cover
Contact Name
Dede Salim Nahdi
Contact Email
salimnahdi15@gmail.com
Phone
+6285224977367
Journal Mail Official
educatio@unma.ac.id
Editorial Address
Gedung FKIP Universitas Majalengka Jl. KH. Abdul Halim No. 103 Majalengka 45418
Location
Kab. majalengka,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Educatio FKIP UNMA
Published by Universitas Majalengka
ISSN : 24599522     EISSN : 25486756     DOI : http://dx.doi.org/10.31949/je
Core Subject : Education,
Major issues in Teaching, Teaching Assesment , Learning Media, Development Subject of Education, and Management of Education.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 1 (2016)" : 5 Documents clear
EFEKTIFITAS METODE LATIHAN PIRAMID DAN PIRAMID TERBALIK TERHADAP PENINGKATAN HIPERTROFI OTOT DADA DAN KEKUATAN OTOT DADA PADA ATLET BINARAGA JAWA BARAT Sandra Arhesa
Jurnal Educatio Vol 2, No 1 (2016)
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31949/je.v2i1.1624

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi faktual mengenai pengaruh dan perbedaan antara metode latihan piramid dan piramid terbalik terhadap peningkatan hipertrofi otot dada dan kekuatan otot dada. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttest design. Populasi pada penelitian ini yaitu atlet binaraga Jawa Barat berjumlah 20 orang, teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purvosive sampling, sampel sebanyak 8 orang kemudian dibagi menjadi dua kelompok yaitu yang menggunakan metode latihan piramid sebanyak 4 orang dan piramid terbalik 4 orang. Waktu penelitian selama satu bulan setengah, jumlah latihan 16 kali pertemuan, dengan frekuensi latihan tiga kali seminggu di beberapa fitness center di Kota Bandung. Instrumen penelitian menggunakan meteran pita dan skinfold calliper untuk mengukur hipertropi otot dada dan tes bench press untuk mengukur kekuatan otot dada. Hasil temuan penelitian ini adalah (1)terdapat pengaruh yang signifikan metode latihan piramid terhadap peningkatanhipertrofi otot dada. (2) terdapat pengaruh yang signifikan metode latihan piramid terbalik terhadap peningkatan hipertrofi otot dada. (3) terdapat pengaruh yang signifikan metode latihan piramid terhadap peningkatan kekuatan otot dada. (4) terdapat pengaruh yang signifikan metode latihan piramid terbalik terhadap peningkatan kekuatan otot dada. (5) tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara metode latihan piramid dan piramid terbalik terhadap peningkatan hipertrofi otot dada dan kekuatan otot dada. Diharapkan kedepannya dilakukan penelitian untuk peningkatan hipertrofi otot dan kekuatan otot dengan metode latihan piramid dan piramid terbalik terhadap jenis otot yang lain serta penelitian lebih dari satu bulan setengah dengan sampel yanglebih banyak dan lebih terkontrol. 
MODEL PEMBELAJARAN SERVIS BAWAH BOLA VOLI UNTUK USIA SMP Rudi Rudi
Jurnal Educatio Vol 2, No 1 (2016)
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31949/je.v2i1.1620

Abstract

Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan model pembelajaran servis bawah bola voli untuk usia SMP. Selain itu, penelitian danpengembangan ini dilakukan untuk memperoleh informasi secara mendalam tentang pengembangan dan penerapan model servis bawah bola voli untuk usia sekolah menengah pertama dan mengetahui efektivitas, efisiensi serta daya tarik anak terhadap model yang  dibuat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan Research & Development (R&D) dari Borg and Gall. Subyek dalam penelitian dan pengembangan ini adalah siswa-siswi SMP yang terdiri dari 60 anak.  Instrumen yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah angket, kuisioner, serta instrumen test servis bola voli yang digunakan untuk mengumpulkan data servis bawah bola voli anak usia SMP, adapun tahapan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah, pada tahap: (1) analisis kebutuhan, (2) evaluasi ahli (evaluasi produk awal); (3) ujioba terbatas (ujicoba kelompok kecil); dan (4) ujicoba utama (field testing). Uji efektifitas model menggunakan tes servis bawah untuk mengetahui tingkat kemampuan servis bawah bola voli untuk usia SMP sebelum pemberian treatmen berupa model servis bawah yang dikembangkan dan untuk mengetahui tingkat kemampuan servis bawah setelah perlakuan atau treatmen model servis bawah yang dikembangkan, dari tes awal yang dilakukan diperoleh tingkat servis bawah siswa sebesar 3956, kemudian setelah diberikan perlakuan berupa model servis bawah diperoleh tingkat kemampuan servis bawah  siswa sebesar 5572. Maka model servis bawah bola voli ini efektif dalam meningkatkanpembelajaran servis bawah bola voli untuk usia sekolah menengah pertama. Berdasarkan hasil pengembangan dapat disimpulkan bahwa: (1) Dengan modelpembelajaran servis bawah bola voli untuk usia SMP dapat dikembangkan dan diterapkan dalam pembelajaran pendidikan jasmani di sekolah (2) Dengan model pembelajaran servis bawah. Servis bawah bola voli untuk usia SMP yang telah dikembangkan, diperoleh bukti adanya peningkatan ini di tunjukan pada hasil pengujian data hasil pretes dan posttest adanya perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah adanya perlakuan model. 
ANALISIS PEMAHAMAN MEMBACA MELALUI TEKNIK MEMBACA CEPAT Risma Khairun Nisya
Jurnal Educatio Vol 2, No 1 (2016)
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31949/je.v2i1.1621

Abstract

Membaca merupakan suatu aktivitas yang memerlukan konsentrasi tinggi untukmencapai pemahaman maksimal. Dalam penelitian ini penulis merumuskan masalah bagaimana kecepatan membaca mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan bagaimana hasil pemahaman terhadap bacaannya. Sebagai upaya untuk mencapai tujuan membaca, beragam teknik membaca dapat dilakukan. Salah satu teknik yang membutuhkan tingkat keterampilan lebih adalah teknik membaca cepat. Teknik tersebut menuntut tingkat kecepatan tertentu dalam membaca, tanpa menghilangkan tujuan utama membaca, yaitu memahami makna kata dalam bacaan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif serta teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui metode observasi, tes, dan pemahaman isi. Teknik pengolahan data menggunakan analisis uji beda.
USING BRITISH PARLIAMENTARY DEBATE STYLE IN IMPROVING STUDENTS’ SPEAKING SKILLS Eka Nurhidayat
Jurnal Educatio Vol 2, No 1 (2016)
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31949/je.v2i1.1622

Abstract

Debate is one of the methods which can be applied in class activity, especially in speaking class. It can improve the speaking ability of students by making group in discussion material given. The advantage of this method is doing together in learning activity, and demands students to give the strong arguments and also defend them. The use of British parliamentary debate style can improve students speaking skills and also requires students to express ideas in English. The aim of the research is to find out whether using British Parliamentary debate style can improve students’ speaking skills. The writer uses Classroom Action Research. The aim of Classroom Action Research is to improve the educational context i n which the research is being carried out by using new technique. The subject of the research is taken from students debating community of LP3I Course Center Kalitanjung Cirebon. In the end of the paper, the writer tries to analyze the data as the result from individual score, observation sheet, and interview. Besides that, the researcher observes students through some questioner. After those steps, finally the writer finds that the use of British parliamentary debate style can improve students’ speaking sk ills. 
THE EFFECTIVENESS OF ROLE PLAY STRATEGY IN TEACHING SPEAKING Yayah Nurhidayah
Jurnal Educatio Vol 2, No 1 (2016)
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31949/je.v2i1.1623

Abstract

The success of learning is much influenced by the extent to which the students are involved in teaching and learning process. Many students fail to reach the goal of the English teaching. They are not able to communicate with the language either orally or in written form although they have learned English for many years. It call to the lecturer to find the appropriate teaching strategy. The field of this research is teaching speaking. Furthermore, this research focuses only on the observing and analyzing data about applying Role - Play strategy in the speaking class; to find out the effectiveness of Role - Play strategy and to find out students' response toward applying this strategy. This research uses Classroom Action Research (CAR). The Classroom Action Research consists of four phases those are: Planning, Acting, Observing, and Reflecting. The subject of this research is PBI I - A students of English Department. In collecting the data, this research uses observation, questionnaire, and test. Based on the research findings, it can be said that using role play strategy is success since the criteria of success were achieved. The criterion of action success is 75% of students could achieve the target score. It can be concluded that Role - Play strategy is effective and students' response toward applying this strategy are good and enthusiasts. 

Page 1 of 1 | Total Record : 5