cover
Contact Name
Ratri Isharyadi
Contact Email
arya_math@ymail.com
Phone
+6285278099389
Journal Mail Official
jurnalabsis@gmail.com
Editorial Address
Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pasir Pengaraian Jalan Tuanku Tambusai, Pasir Pengaraian, Rokan Hulu Riau, Indonesia
Location
Kab. rokan hulu,
Riau
INDONESIA
Jurnal Absis : Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
ISSN : 26554518     EISSN : 26548739     DOI : https://doi.org/10.30606/absis
Core Subject : Education,
Jurnal Absis adalah jurnal penelitian yang dikelola oleh program studi Pendidikan Matematika Universitas Pasir Pengaraian. Absis diambil dari istilah matematika yang merupakan jarak titik terhadap sumbu tegak. Jurnal Absis memuat artikel hasil penelitian atau kajian literatur dalam bidang pendidikan matematika dan matemtika. Jurnal absis terbit dua kali dalam satu tahun yaitu pada bulan April dan Oktober. Jurnal Absis diharapkan dapat menjadi tempat bagi peneliti pendidikan matematika atau matematika utamanya bagi dosen Pendidikan Matematika Universitas Pasir Pengaraian, dosen berbagai universitas, maupun guru untuk mempublikasikan artikel ilmiahnya. Jurnal Absis merupakan terbitan berkala yang dapat diakses secara terbuka oleh pembaca untuk mendukung tumbuh kembangnya ilmu pengetahuan, terutama dalam bidang Pendidikan matematika dan matematika.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 80 Documents
Implementasi Lesson Study untuk Menumbuhkan Keaktifan Belajar dan Kerjasama Mahasiswa Marfi Ario
Jurnal Absis: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika Vol. 1 No. 1 (2018): Jurnal Absis
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Pasir Pengaraian

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (321.604 KB) | DOI: 10.30606/absis.v1i1.3

Abstract

Tujuan pembelajaran terdiri dari tiga aspek, diantaranya yaitu aspek afektif. Penelitian ini bermaksud untuk menumbuhkan dua diantara sekian banyak kemampuan afektif yaitu kerjasama dan keaktifan belajar mahasiswa. Pembelajaran berkualitas dari seorang dosen dituntut untuk bisa mencapai tujuan tersebut. Untuk membentuk pembelajaran berkualitas, seorang dosen dapat berkolaborasi dengan dosen yang lain. Atas dasar hal itu, penelitian ini dilaksanakan dengan menerapkan lesson study. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang menjelaskan implementasi lesson study dalam menumbuhkan kemampuan kerjasama dan keaktifan belajar mahasiswa. Lesson study dilaksanakan dalam dua siklus dengan masing-masing terdiri dari tahap plan, do, see. Subyek penelitian adalah mahasiswa pendidikan matematika offering I Universitas Negeri Malang sebanyak 27 orang. Data yang dikumpulkan adalah data tentang kerjasama dan keaktifan belajar mahasiswa. Data dikumpulkan melalui observasi, diskusi, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menghitung skor kerjasama dan keaktifan belajar mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan lesson study berjalan dengan baik dan mahasiswa memiliki kemampuan kerjasama dan keaktifan belajar yang sebagian besar masuk pada kategori sangat baik
Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa Berbasis Model-Model Pembelajaran Kooperatif Pada Perkuliahan Persamaan Diferensial Elementer Lisa Dwi Afri
Jurnal Absis: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika Vol. 1 No. 1 (2018): Jurnal Absis
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Pasir Pengaraian

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1242.235 KB) | DOI: 10.30606/absis.v1i1.5

Abstract

Persamaan Diferensial Elementer (PDE) merupakan salah satu mata kuliah wajib pada program studi Pendidikan Matematika Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sumatera Utara Medan. Dalam rangka mewujudkan pembelajaran students centered untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan dari perkuliahan PDE, diperlukan suatu bahan ajar yang memberikan pengalaman belajar bermakna kepada mahasiswa dalam memahami konsep dan memecahkan masalah. Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) merupakan suatu bahan ajar yang dapat diterapkan pada perkuliahan PDE. Pengembangan LKM berbasis model-model pembelajaran kooperatif ini merupakan salah satu sarana yang dapat digunakan dosen untuk mengajak mahasiswa aktif dalam memahami konsep dan memecahkan masalah dengan kegiatan-kegiatan yang telah dirancang didalamnya. Selain itu, dengan penerapan model-model pembelajaran yang berbeda setiap pertemuannya membangun suasana pembelajaran yang tidak monoton dan ini berdampak pada motivasi belajar mahasiswa. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan. LKM dikembangkan dengan tahapan (1) Analisis silabus, Rencana Program Semester (RPS), buku sumber serta model pembelajaran kooperatif; (2) merancang LKM; (3) validasi LKM; (4) seminar; (5) implementasi; dan (6) evaluasi dan finalisasi LKM. Berdasarkan hasil penyebaran angket praktikalitas kepada mahasiswa yang terlibat dalam tahap implementasi, diperoleh nilai praktikalitas sebesar 89,42% artinya LKM yang dirancang termasuk kategori sangat praktis.
Persepsi Mahasiswa Pendidikan Matematika Tentang Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pasir Pengaraian Hera Deswita
Jurnal Absis: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika Vol. 1 No. 1 (2018): Jurnal Absis
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Pasir Pengaraian

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (852.65 KB) | DOI: 10.30606/absis.v1i1.8

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah yang bertujuan untuk mempraktikkan teori mengajar dan mempelajari informasi riil yang terjadi di sekolah. Pelaksanaan program ini perlu dievaluasi agar dikemudian hari dapat dilaksanakan lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi mahasiswa matematika tentang pelaksanaan PPL pada tahun akademik 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Data diperoleh melalui penyebaran angket kepada mahasiswa matematika yang telah selesai melaksanakan PPL. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dipaparkan dapat disimpulkan bahwa penilaian mahasiswa berbeda-beda tentang pelaksanaan PPL dari berbagai komponen. Sebagian besar mahasiswa merasa siap untuk melaksanakan PPL. Kondisi sarana dan prasarana di sekolah mitra bervariasi: ada yang tersedia dan ada yang yang tidak tersedia. Kinerja Guru pamong dan dosen pembimbing sebagian besar sudah terlaksana dengan baik meskipun terdapat beberapa kinerja yang belum dilaksanakan. Pelaksanaan dan proses evaluasi yang dilakukan guru pamong berjalan dengan baik
Analisis Kesalahan Mahasiswa Teknik Elektro dalam Menyelesaikan Soal Matematika I Riska Novia Sari
Jurnal Absis: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika Vol. 1 No. 1 (2018): Jurnal Absis
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Pasir Pengaraian

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2382.826 KB) | DOI: 10.30606/absis.v1i1.9

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesalahan yang dilakukan oleh mahasiswa Program Studi Teknik Elektro dalam menyelesaikan soal matematika I pada materi sistem bilangan riil. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Adapun subjek penelitian yaitu mahasiswa Program Studi Teknik Elektro semester I yang berjumlah 27 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa tes uraian dengan jumlah 8 soal. Jawaban mahasiswa kemudian dianalisis dan dihitung persentase kesalahan-kesalahan yang dilakukan diantaranya yaitu kesalahan konsep, kesalahan perhitungan dan kesalahan prosedur. Hasil penelitian diperoleh bahwa 1) persentase kesalahan konsep yang dilakukan mahasiswa sebesar 18,38%, 2) persentase kesalahan perhitungan yakni sebesar 23,62%, dan 3) persentase kesalahan prosedur yaitu sebesar 11,10%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kesalahan yang paling dominan dilakukan oleh mahasiswa dalam menyelesaikan soal matematika I pada materi sistem bilangan riil yaitu kesalahan perhitungan.
Profil Pemahaman Mahasiswa Pendidikan Matematika FKIP UPP Tentang Konsep Dasar Persamaan Diferensial Biasa Lusi Eka Afri
Jurnal Absis: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika Vol. 1 No. 1 (2018): Jurnal Absis
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Pasir Pengaraian

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1623.504 KB) | DOI: 10.30606/absis.v1i1.15

Abstract

Persamaan diferensial biasa adalah subjek utama bagi mahasiswa untuk berpikir dalam bentuk implementasi matematika melalui kontekstual untuk memecahkan fenomena dalam masalah kehidupan nyata. Dalam proses belajar persamaan diferensial biasa sulit bagi sebagian mahasiswa. Hal ini disebabkan oleh persamaan diferensial biasa yang melibatkan derivatif, fungsi, dan konsep integral. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Hal ini bertujuan untuk menggambarkan pemahaman siswa pada konsep dasar persamaan diferensial biasa. Subjek penelitian ini adalah 21 siswa semester V pendidikan matematika Universitas Pasir Pengaraian. Data dikumpulkan melalui tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguasaan terhadap pemahaman konsep dasar persamaan diferensial biasa siswa adalah rendah sebesar 51,19%. Sebagian besar mahasiswa memiliki pemahaman yang rendah dalam hal konsep derivatif dan integral terutama pada fungsi logaritma alami, trigonometri, dan kelalaian faktor akurasi dalam menyelesaikan persamaan diferensial.
Aktivitas Kerjasama (Collaboration) Mahasiswa dalam Pembelajaran Kooperatif Make a Match Melalui Implementasi Lesson Study Annajmi Annajmi
Jurnal Absis: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika Vol. 1 No. 1 (2018): Jurnal Absis
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Pasir Pengaraian

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (8036.664 KB) | DOI: 10.30606/absis.v1i1.16

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui aktivitas kerjasama mahasiswa dalam pembelajaran kooperatif make a match melalui kegiatan lesson study. Kegiatan Lesson Study (LS) ini dilaksanakan dalam dua siklus, yang terdiri dari tiga tahapan yaitu tahap plan (perencanaan), tahap do (pelaksanaan), tahap see (refleksi). Subjek penelitian ini adalah mahasiswa offering C angkatan 2018 Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Negeri Malang. Data penelitian dikumpulkan menggunakan lembar observasi, rekaman video, dan hasil pekerjaan mahasiswa yang berupa lembar kerja mahasiswa. Hasil penelitian aktivitas kerjasama mahasiswa juga menunjukkan adanya aktivitas yang tidak mendukung proses pembelajaran kooperatif make a match, dimana adanya mahasiswa yang berdiskusi hal hal lain dalam kelompoknya, mahasiswa yang berdiskusi dengan kelompok lain, adanya mahasiswa yang mendominasi dalam diskusi kelompok, dan adanya mahasiswa yang belajar secara individu dalam kelompok, mahasiswa membuang waktu diskusi dengan saling bercanda dan tidak adanya pembagian tugas yang baik. Hasil kegiatan lesson study yang menunjukkan aktivitas kerjasama mahasiswa yang mendukung proses pembelajaran kooperatif make a match, dimana adanya antusiasme mahasiswa dalam bekerja sama, mahasiswa fokus berdiskusi dengan kelompoknya sendiri, dominasi mahasiswa dalam kelompok menurun, mahasiswa saling membantu teman dalam satu kelompoknya dan mahasiswa memanfaatkan waktu dengan baik. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa aktivitas kerjasama mahasiswa dalam pembelajaran kooperatif make a match dapat dibantu dengan memberikan perhatian khusus kepada mahasiswa tertentu memberikan tugas untuk mampu dalam melakukan pemecahan masalah matematis, penjelasan prosedur dalam pembentukan kelompok, prosedur dalam berdiskusi, pemanfaatan media, memberikan tugas dalam diskusi yang lebih banyak dari waktu yang tersedia.
Analisis Pemahaman Mahasiswa Terhadap Teorema dan Sifat-Sifat Aljabar Bilangan Real Annisa Safriani; Suherdi Suherdi; Sendi Andika; Ramadhani Ramadhani
Jurnal Absis: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika Vol. 1 No. 2 (2019): Jurnal Absis
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Pasir Pengaraian

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2836.353 KB) | DOI: 10.30606/absis.v1i2.88

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman mahasiswa terhadap teorema sifat-sifat aljabar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan Program Studi Pendidikan Matematika Semester 6A yang berjumlah sebanyak 37 orang mahasiswa. Instrumen dalam penelitian ini berupa tes sebanyak 3 butir soal. Sumber data yang dipergunakan dalam penelitian analisis ini yaitu hasil tes responden terkait pembuktian matematik dan sumber responden yang dipilih didasarkan pada kriteria yang dipenuhinya. Kemudian hasil penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa, pemahaman mahasiswa terhadap teorema dan sifat-sifat aljabar bilangan real dilihat dari segi aspek kesesuaian data memiliki persentase sebesar 60,20%, aspek prosedur yang tepat sebesar 45,33%, aspek kelengkapan data sebesar 52,76%, dan aspek kesimpulan akhir memiliki persentase sebesar 59,46.
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Siswa Kelas V SDN 50 Bengkalis Tahun Pelajaran 2018/2019 Layla Layla
Jurnal Absis: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika Vol. 1 No. 2 (2019): Jurnal Absis
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Pasir Pengaraian

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1002.922 KB) | DOI: 10.30606/absis.v1i2.89

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi pecahan siswa kelas V SDN 50 Bengkalis melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT). Bentuk penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Prosedur penelitian yang dilaksanakan di kelas tindakan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data aktivitas dan nilai siswa diperoleh dari lembar pengamatan melalui observasi dan ulangan harian. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan nilai rata-rata kelas, yaitu dari 58,57 pada data awal menjadi 77,32 pada siklus I dan 87,14 pada siklus II. Tingkat ketuntasan individu siswa juga mengalami peningkatan dari 28,57% menjadi 78,57% pada siklus I dan 92,86% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi pecahan siswa Kelas V SDN 50 Bengkalis Tahun Pelajaran 2018/2019
Profil Kemampuan Awal Matematis Mahasiswa Pendidikan Matematika Marfi Ario
Jurnal Absis: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika Vol. 1 No. 2 (2019): Jurnal Absis
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Pasir Pengaraian

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (877.925 KB) | DOI: 10.30606/absis.v1i2.90

Abstract

Salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan belajar mahasiswa adalah kemampuan awal matematis. Kemampuan awal matematis merupakan pengetahuan yang dimiliki mahasiswa sebelum memasuki perguruan tinggi, yaitu penguasaan materi matematika sekolah khususnya SMP dan SMA. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif untuk mengungkap kemampuan awal matematis mahasiswa. Sampel penelitian berjumlah 40 orang yang merupakan mahasiswa tahun pertama program studi pendidikan matematika. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes. Instrumen berupa soal isiang singkat tentang materi matematika SMP dan SMA. Data kemampuan awal dianalisis dengan statitik deskriptif yang disajikan dalam bentuk tabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan awal matematis mahasiswa pendidikan matematika sangat rendah dengan rata-rata penguasaan 19,55% dan seluruh mahasiswa memiliki penguasaan dibawah 50%.
Peningkatan Self Efficacy Matematis melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Berbasis Autograph Ramadhani Ramadhani; Eryanti Lisma
Jurnal Absis: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika Vol. 1 No. 2 (2019): Jurnal Absis
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Pasir Pengaraian

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (947.674 KB) | DOI: 10.30606/absis.v1i2.91

Abstract

Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah sudah memiliki lisensi Autograph. Namun, masih ada mahasiswa yang belum mengenal atau menggunakan software Autograph. Oleh karena itu, mahasiswa perlu diajarkan dengan software Autograph yang dapat mempermudah dalam proses belajar mengajar khususnya pada mata kuliah Geometri Analitik Bidang. Pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray (TSTS) merupakan salah satu pembelajaran yang menuntut mahasiswa lebih aktif. Dalam pembelajaran TSTS mahasiswa terdiri dari 2 orang yang tinggal di kelompoknya dan 2 menjadi tamu ke kelompok lain. Dengan pembelajaran kooperatif tipe TSTS berbasis Aoutograph dapat meningkatkan self efficacy matematis. Metode penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester III Pendidikan Matematika di Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah dan sampenya 30 orang mahasiswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket self efficacy matematis. Analisis dalam penelitian ini akan di analisis dengan uji t. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh nilai t hitung 3,479 lebih dan t tabel 2,003. Karena t hitung lebih besar dari t tabel, maka terdapat peningkatan self efficacy matematis dengan pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray berbasis Autograph.