cover
Contact Name
Wiwit Kurniawan, S.Pd., M.A
Contact Email
dosen01157@unpam.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
Jl. Surya Kencana No. 1 Pamulang, Tangerang Selatan, Banten
Location
Kota tangerang selatan,
Banten
INDONESIA
EDUKA : Jurnal Pendidikan, Hukum, Dan Bisnis
Published by Universitas Pamulang
ISSN : 25025406     EISSN : 26862344     DOI : -
Core Subject :
Jurnal Eduka (Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis) is focused in field education, law and business.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 2 (2020): Eduka : Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis" : 8 Documents clear
PENGEMBANGAN MOBILE LEARNING BUKU DIGITAL BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ALTERNATIF DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA SMA KOTA DEPOK JAWA BARAT FITRA JAYA; BADRUS SHOLEH; KHARISMA DANANG YUANGGA
Eduka : Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis Vol 5, No 2 (2020): Eduka : Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis
Publisher : Faculty of training and education, Pamulang university

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/eduka.v5i2.8234

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menganalisis pengembangan mobile learning buku digital berbasis android sebagai media pembelajaran alternatif dalam upaya meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa SMA Kota Depok Jawa Barat, 2) menganalisis efektifitas penggunaan mobile learning buku digital berbasis android sebagai media pembelajaran alternatif dalam upaya meningkatkan hasi belajar ekonomi siswa SMA Kota Depok Jawa Barat. Penelitian dan pengembangan mobile learning buku digital berbasis android ini menggunakan prosedur penelitian Borg and Gall yang dimodifikasi terdiri dari 6 tahap yaitu: 1) penelitian pendahuluan dan pengumpulan informasi, 2) perencanaan, 3) pengembangan bentuk produk awal, 4) uji coba terbatas, 5) revisi terhadap produk utama, 6) uji coba luas. Berdasarkan hasil analisis deskriptif pada produk mobile learning buku digital berbasis android diperoleh hasil penilaian uji kelayakan berdasarkan penilaian ahli materi sebesar 87,67 dengan kriteria sangat baik, hasil penilaian uji kelayakan berdasarkan penilaian ahli media pembelajaran sebesar 88,39 dengan kriteria sangat baik dan hasil penilaian uji kelayakan berdasarkan penilaian praktisi pembelajaran sebesar 88,05 dengan kriteria sangat baik. Kelayakan produk juga diperkuat dengan hasil penilaian siswa pada uji coba terbatas dengan memperoleh penilaian sebesar 82,85 dengan kriteria sangat baik yang berarti bahwa mobile learning buku digital valid dan layak untuk digunakan. Berdasarkan hasil uji efektifitas  nilai signifikansi uji-t adalah 0,000. Nilai signifikansi tersebut kurang dari 0,05 yang berarti bahwa H1 tidak ditolak serta nilai thitung adalah sebesar 4,355> dari ttabel yaitu sebesar 1,99. Hal ini menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan rata-rata nilai hasil belajar siswa antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Hal tersebut menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar kelompok eksperimen lebih baik dari pada kelompok kontrol.Kata kunci: mobile learing; buku digital; android.
PENERAPAN PATH ANALYSIS MODEL MEDIASI TERHADAP FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRESTASI BELAJAR MAHASISWA KRIDA PUJI RAHAYU; RUDI SANJAYA
Eduka : Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis Vol 5, No 2 (2020): Eduka : Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis
Publisher : Faculty of training and education, Pamulang university

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/eduka.v5i2.8174

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar diantaranya gaya mengajar dosen, minat belajar mahasiswa, dan metode mengajar dosen terhadap prestasi belajar mahasiswa melalui motivasi siswa. Jenis penelitian yang diterapkan adalah deskriptif kuantitatif. Responden yang diambil merupakan mahasiswa semester genap Tahun Ajaran 2019/2020 yang telah mengikuti perkuliahan Matematika Ekonomi II pada program studi S1 Manajemen dengan jumlah responden 100 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling Nonprobability menggunakan rumus slovin dengan ketelitian 10%. Teknik Analisis data menggunakan 2 uji yaitu analisis regresi berganda dan path analysis model mediasi. Hasil penelitian menunjukkan jika H1, H2, H3, H4, H5, H6, H7 diterima dan H8, H9, H10 ditolak.  Kesimpulannya variasi gaya mengajar dosen berpengaruh positif terhadap motivasi belajar mahasiswa. minat belajar mahasiswa berpengaruh positif terhadap motivasi belajar mahasiswa, variasi metode mengajar dosen berpengaruh positif terhadap motivasi belajar mahasiswa, ada signifikansi positif dari variasi gaya mengajar dosen, minat belajar mahasiswa, dan variasi metode mengajar dosen terhadap prestasi belajar mahasiswa, Motivasi belajar memiliki signifikansi positif terhadap prestasi belajar mahasiswa, tidak ada pengaruh tidak langsung antara gaya mengajar dosen terhadap prestasi belajar mahasiswa, tidak ada pengaruh tidak langsung antara minat belajar mahasiswa terhadap prestasi belajar mahasiswa melalui motivasi mahasiswa, dan tidak ada pengaruh tidak langsung antara metode mengajar dosen terhadap prestasi belajar mahasiswa melalui motivasi mahasiswa.Kata kunci: Motivasi; Path Analysis; Prestasi Belajar
MANAJEMEN STRES GURU (STUDI KASUS GURU SEKOLAH DASAR DI SUMENEP MADURA) SYAFAATUL HIDAYATI; SURYADI SURYADI
Eduka : Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis Vol 5, No 2 (2020): Eduka : Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis
Publisher : Faculty of training and education, Pamulang university

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/eduka.v5i2.8236

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengetahui: (1) jenis stres yang dialami sekolah dasar di Kabupaten Sumenep Madura; (2) penyebab stres dan (3) manajemen stres. Pendekatan yang dilakukan peneliti adalah penelitian kualitatif. Validitas data atau pengecekan keabsahan data yang telah dikumpulkan dilakukan melalui: (1) perpanjangan penelitian lapangan; (2) ketekunan pengamatan; dan (3) triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh informasi bahwa ada beberapa gejala yang dialami seseorang yang menunjukkan stres. Adapun gejala tersebut antara lain: (1) fisiologis; (2) psikologis; dan (3) gejala perilaku. Penyebab stres yang dialami guru antara lain: (1) ketidakpastian lingkungan yang dialami guru adalah ketidakpastian ekonomi dan teknologi; (2) organisasional, dimana guru mengalami masalah dalam menuntut tugas; dan (3) faktor personal, dalam hal ini guru mengalami permasalahan dalam ekonomi personal dan kepribadiannya. Upaya mengatasi stres guru dapat dilakukan dengan diskusi dan sharing dengan teman sejawat mengenai kesulitan yang mereka alami. Satu hal yang terpenting guru selalu menanamkan hal positif dalam dirinya. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Ada beberapa gejala yang dialami oleh seseorang yang menunjukkan stres. Penyebab stres yang dialami oleh guru juga bermacam-macam. Dengan demikian upaya yang dapat mengatasinya juga bermacam-macam tergantung pada apa penyebabnya dan jenis stres yang dialami.Kata Kunci: Manajemen; Stress; Guru  
TOTAL QUALITY MANAJEMEN (TQM) SEKOLAH DALAM UPAYA PENCEGAHAN TAWURAN ANTAR PELAJAR DI WILAYAH JABODETABEK INDRA IMAN SUMANTRI; LISDA FITRIANA MASITOH
Eduka : Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis Vol 5, No 2 (2020): Eduka : Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis
Publisher : Faculty of training and education, Pamulang university

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/eduka.v5i2.8175

Abstract

Jabodetabek adalah wilayah dengan mobilitas tinggi aktivitas tawuran antar pelajar. Beberapa sekolah telah berhasil melakukan manajemen dalam mengantisipasi dan mencegah adanya tawuran antar pelajar. Sekolah-sekolah tersebut telah berhasil menerapkan Total Quality Management  (TQM) dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen sekolah dalam mengantisipasi atau mencegah tawuran pelajar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif untuk memperoleh gambaran seutuhnya tentang TQM sekolah untuk mencegah dan mengantisispasi terjadinya tawuran pelajar di wilayah Jabodetabek. Hasil penelitian yaitu menajemen sekolah untuk mencegah dan mengantisipasi tawuran adalah 1)memberlakukan seleksi ketat bagi calon siswa baru, 2) menyelenggrakan berbagai kegiatan ekstrakurikuler sehingga siswa dapat mengembangkan diri dengan hal-hal positif, 3) melakukan pendekatan emosional dari pihak sekolah secara umum kepada siswa agar siswa lebih merasa dihargai, 4) memberikan sanksi tegas bagi siswa yang bermasalah atau melanggar aturan, 5) menjalin komunikasi antar manajemen sekolah untuk saling bekerja sama dalam mencegah aksi tawuran pelajar dan 6) terus melakukan kontrol dan monitoring siswa baik di lingkungan sekolah ataupun diluar lingkungan sekolah.Kata kunci: pelajar; sekolah; tawuran; total quality management
PENGARUH PENERAPAN FULL DAY SCHOOL TERHADAP PERKEMBANGAN PSIKOLOGIS PESERTA DIDIK NUR HALIMAH; IRAWAN IRAWAN; ADE HOLISOH
Eduka : Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis Vol 5, No 2 (2020): Eduka : Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis
Publisher : Faculty of training and education, Pamulang university

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/eduka.v5i2.8284

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan full day school terhadap perkembangan psikologis peserta didik. Jumlah populasi sebanyak 134 orang peserta didik, teknik penarikan sampel Proportional Random Sampling. Sampel dari penelitian ini adalah berjumlah 50 orang peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Korelasi dan Regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan full day school terhadap perkembangan psikologis peserta didik. Hal ini dibuktikan dari hasil perhitungan koefisien korelasi dengan rumus rxy hasil yang diperoleh sebesar 0,65 dengan taraf yang signifikan kuat dan bersifat positif pada Full Day School terhadap Perkembangan Psikologis Siswa di SMP Islam Terpadu Asy-Syukriyyah Kecamatan Cipondoh Kota Tangerang. Hal ini diperkuat pula dengan diperolehnya hasil thitung  dengan skor 5,92 lebih besar dari ttabel yang bernilai 2,011 dan 2,407. Dan hasil dari perhitungan koefisien determinasi dengan dapat diketahui bahwa variabel independen yakni full day school dengan kontribusi sebesar 43% berpengaruh terhadap variabel dependen yaitu Perkembangan Psikologis Siswa dan 57% dipengaruhi oleh faktor lainnya yang tidak peneliti teliti.Kata Kunci : full day school; perkembangan psikologis;
ANALISIS IMPLEMENTASI PROGRAM PEMBELAJARAN DARING PADA PERGURUAN TINGGI DI BAWAH NAUNGAN YAYASAN SASMITA JAYA (STUDI EMPIRIK PADA UNIVERSITAS PAMULANG DAN STMIK ERESHA) UBAID AL FARUQ; SAIFUL ANWAR
Eduka : Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis Vol 5, No 2 (2020): Eduka : Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis
Publisher : Faculty of training and education, Pamulang university

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/eduka.v5i2.8226

Abstract

Tujuan dari artikel riset ini yaitu untuk diperoleh hasil evaluasi secara deskriptif dari implementasi pembelajaran daring dikedua perguruan tinggi tersebut. Dengan pendekatan kualitatif deskriptif menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, maka didapatkan hasil bahwa (1) Pembelajaran daring dikedua PT dilaksanakan sebanyak 40% pertemuan setiap MK, atau biasa disebut dengan blended learning serta digunakan pula sebagai suplemen atau penguatan kompetensi mahasiswa; (2) instrumental input berupa konten atau materi berupa modul digital, namun belum lengkap seluruh MK memiliki modul, untuk Unpam masih 11% dan untuk STMIK Eresha masih 1%, serta untuk materi lain berupa video pembelajaran, Unpam telah memiliki 132 video pembelajaran dan STMIK Eresha belum memiliki; (3) Learning Management System (LMS) yang digunakan dikedua PT berbasis moodle yang serta telah dilengkapi dengan menu aktivitas yang lengkap mulai dari tes awal dan akhir pertemuan, aktivitas belajar mandiri, interaksi antar mahasiswa serta dengan dosen, dan aktifitas penugasan terstruktur yang semua telah tertulis pada buku pedoman pembelajaran daring bagi dosen dan mahasiswa; (4) Pada proses pembelajaran daring belum menggunakan model dan strategi pembelajaran yang bervariatif sehingga belum memacu mahasiswa untuk bereksplorasi dan mendalami materi sesuai pokok bahasan dan tujuan pembelajarannya, interaksi masih terfokus pada moda asyncronous melalui forum diskusi pada LMS sehingga belum dapat menumbuhkan gagasan-gagasan baru pada mahasiswa.Kata kunci: Pembelajaran; Daring; Perguruan Tinggi.
PENGARUH PROMOSI E-PAYMENT TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNA APLIKASI TRANSPORTASI ONLINE DI RUANG LINGKUP UNIVERSITAS PAMULANG (STUDI KASUS MAHASISWA PRODI MANAJEMEN) INTAN SARI BUDHIARJO; HADIJAH FEBRIANA
Eduka : Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis Vol 5, No 2 (2020): Eduka : Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis
Publisher : Faculty of training and education, Pamulang university

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/eduka.v5i2.8233

Abstract

Tujuan dilaksanakan penelitian, yaitu untuk menguji data dan informasi terkait pengaruh promosi go-pay dan ovo terhadap keputusan pengguna aplikasi transportasi online di ruang lingkup universitas pamulang, untuk menguji data dan informasi terkait perbedaan promosi go-pay dan ovo terhadap keputusan pengguna aplikasi transportasi online di ruang lingkup universitas pamulang (studi kasus mahasiswa prodi manajemen). Populasi dalam penelitian ini adalah pihak-pihak yang berhubungan secara langsung dengan kegiatan penggunaan aplikasi ojek online di ruang lingkup universitas pamulang, khususnya mahasiswa/mahasiswi semester 7 (tujuh) prodi manajemen universitas pamulang dan sampel yang digunakan adalah 200 responden yang terdapat dalam populasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Secara parsial dengan uji T variabel promosi go-pay (x) memiliki thitung sebesar 11,966y aitu lebih besar dari ttabel 1,65259 dengan nilai signifikan 0,00 ini menunjukkan nilai signifikasi lebih kecil dari 0,05 atau (0,00 ≤ 0,05), maka dapat disimpulkan  Ha diterima dan Ho ditolak artinya promosi gopay berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pengguna. Variabel promosi ovo memiliki thitung sebesar 16,177 yaitu lebih besar dari ttabel 1,65259 dengan nilai signifikan 0,00 ini menunjukkan nilai signifikasi lebih kecil dari 0,05 atau (0,00 ≤ 0,05), maka dapat disimpulkan Ha diterima dan Ho ditolak yang artinya promosi ovo berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pengguna. Hasil uji perbedaan menunjukkan bahwa promosi go-pay sebesar 59,99 sedangkan ovo sebesar 91,25 hal ini menunjukkan bahwa promosi pada ovo jauh lebih besar atau lebih efektif dari pada promosi go-pay. Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi (R square) menunjukkan angka 0,420 artinya hubungan variabel bebas (go-pay) dengan variabel terikat (keputusan pengguna) sebesar 42%, sedangkan sisanya 58% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sedangkan berdasarkan hasil uji koefisien determinasi (R square) menunjukkan angka 0,569 artinya hubungan variabel bebas (ovo) dengan variabel terikat (keputusan pengguna) sebesar 56,9%, sedangkan sisanya 43,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.Kata kunci: Promosi; E-Payment; Keputusan pengguna
ANALISIS KENDALA MANAJEMEN PRAKTIK KERJA INDUSTRI DI SMK NEGERI SE-TANGERANG SELATAN PUTUT SAID PERMANA; SYAFAATUL HIDAYATI
Eduka : Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis Vol 5, No 2 (2020): Eduka : Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis
Publisher : Faculty of training and education, Pamulang university

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/eduka.v5i2.8173

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) mengevaluasi keefektifan manajemen praktik kerja industri di SMK Negeri Se-Tangerang Selatan, (2) menganalisis kendala yang ada pada manajemen praktik kerja industri di SMK Negeri Se-Tangerang Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan model discrepancy serta menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Analisis data menggunakan teknik persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aspek perencanaan pada manajemen praktik kerja industri (prakerin) memiliki kriteria sangat efektif. Aspek pelaksanaan pada manajemen prakerin memiliki kriteria sangat efektif. Aspek evaluasi pada manajemen prakerin memiliki kriteria sangat efektif. Secara keseluruhan efektivitas manajemen prakerin di SMK Negeri Se-Tangerang Selatan memiliki kriteria sangat efektif dengan capaian ketuntasan adalah 91,8%. Analisis kendala pada penelitian ini menunjukkan bahwa pada aspek perencanaan terdapat poin yang memiliki kesenjangan tinggi, yaitu: (1) program prakerin selalu sama dari tahun ke tahun, (2) dunia usaha dan dunia industry (DU/DI) yang berada di sekitar sekolah tidak selalu relevan dengan program keahlian di sekolah, (3) Pemutakhiran kesepakatan kerja sama antara sekolah dengan DU/DI berupa MoU tidak dilakukan.Kata kunci: manajemen prakerin; evaluasi program; SMK

Page 1 of 1 | Total Record : 8