cover
Contact Name
Ma'ulfi Kharis Abadi
Contact Email
maulfikharisabadi@unbaja.ac.id
Phone
+6281911145430
Journal Mail Official
josce@unbaja.ac.id
Editorial Address
Jl. Syech Nawawi Al-Bantani Curug Kota Serang-Banten
Location
Kota serang,
Banten
INDONESIA
JOSCE: Journal of Sustainable Civil Engineering
ISSN : 26560844     EISSN : 26562766     DOI : https://doi.org/10.47080/josce.v6i01.3325
JOSE bertujuan untuk: 1. Mempublikasikan informasi, pengetahuan dan hasil penelitian terkait dunia teknik sipil 2. Mempromosikan pendekatan komprehensif terhadap teknik sipil yang menggabungkan sudut pandang berbagai disiplin ilmu. 3. Memperkuat pertukaran akademik dengan institusi lain. 4. Mendorong ilmuwan, praktisi insinyur, dan pihak lain untuk melakukan penelitian dan aktivitas serupa lainnya. JOSCE mempunyai ruang lingkup untuk: 1. Ilmu teknik Sipil 2. Ilmu transportasi 3. Ilmu pendukung teknik sipil
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 1 (2021): josce: Journal of Sustainable Civil Engineering" : 7 Documents clear
ANALISIS KARAKTERISTIK DAN KEBUTUHAN RUANG PARKIR KENDARAAN DI AREA PASAR PAMARAYAN Sukri Sukri; Telly Rosdiyani; Euis Amilia
Journal of Sustainable Civil Engineering (JOSCE) Vol 3 No 1 (2021): josce: Journal of Sustainable Civil Engineering
Publisher : LPPM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47080/josce.v3i1.948

Abstract

Masalah kebutuhan fasilitas parkir adalah hal yang biasa terjadi seiring terus bertambahnya tingkat kepemilikan kendaraan. Hal tersebut menyebabkan kebutuhan akan fasilitas parkir menjadi sangat penting. Tingginya jumlah pengunjung Pasar Pamarayan ini bisa kita lihat dari banyaknya kendaraan yang memarkirkan kendaraannya di dalam pasar maupun disekitar pasar. Metodologi adalah cara untuk mendapatkan kesimpulan dari suatu penelitian dengan mempelajari, mengumpulkan, mencatat, dan menganalisa data yang diperoleh. Metodologi bertujuan untuk mempermudah peneliti memperoleh pemecahan masalah yang sesuai dengan tujuan dan maksud yang akan dilaksanakan. Pengumpulan data merupakan salah satu langkah penting dalam melakukan dan menyelesaikan penelitian. Dalam pengumpulan data ini, data yang dibutuhkan yaitu data primer. Data primer adalah data yang diperoleh dari hasil pengamatan oleh surveyor di lapangan. Data primer dalam penelitian ini berupa data karakteristik parkir, data satuan ruang parkir dan data luas parkir di Pasar Pamarayan.. Lahan Parkir sudah tidak mampu menampung jumlah kendaraan yang akan parkir. Lokasi parkir A dan B bermaslah, baik di hari sabtu maupun hari minggu. Ruang parkir yang ada tidak bisa menampung kebutuhan parkir, dikarenakan akumulasi tertinggi parkir melebihi kapasitas normal. Nilai IP ˃ 100%. Penerapan kebijakan parkir serta penambahan ruang parkir adalah solusi yang baik untuk mengatasinya,. Namun seiring bertambahnya jumlah kepelikian kendaraan untuk beberapa tahun kedepan, maka pihak pengelola perlu mempertimbangkan untuk menyediakan lokasi parkir yang lebih besar agar dapat mengimbangi jumlah kendaraan yang makin meningkat.
ANALISIS PEMAHAMAN MAHASISWA TEKNIK SIPIL TERHADAP KONSEP NILAI π PADA KELILING DAN LUAS LINGKARAN Fitri Aida Sari; Dadang Juandi
Journal of Sustainable Civil Engineering (JOSCE) Vol 3 No 1 (2021): josce: Journal of Sustainable Civil Engineering
Publisher : LPPM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47080/josce.v3i1.1103

Abstract

Lingkaran merupakan salah satu materi yang dapat kita temukan dalam mata pelajaran matematika di berbagai tingkat pendidikan baik sekolah dasar, sekolah menengah bahkan perguruan tinggi. Banyak hal menarik yang dapat kita bahas pada materi lingkaran, salah satunya mengenai penggunaan nilai π pada keliling dan luas lingkaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman mahasiswa teknik sipil terkait nilai π yang digunakan untuk menyelesaikan permasalahan pada keliling serta luas lingkaran. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dimana peneliti menjelaskan hasil yang diperoleh dari angket terbuka dan wawancara yang dilakukan kepada 27 responden yang merupakan mahasiswa teknik sipil tingkat 2. Hasil penelitian ini menunjukkan banyak mahasiswa yang masih mengalami kesulitan dalam menentukan pendekatan nilai π yang tepat, bukan hanya itu bahkan sebelum mensubstitusikan nilai π ke dalam langkah yang tepat, banyak mahasiswa yang masih mengalami kesulitan dalam memilih cara penyelesaian yang tepat sehingga jika dosen ingin membahas penerapan konsep nilai π dalam bidang teknik sipil maka terlebih dahulu harus menjelaskan dari mana nilai itu didapatkan dan menjelaskan kembali materi yang berhubungan dengan nilai π tersebut seperti materi lingkaran.
PENGARUH MEETING PAGI DAN SORE TERHADAP TINGKAT EFEKTIFITAS PEKERJA PADA PROYEK TRANS PARK BINTARO Siti Abadiyah; Karyo Karyo
Journal of Sustainable Civil Engineering (JOSCE) Vol 3 No 1 (2021): josce: Journal of Sustainable Civil Engineering
Publisher : LPPM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47080/josce.v3i1.1118

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengaruh Meeting Pagi Dan Sore Terhadap Tingkat Efektivitas Pekerja Pada Proyek Trans Park Bintaro”. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi seberapa pengaruhnya Meeting Pagi Dan Sore Terhadap Tingkat Efektivitas Pekerja. Penelitian ini dilakukan di PT. Adhi Persada Gedung atau lebih spesifiknya di jalan Rasuna Said, Bintaro Sektor 9, Tangerang Selatan, Banten. Pengambilan sampel dalam penelitian ini digunakan sebanyak 40 responden, teknik pengumpulan datanya adalah dengan melalui kuesioner yang dibagikan kepada responden, dan adapun variabel penelitian adalah Meeting Pagi (X1), Meeting Sore (X2), Efektivitas Pekerja (Y). Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, dan untuk menguji tingkat reliabilitasnya dengan menggunakan Cronbach Alpha dan kemudian data diolah dengan Analisis Regresi Linier Berganda. Pengujian Hipotesis menggunakan Uji F dan Uji t dengan taraf signifikansi 10%. Peneliti menggunakan alat bantu SPSS Versi 25. Dari hasil analisi regresi linier berganda menunjukkan bahwa Efektivitas Pekerja dipengaruhi oleh variabel Meeting Pagi dan variabel Meeting Sore. Hasil determinasi (R2) menggunakan nilai adjusted r square, karena menggunakan regresi dengan lebih satu variabel terikat, yaitu sebesar 0,657, yang artinya variabel Meeting Pagi dan variabel Meeting Sore kerja mampu menjelaskan Efektivitas Pekerja 65,7% sementara sisanya 34,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Dari hasil perhitungan uji F dan uji t dapat dilihat bahwa variabel Meeting Pagi dan variabel Meeting Sore secara bersama-sama berpengaruh terhadap Efektivitas Pekerja.
ANALISA KERUSAKAN JALAN PADA RUAS JALAN RAYA JAKARTA KM. 04 KOTA SERANG MENGGUNAKAN METODE PCI PAVEMENT CONDITION INDEX) DAN SDI (SURFACE DISTRESS INDEX) Nila Prasetyo Artiwi; Euis Amilia; Herga Jaya Abadi
Journal of Sustainable Civil Engineering (JOSCE) Vol 3 No 1 (2021): josce: Journal of Sustainable Civil Engineering
Publisher : LPPM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47080/josce.v3i1.1120

Abstract

Ruas jalan raya Jakarta Km. 04 Kota Serang adalah salah satu bagian dari ruas jalan Provinsi (enurut statusnya) dan jalan kolektor menurut fungsinya. Jalan ini memiliki lebar 14 m dan tidak memiliki bahu jalan maupun median. Kendaraan yang melewati jalan tersebut setiap harinya sangat ramai, sehingga kerusakan permukaan jalan yang ada akan mempengaruhi keamanan, kelancaran , dan kenyamanan bagi pengguna jalan tersebut. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui nilai kondisi permukaan jalan raya Jakarta Km. 04 Kota Serang. Metode yang digunakan untuk penelitian yaitu metode PCI (Pavement Condition Index) dan Metode SDI (Surface Distress Index). Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menurut metode PCI (Pavement Condition Index) yaitu pada STA 0+000 s.d 2+000 terdapat 9 jenis kerusakan dengan persentase berbeda-beda dan hasil nilai PCI rata-rata yaitu sebesar 44.75 dan masuk dalam kategori Sedang (Fair). Dengan menggunakan metode SDI (Surface Distress Index)pada STA 0+000 s.d 2+000 didapatkan hasil SDI rata-rata yaitu sebesar 54.75 dan termasuk dalam kategori Sedang. Kata Kunci : Metode PCI (Pavement Condition Index), Metode SDI (Surface Distress Index), Nilai kerusakan jalan
ANALISIS STABILITAS TIMBUNAN (MAINDAM) BERDASARKAN DATA INSTRUMEN GEOTEKNIK PADA BENDUNGAN SINDANG HEULA SERANG BANTEN Nanang Sutisna; M. Ichwanul Yusup; Euis Amilia Euis Amilia
Journal of Sustainable Civil Engineering (JOSCE) Vol 3 No 1 (2021): josce: Journal of Sustainable Civil Engineering
Publisher : LPPM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47080/josce.v3i1.1129

Abstract

The development of science and technology has obtained supporting technology for monitoring the soil shear force and pore water pressure in the dam, the presence of shear forces against the landfill and pore water pressure through small cavities in the embankment soil in the dam body which can be detected by equipment such as inclinometer and piezometer that have been installed at predetermined points. The application of inclinometer and piezometer technology is used as a support tool for monitoring the movement of landfill and pore water pressure against dams. The embankment dam is the most complex of civilian structures and is very dangerous if damaged. When there is damage to a dam, it will cause a big disaster for the areas that are downstream of the dam. Damage or collapse of a dam can occur due to several things, including overtopping, sliding of the dam slopes (internal erosion or "piping"), and the occurrence of structural degradation of each zone. on the dam body. In the analysis of the stability of the embankment (maindam) which is based on geotechnical instrument data, it must be carried out as carefully and accurately as possible. The purpose of this analysis is to measure the early damage in the main dam (maindam). After conducting research and field studies at the Sindang Heula dam, there were several points of decline at the top of the core embankment (maindam). To find out the cause of the decline, data was taken from measuring geotechnical instruments.
PERENCANAAN STRUKTUR BANGUNAN BAWAH JEMBATAN RANGKAS PANJANG KECAMATAN KRAGILAN KABUPATEN SERANG Sihabudin Sihabudin; Bambang Hariyanto; M Ichwanul Yusup
Journal of Sustainable Civil Engineering (JOSCE) Vol 3 No 1 (2021): josce: Journal of Sustainable Civil Engineering
Publisher : LPPM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47080/josce.v3i1.1132

Abstract

Bridges are an easy solution to smooth the flow of traffic, but can cause more complex problems such as encouraging people to use more private cars and of course things like this can make more cars. In the end, non-toll roads will get an increase in the volume of traffic and can increase parking needs which are further increasing.Primary data and secondary data from the results of information obtained directly or indirectly are presented in two kinds of forms, namely calculations and supporting images for planning the structure of the bridge under the bridgeThe results of the analysis of the Rangkas Panjang Lower Bridge Structure Planning, the results of the planning have been calculated the dimensions of the structure of the bridge base (abutment) which is determined based on the needs of the local geological structure and provisions, certain requirements are able to withstand burdens due to loading and forces that occur at the base of the bridge ( abutment) that is, with a safety factor (SF) = 17.74> 1.5 and against a sliding Safety Factor (SF) = 2.79> 1.5. The foundation is used wells foundation with a diameter of 3.00 m totaling two pieces on the abutment
PERENCANAAN REHABILITASI SALURAN INDUK DAERAH IRIGASI CIBINUANGEUN DI KABUPATEN LEBAK PROVINSI BANTEN Restu Candra; Rino Dwi Sadi; Ma'ulfi Kharis Abadi
Journal of Sustainable Civil Engineering (JOSCE) Vol 3 No 1 (2021): josce: Journal of Sustainable Civil Engineering
Publisher : LPPM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47080/josce.v3i1.1133

Abstract

Irrigation is an effort to provide and regulate water for agricultural land. The main objective of this study is to plan the rehabilitation of the main channel of Cibinuangeun irrigation area, Lebak Regency, Banten Province. The main channel serves to carry water from the main network to the secondary channel and tertiary plot. The material can be made of masonry, concrete or masonry and concrete. The Cibinuangeun main channel relies on a water source from the Cibinuangeun river through the Cibinuangeun weir building. The Cibinuangeun Irrigation Area has a functional area 2570 ha. The condition of the Cibinuangeun main canal currently has a lot of damage, which results in water drainage being not optimal so it is necessary to plan for rehabilitation by directly examining the condition of the canals at the location to determine the volume of damage and calculate the cost of rehabilitation on the channel. The research method used is the Irrigation Planning Criteria issued by the Ministry of Public Works, Directorate General of Water Resources as the basis for standard irrigation planning. The results showed that the trapezoidal trunk channel and the current available flow rate were not in accordance with the initial planning of the Cibinuangeun main channel construction, due to sedimentation and damage to the walls and floor of the leaking channel. The level of damage to the main line reached 47,37% of a total trunk length of 950 meters. The planned cost required for the rehabilitation of the Cibinuangeun main channel is four hundred seventy million four hundred thousand rupiah.

Page 1 of 1 | Total Record : 7