cover
Contact Name
Hendra Gunawan
Contact Email
hendra@stan-im.ac.id
Phone
+62227272672
Journal Mail Official
jsma@stan-im.ac.id
Editorial Address
LPPM Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi STAN IM Jl. Jakarta No. 79 Bandung
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
JSMA (Jurnal Sains Manajemen dan Akuntansi)
ISSN : 20858426     EISSN : 2715520X     DOI : https://doi.org/10.37151/jsma
Core Subject : Economy, Social,
JSMA (Jurnal Sains Manajemen dan Akuntansi) is a peer-reviewed journal. JSMA invites academics and researchers who do original research in the fields of economics, management, and accounting.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 12 No 2 (2020): JSMA (Jurnal Sains Manajemen dan Akuntansi)" : 6 Documents clear
Analisis Faktor-Faktor Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Al-Islam Bandung Rahmadianti
JSMA Vol 12 No 2 (2020): JSMA (Jurnal Sains Manajemen dan Akuntansi)
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi STAN IM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37151/jsma.v12i2.52

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Rumah Sakit Al-Islam Bandung. Masalah yang dirumuskan dalam penelitian adalah bagaimana tingkat Tangible (keberwujudan), Empathy (empati), Responsiveness (ketanggapan), Reliability (keandalan), Assurance (jaminan) pelayanan dan kepuasan pasien rawat inap serta seberapa besar pengaruh Tangible (keberwujudan), Empathy (empati), Responsiveness (ketanggapan), Reliability (keandalan), Assurance (jaminan) pelayanan dan kepuasan pasien rawat inap. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian survey, jumlah populasi sebanyak 107 pasien. Dengan menggunakan rumus dari Slovin dan menggunakan taraf kesalahan () sebesar 5%, maka jumlah sampel yang di ambil sebanyak 84 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis korelasi untuk mengetahui derajat keeratan hubungan antar variabel penelitian dan teknik analisis jalur untuk mengetahui pengaruh baik langsung maupun tidak langsung variabel bebas terhadap variabel terikat. Hasil perhitungan menunjukkan Keberwujudan, Empati, Ketanggapan, Keandalan, Jaminan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh masing-masing variabel kualitas pelayanan yang terbagi dalam variabel Keberwujudan, Empati, Ketanggapan, Keandalan, Jaminan terhadap kepuasan pasien berbeda-beda tingkat kontribusinya. Namun apabila variabel kualitas pelayanan dilaksanakan secara terpadu, pengaruhnya kuat terhadap kepuasan pelanggan.
Analisis Risiko Penurunan Kinerja Keuangan UMKM (Studi Kasus Pada UD Asoka Paint) Lola; Agustine Dwianika
JSMA Vol 12 No 2 (2020): JSMA (Jurnal Sains Manajemen dan Akuntansi)
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi STAN IM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37151/jsma.v12i2.53

Abstract

Kinerja keuangan merupakan salah satu penentu keberhasilan suatu usaha, setiap usaha menginginkan kinerja keuangan yang optimal, begitupun Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Namun, mereka mengalami beberapa kendala yang menimbulkan risiko dan dapat menyebabkan penurunan kinerja keuangannya. Penelitian ini dilakukan untuk menemukan solusi menurunnya kinerja keuangan pada UD Asoka Paint. Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk memperoleh hasil uji empiris mengenai risiko-risiko yang dapat menurunkan kinerja keuangan UMKM. Metode pendekatan kualitatif dan teknik pengumpulan data berupa wawancara dilakukan untuk mendapatkan data primer serta analisis dokumen keuangan sebagai pelengkap data sekunder. Adapun hasil dari observasi ini menunjukkan bahwa UD Asoka Paint memiliki beberapa risiko yang dapat menimbulkan penurunan kinerja keuangannya. Pemilik belum melakukan pencatatan keuangan secara menyeluruh sesuai dengan standar akuntansi yang berlaku umum bagi UMKM. Pengatahuan akuntansi dan pajak bagi pengelola UD Ashoka merupakan solusi terbaik. Kedepan penelitian ini perlu dilengkapi dengan kegiatan pengabdian masyarakat yang bermanfaat bagi UD Ashoka, berupa pelatihan keuangan, kemudian melakukan analisa hasil setelah pelatihan tersebut.
Penerapan Business Model Canvas dan Proyeksi Analisis Finansial Sebagai Solusi Keberlangsungan Kegiatan UMKM di Pamulang Angela Gita Prameswari; Fitriyah Nurhidayah
JSMA Vol 12 No 2 (2020): JSMA (Jurnal Sains Manajemen dan Akuntansi)
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi STAN IM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37151/jsma.v12i2.54

Abstract

Kegiatan Wirausaha menjadi salah satu cara untuk menggerakkan perekonomian di Indonesia, karena dapat berkontribusi dalam penyerapan tenaga kerja. Kegiatan Wirausaha ini biasa disebut dengan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Jumlah pelaku UMKM di Indonesia terus meningkat setiap tahunnya, termasuk di daerah Pamulang. UMKM yang bergerak dalam bidang sejenis dapat menjadi pesaing bisnis. Perancangan dan perencanaan bisnis serta proyeksi analisis finansial yang kurang matang akan menimbulkan beberapa permasalahan, baik dari dalam maupun dari luar lingkungan bisnis yang nantinya bila dibiarkan secara terus menerus akan menyebabkan kalah saing. Penelitian ini bertujuan agar para pelaku bisnis dapat merancang strategi bisnis baru berdasarkan pendekatan Business Model Canvas dan melakukan proyeksi analisis finansial. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dan literatur review. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan survei menggunakan kuesioner. Hasil dari penelitian ini menunjukkan referensi rancangan strategi baru dari sembilan blok elemen yang terkandung dalam Business Model Canvas dengan memperhatikan matrik SWOT serta perhitungan proyeksi analisis finansial sebagai solusi keberlangsungan kegiatan UMKM di daerah Pamulang. Penelitian ini masih terbatas dalam pencarian responden akibat adanya pandemi Covid-19. Penelitian ini digunakan bagi para pelaku UMKM yang berada di daerah Pamulang.
Pengaruh Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian Terhadap Pengambilan Keputusan Pimpinan dalam Pengembangan Karier Pegawai Nur Azizah; Dematria Pringgabayu; Kunto Ajibroto
JSMA Vol 12 No 2 (2020): JSMA (Jurnal Sains Manajemen dan Akuntansi)
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi STAN IM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37151/jsma.v12i2.59

Abstract

Masalah yang menjadi kajian dari penelitian ini adalah mengenai Pengambilan Keputusan Pimpinan dalam Pengembangan Karir Karyawan. Salah satu faktor tersebut adalah sistem informasi manajemen yaitu sistem informasi manajemen kepegawaian. Berdasarkan hal tersebut, pokok masalah yang diungkap dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh sistem informasi manajemen kepegawaian terhadap pengambilan keputusan pimpinan dalam pengembangan karier pegawai. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif, Teknik analisis data yang digunakan adalah uji regresi sederhana. Berdasarkan perhitungan diperoleh hasil hipotesis alternatif yang menyatakan Terdapat Pengaruh Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (X) Terhadap Pengambilan Keputusan Pimpinan Dalam Pengembangan Karier Pegawai (Y) di Di Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Barat.
Daya Tarik Media Sosial dan Atribut Produk Terhadap Minat Kunjung Wisata di Ciwidey Efi Fitriani; Fitri Lestari
JSMA Vol 12 No 2 (2020): JSMA (Jurnal Sains Manajemen dan Akuntansi)
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi STAN IM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37151/jsma.v12i2.60

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) persepsi media sosial; 2) Persepsi atribut produk; 3) Persepsi minat kunjung; 4) besarnya pengaruh media sosial dan atribut produk terhadap minat kunjung wisata di Ciwidey Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dan verifikatif melalui analisis regresi berganda. Adapun tekhnik sampling dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 100 orang yang memiliki akun media sosial instagram. Berdasarkan hasil analisis regresi berganda menunjukkan bahwa media sosial berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap minat kunjung wisata. Sedangkan untuk atribut produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat kunjung wisata.
Analisis SWOT Pada Layanan Jasa Mobile Banking Di PT Bank Panin Dubai Syariah Muhammad Ryzki Wiryawan Wiryawan; Cici Amalia Hidayati Sulaiman
JSMA Vol 12 No 2 (2020): JSMA (Jurnal Sains Manajemen dan Akuntansi)
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi STAN IM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37151/jsma.v12i2.61

Abstract

Dalam beberapa tahun terakhir, Bank telah menyesuaikan layanan perbankannya, dari yang sebelumnya berbasis kertas menjadi berbasis seluler atau mobile. Adopsi Mobile-banking telah mendapat perhatian lebih dalam beberapa tahun terakhir, karena memang ada lebih banyak telepon daripada komputer di pasaran. Di Indonesia, satu per satu bank mulai mengadopsi teknologi tersebut untuk bisa bersaing, salah satunya Bank Panin Dubai Syariah yang memulainya pada 2019. Penelitian ini mencoba menganalisis layanan jasa mobile banking di PT Bank Panin Dubai Syariah menggunakan pendekatan SWOT. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, Menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Studi menunjukan bahwa berdasarkan diagram cartesius, layanan Mobile Banking Bank Panin Dubai Syariah berada pada kuadran I (satu) yaitu mendukung growth oriented strategy (strategi agresif).

Page 1 of 1 | Total Record : 6