cover
Contact Name
Dessy Rizki Suryani
Contact Email
suryani_fkip@unmus.ac.id
Phone
+6285255575425
Journal Mail Official
-
Editorial Address
Jalan Kamizaun Mopah Lama
Location
Kab. merauke,
P a p u a
INDONESIA
Musamus Journal of Mathematics Education
Published by Universitas Musamus
ISSN : 26227908     EISSN : 26227916     DOI : https://doi.org/10.35724/mjme
Core Subject : Education,
FOCUS: The aims of this Musamus Journal of Mathematics Education is to provide a venue for academicians, researchers, and practitioners for publishing the original research articles or review articles. SCOPE: The scope of the articles published in this journal deals with a contemporary issues Mathematics Teaching; Mathematics Learning; Curriculum Development in Mathematics Education Evaluation and Measurement in Mathematics Education; Educational Reforms in Mathematics Education; Statistics in Mathematics Education; Ethnomathematics; Mathematics Teacher; Technology in Mathematics Learning and Teaching.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 2 (2021): Musamus Journal of Mathematics Education" : 6 Documents clear
Pengembangan LKS Pada Materi Limit Menggunakan Model Pembelajaran Group Investigation Berbasis Komunikasi Matematis Dian Mayasari; Etriana Meirista; Dwi Putri Jayanti
Musamus Journal of Mathematics Education Vol 3 No 2 (2021): Musamus Journal of Mathematics Education
Publisher : Musamus University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35724/mjme.v3i2.3571

Abstract

Abstrak: Penelitian ini mengembangkan suatu bahan ajar berupa lembar kegiatan siswa yang berbasis komunikasi matematis dengan model pembelajaran group investigation. Pengembangan LKS menggunakan model pembelajaran group investigation ini bertujuan untuk melatih kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi limit. Model pengembangan yang digunakan adalah 4-D terdiri atas empat tahapan yaitu define, design, develop dan disseminate. Penelitian hanya dilakukan sampai uji coba terbatas pada tahap develop karena waktu yang terbatas. Penelitian ini dilaksanakan di MA Al-Hikmah Merauke pada kelas XII IPA sebagai sampel uji coba terbatas yang berjumlah 12 siswa. Teknik pengumpulan data dengan memberikan angket kevalidan kepada validator untuk mengukur kevalidan produk serta angket kepraktisan kepada guru dan siswa untuk mengukur kepraktisan produk. Analisis data dilakukan dengan menghitung persentase nilai dari angket yang diberikan kepada validator dan responden. Hasil penelitian menunju kan bahwa LKS dengan model pembelajaran group investigation berbasis komunikasi matematis berada pada kriteria valid dan praktis. Produk yang dikembangkan sudah layak digunakan untuk uji coba lapangan dan pembelajaran di sekolah. Abstract: This study developed a teaching material in the form of student’s worksheet based on mathematical communication with the group investigation learning model. The development of student’s worksheet using the group investigation learning model was aimed at training student mathematical communication skills on the limit material. The research model used is 4-D consisting of four stages, namely define, design, develop and disseminate. The research was only conducted until the trial at the develop stage due to limited time. This research was conducted at MA Al-Hikmah Merauke in class XII IPA as a limited trial sample, amounting to 12 students. Data collection techniques was by providing validity questionnaires to validators to measure product validity and practicality questionnaires to teachers and students to measure the practicality of the product. Data analysis was performed by calculating the percentage value of the questionnaire given to the validators and respondents. The results showed that student worksheets with the group investigation learning model based on mathematical communication were in valid and practical criteria. The product developed is suitable for use for field trials and learning in schools.
Pengaruh Model Pembelajaran Time Token Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Osey Putri Salehha; Nurhayati Nurhayati
Musamus Journal of Mathematics Education Vol 3 No 2 (2021): Musamus Journal of Mathematics Education
Publisher : Musamus University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35724/mjme.v3i2.3593

Abstract

Abstrak: Penelitian ini termasuk dalam penelitian ex-post factoPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran time token berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada materi peluang. Seluruh siswa kelas VIII yang terdiri dari 7 kelas menjadi populasi dalam penelitian ini dan yang menjadi sampel kelas VIII/2 yang dipilih secara random. Pengujian data yang dilakukan menggunakan uji asumsi (normalitas dan homogenitas) dan uji regresi sederhana. Adapun hasil penelitian ini menyatakan bahwa nilai Sig. sebesar 0.00 5% maka ditolak, yang artinya model pembelajaran time token memiliki pengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada materi peluang. Abstract: This research is included into ex-post facto research and quasi-experimental research type. This study aims to determine the time token learning model has an effect on students' mathematical creative thinking skills on opportunity material. All students of class VIII consisting of 7 classes became the population in this study and the samples of class VIII/2 were randomly selected. Testing the data used assumption test (normality and homogeneity) and simple regression test. The results of this study stated that the value of Sig. 0.00 5% then rejected, it means that the time token learning model has a positive influence on students' mathematical creative thinking skills on opportunity material.
Lesson Study dalam Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa SMP pada Pokok Bahasan Prisma dan Limas Tegak Nur Fitriyah Indraswari; Lilis Mariyatul Fitriyah
Musamus Journal of Mathematics Education Vol 3 No 2 (2021): Musamus Journal of Mathematics Education
Publisher : Musamus University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35724/mjme.v3i2.3636

Abstract

Abstrak: Dalam proses pembelajaran, masalah yang sering dijumpai diantaranya guru kurang mampu memberi stimulus kepada siswa dalam belajar sehingga hal ini mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa. Dalam hal ini, peneliti memilih lesson study dengan metode discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan lesson study terhadap peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pokok bahasan prisma dan limas tegak di kelas VIII SMP Negeri 3 Pamekasan. PTK dalam penelitian ini dilaksanakan secara kolaboratif antara guru mata pelajaran matematika kelas VIII dan peneliti. Untuk memperoleh data peneliti menggunakan observasi dan tes untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Setelah diadakan penelitian tentang kegiatan lesson study di kelas VIII mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Berdasarkan hasil penelitian, penulis mengambil kesimpulan bahwa lesson study dengan menggunakan metode discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Abstract: In the learning process, problems that are often encountered include teachers being unable to provide stimulus to students in learning so that this results in low student achievement. In this case, the authors chose lesson study with discovery learning methods to improve student achievement. The purpose of this study was to describe the use of lesson study to increase student activity and achievement on the subject of prisms and upright pyramids in class VIII junior high school 3 pamekasan. PTK in this study was carried out collaboratively between the VIII grade mathematics teacher and the researcher. To obtain data, researchers used observation and tests to determine the increase in student activity and achievement. After conducting research on lesson study activities in class VIII experienced a significant increase. Based on the research results, the authors conclude that lesson study using discovery learning method can improve student achievement.
Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap Kemampuan Penalaran Matematis dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTs AN-Nur Lenteng Nur Suci Bahiyrah Sufvinia; Lilis Mariyatul Fitriyah; Nur Fitriyah Indraswari
Musamus Journal of Mathematics Education Vol 3 No 2 (2021): Musamus Journal of Mathematics Education
Publisher : Musamus University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35724/mjme.v3i2.3637

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran reciprocal teaching terhadap kemampuan penalaran matematis dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTs An-Nur Lenteng Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen yaitu Pre Experimental dengan populasi kelas VIII di MTs An-Nur. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu simple random sampling. Sampel penelitian yaitu kelas VIII-A sebanyak 15 siswa.Teknik pengumpulan datanya dengan menggunakan tes kemampuan penalaran matematis dan tes hasil belajar matematika. Sedangakan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik mengunakan uji N-gain dan uji-t. Pengujian hipotesis dengan uji t didapat nilai thitung adalah 3,28045 sedangkan pada tabel nilai ttabel adalah 1,76131 pada taraf signifikan 0,05, dan derajat kebebasan 14, sehingga nilai thitung lebih dari ttabel hal ini menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima.. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTs An-Nur Lenteng Tahun Pelajaran 2019/2020. Abstract: This study aims to determine whether there is an influence of the Effect of Reciprocal Teaching Learning Model on Mathematical Reasoning Ability and Student Learning Outcomes of Class VIII MTs An-Nur Lenteng in the 2019/2020 academic year. This study uses an experimental approach that is pre experimental with a class VIII population at MTs An-Nur. The sampling technique used was simple random sampling. The research sample is class VIII-A as many as 15 students. Data collection techniques using mathematical reasoning ability tests and mathematics learning achievement tests. While the data analysis technique used as statistical analysis using the N-gain test and t-test. Hypothesis testing with the t test obtained thitung is 3,28045 while in the table the value of ttabel is 1,76131 at a significant level of 0,05, and degrees of freedom 14, so the value of thitung more than ttabel this shows that H0 is rejected and Ha is accepted. Thus it can be concluded that there is an influence of The Effect of Reciprocal Teaching Learning Model on Mathematical Reasoning Ability and Student Learning Outcomes of Class VIII students of MTs An-Nur Lenteng in the 2019/2020 Academic Year
Pengaruh Motivasi Belajar dan Kecemasan Matematika terhadap Kesadaran Metakognisi dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Khumaeroh Dwi Nur'aini; Herman Patarru; Markus Palobo
Musamus Journal of Mathematics Education Vol 3 No 2 (2021): Musamus Journal of Mathematics Education
Publisher : Musamus University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35724/mjme.v3i2.3539

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan kecemasan matematika terhadap kesadaran metakognisi dan kaitannya dengan hasil belajar matematika siswa SMP Negeri Urumb. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Ex-Post Facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri Urumb tahun ajaran 2019/2020 dengan jumlah sampel 123 siswa yang dipilih dengan menggunakan teknik Proportional Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen: (1) angket motivasi belajar, (2) angket kecemasan matematika, (3) angket kesadaran metakognisi dan (4) hasil belajar matematika. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan analisis jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Motivasi belajar siswa berpengaruh langsung secara signifikan terhadap kesadaran metakognisi siswa dengan koefisien korelasi sebesar 0,916, (2) Kecemasan matematika berpengaruh langsung secara signifikan terhadap kesadaran metakognisi siswa dengan koefisisen korelasi sebesar 0,074, (3) Motivasi belajar berpengaruh langsung secara signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa dengan koefisisen korelasi sebesar 0,797, (4) Kecemasan matematika tidak berpengaruh secara langsung secara signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa dengan koefisisen korelasi sebesar -0,067, (5) Kesadaran metakognisi tidak berpengaruh langsung secara signifikan terhadap hasil belajar matematika dengan koefisisen korelasi sebesar 0,112, (6) Motivasi belajar berpengaruh tidak langsung secara signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa melalui kesadaran metakognisi koefisisen korelasi 0,102 dan (7) Kecemasan matematika berpengaruh tidak langsung secara signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa melalui kesadaran metakognisi koefisisen korelasi 0,008. Abstract: The purpose of this study was to determine the effect of learning motivation and mathematics anxiety on metacognition awareness and its relation to mathematics learning outcomes of Urumb Public Middle School students. This type of research is "ex post facto". The population in this study were Urumb Public Middle School students in the 2019/2020 school year with a total sample of 123 students selected using the Proportional Random Sampling technique. Data collection techniques using instruments: (1) Learning motivation has a significant direct effect on students 'metacognition awareness with a correlation coefficient of 0.916, (2) Mathematical anxiety has a significant direct effect on students' metacognition awareness with a correlation coefficient of 0.074, (3) Learning motivation has a direct effect significant to the mathematics learning outcomes of students 'correlation coefficient0.797, (4) Mathematical anxiety does not have a significant direct effect on the mathematics learning outcomes of students' correlation coefficients -0.067, (5) Awareness of metacognition does not significantly influence the mathematics learning outcomes of correlation coefficients 0.112, (6) Learning motivation has a significant indirect effect on student mathematics learning outcomes through awareness of correlation coefficient metacognition 0.102 and (7) Mathematical anxiety has a significant indirect effect on student mathematics learning outcomes through awareness of correlation coefficient metacognition 0.008.
Pengembangan LKS Pada Materi Limit Menggunakan Model Pembelajaran Group Investigation Berbasis Komunikasi Matematis Dwi Putri Jayanti; Dian Mayasari; Etriana Meirista
Musamus Journal of Mathematics Education Vol 3 No 2 (2021): Musamus Journal of Mathematics Education
Publisher : Musamus University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35724/mjme.v3i2.3571

Abstract

Abstrak: Penelitian ini mengembangkan suatu bahan ajar berupa lembar kegiatan siswa yang berbasis komunikasi matematis dengan model pembelajaran group investigation. Pengembangan LKS menggunakan model pembelajaran group investigation ini bertujuan untuk melatih kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi limit. Model pengembangan yang digunakan adalah 4-D terdiri atas empat tahapan yaitu define, design, develop dan disseminate. Penelitian hanya dilakukan sampai uji coba terbatas pada tahap develop karena waktu yang terbatas. Penelitian ini dilaksanakan di MA Al-Hikmah Merauke pada kelas XII IPA sebagai sampel uji coba terbatas yang berjumlah 12 siswa. Teknik pengumpulan data dengan memberikan angket kevalidan kepada validator untuk mengukur kevalidan produk serta angket kepraktisan kepada guru dan siswa untuk mengukur kepraktisan produk. Analisis data dilakukan dengan menghitung persentase nilai dari angket yang diberikan kepada validator dan responden. Hasil penelitian menunju kan bahwa LKS dengan model pembelajaran group investigation berbasis komunikasi matematis berada pada kriteria valid dan praktis. Produk yang dikembangkan sudah layak digunakan untuk uji coba lapangan dan pembelajaran di sekolah. Abstract: This study developed a teaching material in the form of student’s worksheet based on mathematical communication with the group investigation learning model. The development of student’s worksheet using the group investigation learning model was aimed at training student mathematical communication skills on the limit material. The research model used is 4-D consisting of four stages, namely define, design, develop and disseminate. The research was only conducted until the trial at the develop stage due to limited time. This research was conducted at MA Al-Hikmah Merauke in class XII IPA as a limited trial sample, amounting to 12 students. Data collection techniques was by providing validity questionnaires to validators to measure product validity and practicality questionnaires to teachers and students to measure the practicality of the product. Data analysis was performed by calculating the percentage value of the questionnaire given to the validators and respondents. The results showed that student worksheets with the group investigation learning model based on mathematical communication were in valid and practical criteria. The product developed is suitable for use for field trials and learning in schools.

Page 1 of 1 | Total Record : 6