cover
Contact Name
Atika Dini Savitri
Contact Email
-
Phone
+6285232734788
Journal Mail Official
ubthumaniora@gmail.com
Editorial Address
Gedung Rektorat Lantai 3 Jl. Lama No. 01, Kelurahan Pantai Amal, Kecamatan Tarakan Timur, Kota Tarakan, Kalimantan Utara.
Location
Kota tarakan,
Kalimantan utara
INDONESIA
Jurnal Borneo Humaniora
Jurnal Borneo Humaniora adalah jurnal yang memuat artikel-artikel ilmiah dari berbagai disiplin ilmu, diadopsi dalam berbagai aktivitas penelitian dosen. Yang tergolong dalam rumpun ilmu humaniora yaitu: Ekonomi, Teologi, Filsafat, Hukum, Sejarah, Filologi, Bahasa, Budaya & Linguistik (Kajian bahasa), Kesusastraan, Kesenian, dan Psikologi. Artikel-artikel yang dipublikasikan di Jurnal BORNEO HUMANIORA (p-ISSN 2615-4331 dan e-ISSN 2599-3305) yang diterbitkan oleh LPPM UBT setahun 2 kali terbit pada bulan Februari dan Agustus. Untuk menunjang kelangsungan eksistensi Jurnal Borneo Humaniora redaksi mengundang para peneliti untuk menyumbangkan artikel hasil penelitian di bidang Ilmu-ilmu Humaniora.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 2 (2018)" : 10 Documents clear
MENINGKATKAN SKOR TOEFL LISTENING MAHASISWA MELALUI GROUP INVESTIGATION BAGI MAHASISWA SEMESTER EMPAT JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS UNIVERSITAS BORNEO TARAKAN Vega, Nofvia De
Jurnal Borneo Humaniora Vol 1, No 2 (2018)
Publisher : LPPM Universitas Borneo Tarakan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (160.022 KB) | DOI: 10.35334/borneo_humaniora.v1i2.868

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan skor TOEFL pada bagian Listening melalui Group Investigation bagi mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Borneo Tarakan. Subyek pada penelitian ini adalah mahasiswa semester empat (IV). Untuk mengetahui perbedaan hasil pretest dan posttest sebelum diberi perlakuan, data dianalisis menggunakan desain pre-experiment one group pretest-posttest. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa pengajaran TOEFL Listening Test menggunakan model pembelajaran Group Investigation memberikan hasil yang baik dengan meningkatnya nilai TOEFL pada pretest sebesar 37,68 dan posttest sebesar 45,16. Berdasarkan uji hipotesis menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan 0,000 lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05 (0,000 < 0,05).
STUDI PELACAKAN DAN TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA TERHADAP LULUSAN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS UNIVERSITAS BORNEO TARAKAN Rafiqa, Syarifa
Jurnal Borneo Humaniora Vol 1, No 2 (2018)
Publisher : LPPM Universitas Borneo Tarakan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (199.467 KB) | DOI: 10.35334/borneo_humaniora.v1i2.869

Abstract

Tracer Study adalah  penelitian yang mngumpulkan informasi tentang sebaran para alumni dan berbagai masukan yang dapat membantu pengembangan kutikulum dan proses pembelajaran di Fakultasprogram studi Pendidikan Bahasa Inggris. Tracer study dilakukan dnegan menggunakan penelitian survey deng semua lulusan pada tahun 2012-2015 sebanyak 70 alumni. Pengumpulan data melalui dokumentasi dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukan bahwa pertama, kegiatan mahasiswa setelah lulus 87% adalah bekerja. Kedua, pekerjaan yang dilakukan oleh para alumni yang paling berpengaruh adalah 78.6% alumni bekerja sesuai dengan bidangnya. Ketiga, penghasilan yang diperoleh alumni dengan rentang <4.000.000 - 5.000.000 sebanyak 54.3%. Keempat, lama waktu tunggu dalam pekerjaan pertama yaitu 2 bulan. Kelima, kepuasan pengguna terhadap kinerja tinggi dengan kategori Baik dan Sangat Baik.
TIGA SEKOLAH DALAM PERIODE ROMANTIK DI INGGRIS DAN PENGARUH PUISI-PUISI MEREKA TERHADAP PERIODE TERSEBUT Faizal, Nur
Jurnal Borneo Humaniora Vol 1, No 2 (2018)
Publisher : LPPM Universitas Borneo Tarakan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (164.051 KB) | DOI: 10.35334/borneo_humaniora.v1i2.870

Abstract

Kehadiran tiga grup dalam periode Romantis di Inggris membawa perubahan ide baru tersebut. Tujuan penelitian ialah mempresentasikan ide yang menonjol dari tiga grup dalam menyatakan keindahan alam dan martabat manusia yang mewakili ide tersebut. Semua hal ini menandakan karya-karya Romantis Inggris pada periode tersebut. Penulis melakukan pendekatan berbasis bahasa dan menggunakan metode kualitatif deskriptif dalam analisisnya pada karya-karya yang dipilih dari ketiga grup. Penelitian ini ditulis berdasarkan data primer dan sekunder. Data primer diambil dari puisi dari ketiga grup; Tintern Abbey, La Belle Dame sans Merci, dan Ozymandias. Data sekunder diambil dari buku-buku, artikel website dari internet dan PDF. Lalu, data dianalisis menggunakan pendekatan struktural melalui unsur intrinsik dan ekstrinsik. Hasil menunjukkan bahwa martabat manusia dan keindahan alam pada periode Romantis berpengaruh sangat besar terhadap karya Romantis pada periode tersebut. Tiga grup Romantis Inggris dianggap sebagai pelopor ide yang signifikan tersebut. Mereka memperkenalkan istilah martabat manusia dan keindahan alam dari karya-karya sastra mereka yang sebagian besarnya dalam bentuk puisi. Puisi-puisi tersebut kemudian muncul dalam periode Romantis sebagai hasil dari istilah-istilah baru tersebut atau sistem baru yang inovatif dalam puisi.
TINGKAT ADOPSI PETANI PADI METODE SRI (System Of Rice Intensification) DI KOTA TARAKAN PROVINSI KALIMANTAN UTARA Mulyani, Sekar Inten; Hendris, Hendris
Jurnal Borneo Humaniora Vol 1, No 2 (2018)
Publisher : LPPM Universitas Borneo Tarakan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (181.031 KB) | DOI: 10.35334/borneo_humaniora.v1i2.871

Abstract

Beras merupakan bahan pangan utama sebagian besar masyarakat di Indonesia. Begitu juga di Kota Tarakan, dengan jumlah penduduk sebesar 235.565 jiwa  pada tahun 2015 (BPS, 2016) maka dengan semakin meningkatnya jumlah penduduk diikuti dengan bertambahnya konsumsi beras dan kebutuhan akan stok bahan pangan khususnya beras. Daerah sentra penghasil beras di Kota Tarakan adalah di Kecamatan Tarakan Timur. Para petani melalui pendampingan PPL (Petugas Penyuluh Lapang) Dinas Peternakan dan Tanaman Pangan Kota Tarakan, berusaha untuk melakukan peningkatan produktitivitas tanaman padi melalui metode SRI ( System Of Rice Intensification). Metode sistem pertanian SRI telah  dikenalkan pada petani padi di Kota Tarakan yaitu  di Kelurahan Mamburungan sejak tahun 2012. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  tingkat adopsi petani dalam usaha tani padi metode SRI (System Of Rice Intensification) di Kota Tarakan. Penelitian ini dilaksanakan pada Kelompok Tani Mapan Sejahtera Kelurahan Mamburungan dan kelompok tani Serumpun di Kelurahan Mamburungan Timur. Responden yang diambil sebanyak  40 petani dengan  teknik quota sampling. Metode analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, dengan memberikan skor pada jawaban responden yang ada pada kuesioner. Berdasarkan hasil penelitian, tingkat adopsi petani termasuk dalam kategori tinggi sebanyak 35 petani (87,5%). Tingkat adopsi dilihat dari pengetahuan 25 petani (62,50%) termasuk kategori sangat baik, sikap 21 petani (52,5%) sangat baik dan keterampilan sebanyak 24 petani (60%) termasuk dalam kategori sangat baik.
DESAIN MODEL PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBAHASA BAGI SISWA SEKOLAH DASAR SE-KALIMANTAN UTARA Pamuji, Siti Sulistyani; Setyami, Inung
Jurnal Borneo Humaniora Vol 1, No 2 (2018)
Publisher : LPPM Universitas Borneo Tarakan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (154.384 KB) | DOI: 10.35334/borneo_humaniora.v1i2.872

Abstract

Keterampilan Berbahasa perlu diajarkan sejak dini bagi siswa sekolah dasar. Keterampilan berbahasa perlu diajarkan bagi siswa SD kelas rendah dan kelas tinggi, sesuai kebutuhan pengajaran di kelas. Pengajaran keterampilan berbahasa bagi siswa SD baik kelas rendah maupun kelas tinggi dapat dilakukan pada pembelajaran bahasa Indonesia. Dalam pembelajaran bahasa di sekolah dasar, adakalanya guru kurang memperhatikan pentingnya keterampiln berbahasa yang meliputi menyimak, berbicara, membaca, dan menulis.tujuan penelitian ini mendeskripsikan desain model pembelajaran keterampilan berbahasa bagi siswa SD se Kalimantan Utara,metoda/pendekatan dalam penelitian ini melaksanakan tahapan dari Miles dan Huberman dalam menganalisis data. dan hasil penelitian ini berupa penerapan model pembelajaran keterampilan berbahasa (menyimak, berbicara, membacadan menulis) yang digunakan oleh sebagian besar guru SD di Kalimantan Utara masih konvensional (di dominasi oleh ceramah di kelas). Selain itu, penggunaan media pembelajaran belum sepenuhnya memadai dan maksimal. Demikian juga kegiatan pembelajaran di kelas berkaitan dengan keterampilan berbahasa yang dilakukan oleh guru belum memenuhi empat aspek keterampilan berbahasa yaitu berbicara, menyimak, membaca dan menulis. Rata-rata guru hanya sebatas menerapkan dua atau tiga aspek keterampilan berbahasa.
MENINGKATKAN SKOR TOEFL LISTENING MAHASISWA MELALUI GROUP INVESTIGATION BAGI MAHASISWA SEMESTER EMPAT JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS UNIVERSITAS BORNEO TARAKAN Nofvia De Vega
Jurnal Borneo Humaniora Vol 1, No 2 (2018)
Publisher : LPPM Universitas Borneo Tarakan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35334/borneo_humaniora.v1i2.868

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan skor TOEFL pada bagian Listening melalui Group Investigation bagi mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Borneo Tarakan. Subyek pada penelitian ini adalah mahasiswa semester empat (IV). Untuk mengetahui perbedaan hasil pretest dan posttest sebelum diberi perlakuan, data dianalisis menggunakan desain pre-experiment one group pretest-posttest. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa pengajaran TOEFL Listening Test menggunakan model pembelajaran Group Investigation memberikan hasil yang baik dengan meningkatnya nilai TOEFL pada pretest sebesar 37,68 dan posttest sebesar 45,16. Berdasarkan uji hipotesis menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan 0,000 lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05 (0,000 0,05).
STUDI PELACAKAN DAN TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA TERHADAP LULUSAN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS UNIVERSITAS BORNEO TARAKAN Syarifa Rafiqa
Jurnal Borneo Humaniora Vol 1, No 2 (2018)
Publisher : LPPM Universitas Borneo Tarakan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35334/borneo_humaniora.v1i2.869

Abstract

Tracer Study adalah  penelitian yang mngumpulkan informasi tentang sebaran para alumni dan berbagai masukan yang dapat membantu pengembangan kutikulum dan proses pembelajaran di Fakultasprogram studi Pendidikan Bahasa Inggris. Tracer study dilakukan dnegan menggunakan penelitian survey deng semua lulusan pada tahun 2012-2015 sebanyak 70 alumni. Pengumpulan data melalui dokumentasi dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukan bahwa pertama, kegiatan mahasiswa setelah lulus 87% adalah bekerja. Kedua, pekerjaan yang dilakukan oleh para alumni yang paling berpengaruh adalah 78.6% alumni bekerja sesuai dengan bidangnya. Ketiga, penghasilan yang diperoleh alumni dengan rentang 4.000.000 - 5.000.000 sebanyak 54.3%. Keempat, lama waktu tunggu dalam pekerjaan pertama yaitu 2 bulan. Kelima, kepuasan pengguna terhadap kinerja tinggi dengan kategori Baik dan Sangat Baik.
TIGA SEKOLAH DALAM PERIODE ROMANTIK DI INGGRIS DAN PENGARUH PUISI-PUISI MEREKA TERHADAP PERIODE TERSEBUT Nur Faizal
Jurnal Borneo Humaniora Vol 1, No 2 (2018)
Publisher : LPPM Universitas Borneo Tarakan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35334/borneo_humaniora.v1i2.870

Abstract

Kehadiran tiga grup dalam periode Romantis di Inggris membawa perubahan ide baru tersebut. Tujuan penelitian ialah mempresentasikan ide yang menonjol dari tiga grup dalam menyatakan keindahan alam dan martabat manusia yang mewakili ide tersebut. Semua hal ini menandakan karya-karya Romantis Inggris pada periode tersebut. Penulis melakukan pendekatan berbasis bahasa dan menggunakan metode kualitatif deskriptif dalam analisisnya pada karya-karya yang dipilih dari ketiga grup. Penelitian ini ditulis berdasarkan data primer dan sekunder. Data primer diambil dari puisi dari ketiga grup; Tintern Abbey, La Belle Dame sans Merci, dan Ozymandias. Data sekunder diambil dari buku-buku, artikel website dari internet dan PDF. Lalu, data dianalisis menggunakan pendekatan struktural melalui unsur intrinsik dan ekstrinsik. Hasil menunjukkan bahwa martabat manusia dan keindahan alam pada periode Romantis berpengaruh sangat besar terhadap karya Romantis pada periode tersebut. Tiga grup Romantis Inggris dianggap sebagai pelopor ide yang signifikan tersebut. Mereka memperkenalkan istilah martabat manusia dan keindahan alam dari karya-karya sastra mereka yang sebagian besarnya dalam bentuk puisi. Puisi-puisi tersebut kemudian muncul dalam periode Romantis sebagai hasil dari istilah-istilah baru tersebut atau sistem baru yang inovatif dalam puisi.
TINGKAT ADOPSI PETANI PADI METODE SRI (System Of Rice Intensification) DI KOTA TARAKAN PROVINSI KALIMANTAN UTARA Sekar Inten Mulyani; Hendris Hendris
Jurnal Borneo Humaniora Vol 1, No 2 (2018)
Publisher : LPPM Universitas Borneo Tarakan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35334/borneo_humaniora.v1i2.871

Abstract

Beras merupakan bahan pangan utama sebagian besar masyarakat di Indonesia. Begitu juga di Kota Tarakan, dengan jumlah penduduk sebesar 235.565 jiwa  pada tahun 2015 (BPS, 2016) maka dengan semakin meningkatnya jumlah penduduk diikuti dengan bertambahnya konsumsi beras dan kebutuhan akan stok bahan pangan khususnya beras. Daerah sentra penghasil beras di Kota Tarakan adalah di Kecamatan Tarakan Timur. Para petani melalui pendampingan PPL (Petugas Penyuluh Lapang) Dinas Peternakan dan Tanaman Pangan Kota Tarakan, berusaha untuk melakukan peningkatan produktitivitas tanaman padi melalui metode SRI ( System Of Rice Intensification). Metode sistem pertanian SRI telah  dikenalkan pada petani padi di Kota Tarakan yaitu  di Kelurahan Mamburungan sejak tahun 2012. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  tingkat adopsi petani dalam usaha tani padi metode SRI (System Of Rice Intensification) di Kota Tarakan. Penelitian ini dilaksanakan pada Kelompok Tani Mapan Sejahtera Kelurahan Mamburungan dan kelompok tani Serumpun di Kelurahan Mamburungan Timur. Responden yang diambil sebanyak  40 petani dengan  teknik quota sampling. Metode analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, dengan memberikan skor pada jawaban responden yang ada pada kuesioner. Berdasarkan hasil penelitian, tingkat adopsi petani termasuk dalam kategori tinggi sebanyak 35 petani (87,5%). Tingkat adopsi dilihat dari pengetahuan 25 petani (62,50%) termasuk kategori sangat baik, sikap 21 petani (52,5%) sangat baik dan keterampilan sebanyak 24 petani (60%) termasuk dalam kategori sangat baik.
DESAIN MODEL PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBAHASA BAGI SISWA SEKOLAH DASAR SE-KALIMANTAN UTARA Siti Sulistyani Pamuji; Inung Setyami
Jurnal Borneo Humaniora Vol 1, No 2 (2018)
Publisher : LPPM Universitas Borneo Tarakan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35334/borneo_humaniora.v1i2.872

Abstract

Keterampilan Berbahasa perlu diajarkan sejak dini bagi siswa sekolah dasar. Keterampilan berbahasa perlu diajarkan bagi siswa SD kelas rendah dan kelas tinggi, sesuai kebutuhan pengajaran di kelas. Pengajaran keterampilan berbahasa bagi siswa SD baik kelas rendah maupun kelas tinggi dapat dilakukan pada pembelajaran bahasa Indonesia. Dalam pembelajaran bahasa di sekolah dasar, adakalanya guru kurang memperhatikan pentingnya keterampiln berbahasa yang meliputi menyimak, berbicara, membaca, dan menulis.tujuan penelitian ini mendeskripsikan desain model pembelajaran keterampilan berbahasa bagi siswa SD se Kalimantan Utara,metoda/pendekatan dalam penelitian ini melaksanakan tahapan dari Miles dan Huberman dalam menganalisis data. dan hasil penelitian ini berupa penerapan model pembelajaran keterampilan berbahasa (menyimak, berbicara, membacadan menulis) yang digunakan oleh sebagian besar guru SD di Kalimantan Utara masih konvensional (di dominasi oleh ceramah di kelas). Selain itu, penggunaan media pembelajaran belum sepenuhnya memadai dan maksimal. Demikian juga kegiatan pembelajaran di kelas berkaitan dengan keterampilan berbahasa yang dilakukan oleh guru belum memenuhi empat aspek keterampilan berbahasa yaitu berbicara, menyimak, membaca dan menulis. Rata-rata guru hanya sebatas menerapkan dua atau tiga aspek keterampilan berbahasa.

Page 1 of 1 | Total Record : 10