cover
Contact Name
Andi Mangnguntungi Sudirman
Contact Email
andiuntung522@gmail.com
Phone
+6281343585913
Journal Mail Official
toddopuliabdimas1@gmail.com
Editorial Address
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Cokroaminoto Palopo Jl. Latammacelling No. 19,Kota Palopo, Sulawesi Selatan
Location
Kota palopo,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Abdimas Toddopuli: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat
ISSN : -     EISSN : 27160009     DOI : -
Abdimas Toddopuli. Fokus dan Cakupan pada Jurnal Pengabdian Masyarakat ini berisi tentang penerapan ilmu pengetahun di masyarakat untuk penerapan teori, penelitian, dan praktik yang terkait dengan semua bentuk penjangkauan dan keterlibatan masyarakat. Keterlibatan masyarakat berarti layanan kepada masyarakat pada bidang pendidikan, pengembangan sumber daya manusia, sosial-budaya, penerapan sains dan teknologi.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 2 (2022): Juni 2022" : 5 Documents clear
Program Pembinaan Calon Peserta Kompetensi Matematika di SMA Negeri 1 Majene Ahmad Ansar; Darma Ekawati
Abdimas Toddopuli: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Vol. 3 No. 2 (2022): Juni 2022
Publisher : Universitas Cokroaminoto Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30605/atjpm.v3i2.1781

Abstract

Dalam menjawab tantangan era revolusi industry 4.0 dibutuhkan sumber daya manusia yang unggul yang menguasai sains dan teknologi. Hal ini menjadi fokus perhatian pemerintah melalui program pendidikan dan keterampilan untuk meningkatkan kapasitas penguasaan sains dan teknologi. Salah satu program pendidikan yang setiap tahun dilaksanakan adalah kompetisi sains dan teknologi. Kompetisi sains yang setiap tahun dilaksanakan mendorong siswa(i) SMA Negeri 1 Majene untuk ikut bersaing. Khusus untuk bidang studi Matematika, siswa(i) SMA Negeri 1 Majene, sejauh ini belum memperoleh hasil yang begitu maksimal karena tidak adanya pelatihan secara intensive. Berdasarkan hal tersebut di atas , melalui program kemitraan masyarakat dilakukan program pembinaan intensive kepada siswa SMA Negeri 1 Majene. Siswa akan dilatih meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika. Program pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan dengan 4 tahap yaitu a) tahap awal: identifikasi permasalah mitra, dan sosialisasi rencana kegiatan; b) tahap persiapan: pembuatan bahar ajar berupa modul pelatihan; c) tahap pelaksanaan: pemberian tes awal, pelaksanaan pembinaan sebanyak 8 kali pertemuan, pemberian latihan soal secara berkesinambungan dan pemberian tes akhir; d) Tahap akhir: pembuatan laporan akhir program pembinaan calon peserta kompetisi matematika. Berdasarkan hasil kegiatan pengabdian diketahui bahwa a) program pembinaan calon peserta kompetensi Matematika memberikan gambaran tentang kurikulum lomba Matematika kepada siswa(i) SMA Negri 1 Majene sehingga siswa(i) tersebut memiliki kesiapan dalam mengikuti kompetisi, b) program pembinaan calon peserta kompetensi Matematika meningkatkan kemampuan dan kecermatan siswa(i) SMA Negeri 1 Majene dalam menyelesaikan soal-soal persiapan kompetisi Matematika.
Pembelajaran Matematika dengan Metode Jigsaw di Panti Asuhan Yayasan Aulia Rahmah Hasnah Balikpapan Utara Noni Oktiana Setiowati; Sigit Rahmat Rizalmi; Amanda Dwi Wantira; Adiek Astika Clara Sudarni; Budiani Fitria Endrawati; Abdul Alimul Karim
Abdimas Toddopuli: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Vol. 3 No. 2 (2022): Juni 2022
Publisher : Universitas Cokroaminoto Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30605/atjpm.v3i2.1782

Abstract

Panti asuhan merupakan sebuah lembaga sosial yang didirikan untuk mengasuh serta merawat anak-anak yang memiliki latar belakang keluarga yang kurang sempurna diantaranya seperti anak yatim dan/atau piatu dan anak fakir miskin. Panti Asuhan LKSA Amanah Qurrota A’yuni merupakan panti asuhan untuk anak-anak yang berada dibawah naungan Yayasan Aulia Rahmah Hasanah yang mengelola rumah yatim dan dhuafa dan berlokasi di Jl. Batu Ratna KM 11 RT. 11 No. 48 Kelurahan Karang Joang, Balikpapan Utara, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur. Saat ini Panti Asuhan LKSA Amanah Qurrota A’yuni sudah merawat 14 anak dengan rentang usia 4-14 tahun. Sayangnya diantara anak-anak tersebut masih ada yang belum sekolah meski usia mereka tergolong dalam usia wajib mengikuti pendidikan dasar. Adapun pendidikan yang selama ini sudah diberikan oleh pihak Panti Asuhan LKSA Amanah Qurrota A’yuni masih dalam bentuk pendidikan karakter, sedangkan untuk pendidikan sains dari pihak panti belum bisa diberikan ke seluruh anak binaannya. Hal ini menjadikan pertimbangan kami untuk melakukan pengabdian masyarakat dengan memfasilitasi anak - anak panti melalui salah satu bentuk pendidikan sains berupa pembelajaran matematika dengan metode jigsaw. Berdasarkan hasil pre-test sebelum pembelajaran dengan metode jigsaw dan post-test setelah pembelajaran dengan metode jigsaw, terdapat peningkatan hasil belajar peserta sebesar 70% dimana hasil nilai rata-rata matematika peserta pada saat pre-test adalah sebesar 40, sedangkan hasil nilai rata-rata matematika peserta pada saat post-test adalah sebesar 68, sehingga dapat disimpulkan bahwa implementasi metode jigsaw yang telah dilakukan dalam pembelajaran matematika pada Panti Asuhan LKSA Amanah Qurrota A’yuni dapat meningkatkan hasil belajar peserta. Kata kunci: Yayasan, Matematika, Penddikan, Metode Jigsaw, Hasil belajar
Pemberdayaan Perempuan Melalui Pemberian Makanan Tambahan (PMT) Homemade Dengan Prinsip Happy Mix and Match Food di Posyandu Tulip, Dusun Nyabagan, Kelurahan Kolpajung, Kecamatan Pamekasan, Kabupaten Pamekasan Rina Nur Azizah; Nur Fathin Luaylik
Abdimas Toddopuli: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Vol. 3 No. 2 (2022): Juni 2022
Publisher : Universitas Cokroaminoto Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30605/atjpm.v3i2.1811

Abstract

Posyandu (Pos Pelayanan Terpadu) merupakan salah satu bentuk upaya kesehatan bersumberdaya Masyarakat (UKBM) yang dilaksanakan oleh, Dari dan bersama masyarakat, untuk memberdayakan dan memberikan kemudahan kepada masyarakat guna memperoleh pelayanan kesehatan bagi ibu, bayi dan anak balita. (Pemberian makanan Tambahan (PMT) saat ini selalu “ dibayangi” berbagai kemudahan dari makanan cepat saji (fast food). Tidak jarang para ibu mengalami ketergantungan memberikan makanan PMT sejenis fast food kepada anaknya, dibandingkan membuat sendiri menu makanan tambahan. Penerapan metode pembuatan dan pengolahan makanan tambahan harus diimbangi juga dengan inovasi menu-menu baru. Metode “Happy Mix Match Food”, bisa menjadi langkah metode terbaru pembuatan makanan tambahan untuk anak. Sehingga mampu menciptakan menu-menu baru dengan memanfaatkan baan alami dan buatan sendiri. Berdasarkan hasil survey awal yang dilakukan di Dusun Nyabagan, Kelurahan Kolpajung, Kecamatan Pamekasan, Kabupaten Pamekasan pada tanggal 25 Juli 2021 menggambarkan bahwa masih banyak para ibu yang belum memahami tentang Pemberian Makanan Tambahan (PMT) sehingga lebih cenderung memberikan makanan cepat saji sehingga ibu balita mengalami ketergantungan dalam memberikan makanan PMT bentuk makanan cepat saji kepada balitanya. Hasil pemantauan status gizi buruk (PSG) Balita tahun 2020 oleh Kementerian Kesehatan ini tidak ada survey dikarenakan ada wabah pandemi covid-19, namun data yang masih bisa digunakan untuk melakukan pemantauan pertumbuhan pada balita, yaitu data Bulan Timbang Agustus tahun 2020. Hasil pelatihan ini adalah tercapainya target materi yang sudah disusun dan direncanakan, tercapainya penguasaan materi terhadap sasaran program, yaitu ibu balita untuk menerapkan Pembuatan Makanan Tambahan (PMT) secara homemade berbahan pokok organik dan berprinsip “happy mix match food”. Peserta pelatihan memiliki motivasi dalam memerapkan pembuatan makanan tambahan secara homemade berbahan pokok organik. Kata Kunci : Pemberdayaan Perempuan, Posyandu, PMT, Pelayanan Kesehatan, Ibu dan Anak
Implementasi Pengajaran Bahasa Inggris Melalui Lagu Untuk Siswa Sd Negeri 49 Mappatongko Palopo Arny Irhani Asmin; Tsamratul aeni; Musfirah Musfirah
Abdimas Toddopuli: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Vol. 3 No. 2 (2022): Juni 2022
Publisher : Universitas Cokroaminoto Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30605/atjpm.v3i2.1823

Abstract

Kegiatan ini mengambil tema Pegenalan Bahasa Inggris melalui Lagu untuk Siswa SDN 49 Mappatongko Palopo. PkM ini dilaksanakan oleh tim dosen Universitas Cokroaminoto Palopo bekerjasama dengan mahasiswa Kampus Mengajar 3 tahun 2022. Target sasaran adalah siswa SD kelas 1, 2 dan 3 SD Negeri 49 Mappatongko Palopo. Kegiatan berlangsung dengan baik dan mendapatkan sambutan dan antusisme dari guru dan siswa di sekolah. Tim pelaksana juga menyarankan agar guru utamanya di sekolah dasar dapat menggunakan lagu disela materi yang diajarkan dengan memperhatikan beberapa hal yang telah disampaikan sebelumnya, seperti jenis lagu, waktu dan kondisi sekitar. Semoga kegiatan ini dapat menjadi motivasi bagi siswa untuk belajar Bahasa Inggris dan guru untuk mengajar menggunakan media lagu.
Peningkatan Keterampilan Sosial Melalui Program Pembinaan Keterampilan Kepada Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) Di BRSAMPK Toddopuli Makassar Faradillah Firdaus; Nur Fitriany Fakhri; M. Ahkam A; Andi Aqilah Rosadi
Abdimas Toddopuli: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Vol. 3 No. 2 (2022): Juni 2022
Publisher : Universitas Cokroaminoto Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30605/atjpm.v3i2.1855

Abstract

Balai Rehabilitasi Sosial Anak yang Memerlukan Perlindungan Khusus (BRSAMPK) Toddopuli Makassar merupakan salah satu lembaga pemerintah yang memberikan pelayanan sosial profesional terhadap kelompok anak yang berhadapan dengan hukum (ABH) baik pelaku, saksi, maupun korban. Pembinaan keterampilan merupakan pembinaan yang dilakukan terhadap anak untuk menggali dan mengembangkan bakat maupun potensi yang dimiliki oleh anak. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan dan menguraikan keadaan atau fakta-fakta yang ada mengenai peningkatan keterampilan sosail melalui pelaksanaan program pembinaan keterampilan pada Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) di BRSAMPK Toddopuli Makassar. Dari hasil pengamatan peneliti menunjukkan bahwa selama di kelas keterampilan, sesama PPKS yang berada di satu keterampilan itu menunjukkan kerja sama yang baik dalam menyelesaikan tugas. Bahkan di luar kelas keterampilan pun PPKS sudah menunjukkan bahwa mereka memiliki keterampilan sosial yang baik.

Page 1 of 1 | Total Record : 5