cover
Contact Name
Fetro Dola Syamsu
Contact Email
defetro@gmail.com
Phone
+6285274164449
Journal Mail Official
-
Editorial Address
Jl. Meulaboh - Tapak Tuan, Peunaga Cut Ujong, Meureubo, Aceh Barat 23615
Location
Kab. aceh barat,
Aceh
INDONESIA
Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar
ISSN : 25794647     EISSN : 2579874X     DOI : -
Core Subject : Education,
Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Sekolah Dasar merupakan publikasi ilmiah berkala yang diperuntukkan bagi dosen, mahasiswa dan pemerhati kependidikan untuk menyebarluaskan hasil kajian, pemikiran dan penelitian yang relevan dalam bidang pendidikan Biologi dan tebit 2 kali dalam setahun (Maret dan September).
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 1 (2018): Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar" : 11 Documents clear
PENGARUH PENGUASAAN DEIKSIS TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS ARTIKEL OLEH SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 8 MEDAN SEMESTER GANJIL TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017 Roikestina Silaban
Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 5, No 1 (2018): Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Publisher : Bina Gogik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (392.151 KB)

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penguasaan Deiksis terhadap Kemampuan Menulis Artikel Oleh Siswa Kelas X Di SMA Negeri 8 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017 Semester Ganjil. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskripsi. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 8 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017 berjumlah 288 orang. Sampel penelitian diambil berjumlah 36 orang. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan teknik claster sampling. Hipotesis yang dirumuskan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut, HA : Ada pengaruh yang signifikan antara penguasaan deiksis terhadap kemampuan menulis artikel bagi siswa kelas X SMA Negeri 8 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017 Semester Ganjil. HO : Tidak ada pengaruh yang signifikan antara penguasaan deiksis terhadap kemampuan menulis artikel bagi siswa kelas X SMA Negeri 8 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017 Semester Ganjil. Berdasarkan analisis data yang diperoleh ∑X = 2536, X =70,44, SDx = 18,94 dan data Y diperoleh ∑Y = 2728, Y = 75,77, SDy = 10,63. Dari perhitungan  dikonsultasikan dengan  pada taraf signifikan 5% dengan N = 36 yaitu 1,467 > 0,329, maka hipotesis alternatif (HA) diterima. Hal ini berarti Ada pengaruh yang signifikan antara penguasaan deiksis terhadap kemampuan menulis artikel bagi siswa kelas X SMA Negeri 8 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017 Semester Ganjil.  Kata-kata kunci: Pengaruh. Deiksis, menulis artikel.
PENERAPAN METODE INKUIRI UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR PPKN SISWA PADA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI PADANG HULUKOTA TEBING TINGGI Dahniar Harahap
Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 5, No 1 (2018): Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Publisher : Bina Gogik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (426.786 KB)

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan Hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran PPKn pada Materi Keputusan Bersama menggunakan metode inkuiri di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri Padang Hulu Kota Tebing Tinggi. Variable yang diamati adalah: 1) Variabel bebas: Metode inkuiri, dan 2) Variabel terikat : Hasil belajar. Instrument pengumpulan data adalah tes hasil belajar.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Hasil belajar PPKn siswa melalui metode inkuiri meningkat. Hasil evaluasi siklus I menunjukkan skor rata-rata kelas mencapai 65,33 dan pada siklus II rata-rata kelas mencapai  87,33. Dengan demikian skor rata-rata dari siklus I ke siklus II terjadi peningkatan sebesar 22%. Pada siklus I persentase ketuntasan klasikal mencapai 33,33% dan pada siklus II persentase ketuntasan klasikal mencapai 93,33%. Dengan demikian terjadi peningkatan pada persentase ketuntasan klasikal sebesar 60%. Kata-kata kunci : Metode Inkuiri, Hasil Belajar
PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR SEBAGAI SALAH SATU PENUNJANG PROFESIONALISME GURU SEKOLAH DASAR Rosidah Surbakti
Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 5, No 1 (2018): Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Publisher : Bina Gogik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (208.203 KB)

Abstract

Abstrak:Pembelajaran yang didasari dengan penggunaan media menjadikan guru sebagai fasilitator dalam setiap kegiatan pembelajaran. Diantaranya adalah  gambar merupakan salah satu media pembelajaran alternatif yang efektif digunakan oleh guru sekolah dasar. Penggunaan media gambar sangat mendukung perkembangan kognitif dan kebutuhan anak sekolah dasar yang cenderung senang bermain, bergerak, bekerja dalam kelompok, memperagakan segala sesuatu secara langsung dan praktis dari apa yang dilihat, dirasa dan dirasa, realistik, rasa ingin tahu dan ingin belajar dalam kehidupan sehari-hari. Keadaan inilah yang mengharapkan guru sekolah dasar untuk lebih kreatif untuk mengembangkan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan gambar yang menarik untuk memberikan pengalaman yang konkret dalam membangun konsep anak serta melaksanakan pembelajaran yang mengembangkan nilai-nilai yang mempu menentukan pilihan dan menjadi pegangang bagi anak tersebut.Guru yang efektif dalam menggunakan media dapat meningkatkan minat siswa dalam proses belajar mengajar dan siswa akan lebih cepat dan mudah memahami dan mengerti terhadap materi pelajaran yang disampaikan guru. Kata-kata kunci: media pembelajaran, profesionalisme guru.
KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA SD MELALUI PENDEKATAN PROSES Nina Hastina
Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 5, No 1 (2018): Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Publisher : Bina Gogik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (265.877 KB)

Abstract

Abstrak: Penelitian ini untuk mengungkapkan keterampilan menulis puisi siswa kelas V SD berdasarkan aplikasi pendekatan proses yang dilaksanakan guru dalam kegiatan pembelajaran menulis puisi siswa. Metode yang digunakan dalam mengungkapkan hal ini melalui penelitian quasi eksperimen pada siswa kelas V SD dengan mengumpulkan data yang terdiri dari tes keterampilam menulis puisi. Dari data yang diperoleh menjawab bahwa penggunaan pendekatan  proses terhadap pembelajaran menulis puisi lebih baik diterapkan dibanding pendekatan hasil pada pembelajaran keterampilan menulis puisi. Hal ini ditunjukkan berdasar hasil analisis varians kedua pendekatan menunjukkan F hitung sebesar 2.10 > dari harga F tabel 1.86 pada taraf signifikansi α 0.05 sehingga H  ditolak. Kata-kata kunci: Pendekatan Proses, Pendekatan Hasil, Menulis Puisi Siswa SD
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP PERBANDINGAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) Anugrah Mulia Tampubolon
Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 5, No 1 (2018): Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Publisher : Bina Gogik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (361.119 KB)

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas V dalam konsep perbandingan. Penelitian ini dilakukan di SD IT Zahira Medan pada bulan Oktober-Januari 2018 di kelas V dengan subjek penelitian berjumlah 25 siswa. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus memuat tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Berdasarkan hasil yang diperoleh dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika dalam konsep perbandingan kelas V di SD IT Zahira Medan Sumatera Utara. Hal ini terbukti pada kondisi awal dari 25 siswa hanya terdapat 10 siswa atau 40% yang mencapai nilai KKM, sedangkan 15 siswa atau 60% belum mencapai KKM. Pada siklus I diperoleh hasil nilai rata-rata 66,52 dengan hasil belajar klasikal 44%, artinya 11 siswa telah mencapai KKM dan pada siklus II meningkat nilai rata-rata menjadi 82,60 dengan hasil belajar klasikal 100% artinya terdapat 25 siswa telah mencapai KKM. Selain itu kegiatan siswa dan guru yang diamati pada lembar pengamatan  juga  mengalami  peningkatan  yang  signifikan.  Hal  ini  dibuktikan dengan hasil pengamatan yang diperoleh bahwa kegiatan guru pada siklus I adalah 66 atau cukup baik dan meningkat menjadi 88 atau baik. Kegiatan siswa pada siklus I adalah 64 atau cukup baik meningkat menjadi 87 atau baik. Kata-kata kunci: Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM), hasil belajar, siswa.
PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) PADA MATERI PEREDARAN DARAH DI KELAS VIII SMPNEGERI 4 MEDAN T. P. 2016/2017 Dian Arisetya
Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 5, No 1 (2018): Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Publisher : Bina Gogik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (339.705 KB)

Abstract

Abstrak : Peningkatan aktivitas dan hasil belajar biologi siswa dengan menggunakan model pembelajaran NHT (Numbered Head Together) pada materi peredaran darah di kelas VIII SMP Negeri 4 Medan Tahun pembelajaran 2016/2017.Penelitian ini bertujuan untuk peningkatan aktivitas dan hasil belajar biologi siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Medan melalui model pembelajaran NHT (Numbered Head Together). Penelitian ini merupakan PTK (penelitian tindakan kelas)yang dilaksanakan dalam tiga siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu : perencanaan, tindakan, pengamatan, reflesksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017.Data penelitian ini diperoleh dari angket dan tes (pretest-posttes) yang hasilnya menunjukkan bahwa model pembelajaran NHT (Numbered Head Together) pada materi sistem peredaran darah dapat meningkat. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil belajar siswa dengang menggunakan model NHT (Numbered Head Together) pada siklus I dengan nilai adalah 33,2%, siklus II 54,1% dan siklus III adalah 76,1%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran NHT (Numbered Head Together) pada materi sistem peredaran darah dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar biologi siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017 pada mata pelajaran biologi. Kata-katakunci :Model Pembelajaran NHT (Numbered Head Together), Aktivitas Belajar, Hasil Belajar.
PENGARUH MEDIA GAMBAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III SDN PASI PINANG KECAMATAN MEUREUBO KABUPATEN ACEH BARAT Nurjannah Nurjannah
Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 5, No 1 (2018): Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Publisher : Bina Gogik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (287.978 KB)

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan utuk  mengetahui pengaruh media gambar terhadap Motivasi belajar pembelajaran bahasa Indonesia siswa  kelas IV SDN Pasi Pinang Kecamatan Meureubo Kabupaten aceh Barat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif.Penelitian ini dilakukan pada bulan maret 2018, di SDN Pasi Pinang Kecamatan Meureubo Kabupaten Aceh Barat. Hasil penelitian Penggunaan  media gambar dapat dikatakan efektif  karena sudah memenuhi kriteria yang diberikan. Berdasarkan hasil pembembelajarn yang dilakukan oleh guru bahasa Indonesia ini proses media gambar  dapat memberikan respon langsung kepada siswanya. Karena menurut beliau menggunakan media gambar itu selain efektif siswa juga lebih aktif dalam bertanya, mengamati kemudian siswa juga berani dalam memberikan tangapan atau respon terhadap apa yang di paparkan dalam media gambartersebut.Bardasarkah hasil wawancara dengan guru mata pelajaran bahasa indonesia beliau juga memberikan tangapan lagi terhadap minat dan motivasi belajar siswa. Untuk menumbuhkan minat belajar siswa guru menggunakan media gambar, menurut beliau media gambar itu salah satu media yan g bisa mengembangkan minat dan bakat siswa. Kata-katakunci: Media Gambar, Motivasi, Bahasa Indonesia.
METODE PENGAJARAN IPS YANG EFEKTIF DI SD Risma Hartati
Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 5, No 1 (2018): Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Publisher : Bina Gogik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (227.088 KB)

Abstract

Abstrak: Metode pengajaran bersangkut paut dengan pemilihan jalan, arah atau  pola dalam berbuat sesuatu yang mencapai sesuatu tujuan. Sedangkan mengajar dapat diartikan sebagai suatu proses membawa anak dididk dari suatu tingkat kecakapan tertentu ke tingkat kecakapan yang menjadi tujuan pendidikan. Metode pengajaran IPS perlu diperbaharui mengikuti teknologi. Proses pembelajaran ditentukan bagaimana guru menggunakan metode pengajaran yang efektif. Hal ini akan berdampak pada pola sistem mengajar.  Pergeseran pola sistem mengajar yaitu dari guru yang mendominasi kelas menjadi fasilitator dalam proses pembelajaran. Guru seharusnya berperan fasilitator belajar dari pada sebagai pengajar dan tidak merupakan satu-satunya sumber informasi. Dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajar, guru harus menciptakan kondisi belajar yang efektif dan kreatif. Kegiatan pembelajaran harus menantang, menyenangkan, mendorong eksplorasi, member pengalaman sukses, dan mengembangkan kecakapan berfikir siswa Kata-kata kunci: metode pengajaran, IPS, sekolah dasar
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MACROMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA DI SD KELAS II NEGERI PAYA PEUNAGA KECAMATAN MEUREUBO Mardhatillah Mardhatillah; Esi Trisdania
Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 5, No 1 (2018): Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Publisher : Bina Gogik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (440.206 KB)

Abstract

Abstrak: Berdasarkan hasil observasi pada siswa SD N Paya Peunaga di kelas II SDN Paya Peunaga  masih terdapat siswa yang kemampuan membacanya kurang. Hal ini terbukti dari kemampuan membaca siswa masih rendah dalam satu kelas, terdapat 18 siswa setengah dari 18 orang telah fasih membaca sedangkan sisanya masih ada yang belum lancar membaca, belum bias mengeja yang benar bahkan masih ada yang belum mengenal huruf dengan sempurna. Mengatasi permasalahan tersebut dibutuhkan media pembelajaran yang baru dan menarik serta dapat menarik minta siswa dalam membaca salah satunya adalah pembelajaran berbasis macromedia flash. Penelitian ini bertujuan untuk Merencanakan media Macromedia flash yang interaktif agar siswa dapat meningkatkan kemampuan membaca. Metode yang dilakukan adalah Reseach and Development tahapan dalam dalam penelitian ini diawali dengan potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain dan uji pemakaian. Hasil penelitian menunjukan bahwa media yang dikembangkan memenuhi syarat dan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Dan hasil uji pemakain produk yaitu : hasil penilaian aspek pembelajaran 75 % dengan kategori baik dan hasil penilaian aspek materi memperoleh 80 % dengan kategori sangat layak hasil penilaian media memperoleh skor rata-rata 80 % dengan kategori sangat baik. Kata-kata kunci: pengembangan, media pembelajaran macromedia flash, membaca.
KEMAMPUAN MENEMUKAN IDE POKOK PARAGRAF BERBAGAI JENIS WACANA DALAM NASKAH SOAL UAS OLEH SISWA KELAS IX SMPNEGERI 5 PERCUT SEI TUAN Nancy Angelia Purba
Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 5, No 1 (2018): Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Publisher : Bina Gogik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (342.325 KB)

Abstract

Abstrak :Mata pelajaran bahasa Indonesia merupakan salah satu mata pelajaran yang penting untuk dipelajari sedini mungkin. Dalam pelajaran bahasa Indonesia terdapat empat aspek, salah satu diantaranya adalah aspek membaca. Membaca adalah proses untuk memperoleh makna atau informasi. Dalam aspek membaca terdapat kompetensi dasar menemukan ide pokok dan ide penjelas suatu paragraf.Ide pokok merupakan kunci untuk mengetahui ide masalah yang dibicarakan, sedangkan ide penjelas adalah ide-ide yang menjelaskan ide pokok.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa kelas IX SMP Negeri Percut Sei Tuan Tahun Pembelajaran 2016/2017 dalam memahami/menemukan ide pokok paragraf berbagai jenis wacana dalam naskah soal-soal UAS.Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IX SP Negeri 5 Percut Sei Tuan yang berjumlah 150 orang.Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pembelajaran 2017/2018. Metode yang digunakan adalah metode secara acak atau random, dengan sampai 30 siswa yang terbagi dalam lima kelas. Tiap-tiap kelas diambil enam orang siswa sebagai perwakilan.Instrument yang digunakan berupa tes pilihan berganda.Setiap jawaban yang benar diberi skor 5.Kemampuan ide pokok merupakan hal utama yang harus diketahui dalam kegiatan membaca karena ide pokok sering digunakan sebagai materi tes dalam ujian akhir sekolah. Dengan meningkatan kemampuan menemukan ide pokok paragraf, diharapkan siswa harus lebih meningkatkan minat membaca karena dengan membaca tentunya akan mendapatkan banyak ilmu pengetahuan. Kata-kata kunci: Kemampuan, Ide Pokok, Paragraf.

Page 1 of 2 | Total Record : 11


Filter by Year

2018 2018


Filter By Issues
All Issue Vol. 11 No. 1 (2024): JURNAL BINAGOGIK Vol. 10 No. 2 (2023): JURNAL BINAGOGIK Vol. 10 No. 1 (2023): JURNAL BINAGOGIK Vol 10, No 1 (2023): Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 9, No 2 (2022): Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol. 9 No. 2 (2022): JURNAL BINAGOGIK Vol. 9 No. 1 (2022): JURNAL BINAGOGIK Vol 9, No 1 (2022): Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol. 8 No. 2 (2021): JURNAL BINAGOGIK Vol 8, No 2 (2021): Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 8, No 1 (2021): Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol. 8 No. 1 (2021): JURNAL BINAGOGIK Vol 7, No 2 (2020): Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol. 7 No. 2 (2020): JURNAL BINAGOGIK Vol 7, No 1 (2020): Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol. 7 No. 1 (2020): JURNAL BINAGOGIK Vol 6, No 2 (2019): Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol. 6 No. 1 (2019): JURNAL BINAGOGIK Vol 6, No 1 (2019): Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 5, No 2 (2018): Bina Gogik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 5, No 1 (2018): Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 4, No 2 (2017): Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 4, No 1 (2017): Bina Gogik: jurnal ilmiah pendidikan guru sekolah dasar Vol 3, No 2 (2016): Bina Gogik: jurnal ilmiah pendidikan guru sekolah dasar Vol 3, No 1 (2016): Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 2, No 2 (2015): Bina Gogik: jurnal ilmiah pendidikan guru sekolah dasar Vol 2, No 1 (2015): Bina Gogik: jurnal ilmiah pendidikan guru sekolah dasar Vol 1, No 2 (2014): Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 1, No 1 (2014): Bina Gogik: jurnal ilmiah pendidikan guru sekolah dasar More Issue