cover
Contact Name
Ersa Lanang Sanjaya
Contact Email
ersa.sanjaya@ciputra.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
psychopreneur@ciputra.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Psychopreneur Journal
ISSN : 2598649X     EISSN : 25986503     DOI : https://doi.org/10.37715/psy.v7i2.3611
Jurnal PSYCHOPRENEUR adalah media untuk mempublikasikan naskah empiris baik riset dasar maupun riset terapan dengan topik-topik terkait dengan psikologi ekonomi, psikologi kewirausahaan, psikologi konsumen, psikologi industri dan organisasi, serta kajian psikologi lain yang dilengkapi dengan ide-ide pengembangan dalam bidang kewirausahaan.
Articles 74 Documents
Hubungan antara Gaya Kepemimpinan Transformasional pada Atasan Langsung terhadap Psychological Ownership pada Karyawan Outsourcing Hana Christina; Jimmy Ellya Kurniawan
Psychopreneur Journal Vol. 1 No. 1 (2017)
Publisher : Universitas Ciputra Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (343.565 KB) | DOI: 10.37715/psy.v1i1.354

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan apakah terdapat hubungan antara gaya kepemimpinan transformasional pada atasan langsung terhadap rasa kepemilikan terhadap perusahaan (psychological ownership) pada karyawan outsourcing di PT.Trisulapack Indah Maspion unit III Sidoarjo. Populasi dari penelitian ini adalah 80 karyawan yang bekerja di PT.Trisulapack Indah Maspion unit III Sidoarjo. Penelitian ini dilakukan menggunakan teknik sampel non-random, karena tidak semua subjek bisa mengisi kuisioner. Keterbatasan ini disebabkan pula karena peraturan perusahaan yang harus ditaati serta juga isu perijinan. Data dianalisa dengan menggunakan teknik korelasi product moment. Hasil uji korelasi menunjukan bahwa ada hubungan antara gaya kepemimpinan transformasional pada atasan langsung terhadap rasa kepemilikan terhadap perusahaan.
Hubungan antara Kecenderungan Kepribadian Ekstraversion, Informational Support dari Atasan, Emotional Support dari Teman dan Resilience of Efficacy pada SPG Department Store Debora Putri Intyassari; Theda Renanita; Jenny Lukito Setiawan
Psychopreneur Journal Vol. 1 No. 1 (2017)
Publisher : Universitas Ciputra Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (348.197 KB) | DOI: 10.37715/psy.v1i1.359

Abstract

Penelitian ini ingin mengetahui hubungan antara hubungan kecenderungan kepribadian ekstraversion, informational support dari atasan, dan emotional support dari teman dengan resilience of efficacy pada Sales Promotion Girl (SPG) department store X di Surabaya. Subyek penelitian ini merupakan 119 Sales Promotion Girl (SPG) department store X di Surabaya. Teknik yang digunakan dalam mengambil sampel pada penelitian ini yaitu melalui teknik purposive sampling. Skala kecenderungan kepribadian ekstraversion milik Eysenk, informational support, emotional support, dan resilience of efficacy milik Park dan Kim (2008). Hasil uji korelasi ganda antara kecenderungan kepribadian ekstraversion, informational support dari atasan, dan emotional support dari teman dengan resilience of efficacy pada Sales Promotion Girl (SPG) department store X di Surabaya menunjukkan adanya hubungan yang positif (R = 0,563 ; p < 0,05). Hasil uji korelasi parsial variabel kecenderungan kepribadian ekstraversion menunjukkan adanya hubungan positif (r = 0,487 ; p < 0,05). Hasil uji korelasi parsial variabel informational support dari atasan menunjukkan adanya hubungan positif (r = -0,271 ; p < 0,05), dan hasil uji korelasi parsial variabel emotional support dari teman menunjukkan adanya hubungan negatif (r = -0,072 ; p > 0,05). Dari ketika variabel bebas pada penelitian ini, variabel kecenderungan kepribadian ekstraversion berkaitan erat dalam meningkatkan resilience of efficacy pada SPG. Kata kunci : kecenderungan kepribadian ekstraversion, social support, resilience of efficay, sales promotion girl (SPG)
Hubungan Antara Dukungan Sosial Dan Kebahagiaan Pada Mahasiswa Perantau Di Surabaya Jessica Harijanto; Jenny Lukito Setiawan
Psychopreneur Journal Vol. 1 No. 1 (2017)
Publisher : Universitas Ciputra Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (327.742 KB) | DOI: 10.37715/psy.v1i1.361

Abstract

Banyak mahasiswa perantau yang rela meninggalkan daerah asalnya yang untuk mendapatkan pendidikan yang terbaik di daerah lain. Ketika seseorang memasuki daerah baru, ia akan menghadapi berbagai permasalahan yang dapat mempengaruhi kebahagiaannya. Salah satu faktor yang diduga berhubungan dengan kebahagiaan adalah dukungan sosial. Ketika seseorang mendapatkan dukungan sosial, ia akan merasa dicintai, diperhatikan, dan dihargai oleh individu lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial dan kebahagiaan pada mahasiswa perantau di Universitas X Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpul data. Responden penelitian ini adalah 170 orang mahasiswa perantau dari Universitas X yang berada di semester pertama, tidak tinggal bersama orangtua, serta menetap sementara di Surabaya karena studi. Data penelitian ini dianalisis dengan menggunakan uji korelasi Pearson Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan positif antara dukungan sosial dan kebahagiaan pada mahasiswa perantau di Universitas X Surabaya (r = 0.515, p < 0.001). Kata kunci: dukungan sosial, kebahagiaan, mahasiswa perantau
Nilai Materialistik dan Nilai Hedonistik Pembentuk Kecenderungan Pembelian Kompulsif Online Ruth Adinda Anastasia; Theda Renanita
Psychopreneur Journal Vol 2 No 2 (2018)
Publisher : Universitas Ciputra Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (701.065 KB) | DOI: 10.37715/psy.v2i2.868

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara nilai materialistik dan nilai hedonistik dengan kecenderungan pembelian kompulsif online pada mahasiswa S1 di Surabaya. Subyek penelitian sebanyak 172 dengan karakteristik yaitu mahasiswa S1 di Surabaya, melakukan pembelian online paling tidak 2 kali dalam 6 bulan terakhir. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik incidental sampling dan uji korelasi ganda serta korelasi parsial. Hasil uji korelasi menunjukkan adanya hubungan positif antara nilai materialistik dan nilai hedonistik bersama-sama dengan kecenderungan pembelian kompulsif online (r = 0.789; p = 0.000). Hasil uji korelasi menunjukkan adanya hubungan positif antara nilai materialistik dan kecenderungan pembelian kompulsif online dengan mengendalikan nilai hedonistik (r = 0.265; p = 0.000). Hasil uji korelasi menunjukkan adanya hubungan positif antara nilai hedonistik dan kecenderungan pembelian kompulsif online dengan mengendalikan nilai materialistik (r = 0.590; p = 0.000). Hal ini berarti semakin tinggi nilai materialistik dan nilai hedonisitik, maka semakin tinggi tingkat kecenderungan pembelian kompulsife online.
Hubungan antara Sikap Terhadap Uang dan Pembelian Kompulsif pada Wanita Karir di Surabaya Emanuel Supriono; Theda Renanita
Psychopreneur Journal Vol 2 No 2 (2018)
Publisher : Universitas Ciputra Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (665.497 KB) | DOI: 10.37715/psy.v2i2.869

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan dari setiap  dimensi  sikap terhadap uang (power-prestige, retention-time, distrust, dan anxiety) dan pembelian kompulsif pada wanita karir di Surabaya. Uji normalitas yang digunakan adalah Kolmogorov-smirnov dengan syarat p > 0,05 (Riduwan, 2012). Penelitian ini menggunakan desain korelasional. Subjek merupakan wanita karir di Yayasan X Surabaya, Komunitas X di Surabaya, dan Universitas X di Surabaya. Teknik pengambilan sampel menggunakan incidental sampling. Subjek penelitian ini berjumlah 183 orang. Alat ukur yang akan digunakan merupakan skala sikap terhadap uang dengan mengadaptasi dari Yamauchi dan Templer (1982) sedangkan skala pembelian kompulsif modifikasi dari skala Faber dan O’Guinn (1992). Hasil uji korelasi menunjukkan adanya hubungan positif antara dimensi power-prestige, distrus, anxiety dan pembelian kompulsif (r = 0.565; r = 0.521; r = 0.581; p = 0.000). Hasil uji korelasi menunjukkan adanya hubungan negatif antara dimensi retention-time dan pembelian kompulsif r = -0.316; p = 0.000).
Hubungan antara Waktu Luang Bersama dan Resolusi Konflik dengan Kepuasan Pernikahan pada Dual Earner Lovelia Monica Christy; Jenny Lukito Setiawan
Psychopreneur Journal Vol 2 No 2 (2018)
Publisher : Universitas Ciputra Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (655.482 KB) | DOI: 10.37715/psy.v2i2.873

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara waktu luang bersama dan resolusi konflik dengan kepuasan pernikahan pada suami atau istri dual earner. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 85 suami atau istri dual earner di perusahaan X Surabaya. Pengambilan data menggunakan skala waktu luang bersama, resolusi konflik dan kepuasan pernikahan. Teknik analisis data dalam pengujian hipotesis menggunakan uji korelasi ganda dan  korelasi  parsial. Hasil uji korelasi ganda menunjukkan adanya hubungan terhadap waktu luang bersama dan resolusi konflik secara bersama-sama dengan kepuasan pernikahan (R = 0,637; p < 0,05). Hasil uji korelasi parsial menunjukkan adanya hubungan positif waktu luang bersama dan kepuasan pernikahan dengan mengendalikan resolusi konflik (r = 0,476; p < 0,05). Hasil uji korelasi parsial menunjukkan tidak adanya hubungan antara resolusi konflik  dengan  kepuasan  pernikahan  dengan mengendalikan waktu luang bersama (r = 0.129; p > 0.05).
Relasi Finansial, Resolusi Konflik, dan Kepuasan Pernikahan pada Pernikahan Sepuluh Tahun ke Bawah Silviawati Kisiyanto; Jenny Lukito Setiawan
Psychopreneur Journal Vol 2 No 2 (2018)
Publisher : Universitas Ciputra Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (678.09 KB) | DOI: 10.37715/psy.v2i2.872

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara relasi finansial dan resolusi konflik secara bersama-sama dan parsial dengan kepuasan  pernikahan pada  pasangan  suami  atau istri dengan usia pernikahan sepuluh tahun ke bawah di Tarakan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain korelasional. Subyek penelitian ini adalah 110 pegawai di beberapa pertokoan besar dengan usia pernikahan 10 tahun ke bawah di kota Tarakan. Subyek penelitian ini memiliki rata-rata penghasilan perbulan dibawah lima juta rupiah. Pengambilan data menggunakan skala relasi finansial, resolusi konflik, dan kepuasan pernikahan. Penelitian ini menggunakan skala relasi finansial yang dikembangkan oleh Kurniawan dan Setiawan (2016). Skala resolusi konflik yang oleh PREPARE/ENRICH Customized Version (Olson dan Larson, 2008). Skala kepuasan pernikahan diukur menggunakan skala adaptasi Kansas Marital Satifaction Scale (Grable & Britt, 2006). Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji korelasi ganda dan parsial. Hasil uji korelasi ganda menunjukkan adanya hubungan positif terhadap relasi finansial dan resolusi konflik secara bersama- sama dengan kepuasan pernikahan (R = 0.870; p < 0.05). Hasil uji korelasi parsial menunjukkan adan ya hubungan antara relasi finansial dan kepuasan pernikahan dengan  mengendalikan resolusi konflik   (r = 0.732; p < 0.05). Hasil uji korelasi parsial menunjukkan tidak adanya hubungan antara resolusi konflik dan kepuasan pernikahan dengan mengendalikan relasi finansial (r = 0.156; p > 0.05).
Hubungan antara Persepsi terhadap Celebrity Endorser dan Kecenderungan Pembelian Kompulsif Online Winda Citra Handayani; Theda Renanita
Psychopreneur Journal Vol 2 No 2 (2018)
Publisher : Universitas Ciputra Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (673.995 KB) | DOI: 10.37715/psy.v2i2.874

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi terhadap celebrity endorser dan kecenderungan pembelian kompulsif online. Hipotesis dalam penelitian ini adalah adanya hubungan positif antara dimensi persepsi terhadap celebrity endorser yaitu expertise, attractiveness, dan trustworthiness dengan kecenderungan pembelian kompulsif online. Subjek penelitian ini berjumlah 172. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain korelasional. Data diperoleh dengan menggunakan skala persepsi terhadap celebrity endorser yang dikembangkan oleh peneliti dan skala kecenderungan pembelian kompulsif online yang diadaptasi dari Valence, d’Astous, & Fortier (1988). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara dimensi expertise dan attractiveness dengan kecenderungan pembelian kompulsif online {(r = 0.110 dengan p= 0.049; r = 0.118 dengan p = 0.038)}, dan tidak ada hubungan antara dimensi trustworthiness dengan kecenderungan pembelian kompulsif online (r = 0.023 dengan  p = 0.679).
Hubungan antara Spiritualitas dan Kepuasan Kerja Pada Fresh Graduate Sudah Bekerja Christian Effendy Putra; Jimmy Ellya Kurniawan
Psychopreneur Journal Vol. 3 No. 1 (2019): Psychopreneur Journal
Publisher : Universitas Ciputra Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (642.523 KB) | DOI: 10.37715/psy.v3i1.902

Abstract

Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan antara tingkat spiritualitas dan kepuasan kerja pada fresh graduate lulusan universitas di Surabaya. Hipotesis dalam penelitian  ini adalah ada hubungan antara spiritualitas dan kepuasan kerja pada fresh graduate lulusan universitas di  Surabaya. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan skala spiritualitas “The Spirituality Questionair” oleh Hardt et al. (2012) dan skala kepuasan kerja “Job Satisfaction Scale” oleh Xiu-yun (2010). Skala disebarkan  kepada 100 orang subjek penelitian.Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan positif antara spiritualitas dengan kepuasan kerja fresh graduate lulusan universitas di Surabaya yang sudah bekerja (r = 0.46, p = 0.000; p<0.05). Dengan kata lain, jika skor spiritualitasnya naik, maka skor kepuasan kerja juga menjadi semakin tinggi.
Hubungan antara Kepemilikan Psikologis dengan Kepuasan Kerja pada Karyawan Perusahaan X Filipus Leonard; Theda Renanita
Psychopreneur Journal Vol. 3 No. 1 (2019): Psychopreneur Journal
Publisher : Universitas Ciputra Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (582.538 KB) | DOI: 10.37715/psy.v3i1.903

Abstract

Kepuasan kerja karyawan merupakan salah satu aspek penting yang harus diperhatikan oleh perusahaan. Kepuasan kerja berdampak terhadap banyak hal seperti kinerja, intensi keluar, dan perilaku berorganisasi. Pada beberapa fenomena masih ditemukan kepuasan kerja karyawan yang rendah. Hipotesis penelitian ini adalah ada hubungan positif antara kepemilikan psikologis dengan kepuasan kerja pada karyawan Perusahaan X. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian korelasional untuk mengetahui hubungan antara dua variabel yang diteliti yaitu kepemilikan psikologis dan kepuasan kerja. Subjek penelitian adalah 83 orang dengan kriteria sebagai karyawan tetap Perusahaan X dan diperoleh dengan teknik accidental sampling. Analisis data menggunakan uji korelasi parametrik dengan teknik Pearson Product Moment menunjukkan rxy = 0.674 (p < 0.050). Kesimpulan penelitian ini adalah ada hubungan positif antara kepemilikan psikologis dengan kepuasan kerja pada karyawan Perusahaan X. Hasil analisis tambahan yang dilakukan menunjukkan bahwa ada faktor lain yang berhubungan dengan kepuasan kerja pada karyawan Perusahaan X yaitu lama bekerja dan tingkat pendidikan.