cover
Contact Name
Nirfayanti
Contact Email
nirfa@umma.ac.id
Phone
+6282393232829
Journal Mail Official
equals@umma.ac.id
Editorial Address
Jl. Dr. Ratulangi No. 62 Maros, 90511, Sulawesi Selatan, Indonesia
Location
Kab. maros,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Equals : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
ISSN : 26222329     EISSN : 26222442     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
Jurnal Equals: Jurnal ilmiah Pendidikan Matematika, memuat artikel berupa hasil pemikiran, studi pustaka atau penelitian yang berkaitan dengan perkembangan bidang ilmu pendidikan matematika dan belum pernah diterbitkan dalam jurnal lain.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 1 (2021): EQUALS" : 6 Documents clear
Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Open Ended Problem pada Mata Kuliah Kalkulus di STMIK Lamappoleonro Misveria Villa Waru
EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 4 No 1 (2021): EQUALS
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Muslim Maros

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46918/equals.v4i1.803

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran open ended problem terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Kalkulus di STIMIK Lamappoleonro. Jenis penelitian ini adalah penelitian ekperimen semu (Quasi Eksperimen) dengan Teknik pengumpulan data menggunakan tes dalam bentuk one group Pretest - posttest design dengan teknik random sampling. Subyek penelitian ini yaitu mahasiswa program studi teknik informatika yang sedang menempuh mata kuliah Kalkulus pada semester genap tahun akademik 2018/2019. Hasil penelitian diperoleh rata-rata hasil belajar pretest 50,13 dan posttest 84. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t berpasangan diperoleh nilai t 27,13 dan sig. 0,0001 karena nilai sig lebih kecil dari 5% maka penerapan dengan model pembelajaran open ended problem dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah kalkulus di STIMIK Lamappoleonro.
Bangun Ruang Sisi Lengkung dan Permasalahannya dalam Pembelajaran Matematika Rosida Marasabessy; Aan Hasanah; Dadang Juandi
EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 4 No 1 (2021): EQUALS
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Muslim Maros

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46918/equals.v4i1.874

Abstract

Bangun ruang sisi lengkung merupakan bagian dari geometri yang mempelajarinya merupakan hal yang penting, karena memungkinkan siswa untuk menganalisis dan menafsirkan dunia tempat mereka tinggal serta membantu mereka dalam mengoperasikan materi lainnya. Akan tetapi, fakta yang ditemukan dilapangan menunjukkan masih ada hambatan dan kesalahan yang dijumpai siswa pada materi ini. Untuk mengatasinya diperlukan kegiatan penganalisaan kesalahan siswa dalam memecahkan masalah bangun ruang sisi lengkung. Hal ini bertujuan agar kesalahan-kesalahan dan faktor-faktor penyebab kesalahan yang dilakukan siswa dapat diketahui, sehingga dapat dilakukan tindak lanjut dan penanganan terhadap kesalahan-kesalahan tersebut. Dengan demikian artikel ini bertujuan untuk melakukan kajian berupa permasalahan-permasalahan yang umumnya dihadapi siswa pada materi bangun ruang sisi lengkung. Kajian ini berupa penelusuran hasil penelitian pada jurnal-jurnal nasional. Kegiatan ini peneliti rangkum dari temuan hasil analisis 10 jurnal. Hasil pengkajian tersebut menunjukkan permasalahan yang dihadapi siswa pada materi bangun ruang sisi lengkung secara umum adalah masalah konsep dan prinsip (prosedural, perhitungan, kecerobohan, dan kalkulasi). Dalam artikel ini juga diberikan upaya yang dapat dilakukan guru dalam membelajarkan bangun ruang sisi lengkung, diantaranya: menggunakan alat peraga, memberikan soal secara berkala, melakukan remedial bagi siswa yang mengalami kesulitan, dan dalam proses pembelajaran memperhatikan fase-fase perkembangan geometri siswa dalam teori van hiele. Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat dalam bidang pendidikan khususnya pengajaran matematika, di mana dapat dilakukan tindak lanjut dan penanganan terhadap permasalahan-permasalahan bangun ruang sisi lengkung yang ditemukan dalam kelas.
Analisis Kemampuan Berpikir Kritis dalam Project Based Learning Aljabar Elementer Sutamrin Sutamrin; Khadijah Khadijah
EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 4 No 1 (2021): EQUALS
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Muslim Maros

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46918/equals.v4i1.892

Abstract

Kemampuan berpikir kritis penting untuk mengembangkan kemampuan kognitif mahasiswa dan penting dimiliki oleh mahasiswa calon guru. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang berusaha menemukan bagaimana kemampuan berpikir kritis mahasiswa calon guru Pendidikan Matematika STKIP Pembangunan Indonesia dalam penerapan Project Based Learning berbentuk video pembelajaran untuk Mata Kuliah Aljabar Elementer. Teknik pengumpulan data dalam bentuk video, dokumentasi dan laporan proyek. Teknik analisis data file video pembelajaran dan laporan proyek berdasarkan indikator berpikir kritis, yaitu (1) memberikan penjelasan sederhana, (2) membangun keterampilan dasar, (3) membuat inferensi, (4) membuat penjelasan lebih lanjut, dan (5) mengatur strategi dan Teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam proses pembuatan dan tampilan video pembelajaran yang dibuat oleh mahasiswa, proses berpikir kritis yang paling banyak dilakukan oleh mahasiswa adalah memberikan penjelasan sederhana (PS), membangun keterampilan dasar (KD), dan mengatur Strategi dan Teknik (ST). Namun kemampuan mengatur Strategi dan Teknik (ST) masih kurang, yang terlihat dari tampilan video pembelajaran yang masih kurang menarik. Kemampuan membuat inferensi (MI) dan memberikan penjelasan lebih lanjut (PL) juga perlu dikembangkan dan dilatihkan. Hal ini berarti bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan Project Based Learning (PjBL) mampu mengasah kemampuan berpikir kritis mahasiswa baik kemampuan berpikir kritis dalam materi pembelajaran Aljabar Elementer, kemampuan berpikir kritis dalam menjelaskan materi pembelajaran, maupun kemampuan berpikir kritis dalam pembuatan video pembelajaran. Temuan penelitian ini dapat digunakan untuk merancang metode pembelajaran berbasis proyek yang dapat mengasah kemampuan berpikir kritis.
Motivasi Belajar: Dampak Komik Matematika Bernuansa Islami Berbantuan Instagram Amiruddin Amiruddin; Nanang Supriadi; Suherman Suherman
EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 4 No 1 (2021): EQUALS
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Muslim Maros

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46918/equals.v4i1.935

Abstract

Motivasi belajar dari peserta didik sangat berguna didalam proses pembelajaran. Salah satu pemanfaatan teknologi internet yaitu menggunakan media sosial sebagai media pembelajaran untuk menumbuhkan motivasi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa komik matematika yang layak, menarik dan dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah research and development (R&D) dengan model penelitian Borg dan Gall yang telah diperbarui oleh Sugiyono. Subjek penelitiannya adalah peserta didik kelas VII SMP Sentosa Bhakti Baturaja yang sedang menerima materi aritmatika sosial. Data dikumpulkan melalui angket, wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk komik matematika bernuasa islami berbantuan Instagram layak dan menarik serta dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik.
Analisis Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Hasnaa Indar Nurazhaar; Hamidah Suryani Lukman; Ana Setiani
EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 4 No 1 (2021): EQUALS
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Muslim Maros

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46918/equals.v4i1.937

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif matematis sangat penting karena menjadi salah satu keterampilan yang harus dimiliki siswa dalam dunia pendidikan pada abad 21. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkatan kemampuan berpikir kreatif matematis dalam menyelesaikan soal sistem persamaan linear dua variabel. Jenis penelitian ini yaitu studi kasus dengan pendekatan kualitatif dan desain penelitian deskriptif kualitatif serta teknik pengumpulan data berupa pemberian tes serta wawancara. Subjek penelitian ini adalah 3 orang siswa kelas VIII C SMP Negeri 1 Kota Sukabumi yang dikategorikan berdasakan tingkatan kemampuan awal matematika, yaitu siswa dengan kemampuan tinggi, siswa dengan kemampuan sedang, dan siswa dengan kemampuan rendah. Berdasarkan hasil penelitian siswa dengan kemampuan tinggi dan kemampuan sedang memiliki kemampuan berpikir kreatif matematis pada tingkat 3 (kreatif) memenuhi aspek fluency dan flexibility, dan siswa dengan kemampuan rendah memiliki kemampuan berpikir kreatif matematis pada tingkat 1 (kurang kreatif) memenuhi aspek fluency.
Kemampuan Metakognisi dalam Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII.A SMP Hang Tuah Makassar Syamsuriyawati Husema; Rahmawati Rahmawati; Nirfayanti Nirfayanti
EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 4 No 1 (2021): EQUALS
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Muslim Maros

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46918/equals.v4i1.943

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan metakognisi dalam pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII.A SMP Hang Tuah Makassar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII.A dengan mengambil 3 orang siswa yang mewakili kelompok kemampuan tinggi, sedang, dan rendah. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek penelitian dengan kemampuan tinggi dapat menyelesaikan soal yang diberikan, hampir semua indikator terpenuhi pada masing-masing proses perencanaan (planning), pemantauan (monitoring), maupun evaluasi (evaluation). Untuk subjek dengan kemampuan sedang dalam pemecahan masalah tidak lebih baik dibanding kelompok tinggi saat merencanakan penyelesaian pada masing-masing proses perencanaan (planning), pemantauan (monitoring), maupun evaluasi (evaluation). Kemudian untuk subjek dengan rendah dalam pemecahan masalah semua indikator tidak terpenuhi pada masing-masing proses perencanaan (planning), pemantauan (monitoring), maupun evaluasi (evaluation).

Page 1 of 1 | Total Record : 6