cover
Contact Name
Heri Hidayat
Contact Email
-
Phone
+6281321506147
Journal Mail Official
japra@uinsgd.ac.id
Editorial Address
Program Studi PIAUD Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung Jl. Soekarno-Hatta Kel. Cimincrang Kec. Gedebage
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
JAPRA (Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal)
ISSN : 25274325     EISSN : 25807412     DOI : -
Core Subject : Education,
JAPRA adalah jurnal yang mengulas hasil penelitian, pengembangan keilmuan dan pengembangan karya inovatif yang relevan dengan disiplin Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD/PGRA). Jurnal ini diterbitkan oleh program studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 2 (2022): Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal" : 6 Documents clear
Pembentukan Karakter Toleransi pada Anak Usia Dini Melalui Metode Pembelajaran yang Bervariatif Farninda Aditya; Pipit Widiatmaka; Rahnang Rahnang; Arief Adi Purwoko
Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal Vol 5, No 2 (2022): Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal
Publisher : Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/japra.v5i2.17351

Abstract

Era digital memiliki dampak positif dan negatif pada anak usia dini, namun yang sering terlihat ialah dampak negatifnya, mengingat sering menonton sikap intolerasni dari video (Youtube), sehingga hal tersebut berimplikasi pada sikap dan karakter yang selalu membeda-bedakan teman berdasarkan agama, jenis kelamin, ras, kemudian melakukan bullying dan lain-lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui makna karakter toleransi dalam bingkai ke-Indonesia-an dan mengetahui strategi pembentukan karakter toleransi pada anak usia dini melalui metode pembelajaran yang bervariatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan memanfaatkan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi dokumen dan analisis data yang digunakan adalah analisis data interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakter toleransi sangat dibutuhkan di Indonesia mengingat masyarakatnya majemuk, sehingga di dalam menjaga dan merawat persatuan dan kesatuan yaitu dengan karakter toleransi.  Karakter toleransi dapat dibentukmelalui berbagai metode pembelajaran dan harus bervariatif, namun kunci utama dalam membentuk karakter tersebut adalah adanya kerja sama atau sinergi antar orang tua dengan guru di pendidikan formal. 
Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Vokal melalui Media Papan Flanel Pintar Anak Usia 3-4 Tahun Alipah Chaerani; Astuti Darmiyanti; Feronica Eka Putri
Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal Vol 5, No 2 (2022): Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal
Publisher : Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/japra.v5i2.19801

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf vokal anak melalui media papan flanel pintar pada usia 3-4 tahun. Penelitian ini dilakukan di PAUD Plamboyan 3 Karawang dengan jumlah subjek sebanyak delapan orang anak. Hasil observasi awal menunjukkan sebanyak 16,4% atau lima anak belum dapat mengenal huruf vokal. Sisanya 35,5% atau tiga orang anak telah mulai berkembang dalam menunjukkan kemampuan mengenal huruf vokal. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan observasi serta dokumentasi untuk mengumpulkan informasi. Analisa informasi yang digunakan dalam penelitian ini merupakan analisis deskriptif kuantitatif serta kualitatif. Hasil riset menunjukkan terdapat kenaikan kemampuan mengenal huruf vokal pada siklus I sebesar 56,6% serta siklus II sebesar 82,3% dengan indikator berikut: 1) Mengenal huruf vokal a, i, dan u; 2) Mengenal huruf vokal e dan o; 3) Mengenal jenis bunyi; 4) Mengenal bentuk huruf; 5) mencocokkan huruf vokal; 6) Mengelompokkan huruf vokal; 7) Mengidentifikasi nama; dan 8) Mengidentifikasi urutan huruf vokal. 
Finger Painting dalam Kemampuan Motorik Halus Anak: Implementasi Pendekatan Reggio Emilia Diani Deka Rusanti; Naimah Naimah; Suyadi Suyadi
Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal Vol 5, No 2 (2022): Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal
Publisher : Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/japra.v5i2.20618

Abstract

Pendekatan Reggio Emilia merupakan pendekatan yang ditujukan untuk mendorong anak mengembangkan aspek perkembangannya dengan cara bermain dan juga memberikan kebebasan pada anak dalam melakukan aktivitasnya. Dengan Pendekatan Reggio Emilia yang memfasilitasi pada kegiatan mampu membentuk dan membuat anak menciptakan suatu karya yang memiliki nilai. Melalui penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pendekatan Reggio Emiliadalam pengembangan motorik halus melalui kegiatan Finger Painting. Jenis penelitian ini dilakukan dengan deskriptif kualitatif, yang mengambil lokasi di TK Al-Hidayah Bandar Lampung. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan berupa reduksi data, displaydata, dan verifikasi data. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata perkembangan motorik halus anak pada TK Al-Hidayah Bandar Lampung berkembang dengan baik, hal tersebut dapat dilihat dari data penilaian skala perkembangan anak dengan rata-rata pencapaian kemampuan motorik halus anak adalah berkembang sesuai harapan dan berkembang sangat baik, akan tetapi masih terdapat beberapa anak yang kemampuan motorik halusnya masih memerlukan bantuan guru ataupun teman sebayanya. Karena ada beberapa anak yang memiliki kebutuhan khusus, sehingga memerlukan bantuan orang lain dalam proses kegiatan pembelajaran. Saat kegiatan Finger Painting motorik halus terlihat saat anak meremas adonan tepung kanji menjadi sebuah lukisan pada setiap anak, serta anak dapat menceritakan hasil karya Finger Painting yang telah dibuat oleh anak.
Model Parenting dalam Mengembangkan Aspek Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun Ni Wayan Kasriani; Marsono Marsono; Nyoman Wiraadi Tria Ariani
Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal Vol 5, No 2 (2022): Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal
Publisher : Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/japra.v5i2.19682

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses dan dampak model parenting terhadap sosial emosional anak usia 5-6 tahun. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan analisis deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, wawancara, dokumentasi dan studi kepustakaan. Teknik analisis data dilaksanakan dengan mereduksi data, menyajikan data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa model parenting dilaksanakan dengan tiga tahapan yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. Selanjutnya dampak model pembelajaran parenting terhadap sosial emosional anak usia 5-6 tahun berdasarkan data hasil observasi pada tahap evaluasi yang dilaksanakan oleh guru menerangkan bahwa perkembangan sosial emosional anak usia 5-6 tahun dari 9 indikator yang terdiri dari bermain bersama, peduli dengan orang lain atau toleran, ekspresi emosi, tata krama dan sopan santun, disiplin, berbagi atau mempunyai rasa empati, sikap gigih, bangga terhadap hasil karya sendiri dan menghargai keunggulan orang lain. Anak cenderung berada pada skala pencapaian perkembangan berkembang sesuai harapan dan berkembang sangat baik artinya anak mempunyai kemampuan untuk melaksanakan kegiatan dengan sendirinya tanpa dibantu dan diingatkan kembali oleh gurunya.
Bermain Lempar Tangkap Bola Terhadap Koordinasi Mata dan Tangan Anak Usia Dini Nano Nurdiansah; Aam Kurnia; Arini Ulfah Mawaddah
Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal Vol 5, No 2 (2022): Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal
Publisher : Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/japra.v5i2.20627

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan bermain lempar tangkap bola, proses bermain lempar tangkap bola terhadap koordinasi mata dan tangan, serta seberapa besar pengaruh kegiatan tersebut terhadap koordinasi mata dan tangan anak kelompok B di RA Sekolah Alam Gaharu. Dasar pemikiran penelitian, melatih dan mengembangkan otot-otot dan bagian tubuh anak yang berefek pada kesehatan dan kebugaran, di mana perkembangan signifikan adalah perkembangan fisik. Permainan melempar bola salah satu permainan yang dapat mengembangkan fisik terutama aspek motorik kasar anak. Metode penelitian menggunakan pre-experimental dengan desain one group pretest-posttest. Subjek penelitian adalah anak kelompok B RA Sekolah Alam Gaharu sebanyak 15 orang. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil menunjukkan keterampilan lempar tangkap bola terhadap koordinasi mata dan tangan anak dengan nilai rata-rata pretest sebesar 47 kategori “kurang” dan posttest sebesar 75 kategori “baik”. Hasil hipotesis menunjukkan nilai Thitung = 11.78 > Ttabel = 1.76 taraf signifikansi 5%. Kesimpulannya terdapat pengaruh bermain lempar tangkap bola terhadap koordinasi mata dan tangan anak kelompok B di RA Sekolah Alam Gaharu. 
Penanaman Moralitas dan Nilai Pancasila Pada Anak Usia Dini Menghadapi Perkembangan IPTEK 5.0 Fadilla Ayuningtyas; Lufni Nur Latifah; Mia Lestari; Moh Zidan Nabawi
Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal Vol 5, No 2 (2022): Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal
Publisher : Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/japra.v5i2.22008

Abstract

Aktivitas yang penting untuk dilakukan dalam menghadapi perkembangan IPTEK 5.0 yaitu membentuk fondasi yang kuat melalui pendidikan moral dan karakter. Budaya asli Indonesia jangan sampai hancur karena banyak aspek telah terdegradasi oleh pengaruh budaya lain. Perkembangan moral maupun karakter menjadi penting untuk ditanamkan sejak usia dini karena lebih mudah untuk diarahkan dan diberi bimbingan. Hal ini berkaitan dengan dampak media digital yang digunakan oleh anak sehari-hari. Tujuan dari artikel ini untuk memberikan suatu pemahaman dan gambaran mengenai pentingnya pendidikan karakter dan moral dengan berpedoman pada nilai Pancasila dalam menghadapi perkembangan masyarakat di era keterbaruan society 5.0. Metode penelitian yang digunakan yaitu studi literatur. Penelitian menunjukkan bahwa aspek moral yang dikembangkan berlandaskan nilai Pancasila berupa pemahaman, kesadaran, dan perilaku moral yang berfokus pada pengenalan agama yang dianut dan toleransi pada keyakinan orang lain, berperilaku sesuai etika yang berlaku dimasyarakat, mengenal perbedaan dirinya dan orang lain, menghargai dan menerima keputusan bersama, dan membedakan perilaku yang benar dan salah. Terkait dengan kemajuan teknologi, peran orang tua dalam mengontrol penggunaan media dan informasi digital sangat penting agar tidak terkecoh dengan dampak negatif yang ditimbulkan. Orang tua harus memiliki pemikiran yang menerima perkembangan teknologi dan memaksimalkan pemanfaatannya bagi perkembangan anak. Hal ini membimbing orang tua dalam menyaring mobilitas anak dengan teknologi untuk menghindari kecanduan negatif yang merusak perkembangan moralitas anak.

Page 1 of 1 | Total Record : 6