaruh terhadap kinerja karyawan pada PT Sat Nusapersada Tbk, dengan nilai f hitung 20.007 > f tabel 3.06
Pengaruh Motivasi Kerja dan Kompensasi Terhadap Produktivitas Karyawan PT Sat Nusapersada Tbk Sherlyn Vellisya Shandra; David Humala Sitorus
eCo-Buss Vol. 4 No. 3 (2022): eCo-Buss
Publisher : Komunitas Dosen Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32877/eb.v4i3.295

Abstract

Perusahaan menginginkan sumber daya manusia atau organisasi yang memiliki produktivitas yang optimal. Sumber daya manusia yang baik dan optimal akan secara langsung berdampak kepada kesuksesan perusahaan dalam meraih tujuan perusahaan. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui secara spesifik mengenai motivasi kerja dan kompensasi terhadap produktivitas PT Sat Nusapersada Tbk. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah non probability sampling dengan metode analisis kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 155 responden dari PT Sat Nusapersada Tbk dan data yang dikumpulkan dengan cara penyebaran kuesioner. Penelitian in menggunakan SPSS versi 25 untuk mengolah data dan menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi kerja dan kompensasi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap variabel produktivitas kerja. Dapat juga dibuktikan dengan hasil koefisien determinasi sebesar 0,648 atau 64,8% yang berarti kuatnya peranan dari motivasi kerja dan kompensasi terhadap produktivitas karyawan PT Sat Nusapersada Tbk. Sedangkan sisanya 35,2% pengaruhnya terhadap variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Dengan adanya motivasi kerja yang tinggi harus dievaluasi guna meningkatkan produktivitas kerja begitu juga dengan memperhatikan besarnya kompensasi yang diberikan serta apresiasi kompetensi karyawan dalam meningkatkan produktivitas karyawan yang akan membantu perusahaan dalam mencapai tujuannya. Oleh karena itu, peneliti berharap untuk penelitian lebih lanjut diharapkan meneliti faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi produktivitas karyawan yang belum diteliti dalam penelitian ini
Analisis Rasio Keuangan dan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Yang Terdaftar di BEI angelina chrisnawati; Khadijah Khadijah
eCo-Buss Vol. 4 No. 3 (2022): eCo-Buss
Publisher : Komunitas Dosen Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32877/eb.v4i3.296

Abstract

This research aims to test whether the effect of profitability, solvency, and corporate social responsibility on the firm value on energy subsector companies listed on the Indonesia Stock Exchange (IDX) for the period 2016 - 2020. The population in the study was 67 companies. The selected research sample with purposive sampling consisted of 8 companies. Based on the results of the t test which showed that partially profitability has a positive and significant influence on the value of the company with (6,035) > 2,028), solvency has a positive and significant influence on the value of the company with (-3,384) > (2,028), and Corporate Social Responsibility has a positive and significant influence on the value of the company with (5,182) > (2,028). Based on f test results or simultaneously showed that profitability, solvency, and corporate social responsibility had a positive and significant influence on the value of the company, with (33,690) > (2,866). The value of R Square (square R) in this study is 0.737, this shows that the variables of profitability, solvency, and CSR to the company's value are 73.7% while the remaining 26.3% is influenced by other variables outside the study.

Page 1 of 3 | Total Record : 27