cover
Contact Name
Soenandar Tengker
Contact Email
-
Phone
+6285256544641
Journal Mail Official
oxygeniusjournal@unima.ac.id
Editorial Address
Jurusan Kimia, Kampus Unima di Tondano, Minahasa
Location
Kab. minahasa,
Sulawesi utara
INDONESIA
Oxygenius Journal Of Chemistry Education
ISSN : -     EISSN : 26864649     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
Oxygenius Journal Of Chemistry Education is an Indonesian Journal of Chemistry Education presented by the Educational Chemistry Department, Universitas Negeri Manado. The Articles journal published in Oxygenius Journal Of Chemistry Education is free of plagiarism and has never been published by other journals. The focus and scope of this journal are as follows: 1. Development of Chemical Material Learning Methods 2. Development of Chemistry Material Learning Media 3. Development of Chemical Material Teaching Materials 4. Blended Learning Chemistry 5. Chemical E-Learning
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 5 No 1 (2023): Oxygenius : Journal of Chemistry Education" : 12 Documents clear
Pendekatan Model Pembelajaran Flipped Classroom Dengan Media Video Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Stoikiometri Di SMA Negeri 3 Manado Marcho Mangi Antara
Oxygenius: Journal Of Chemistry Education Vol 5 No 1 (2023): Oxygenius : Journal of Chemistry Education
Publisher : Chemistry Department, Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37033/ojce.v5i1.429

Abstract

The purpose of this study was to improve student learning outcomes on stoichiometric material by using the flipped classroom learning model with interactive video media at SMA Negeri 3 Manado. This research is a quantitative research using a quasi-experimental design, a study that uses two groups, there is an experimental group and a control group to determine the significant difference between the two groups after treatment. Prior to the treatment, the students were given a pretest (pretest) and after the treatment, the students were given a final test (posttest). The population in this study were all class X IPA SMA Negeri 3 Manado and the sample consisted of 2 classes, namely class X IPA 1 as the experimental class and class X IPA 5 as the control class, each totaling 27 people. The data collection technique used in this research is using tests, tests in this case pretest and posttest. Based on the research data, the results of the t-test analysis at the real level (α) = 0.05 were obtained: tcount = 4.87 and ttable = 2.0066, with the experimental class N-Gain test of 0.65 and the control class 0.36. So it can be concluded that there are differences in student learning outcomes using the flipped classroom learning model with interactive video media on stoichiometric material at SMA Negeri 3 Manado.
Pengaruh Metode Resitasi Dengan Pemanfaatan Media Chemsketch Terhadap Hasil Belajar Kimia Di SMA Negeri 1 Tagulandang Glory Kurnia Margarith Sirih; Joice D.S Caroles
Oxygenius: Journal Of Chemistry Education Vol 5 No 1 (2023): Oxygenius : Journal of Chemistry Education
Publisher : Chemistry Department, Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37033/ojce.v5i1.565

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kimia siswa menggunakan penerapan metode resitasi dengan pemanfaatan media CHEMSKETCH dengan siswa yang diajarkan dengan cara konvensional pada materi hidrokarbon kelas XII MIPA di SMA Negeri 1 Tagulandang. Jenis penelitian yang dilakukan Quasi Experimental Design yaitu pretest-posttest control group design, yang merupakan penelitian menggunakan dua kelompok, yang satunya kelompok eksperimen sedangkan yang lainnya kelompok kontrol. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas XI MIPA SMA N 1 Tagulandang dan sampel terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas XI MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol masing-masing berjumlah 20 orang. Berdasarkan data hasil penelitian diperoleh hasil analisis uji-t dengan taraf sig 0.05, artinya H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian terdapat perbedaan Metode Resitasi dengan pemanfaatan Media CHEMSKETCH dengan pembelajaran konvensional pada Hasil Belajar Kimia di SMA Negeri 1 Tagulandang
Pengaruh Model Pembelajaran STAD Berbantuan Media Podcast Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Teori Asam Basa di SMAN 2 Langowan Maria Enny Retno Sari; Jeanne M Tuerah
Oxygenius: Journal Of Chemistry Education Vol 5 No 1 (2023): Oxygenius : Journal of Chemistry Education
Publisher : Chemistry Department, Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37033/ojce.v5i1.574

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran STAD berbantuan Podcast terhadap hasil belajar kimia siswa SMA Negeri 2 Langowan. Jenis penelitian yang dilakukan yang dilakukan Quasi experimental design yaitu pretest-posttest control group design, yang merupakan penelitian menggunakan dua kelompok. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas XI MIPA SMA N 2 Langowan dan sampel terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 1 sebagai kelas kontrol masing-masing berjumlah 25 orang siswa. Hasil uji normalitas diperoleh nilai 0,778 > 0,05 untuk kelas eksperimen dan 0,187 > 0,05 untuk kelas kontrol artinya data untuk kedua kelas berdistribusi normal. Untuk uji homogenitas diperoleh nilai 0,341 > 0,05 artinya data homogen. Analisis uji-t dengan sig (2-tailed) sebesar 0,000< 0,05, H0 ditolak dan H1 diterima artinya terdapat perbedaan pembelajaran menggunakan model STAD berbantuan Podcast. Terjadinya perbedaan ini diduga ada pengaruh penggunaan model Pembelajaran STAD berbantuan Podcast pada Hasil Belajar Kimia Siswa materi Teori Asam Basa kelas XI MIPA di SMA Negeri 2 Langowan
Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Reaksi Asam Basa Terhadap Hasil Belajar Siswa Di SMK Negeri 1 Biaro reity feronika Manenda; Soenandar Tengker
Oxygenius: Journal Of Chemistry Education Vol 5 No 1 (2023): Oxygenius : Journal of Chemistry Education
Publisher : Chemistry Department, Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37033/ojce.v5i1.537

Abstract

The aim of the research was to find out the difference in learning outcomes before and after applying the Problem Based Learning (PBL) learning model to the acid-base material of class X Agriculture SMK Negeri 1 Biaro. This research was conducted in class X Agriculture at SMK Negeri 1 Biaro in the 2022/2023 academic year. A total of 16 students of class X Agriculture were selected as the research sample. Based on the test data for the hypothesis t test, a tcount value of 38.077 is obtained with a ttable value of 2.042. And the significant level used is α = 0.05 with degrees of freedom n1 + n2 - 2 (16+16-2) = 30. By looking at the values ​​of tcount and ttable, tcount > ttable means that H0 is rejected and H1 is accepted. Based on the increase test (N-gain) obtained 0.75 with high criteria. Thus it can be concluded that the Application of the Problem Based Learning (PBL) Learning Model on Acid-Base Reaction Material has an effect on Student Learning Outcomes at SMK Negeri 1 Biaro.
Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Android Menggunakan Pendekatan Inkuiri Untuk Menguatkan Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) Calon Guru Jakub Saddam Akbar; Djakaria Djakaria
Oxygenius: Journal Of Chemistry Education Vol 5 No 1 (2023): Oxygenius : Journal of Chemistry Education
Publisher : Chemistry Department, Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37033/ojce.v5i1.549

Abstract

The purpose of this study is to find out the description of the use of Android-based learning media using an inquiry approach to strengthen technological pedagogical and content knowledge (TPACK) for preservice teachers. The type of research used in this research is library research using descriptive analysis. The data used comes from secondary data, namely scientific journals in the form of articles. The data collection method used is documentation with data analysis techniques in the form of content analysis. Based on the results of the review of the journals that have been carried out, the results show that the use of Android-based learning media using the inquiry approach can strengthen the Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) of preservice teachers because it can train, shape habbit and provide confidence for prospective teachers to master the content of the material to be taught as well as integrating pedagogy with the technology used.
Penerapan Model Pembelajaran Quantum Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Larutan Asam Basa Kelas XI Di SMA Negeri 1 Langowan Apeles Sampe; Desire Atna Rumondor
Oxygenius: Journal Of Chemistry Education Vol 5 No 1 (2023): Oxygenius : Journal of Chemistry Education
Publisher : Chemistry Department, Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37033/ojce.v5i1.546

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Quantum Learning pada materi pokok larutan asam basa kelas XI SMA Negeri 1 Langowan tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan metode eksperimen dengan desain one-group pretest-posttest design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas XI MIPA 7 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar dimana diberikan pretest sebelum proses pembelajaran dilaksanakan dan posttest setelah proses pembelajaran dilaksanakan. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa pada pretest= 26,19 dan rata-rata hasil belajar siswa pada saat posttest = 86,63. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan statistik Uji-T pada taraf signifikansi 0,05 dan diperoleh hasi Thitung = 20,893 > Ttabel = 2,0017 dan hasil uji N-Gain score menunjukkan skor sebesar 81% dimana termasuk dalam kategori efektif. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Quantum Learning meningkatkan hasil belajar siswa pada materi larutan asam basa kelas XI di SMA Negeri 1 Langowan.
PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TPS BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN CHEMISTRY COMIC PADA MATERI REDOKS DI SMA N 1 LANGOWAN Eva taida Manullang; Johny Zeth Lombok
Oxygenius: Journal Of Chemistry Education Vol 5 No 1 (2023): Oxygenius : Journal of Chemistry Education
Publisher : Chemistry Department, Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37033/ojce.v5i1.542

Abstract

Proses belajar mengajar dengan penggunaan media dan model pembelajaran belum maksimal. Keaktifan peserta didik pada saat proses pembelajaran masih kurang, peserta didik belum terlatih menemukan solusi atau berpikir kreatif untuk memecahkan masalah, peserta didik kaku dalam berbagi hasil diskusi/presentasi, peserta didik bersikap acuh tak acuh terhadap materi pelajaran yang disampaikan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan perbedaan model kooperatif TPS berbantuan media chemistry comic untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pokok bahasan redoks kelas X di SMA Negeri 1 Langowan tahun ajaran 2022/2023 Jenis penelitian yaitu penelitian eksperimen. Sampel yaitu kelas X-f terdiri dari 30 peserta didik sebagai kelas kontrol dan X-g terdiri dari 30 peserta didik sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar dengan instrument tes berupa soal pilihan ganda. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan statistik Uji-T pada taraf signifikan 0,05 dan diperoleh hasil Thitung = 8,69 > Ttabel = 2,00. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan penggunaan model kooperatif TPS berbantuan media chemistry comic untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Penerapan Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Asam Basa Di SMA Negeri 1 Langowan Eksfransha Cania; I Dewe Ketut Anom
Oxygenius: Journal Of Chemistry Education Vol 5 No 1 (2023): Oxygenius : Journal of Chemistry Education
Publisher : Chemistry Department, Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37033/ojce.v5i1.525

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui rata-rata hasil belajar siswa dengan menerapkan media video pembelajaran pada materi asam basa di kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Langowan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan metode eksperimen dengan menggunakan desain posttest only control group design. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 3 sebagai kelas kontrol dengan masing-masing kelas berjumlah 30 siswa. Pengambilan data dilakukan dengan memberikan posttest setelah proses pembelajaran. Data hasil penelitian yang diperoleh berupa selisih nilai rata-rata posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu sebesar 36,2. Dengan rata-rata nilai posttest kelas eksperimen yaitu 83,37 sedangkan rata-rata nilai posttest kelas kontrol yaitu 47,17. Uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji t pada . Hasil analisis data untuk hasil belajar diperoleh yaitu thitung = 12,201 ttabel = 2,001. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa dengan menggunakan media video pembelajaran lebih tinggi dari pada rata-rata hasil belajar siswa dengan menggunakan metode ceramah pada materi asam basa di SMA Negeri 1 Langowan.
Efektivitas Tes Diagnosis Multiple Intellegence Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ikatan Kimia Di SMA Negeri 1 Tondano Astri Togatorop; Jenny Kumajas
Oxygenius: Journal Of Chemistry Education Vol 5 No 1 (2023): Oxygenius : Journal of Chemistry Education
Publisher : Chemistry Department, Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37033/ojce.v5i1.523

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas tes diagnosis multiple intelligence terhadap hasil belajar siswa pada materi ikatan kimia di SMA Negeri 1 Tondano. Penelitian ini dilakukan pada tahun ajaran 2022. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan desain one-group pretest posttest design. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui instrumen tes hasil belajar sebanyak 36 butir soal pilihan berganda yang kemudian dianalisis menggunakan uji N-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata N-gain untuk kelas eksperimen adalah sebesar 67% termasuk dalam kategori cukup efektif. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa, rata-rata skor hasil belajar siswa untuk kelas eksperimen pretest 54.9483 dan posttest 85.3989. hasil pengujian paired sample t-test hasil belajar siswa diperoleh nilai signifikannya yaitu 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak atau H1 diterima Ini menunjukkan bahwa pembelajaran multiple Intelligence efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Penerapan Belajar Bermakna Dengan Strategi Writing to Learn Pada Materi Korosi di SMA Negeri 2 Langowan Natalia Dalipang; Wilson A. R. Rombang
Oxygenius: Journal Of Chemistry Education Vol 5 No 1 (2023): Oxygenius : Journal of Chemistry Education
Publisher : Chemistry Department, Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37033/ojce.v5i1.522

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan belajar bermakna dengan strategi writing to learn dan mengetahui komponen writing to learn yang mendukung pembelajaran kimia pada materi korosi di SMA Negeri 2 Langowan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian siswa kelas XII MIPA 1. Metode pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaa penerapan belajar bermakna dengan strategi writing to learn siswa dapat menemukan makna dan mengembangkan pengetahuan konsep dengan melihat keterkaitan antar konsep korosi melalui tugas writing to learn berdasarkan hasil pengamatan percobaan konsep korosi. Komponen writing to learn yang mendukung pembelajaran konsep korosi siswa seperti topik, genre, tujuan tulisan, audiens, dan metode produksi tulisan. Adapun faktor penghambat seperti waktu pengamatan dan perbedaan pendapat dalam kelompok diskusi. Untuk mengatasinya siswa berdiskusi dan meminta arahan dari guru. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui penerapan belajar bermakna dengan strategi writing to learn pada materi korosi menunujukkan bahwa siswa lebih cepat memahami dan menguasai konsep korosi melalui tugas menulis writing to learn.

Page 1 of 2 | Total Record : 12