cover
Contact Name
Khasanah
Contact Email
khasanahrcl.mtp@uia.ac.id
Phone
+6281382251059
Journal Mail Official
-
Editorial Address
Jl. Raya Jatiwaringin No.12, Lt. 3, Gedung Alawiyah, Jaticempaka, Pondokgede, Kota Bekasi, Jawa Barat 17411
Location
Kota bekasi,
Jawa barat
INDONESIA
Akademika Jurnal Teknologi Pendidikan
ISSN : 20894341     EISSN : 26559633     DOI : https://doi.org/10.34005/akademika
Core Subject : Science, Education,
Jurnal Akademika berfokus pada penerbitan artikel penelitian asli, meninjau artikel dari kontributor, dan isu-isu terkini yang terkait dengan pendidikan dan teknologi. Tujuan utama Akademika adalah menyediakan platform bagi para cendekiawan internasional akademisi, dan peneliti untuk berbagi pemikiran kontemporer di bidang pendidikan dan teknologi. Ini juga bertujuan untuk mempromosikan studi interdisipliner dalam pendidikan dan teknologi dengan demikian menjadi jurnal internasional terkemuka dalam pendidikan dan teknologi.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 6 No 01 (2017): Akademika : Jurnal Teknologi Pendidikan" : 7 Documents clear
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DAN KREATIVITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) Fahri Yasin; Teni Nurrita
Akademika : Jurnal Teknologi Pendidikan Vol 6 No 01 (2017): Akademika : Jurnal Teknologi Pendidikan
Publisher : Akademika : Jurnal Teknologi Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (70.194 KB) | DOI: 10.34005/akademika.v6i01.132

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti dan menganalisis tentang (1) perbedaanhasil belajar yang menggunakan model pembelajaran Project Base Learning dan modelpembelanjaran konvensial dengan kondisi siswa yang memiliki kreativitas tinggi danrendah. (2) pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan kreativitas belajar terhadaphasil belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi. Penelitian ini menggunakan metodeeksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas 4 SD Islam At TaubahJakarta Timur. Pengambilan sampel dengan cara random sampling, sehingga terpilih 48siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)Hasil belajar Teknologi Informasi danKomunikasi siswa yang diajar menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learninglebih tinggi daripada siswa yang diajar menggunakan Model Pembelajaran Konvensional.(2) Terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan kreativitas belajarterhadap hasil belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi. (3) Hasil belajar TeknologiInformasi dan Komunikasi siswa yang mempunyai kreativitas belajar tinggi lebih tinggi jikadiajar dengan Model Pembelajaran Project Based Learning dibandingkan diajar denganModel Pembelajaran Konvensionali, (4) Hasil belajar Teknologi Informasi dan Komunikasipada siswa yang mempunyai kreativitas belajar rendah yang, lebih rendah jika diajardengan Model Pembelajaran Project Based Learning dibandingkan diajar dengan ModelPembelajaran Konvensional.Kesimpulan penelitian ini adalah Model Pembelajaran ProjectBased Learning dapat meningkatkan hasil belajar Teknologi Informasi dan Komunikasiyang lebih tinggi pada siswa yang mempunyai kreativitas belajar tinggi
PENGARUH PENGGUNAAN METODE MIND MAPPING DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN SEJARAH Khasanah Khasanah; Sopiyullah Taopik Anggun
Akademika : Jurnal Teknologi Pendidikan Vol 6 No 01 (2017): Akademika : Jurnal Teknologi Pendidikan
Publisher : Akademika : Jurnal Teknologi Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (70.329 KB) | DOI: 10.34005/akademika.v6i01.133

Abstract

The effect of Mind mapping Methods and Critical Thinking SkillsLearning and Outcomes History Of StudentsInLearning History (experimental studies InClass X Senior High School 1 Wanayasa Purwakarta). The purpose of this research was todetermine the effect of mind mapping methods of learning, critical thinking skills, and theresult of learning the history of high school students. This study uses a 2x2 factorial designexperiment with a sample of 40 students conducted in Senior High School 1 Wanayasa..These results of the research show that; (1) the outcomes of students from groups that aretaught using mind mapping higher than students taught by lecture method, (2) there is noeffect of significant interaction between instructional method and critical thinking skills ofstudents in the teaching of history, (3) students have the ability to think critically high andare taught by the method of mind mapping higher learning outcomes than students taught bylecture method, (4) students who have the ability to think critically low and is taught bylecture method higher learning outcomes than students taught by using mind mapping.Thisresearch shows the successful use of instructional methods. Therefore, teachers areexpected to be: (1) enhance the creativity and understanding of learning methods toimprove and train the critical thinking skills of students in learning the history, (2) providestudents the opportunity to be creative in making a map of concepts that they canunderstand, (3) train students more vigorous, active, creative history teaching so thatstudents can think scientific, logical, critical, and may find the concept of learning materialindependently
HUBUNGAN ANTARA PERAN ORANG TUA DAN DISIPLIN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN Lisna Marwani
Akademika : Jurnal Teknologi Pendidikan Vol 6 No 01 (2017): Akademika : Jurnal Teknologi Pendidikan
Publisher : Akademika : Jurnal Teknologi Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (70.184 KB) | DOI: 10.34005/akademika.v6i01.134

Abstract

The objective of the research is tof find out the relationships between the roleparents and disciplines learning with learning outcomes in civicpancasila educationlearning at the SMPN Bekasi. The Study was designed as a survey seventy five students, thatwere randomly selected were involved in the study. Simple and double regression andcorrelation procedure were used in the data analysis.The results of the study pointed outthat : (1) there was a positive and significance relationship between the role parents withthe learning outcomes in civic pancasila education, (2) there was a positive andsignificance relationship between disciplines learning with the learning outcomes in civicpancasila education; (3) there was positive and significance relationship between the roleparents and disciplines learning with together the learning outcomes in civic Pancasilaeducation.Therefore , it could be concluded that the higher the role parents and learningdisiciplines the higher learning outcomes in civic Pancasila education
PENGGUNAAN CONGKLAK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS 2 PADA TOPIK PERKALIAN Reni Adriana; Niko Sudibjo
Akademika : Jurnal Teknologi Pendidikan Vol 6 No 01 (2017): Akademika : Jurnal Teknologi Pendidikan
Publisher : Akademika : Jurnal Teknologi Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (70.281 KB) | DOI: 10.34005/akademika.v6i01.135

Abstract

The purpose of this research is to analyze the improvement of conceptualunderstanding and motivation to learn of students of class 2 SD using traditional gamescongklak as learning media. This classroom action research was implemented in threecycles. The participants were six students of grade 2. The data were collected throughobservations, interviews, photos, tests, and rubrics. This study suggests that using congklakis effective in improving the student’sconceptualunderstanding and motivation to learn inlearning multiplication
PENGARUH MODEL STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA Astriana Baiti Sinaga; U. Suherman
Akademika : Jurnal Teknologi Pendidikan Vol 6 No 01 (2017): Akademika : Jurnal Teknologi Pendidikan
Publisher : Akademika : Jurnal Teknologi Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (70.309 KB) | DOI: 10.34005/akademika.v6i01.136

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji : 1. Perbedaan hasil belajar matematikaantara siswa yang memperoleh pendekatan pembelajaran dengan model Student TeamAchievement Divisions (STAD) dan siswa yang memperoleh pendekatan pembelajarandengan model konvensional, 2.Pengaruh interaksi antara siswa yang memperolehpendekatan pembelajaran dengan model Student Team Achievement Divisions (STAD) danberpikir kritis belajar terhadap hasil belajar matematik, 3. Perbedaan hasil belajarmatematika antara yang menggunakan model Student Team Achievement Divisions (STAD)dan yang menggunakan model konvensional, bagi siswa yan berpikir kritis tinggi 4.Perbedaan hasil belajar matematika yang menggunakan model Student Team AchievementDivisions (STAD) dan yang menggunakan model konvensional, bagi siswa yang berpikirkritis rendah. Penelitian ini menggunakan metode Ekperimen. Populasi targetnya adalahseluruh siswa kelas VIII MTsN Tanggeung Kabupaten Cianjur yang berjumlah 258 orang.Penarikan jumlah sampel dilakukan dengan cara sample random sampling yaituberdasarkan factorial grouf desaign, sehingga terpilih 40 orang. Pengujian hipotesisdilakukan pada taraf signifikansi = 0,05. Penelitian ini menghasilkan empat kesimpulanutama yaitu :1.Hasil belajar matematika yang menggunakan model Student TeamAchievement Divisions (STAD) lebih unggul dibandingkan dengan yang menggunakanmodel, 2. Terdapat interaksi antara model Student Team Achievement Divisions (STAD)dan berpikir kritis terhadap hasil belajar matematika, 3. Bagi siswa yang memiliki berpikirkritis tinggi lebih unggul hasil belajar matematikanya dengan menggunakan model StudentTeam Achievement Divisions (STAD) dari pada model konvensional 4.Bagi siswa yangmemiliki berpikir kritis rendah lebih unggul hasil belajar matematikanya denganmenggunakan model Student Team Achievement Divisions (STAD) dari pada modelkonvensional
PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DAN KECERDASAN INTERPERSONALTERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA INGGRIS Mulyadi NA; Ulfi Rahmi
Akademika : Jurnal Teknologi Pendidikan Vol 6 No 01 (2017): Akademika : Jurnal Teknologi Pendidikan
Publisher : Akademika : Jurnal Teknologi Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (70.271 KB) | DOI: 10.34005/akademika.v6i01.137

Abstract

Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaranterhadap keterampilan bahasa Inggris siswa, mengetahui pengaruh tingkat kecerdasaninterpersonal siswa terhadap keterampilan membaca bahasa Inggris siswa.Selanjutnya untukmengetahui pengaruh metode pembelajaran dan tingkat kecerdasan interpersonal secarabersama-sama terhadap keterampilan membaca bahasa Inggris siswa.Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Sampel berukuran 60 siswa yang terdiriatas 30 siswa kelas eksperimen dan 30 siswa kelas kontrol, dengan teknik sampling yangdigunakan yaitu cluster sampling.Pengujian hipotesis dengan uji ANOVA 2 arah.Hasil penelitianmenunjukkan :1) Terdapat pengaruh yang signifikan metode pembelajaran terhadapketerampilan membaca bahasa Inggris siswaJakarta International Islamic SecondarySchool. Hal tersebut dibuktikan dengan Sig.= 0,018< 0,05 dan nilai Fhitung = 5,964 2)Terdapat pengaruh yang signifikan tingkat kecerdasan interpersonal terhadap keterampilanmembaca bahasa Inggris siswa SMP Swasta Jakarta Selatan. Hal tersebut dibuktikandengan Sig. = 0,000 < 0,05 dan nilai Fhitung= 28,763 3) Terdapat pengaruh interaktif yangsignifikan metode pembelajaran dan kecerdasan interpersonal terhadap keterampilanmembaca bahasa Inggris siswa Jakarta International Islamic Secondary School. Haltersebut dibuktikan dengan Sig. = 0,00< 0,05danFhitung = 14,492.Upaya meningkatkanketerampilan membaca bahasa Inggris dapat dilakukan penerapannya melalui: metodepembelajaran PQRST, dan meningkatkan kecerdasan interpersonal siswa
MODEL PENDIDIKAN KARAKTER DI PESANTREN Toto Rahardjo
Akademika : Jurnal Teknologi Pendidikan Vol 6 No 01 (2017): Akademika : Jurnal Teknologi Pendidikan
Publisher : Akademika : Jurnal Teknologi Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (70.211 KB) | DOI: 10.34005/akademika.v6i01.138

Abstract

The goal of this research is to get description (qualitative description) ofCharacter education in a Peranstren; which is Modern Pesantren (dormitory) Al-Hassan,PondokGede, Bekasi. The focus of this research is Character Education Design atPesantren Al-Hassan, Pondok Gede, with the target of the 1st grade students of Junior HighSchool. The Methods of research conducted were qualitative, where all the data was takenby observation, interview, and documentation study.From the result , we can see thatcharacter education design at Pesantren Al-Hassan is carry out by making variousprograms and activities related to the students , for example: boy scout, sport, etc. Thanthey report routinely to their ustadz (teacher), who nurtures them generally or on a certainextent.This Research gives recommendation, in a form of conclusions and suggestions to thePesantren‘ssupervisorandstakeholderstomakethiseducationcharacterdesignthathasbeen running well, be balanced by good administration and management concept as well asa better management strategy, as an effort to maximize the process of reaching the goal andperspectives of the Pesantren toward the sudents

Page 1 of 1 | Total Record : 7