cover
Contact Name
Muzakir
Contact Email
muzakirwoyla@utu.ac.id
Phone
+6282165076974
Journal Mail Official
jbksm@utu.ac.id
Editorial Address
Jl. Alue Peunyareng, Ujong Tanoh Darat, Meureubo, Kabupaten Aceh Barat, Aceh 23681
Location
Kab. aceh barat,
Aceh
INDONESIA
Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen
Published by Universitas Teuku Umar
ISSN : 26142147     EISSN : 26571544     DOI : https://doi.org/10.35308/jbkan
Core Subject : Economy,
E-Jurnal Jurnal Bisnis dan Kajian Strategi Manajemen [E-ISSN 2657-1544] adalah jurnal ilmiah elektronik yang diterbitkan online enam bulan sekali. E-Jurnal Bisnis dan Kajian Strategi Manajemen bertujuan untuk meningkatkan kualitas SDM dan menyalurkan minat berbagi dan penyebaran ilmu pengetahuan bagi para sarjana, mahasiswa, praktisi, dan pengamat sains dalam Manajemen. E-Jurnal Bisnis dan Kajian Strategi Manajemen menerima hasil studi dan artikel penelitian yang belum dipublikasikan di media lain. E-Jurnal Bisnis dan Kajian Strategi Manajemen diterbitkan oleh Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Teuku Umar.
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 1 (2022): JURNAL BISNIS DAN KAJIAN STRATEGI MANAJEMENE" : 12 Documents clear
Pengaruh Soft Selling dalam Media Sosial Instagram dan Celebrity Endorse Terhadap Keputusan Pembelian Ina Syarifah
Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen Vol 6, No 1 (2022): JURNAL BISNIS DAN KAJIAN STRATEGI MANAJEMENE
Publisher : universitas teuku umar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35308/jbkan.v6i1.5247

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh soft selling dan celebrity endorse terhadap keputusan pembelian. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksplanatori. Sampel penelitian adal 100 orang yang mengikuti akun online shop dan public figure yang membuka jasa endorsment. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik non-probability sampling dengan jenis judgemental sampling. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 100 responden. Penelitian ini bersifat kuantitatif dan menggunakan alat analisis PLS (Partial Least Square). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa soft selling memiliki pengaruh positif signifikan terhadap celebrity endorse, soft selling memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, dan celebrity endorse berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.
Dampak Pemanfaatan Iklan Pada Aplikasi Online Cut Devi Maulidasari; Damrus Damrus; Tamitha Intassar Husen
Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen Vol 6, No 1 (2022): JURNAL BISNIS DAN KAJIAN STRATEGI MANAJEMENE
Publisher : universitas teuku umar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35308/jbkan.v6i1.5191

Abstract

AbstractThe rapid development of internet technology makes online media very feasible to be used as a means to spread various types of advertisements for products that people need. Online advertising can be found on social media such as Instagram, Twitter, Youtube, Websites, and others that are accessed using the internet. It is interesting to see how useful the impact of advertising in online media is. The theory used in this study is the advertising theory of Kotler and Keller, while the method used in this study is a qualitative research method. The results of this study indicate the impact of the usefulness of advertising in online media including; The cost is relatively cheap, can reach a wide market, estimate the time required, introduce products and companies to the wider community, and so on. Based on these results, of course, advertising promotion in online media has a fairly effective and beneficial impact on the promotion of a company's products.Keywords: Advertising, Online Media, Impact of Advertising, Benefits of Online Advertising
PENERAPAN STRATEGI MARKETING MIX TERHADAP PRODUK TEH BUTONG PADA PT PERKEBUNAN NUSANTARA IV UNIT TEH BAH BUTONG Rayatul Rehan Safitri; Alfian Anas
Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen Vol 6, No 1 (2022): JURNAL BISNIS DAN KAJIAN STRATEGI MANAJEMENE
Publisher : universitas teuku umar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35308/jbkan.v6i1.5404

Abstract

This study aims to discover the implementation of the 7P marketing mix strategy by PT Perkebunan Nusantara IV Unit Bah Butong which released a new product to enter the retail market in Indonesia. The product is a black tea with the brand name “Teh Butong”. The tea produced is categorized as powdered tea and teabags with premium and regular quality. This study uses qualitative methods with data collection using interviews and observation techniques of PTPN IV employees that are responsible for the teh Butong product. The results of the study showed the importance of implementing the 7P marketing mix strategy as an effective way to obtain the consumers. This study also explained how PTPN IV's efforts in maximizing the marketing activities of its new tea products by utilizing the 7P marketing mix strategy as an effort to increase sales to achieve the targets of the company.
The Social Media’s Effect on Student Consumption Behavior Hafizh Fitrianna
Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen Vol 6, No 1 (2022): JURNAL BISNIS DAN KAJIAN STRATEGI MANAJEMENE
Publisher : universitas teuku umar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35308/jbkan.v6i1.5364

Abstract

This study aims to see how social media affects students' lifestyles. The focus of this research is assessing the consumptive behavior of students with the presence of social media. There are two money variables that will be tested in this article, the independent variable is social media and the dependent variable is student consumptive behavior. This article uses the Pearson correlation method to process correlation data or the relationship between social media and student consumptive behavior. Collecting data using a survey method, namely by distributing questionnaires to 81 respondents. The selected respondents are students. The respondent's questionnaire data was tested for validity to determine the validity of the questionnaire data. The questionnaire data was also tested for reliability to determine its consistency. All respondent data was processed using SPSS version 22. The results of the validity test of all questionnaire data were declared valid with the r arithmetic value higher than r table. The results of the reliability test of all questionnaire data were declared reliable with an alpha value greater than r table. The results of the correlation test for variable X against Variable Y using Pearson correlation. The result is that there is no significant effect between social media on the consumptive behavior of students.
Meningkatkan Kinerja Organisasi pada Sektor Lembaga Pendidikan Tinggi: Analisis Multi Group Dengan PLS-SEM Zainal - Putra
Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen Vol 6, No 1 (2022): JURNAL BISNIS DAN KAJIAN STRATEGI MANAJEMENE
Publisher : universitas teuku umar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35308/jbkan.v6i1.4385

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk menguji pengaruh kepuasan mahasiswa dan kualitas pelayanan terhadap kinerja organisasi pada sektor lembaga pendidikan tinggi. Selain itu, juga menguji pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan mahasiswa. Responden penelitian ini sebanyak 331 mahasiswa pada satu perguruan tinggi di Provinsi Aceh. Pengujian hipotesis dilakukan dengan metode structural equation modeling menggunakan software SmartPLS 3.2.9. Untuk membandingkan analisis data berdasarkan karakteristik sampel dengan dua atau lebih data set, maka dilakukan analisis multi group. Kebaruan penelitian ini adalah pengujian kepuasan mahasiswa terhadap kinerja organisasi pada sektor lembaga pendidikan tinggi, di mana hal tersebut sangat jarang mendapat perhatian dari peneliti lainnya. Selain itu, untuk mendapatkan hasil yang maksimal, pengukuran kualitas pelayanan dilakukan dengan cara mengintegrasikan item-item pengukuran yang telah dikembangkan oleh dua peneliti sebelumnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan mahasiswa secara langsung berpengaruh positif terhadap kinerja organisasi. Kualitas pelayanan secara langsung berpengaruh positif terhadap kepuasan mahasiswa. Kualitas pelayanan secara langsung berpengaruh positif terhadap kinerja organisasi. Kualitas pelayanan secara tidak langsung berpengaruh positif terhadap kinerja organisasi melalui kepuasan mahasiswa. Hasil analisis multi group juga dibahas dalam penelitian ini.Kata Kunci: Kepuasan Mahasiswa, Kualitas Pelayanan, Kinerja Organisasi, PLS-SEM.
Pengaruh Keputusan Pendanaan, Tingkat Profitabilitas, dan Kebijakan Dividen Terhadap Return Saham Perusahaan Sektor Utilitas, Insfrastruktur, dan Transportasi. Nova Dwi Andriyanto
Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen Vol 6, No 1 (2022): JURNAL BISNIS DAN KAJIAN STRATEGI MANAJEMENE
Publisher : universitas teuku umar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35308/jbkan.v6i1.4499

Abstract

Return saham ialah salah satu pemicu dalam proses investasi, return saham sering kali dijadikan alat pengukuran yang dilakukan investor dalam melakukan perbandingan alternative investasi, hal ini dapat membantu investor guna mengetahui keberhasilan perusahaan sebelum melakukan investasi. Tujuan Penelitian adalah guna menelaah serta menganalisis secara empiris pengaruh Debt to Equity Ratio, Return On Assets, Dividend Payout Ratio terhadap Return saham. Data penelitian yang diambil pada perusahaan yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia pada kurun waktu 2015 sampai dengan 2020. Teknik penghimpunan sampel menggunakan metode purposive sampling, dimana hanya terdapat 9 perusahaan yang memenuhi kriteria dan dianalisis menggunakan uji asumsi klasik dan teknik analsis regresi linier berganda dengan bantuan software SPSS 2. Berdasarkan hasil uji asumsi klasik serta uji kelayakan model regresi yang dihasilkan layak serta dapat digunakan untuk analsisi selanjutnya.Hasil penelitian menunjukan bahwa Return On Assets berpengaruh positif dan signifikan sedangkan Debt to Equity Ratio, dan Dividend Payout Ratio tidak berpengaruh Return saham.Kata Kunci: Debt to equity ratio, Return On Assets, Dividend Payout Ratio, Return saham.
Pengaruh E-Commerce dan Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi dalam Pengambilan Keputusan untuk Berwirausaha Di Sektor Agro And Marine Industry (Studi Pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Teuku Umar) Azmir Gani; Ika Rahmadani; Sari Maulida Vonna; Linda Rahmazaniati; Rina Maulina
Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen Vol 6, No 1 (2022): JURNAL BISNIS DAN KAJIAN STRATEGI MANAJEMENE
Publisher : universitas teuku umar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35308/jbkan.v6i1.5127

Abstract

This research aims to examine the influence of e-commerce and the use of accounting information systems in decision making for entrepreneurship in the agro and marine industry sector in accounting students of Teuku Umar University. The population in this study is all active students of the Accounting Study Program class of 2017 and 2018, Faculty of Economics, Teuku Umar University who have taken courses in entrepreneurship and accounting information systems. The data analysis method used in this study is multiple linear regression analysis using SPSS and Microsoft Excel programs. Based on the results of research it is known that partially, e-commerce has a significant and positive influence on entrepreneurship decision making. The use of accounting information systems affects decision making. While simultaneously e-commerce and the use of accounting information systems have a significant effect on decision making for entrepreneurship
Indonesia's Honey Competition Strategy: A New Institutional Economics Analysis Muhamad Fauzi; Awang Saputra
Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen Vol 6, No 1 (2022): JURNAL BISNIS DAN KAJIAN STRATEGI MANAJEMENE
Publisher : universitas teuku umar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35308/jbkan.v6i1.4775

Abstract

Honey product is one type of product that provides many economic and health benefits so that it is in great demand by all citizens of the world, even animals. There is a gap between production and consumption globally so that every country competes to increase its production not only for domestic needs but also to meet world demand for honey products. There are still many honey producers whom individuals or families manage so that the volume produced is still minimal, either for own consumption or directly sold to consumers. To meet global honey needs, the interests of medium-large companies are essential but still empower honey producers or individual honey farmers. The study aims to maintain its commitment to quality and halalness and corporate analysis strategy following the new institutional economics approach.  This study uses descriptive qualitative research using literature studies. The study results found that the company is very committed to product quality assurance and halalness and implementing the company's strategy at level 4 as new institutional economics, namely economic order 3 with resource efficiency, the formation of marginal prices and structures, and business sustainability.
Hubungan Komitmen Afektif dan Kreatifitas Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah dalam Mempertahankan Bisnis Pasca Pandemi Nabila Hilmy Zhafira; Yusnaidi Yusnaidi; Chairiyaton Chairiyaton; Tamitha Intassar Husen
Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen Vol 6, No 1 (2022): JURNAL BISNIS DAN KAJIAN STRATEGI MANAJEMENE
Publisher : universitas teuku umar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35308/jbkan.v6i1.5391

Abstract

Pandemi yang menyerang sejak 2019 telah mengubah banyak aspek kehidupan, tidak terkecuali perekonomian masyarakat. Salah satu kategori masyarakat yang sangat terdampak ialah para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Butuh banyak upaya dalam beradaptasi dan memeprtahankan kegiatan bisnis di masa pandemi, salah satu upaya ialah dengan kerap melakukan inovasi dan kreativitas. Kreativitas dapat ditingkatkan jika sumber daya manusianya memiliki komitmen, khususnya komitmen afektif. Pada penelitian ini peneliti menganalisa pengaruh komitmen afektif terhadap kreativitas para pelaku UMKM sebagai upaya mempertahanakan kegiatan bisnisnya. Menggunakan metode kuantitatif dengan kuesioner yang disebarkan pada 34 orang pelaku UMKM di Gampong Peuniti, Banda Aceh, peneliti mendapatkan hasil bahwa komitmen afektif berpengaruh positif dan signifikan terhadap kreativitas. Namun hanya sebesar 15.8% variabel kreativitas dapat dijelaskan melalui komitmen afektif. Hal ini menunjukkan bahwa masih terdapat banyak variabel lainnya yang bisa digunakan oleh peneliti selanjutnya dalam menganalisa faktor yang mempengaruhi kreativitas SDM. Kata Kunci : Komitmen Afektif, Kreativitas, UMKM
Pengaruh Pergantian Manajemen, Financial Distress, dan Opini Audit Terhadap Auditor Switching (Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di BEI Tahun 2017-2019) Rizki Ridhasyah; Ikhsan Ikhsan; Nurma Gupita Dewi
Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen Vol 6, No 1 (2022): JURNAL BISNIS DAN KAJIAN STRATEGI MANAJEMENE
Publisher : universitas teuku umar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35308/jbkan.v6i1.5435

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pergantian manajemen, financial distress, dan opini audit terhadap auditor switching. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah auditor switching, sedangkan variabel independen yang diukur dalam riset ini adalah Pergantian manajemen, financial distress, dan opini audit. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi yang dalam penelitian ini adalah perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2017-2019. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Penelitian ini memiliki 24 sampel perusahaan untuk 3 tahun observasi. Jenis data yang digunakan adalah sekunder yang diambil dari laporan keuangan perusahaan. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi logistik. Hasil analisis dalam penelitian ini menunjukkan bahwa variabel opini audit berpengaruh negatif terhadap auditor switching. Sedangkan pergantian manajemen, dan financial distress, tidak berpengaruh terhadap auditor switching. Koefisien Determinasi (R2) dalam penelitian ini adalah sebesar 23% sedangkan sisanya dijelaskan oleh variabel lain diluar penelitian ini. Keywords: Pergantian Manajemen, Financial Distress, Opini Audit, Auditor Switching

Page 1 of 2 | Total Record : 12