cover
Contact Name
Lativa Qurrotaini
Contact Email
qurrota29@umj.ac.id
Phone
+6285646497123
Journal Mail Official
holostika@umj.ac.id
Editorial Address
Gedung Fakultas Ilmu Pendidikann UMJ Jl. KH Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Holistika : Jurnal Ilmiah PGSD
ISSN : 25796151     EISSN : 26148242     DOI : https://doi.org/10.24853
Core Subject : Education,
Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta adalah jurnal nasional berbasis penelitian ilmiah, secara rutin diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta sejak 2017 (versi cetak), dan mulai dionlinekan pada tahun 2018.
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 2 (2023)" : 12 Documents clear
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATERI KEKAYAAN BUDAYA INDONESIA MELALUI PROBLEM BASED LEARNING Ayu Dita Maharani; Vinencia Ika Indralin; Siti Dewi Maharani
Jurnal Holistika Vol 7, No 2 (2023)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/holistika.7.2.138-137

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model PBL untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi kekayaan budaya Indonesia di kelas IV.B SD Negeri 112 Palembang. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 3 siklus. Penelitian ini menggunakan empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar peerta didik mneingkat. Hal ini dapat dibuktikan dari ketuntasan hasil belajar peserta didik. dimulai pada siklus I terdapat ketuntasan hasil belajarpeserta didik 51,85%. Pada siklus II ketuntasan hasil belajara peserta didik  naik menjadi 66,66%. Dan pada siklus III ketuntasan hasil belajar peserta didik naik menjadi 85,18%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model problem based learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV.B SD Negeri 112 Palembang tentang materi kekayaan budaya Indonesia.Kata kunci: Model problem based learning, Hasil Belajar, Kekayaan budaya Indonesia
PENGEMBANGAN MEDIA POP UP BOOK MATERI SIKLUS HIDUP HEWAN KELAS IV DI MI HAMKA MUHAMMADIYAH KALIBEBER WONOSOBO Novia Ayudya Anggraeny; Sholehuddin Sholehuddin
Jurnal Holistika Vol 7, No 2 (2023)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/holistika.7.2.171-177

Abstract

The development of Pop Up Book media for animal life cycle material for class IV at MI Hamka Muhammadiyah Kalibeber, Mojotengah, Wonosobo is a research that is motivated by the limited learning media used by educators during the learning process and the lack of focus of students in participating in learning activities. The purpose of the research is to find out the development of pop up book media on the animal life cycle, and to assist educators in using learning media, so that students feel that learning is fun and not boring. The research method used is Research and Development (RnD) using the ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) model. This study used a population of 21 people, with a sample of 19 people. The data sources used in the development of this learning media are in the form of expert validation assessment instruments by linguists, material experts and media experts and student practicality questionnaires through two stages of trials consisting of small group trials and large group trials. The results of this study indicate that the validation test reaches a validity level of 98%, the material validation test reaches a validity level of 78%, and the media validation test reaches a validity level of 88%. The small group practicality test reached 92.8% and the large group practicality test reached 90%. Based on these results, the learning media can be used as learning media. The results of the research are expected to provide benefits to related parties as educators, students, and further researchers.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN "MAPENA" MAINAN PETA ANAK PADA PEMBELAJARAN IPS SD Lativa Qurrotaini; Diva Alisya Putri
Jurnal Holistika Vol 7, No 2 (2023)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/holistika.7.2.131-137

Abstract

Abstrak:  Mainan Peta Anak yang disingkat menjadi MAPENA merupakan media yang disesuaikan dengan Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, dan Indikator di Sekolah Dasar kelas IV terutama pada materi Peta Lingkungan dengan Skala Sederhana Media Pembelajaran yang dikembangkan berupa media evaluasi untuk membantu pemahaman peserta didik dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Adapun sumber data yang didapatkan melalui instrumen penelitian validasi ahli dan angket respon peserta didik. Kegiatan ini dilaksanakan di kelas IV MI Daarusshofa. Berdasarkan hasil analisis data dari produk dan penelitian didapatkan bahwa produk dapat dilakukan berdasarkan angket Validasi Ahli Materi sebesar  98,5%, Validasi Ahli Media sebesar 92%, serta media pembelajaran MAPENA mendapatkan penilaian respon peserta didik pada Uji Coba Kelompok Kecil Tahap I sebesar 94%, Uji Coba Kelompok Kecil Tahap II sebesar 84%, dan Uji Coba Kelompok Kecil Tahap III sebesar 89,1%.
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BUKU SAKU DIGITAL MODEL ADDIE MATERI PERISTIWA KEBANGSAAN MASA PENJAJAHAN INDONESIA Dede Sulastri; Tin Rustini; Agus Mulyana
Jurnal Holistika Vol 7, No 2 (2023)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/holistika.7.2.178-185

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan terhadap bahan ajar buku saku digital pada materi peristiwa kebangsaan masa penjajahan Indonesia. Hal ini dilatar belakangi oleh kurangnya bahan ajar yang mendukung proses belajar serta penanaman nilai karakter nasionalisme dan cinta tanah air kepada peserta didik. Penggunaan bahan ajar yang interaktif saat ini memiliki peran strategis sebagai upaya meningkatkan keterlibatan dan motivasi belajar peserta didik selama proses pembelajaran berlangsung, utamanya pada pembelajaran IPS. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk menghasilkan sebuah bahan ajar buku saku digital sebagai upaya penanaman karakter nasionalisme dan cinta tanah air di kelas V SD. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode campuran (mix method) dengan model desain ADDIE (Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi). Partisipan yang terlibat dalam penelitian ini diantaranya validator ahli materi, validator media, validator ahli pembelajaran, guru dan siswa  kelas V di SDN Brawijaya dan SD Tipar Kota Sukabumi. Akumulasi hasil uji kelayakan dari validator menunjukan kategori “Sangat Layak”. Selanjutnya, hasil skor yang diperoleh dari angket guru dan peserta didik termasuk dalam kategori “Sangat Layak”. Berdasarkan hasil yang diperoleh, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa bahan ajar buku saku digital “Sangat Layak” digunakan di lapangan dalam membantu proses pembelajaran IPS khususnya di kelas V sekolah dasar.Kata Kunci :Bahan Ajar, Buku Saku Digital, Karakter Nasionalisme dan Cinta Tanah Air, Siswa Sekolah Dasar.
IMPLEMENTASI MODEL PICTURE AND PICTURE DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENCERITAKAN KEMBALI DONGENG MELALUI TULISAN PADA SISWA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR (Penelitian Kualitatif pada Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar Laboratorium UPI Cibiru) Rachmi Nursifa Yahya; Dede Margo Irianto
Jurnal Holistika Vol 7, No 2 (2023)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/holistika.7.2.113-123

Abstract

 Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan menulis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menilai kemampuan siswa kelas IV SD Laboratorium UPI Cibiru dalam menceritakan kembali dongeng secara tulisan. Penilaian akan mencakup berbagai aspek, antara lain pemilihan kata, isi cerita, koherensi logika, kepatuhan pada kaidah penulisan EYD, jumlah kalimat, ketepatan penggunaan huruf kapital, dan kesesuaian unsur intrinsik. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kuantitatif. Penelitian ini melibatkan sampel 19 siswa kelas IV Laboratorium SD Al-Batani UPI Cibiru. Data penelitian diperoleh melalui penggunaan metodologi tes penugasan. Adapun data diperoleh dari analisis data kuantitatif dan kualitatif dimana skor rata-rata siswa dihitung, dan skor kriteria penguasaan individu dan klasikal pun dianalisis. Hasil temuan menunjukkan bahwa siswa kelas IV SD Laboratorium UPI Cibiru menunjukkan kecakapan dalam menceritakan kembali dongeng secara tertulis dengan bantuan model picture and picture. Secara spesifik, 79% siswa berhasil memiliki nilai di atas 75, dan perolehan skor ketuntasan klasikal adalah 78,95%.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DIORAMA PADA MATERI UPAYA PELESTARIAN LINGKUNGAN UNTUK PESERTA DIDIK DI SDN PAGINTUNGAN Siti Mayuni; Nana Hendracipta; Syachruroji Ahmad
Jurnal Holistika Vol 7, No 2 (2023)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/holistika.7.2.147-154

Abstract

This  research  aims  to  find  out  how  to  develop  diorama  learning  media  on environmental preservation material for class V students at SDN Pagintungan, to find  out  the  feasibility  of  the  diorama  learning  media  that  researchers  have developed,  and  to  find  out  students'  responses  to  diorama  learning  media.  This research was conducted at Pagintung Elementary School with 20 class V students as research subjects. This type of research refers to the Borg & Gall development model  which  was  then  modified  by  Sugiyono  which  consists  of  7  stages,  namely problem  analysis,  data  collection,  product  design,  design  validation,  design revision,  product  testing  and  final  results.  The  instruments  used  are questionnaires for product validation by a team of experts (media, materials and educators) and student response questionnaire sheets. Based on data analysis, it can be concluded that the diorama learning media for training understanding of material  on  environmental  conservation  efforts  for  class  V  students  at  SDN Pagintungan that has been developed is in the Very Appropriate category with a percentage  of  91.3%  from  media  experts,  the  Very  Appropriate  category  with  a percentage of 99.3% from material experts and the Very Eligible category with a percentage  of  95%  from  expert  educators.  The  students'  response  to  diorama learning  media  in  the  trial  with  20  respondents  was  93%  included  in  the  Very Good category
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI WAKTU KELAS III MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING Aulia Salsabila; Siti Dewi Maharani; Vinencia Ika Indralin
Jurnal Holistika Vol 7, No 2 (2023)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/holistika.7.2.186-193

Abstract

Pembelajaran yang konvensional membuat peserta didik tidak bersemangat dalam belajar,terlebih lagi pada saat mempelajari matematika. Hal ini tentu berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik. Pada penelitian ini peserta didik kelas III.B SD Negeri 112 Palembang yang terdiri dari 25 orang belum memahami materi waktu terkhusus menentukan waktu dan menghitung lama suatu kegiatan.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi waktu dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas kolaborasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Based Leraning dapat menigkatkan hasil belajar peserta didik pada materi waktu. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar pra siklus dengan rata-rata 40 meningkat menjadi 70 pada siklus I dan kembali meningkat menjadi 80 pada siklus II. Serta ketuntasan pada pra siklus sebesar 36% meningkat menjadi 64% di siklus I dan meningkat kembali pada siklus II dengan ketuntasan 88%.
PENGARUH PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN SISWA SEKOLAH DASAR Linda Astriani; Anggie Yulianti; Dendi Wijaya Saputra; Muhamad Sofian Hadi
Jurnal Holistika Vol 7, No 2 (2023)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/holistika.7.2.124-130

Abstract

This study aims to determine how much influence the Indonesian Realistic Mathematics Learning (PMRI) approach has on mathematical reasoning skills at SDN Pondok Labu 12 Pagi South Jakarta. The method used uses an experimental model. The sampling technique uses purposive sampling with an experimental class of 32 students and a control class of students The instrument used is an essay test of 10 questions. The average calculation results of reasoning ability include 6 indicators with a percentage of 51.3% of the experimental class using the Indonesian Realistic Mathematics Education (PMRI) approach and the control class with a conventional approach of 43.37%. Then obtained a posttest value of the experimental class of 91.25 while the control class was 74.719 with a percentage of comparison of 65% n-gain value and obtained a tcount test of 8.931 greater than ttable of 2.657 (tcount = 8.931 > ttable = 2.657). So the conclusion in this study is that classes with the use of the Indonesian Realistic Mathematics Education (PMRI) model are higher than classes that learn through conventional learning.
PERANCANGAN 3D PRINTED TACTILE PICTURE BOOKS UNTUK ANAK-ANAK TUNANETRA BERBASIS IoT Mahbubul Wathoni; Yasin Efendi; Nurbojatmiko Nurbojatmiko; Rabiatul Nurhasanah; Viesah Putra Alegra
Jurnal Holistika Vol 7, No 2 (2023)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/holistika.7.2.155-161

Abstract

The development of Information and Communication Technology at this time is very rapid along with the development of computer technology which continues to increase in a short time. The integration between the components of networked computers will be able to provide quality, reliable, fast and secure functions and features in accordance with the required system. Along with the trend of using network technology that still pays attention to strategic and economic aspects for users, networked computerized systems now have a tendency to develop into systems that save resources by reducing the use of hardware.Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi pada saat ini sangat pesat seiring dengan perkembangan teknologi komputer yang terus meningkat dalam waktu singkat. Integrasi yang dimiliki antar komponennya komputer terhubung dengan jaringan akan mampu menyediakan fungsi dan fitur berkualitas, handal, cepat dan aman sesuai dengan sistem yang dibutuhkan. Seiring dengan adanya trend penggunaan teknologi jaringan yang tetap memperhatikan aspek strategis dan ekonomis bagi pengguna, sistem terkomputerisasi terhubung jaringan kini ada kecenderungan untuk berkembang menjadi sistem yang menghemat sumber daya dengan mengurangi penggunaan perangkat keras
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN LUNAS (LUDO NATURAL SCIENCE) PADA MATERI HUBUNGAN ANTAR MAHLUK HIDUP DALAM EKOSISTEM UNTUK KELAS V SEKOLAH DASAR Siti Fatimah; Nyiayu Fahriza Fuadiah; Patricia H.M Lubis
Jurnal Holistika Vol 7, No 2 (2023)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/holistika.7.2.194-203

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk pengembangan media ludo natural science pada materi hubungan antar makhluk hidup dalam ekosistem yang valid, praktis dan efektif untuk kelas V sekolah dasar. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan R&D (research and development), dengan model pengembangan ADDIE yaitu analysis, design, development, implementation, and evaluation. Pengumpulan data dilakukan dengan angket, tes dan dokumentasi, Penelitian ini menghasilkan media lunas (ludo natural science) berbentuk konkret Teknik analisis data dilakukan dengan analisis kevalidan dengan menggunakan lembar angket validasi para ahli, analisis kepraktisan  dengan menggunakan lembar angket respon peserta didik,dan analisis keefektifan menggunkan tes siswa. Adapun hasil data pengembangan media lunas (ludo natural science) pada materi hubungan antar makhluk hidup dalam ekosistem yang dilakukan peneliti yang telah dikembangkan yaitu hasil kevalidan memperoleh nilai rata-rata sebesar 85,2%  kategori sangat valid. Hasil kepraktisan angket respon peserta didik memperoleh nilai rata-rata sebesar 85,2% kategori “sangat praktis” dan hasil keefektifan mendapatkan nilai rata-rata sebesar 86%. Berdasarkan hasil validasi, hasil kepraktisan dan hasil keefektifan disimpulkan bahwa media lunas (ludo natural science) ini layak digunakan dalam pembelajaran.  . Kata kunci: ADDIE, Efektif, Pembelajaran Tematik

Page 1 of 2 | Total Record : 12