cover
Contact Name
Fetro Dola Syamsu
Contact Email
defetro@gmail.com
Phone
+6285274164449
Journal Mail Official
uppm@stkipbbm.ac.id
Editorial Address
Jl. Meulaboh - Tapak Tuan, Peunaga Cut Ujong, Meureubo, Aceh Barat 23615
Location
Kab. aceh barat,
Aceh
INDONESIA
Genta Mulia : Jurnal Ilmiah Pendidikan
ISSN : 23016671     EISSN : 25806416     DOI : -
Core Subject : Engineering,
Jurnal Ilmiah dengan fokus semua bidang Pendidikan (pendidikan dasar hingga perguruan tinggi). Journal ini di publish secara berkala yang diperuntukkan bagi dosen, mahasiswa dan pemerhati kependidikan untuk menyebarluaskan hasil kajian, pemikiran dan penelitian yang relevan dalam bidang pendidikan Biologi dan tebit 2 kali dalam setahun (Januari dan Juli).
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 31 Documents
Search results for , issue "Vol 11, No 2 (2020): Genta Mulia : Jurnal Ilmiah Pendidikan" : 31 Documents clear
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN MEMBANDINGKAN TEKS NEGOSIASI DI KELAS X MAN PEMATANG BANDAR Netti Marini; Resmi Resmi; Susi Ramadani
Genta Mulia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Vol 11, No 2 (2020): Genta Mulia : Jurnal Ilmiah Pendidikan
Publisher : STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Membandingkan Teks Negosiasi di Kelas X MAN Pematang Bandar. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 152 orang dan sampel dalam penelitian ini adalah berjumlah 60 orang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah berbentuk pre-test dan post-test. Teknik pengolahan data pada penelitian ini adalah korelasi product moment. Hasil perhitungan korelasi diperoleh besarnya yaitu sebesar rxy = 0,66. Nilai determinasi 43,56%. Hasil uji hipotesis dengan uji t yaitu thitung  = 2,13.dk = n-1 = 59. Untuk penelitian, taraf nyata yang dipakai adalah n = 0,05. Dengan tabel distribusi nilai ttabel = 2,00. Maka thitung > ttabel. Maka hipotesis alternatif (Ha) diterima keberadaannya dan hipotesis nol (Ho) ditolak keberadaannya. Jadi ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap kemampuan membandingkan teks negosiasi di kelas X MAN Pematang Bandar.Kata kunci : Kemampuan Membandingkan-Teks Negosiasi-Model pembelajaran Kooperatif.
UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI KEUDE LINTENG Kistian, Agus; Nurjannah, Nurjannah
Genta Mulia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Vol 11, No 2 (2020): Genta Mulia : Jurnal Ilmiah Pendidikan
Publisher : STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA pada siswa Kelas IV SD Negeri Keude Linteng. Jenis penelitian yang digunakan  adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Keude Linteng. Subjek dalam penelitian ini adalah 20 orang siswa. Objek dalam penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA. Adapun teknik pengumpulan data adalah melalui tes hasil belajar siswa, lembar observasi aktifitas siswa, dan lembar observasi aktifitas guru. Kesimpulan dari penelitian ini adalah “Melalui Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Keude Linteng”. Hal ini terbukti dengan meningkatnya persentase hasil belajar siswa pada tiap siklusnya, hasil belajar yang diperoleh pada pra tindakan persentase jumlah siswa yang tuntas hanya 4 orang siswa atau 20,00% dari 20 orang siswa, dan sesudah menerapkan penerapan pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) siklus I hasil belajar siswa meningkat namun belum maksimal, persentase jumlah siswa yang mendapatkan nilai di atas KKM baru 11 orang siswa atau 55,00%, Sehingga perlu diadakan siklus II, setelah pelaksanaan siklus II hasil belajar siswa terjadi peningkatan yang sangat signifikan dan sudah mencapai target yang telah ditentukan maka siklus dihentikan, dimana persentase jumlah siswa yang tuntas mencapai 18 orang atau 90,00% dari jumlah siswa secara keseluruhan. Kata Kunci : Pendekatan CTL, Hasil Belajar, IPA.
GERAKAN LITERASI SEKOLAH: PELAKSANAAN, HAMBATAN, DAN SOLUSI (STUDI KASUS DI SD GHUFRON FAQIH SURABAYA) Indi Rizka Aisyi; Syamsul Ghufron; Dewi Widiana Rahayu; M Thamrin Hidayat
Genta Mulia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Vol 11, No 2 (2020): Genta Mulia : Jurnal Ilmiah Pendidikan
Publisher : STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Tujuan dari penelitaian ini adalah untuk mendeskripsikan gerakan literasi sekolah di sekolah SD Ghufron Faqih Surabaya. Penelitaian ini tergolong penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah guru kelas SD Ghufron Faqih. Data penelitian dikumpulkan dengan teknik wawancara dan dikumpulkan dengan menggunakan instrumen wawancara. Analisis data menggunakan reduksi data, menampilkan data, dan memverifikasi. Hasil penelitian menunjukkan langkah-langkah pergerakan literasi sekolah di SD Ghufron Faqih memiliki tiga tahapan yaitu tahapan pembiasaan, pengembangan, dan pengembangan, setiap tahapan yang memiliki tantangan dan solusi masing-masing.Gerakan literasi sekolah yang ada di SD Ghufron Faqih juga sangat penting dalam meningkatkan minat membaca dan meningkatkan kualitas prestasi peserta didik. Kata Kunci: gerakan literasi sekolah, pelaksanaan, hambatan, solusi.
Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok dengan Menggunakan Teknik Six Thinking Hats untuk Mengatasi Kejenuhan Belajar Khairina Ulfa Syaimi; San Putra
Genta Mulia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Vol 11, No 2 (2020): Genta Mulia : Jurnal Ilmiah Pendidikan
Publisher : STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok degan menggunakan teknik six thingking hats untuk mengatasi kejenuhan belajar pada siswa SMP IT Nurul Ilmi Kota Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan between-groups design model pretest-posttest control group design. Kelompok eksperimen menerima perlakuan berupa 7 sesi, yang diselenggarakan 1 kali dalam 1 hari. Kelompok kontrol tidak mendapatkan perlakuan apapun. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP IT Nurul Ilmi Kota Medan.Teknik sampling yang digunakan adalah non-probability sampling dengan bentuk purposive sampling. Siswa yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah 20 siswa dengan skor kejenuhan belajar yang tinggi yang terdiri dari 10 orang kelompok ekperimen dan 10 orang kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan dalam menentukan sampel penelitian ini adalah instrumen kejenuhan belajar dengan empat pilihan dalam skala likert.Teknik analisis data statistik dilakukan dengan menggunakan statistik deskriptif dengan menggunakan mean empiris untuk melihat rata-rata skor pretest dan posttest pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan Wilcoxon signed rank test, dengan membandingkan gain score dari posttest dan pretest pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol Kata Kunci : Bimbingan Kelompok, Six thingking hats, Kejenuhan Belajar.
PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPESTUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) Lili Tansliova; Berlian R. Turnip; Dwi Enda Apriani
Genta Mulia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Vol 11, No 2 (2020): Genta Mulia : Jurnal Ilmiah Pendidikan
Publisher : STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan penerapan model Student Team Achievement Division (STAD) untuk menulis teks eksposisi dan menjelaskan  kemampuan siswa dalam menulis teks eksposisi dengan menggunakan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD). Penelitian ini menggunakan metodedeskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berbentuk pre- test dan pos- test. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan sekaligus  peningkatan hasil belajar antara nilai rata-rata siswa dari pre- test dan pos- test. Pada pre- test, nilai rata-rata siswa mencapai 65, 48 dan pada pos- test siswa mencapai 87, 91. Hal ini berarti bahwa ada peningkatan kemampuan menulis teks eksposisi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tapian Dolok dengan menggunakan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD).. Kata Kunci : model Student Team Achievement Division (STAD),  menulis, teks eksposisi
Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kemampuan Komunikasi Matematis Fakhrul Jamal; Yuli Amalia
Genta Mulia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Vol 11, No 2 (2020): Genta Mulia : Jurnal Ilmiah Pendidikan
Publisher : STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak; Tingkat pemahaman siswa dalam mempelajari materi matematika sangat dipengaruhi oleh kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematika, maka diperlukan suatu inovasi pembelajaran yang dapat memacu semangat siswa untuk secara aktif ikut terlibat dalam pengalaman belajarnya, sehingga kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematika siswa dapat dikembangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan penerapan model pembelajaran berbasis masalah dan dibandingkan dengan kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan penerapan model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Adapun desain penelitian eksperimen berbentuk pretest-postest groups design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMA Negeri 3 Kuala Kabupaten Nagan Raya. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling random. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan tes. Data hasil penelitian dianalisis dengan uji-t berbantuan software SPSS 22 untuk data perbandingan kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan komunikasi matematis, sementara itu pengolahan data interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah dan interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal siswa terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa dilakukan dengan ANAVA berbantuan software SPSS 22. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai t hitung=  0,939 dengan t tabel = 1,645. Dengan demikian t hitung<ttabel. Keadaan ini mengakibatkan H0 diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran berbasis masalah dengan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa tidak ada perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran berbasis masalah dan yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional. Hal ini dikarenakan kebanyakan siswa masih banyak yang belum teliti dalam menggunakan simbol matematika dan terkesan tidak melakukan pemeriksaan dengan teliti terhadap jawaban yang telah dikerjakannya. Kata kunci : Pembelajaran Berbasis Masalah, Kemampuan Pemecahan Masalah, Kemampuan Komunikasi Matematis
PENGUATAN KARAKTER CINTA TANAH AIR MELALUI PEMBELAJARAN GEOGRAFI ABAD 21 Hasrul Hadi
Genta Mulia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Vol 11, No 2 (2020): Genta Mulia : Jurnal Ilmiah Pendidikan
Publisher : STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak:Abad 21 ditandai dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan informasi yang memicu persaingan semakin ketat. Selain memiliki dampak positif, keterbukaan informasi dan ekspansi budaya luar yang semakin masif dapat menjadi ancaman yang berpotensi menyebabkan merosotnya nilai-nilai karakter generasi bangsa. Tanpa upaya-upaya serius maka kondisi ini dapat menjadi ancaman disintegrasi bangsa. Melalui tulisan ini diuraikan gagasan pentingnya penguatan nilai-nilai karakter cinta tanah air siswa sebagai generasi penerus bangsa melalui pembelajaran geografi. Metode yang digunakan berupa telaah literatur (literature review), kemudian dianalisis secara deskriptif-kritis. Berdasarkan hasil kajian, dapat disimpulkan bahwa untuk memperkuat nilai-nilai karakter siswa khususnya karakter cinta tanah air, maka dapat dilakukan dengan: 1) pembelajaran geografi yang berfokus pada pengenalan wilayah NKRI secara utuh dan mendalam, baik terkait bentang alam maupun bentang budaya, 2) pembelajaran geografi yang berfokus pada peningkatan penguasaan keterampilan, berpikir kritis, kreativitas, inovasi, kolaborasi, pengasaan teknologi, dan leadership melalui pembelajaran kontekstual berbasis kompetensi.
PENGEMBANGAN BUKU DIGITAL INTERAKTIF (BUDIN) PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI SEL TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 MEULABOH Feni Saswulan; Khairil Hadi; Fetro Dola Syamsu
Genta Mulia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Vol 11, No 2 (2020): Genta Mulia : Jurnal Ilmiah Pendidikan
Publisher : STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK : Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan buku ajar biologi yang efektif terhadap pemahaman konsep siswa SMA Negeri 2 Meulaboh. Penelitian ini merupakan penelitian reseach and development (R&D) dengan mengikuti model Pengembangan Borg and Gall. Tahap Penelitian yang dilakukan adalah identifikasi potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, revisi produk, uji coba produk. BUDIN dikembangkan menggunakan paket software 3D PageFlip Professional dengan memadukan antara teks, animasi, gambar, video serta audio. Berdasarkan analisis potensi dan masalah, maka uji coba dilakukan di SMA Negeri 2 Meulaboh. Validasi produk dilakukan oleh ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa dari Program Studi Pendidikan Biologi STKIP Bina Bangsa Meulaboh. Data yang diambil dalam penelitian adalah validasi BUDIN oleh ahli materi, media, dan bahasa, angket tanggapan siswa, angket tanggapan guru terhadap penerapan BUDIN, serta hasil pemahaman konsep siswa. BUDIN yang dikembangkan dinilai valid oleh validator materi dengan memberikan skor persentase 95.24% (kriteria valid), media dengan skor persentase 95.83 (kriteria valid), dan bahasa dengan skor persentase 87.5 dengan kriteria valid dengan rata-rata persentase sebesar 92.85% (kriteria sangat valid). Siswa memberi tanggapan dengan persentase 75,83% (kriteria baik), guru memberi tanggapan dengan persentase 100% (kriteria sangat baik), dan hasil pemahaman konsep siswa mencapai ketuntasan klasikal sebesar 100%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Buku Digital Interaktif (BUDIN) layak dan efektif untuk diterapkan pada pembelajaran materi struktur dan fungsi sel di SMA. Kata Kunci  : Buku Digital Interaktif (BUDIN), efektif, layak, struktur dan fungsi sel 
PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER MORAL TERHADAP SISWA MELALUI PELAJARAN PPKn DI SEKOLAH Toni Toni; Hasmi Syahputra Harahap
Genta Mulia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Vol 11, No 2 (2020): Genta Mulia : Jurnal Ilmiah Pendidikan
Publisher : STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk memberikan penerapan pendidikan karakter moral  terhadap siswa melalui pelajaran PPKn disekolah. Pendidikan karakter yang tepat sasaran akan memberikan kontribusi baik untuk siswa disekolah dan masyarakat. Untuk itu guru sebagai pengajar harus lebih maksimal dalam memberikan pendidikan moral di sekolah. Metode Penlitian atau teknik analisa menggunakan Deskriptif Kualitatif, peneliti mengambil  seluruh subjek siswa kelas VII, VIII, IX dengan total siswa sebanyak 81 siswa dengan cara wawancara tidak terstruktur, selanjutnya wawancara dengan guru PPKn. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah diberikan pemahaman tentang penerapan pendidikan karakter moral  terhadap siswa melalui pelajaran PPKn disekolah siswa lebih terbuka dalam pemahaman ilmu pengetahuan tentang pendidikan karakter moral. Dapat dilihat dari rasa ingin tahu siswa pada saat tanya jawab wawancara dikelas dan minat belajar siswa yang mulai tergugah untuk belajar lebih tinggi.  Moral siswa sudah mulai tampak perubahan dilihat dari pergaulan siswa pada saat berintraksi disekolah. Melalui Penerapan pendidikan karakter diharapkan siswa dapat memiliki pengetahuan secara intelektual yang tinggi. Peran guru tidak dapat dipisahkan dalam pengajaran disekolah sedangkan pengajaran sesuai dengan standar kurikulum pendidikan nasional.     Kata Kunci: Pendidikan Karakter moral, Siswa, PPKn. 
PERAN GURU PENDAMPING DALAM MEMBANTU PEMBELAJARAN PAUD DI GUGUS MAWAR KEC. SUKARAJA KAB. SELUMA mimpira Haryono; Desi Effawati
Genta Mulia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Vol 11, No 2 (2020): Genta Mulia : Jurnal Ilmiah Pendidikan
Publisher : STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untu mendiskripsikan Peran Guru Pendamping Dalam Membantu Pembelajaran PAUD Di Gugus Mawar Kecamatan Sukaraja Kabupaten Seluma. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang memiliki makna mendeskripsikan suatu penelitian yang sedang dilaksanakan. Subjek utama dalam penelitian ini adalah guru pendamping PAUD diLembaga yang tergabung dalam Gugus Mawar Kecamatan Sukaraja Kabupaten Seluma berjumlah 5 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan penekananya pada usaha menjawab pertanyaan-pertanyaan penelitian melalui cara berfikir formal argumentatif. Peran Guru Pendamping Dalam Membantu Pembelajaran PAUD Di Gugus Mawar Kecamatan Sukaraja Kabupaten Seluma telah dilaksanakan namun belum dilakukan secara maksimal secara rutin dan berkesinambungan. Kata kunci : Peran Guru Pendamping, Pembelajaran PAUD.

Page 1 of 4 | Total Record : 31