cover
Contact Name
Muhammad Ainul Yaqin
Contact Email
ayaqin28@gmail.com
Phone
+6282316507200
Journal Mail Official
-
Editorial Address
Jl. Manggar 139A Gebang Poreng, Patrang, Jember Jawa Timur Indonesia kode pos 68117
Location
Kab. jember,
Jawa timur
INDONESIA
Childhood Education : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
ISSN : 27210677     EISSN : 27162079     DOI : -
Core Subject : Education,
CHILDHOOD EDUCATION: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan Publikasi Ilmiah (LP2M) Intitut Agama Islam Al-Qodiri Jember . Childhood Education merupakan Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini yang berisikan tulisan ilmiah tentang pendidikan di Madrasah atau Sekolah, inovasi-inovasi pendidikan di Anak Usia Dini (AUD), dan pemikiran pendidikan dalam bentuk: 1) Hasil penelitian, 2) Gagasan konseptual, 3) Kajian kepustakaan, dan pengalaman praktis
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 70 Documents
Pendidikan Karakter Dalam Kurikulum 2013 Friska Fitriani Sholekah
Childhood Education : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 1 No. 1 (2020): Januari
Publisher : Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam (IAI) Al-Qodiri Jember, Jawa Timur Indonesia bekerjasama dengan Kopertais Wilayah 4 Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (642.57 KB) | DOI: 10.53515/CJI.2020.1.1.1-6

Abstract

ABSTRAK Kurikulum 2013 beroientasi pada pengembangan pendidikan karakter peserta didik. Hal ini ditunjukkan dengan adanya integrasi antara mata pelajaran dengan jenjang pendidikan. begitu pula dengan aspek afektif, kognitif serta psikomotorik. Kurikulum 2013 bertujuan untuk mempersiapkan manusia Indonesia agar memiliki kemampuanhidup sebagai pribadi dan warga Negara yang beriman, produktif, kreatif,inovatif, dan afektif serta mampu berkontribusi pada kehidupan masyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban dunia. Nilai-nilai karakter yang diimplementasikan dalam kurikulum 2013 dikembangkan pada peserta didik melalui dua sikap yaitu spiritual dan sosial. Spiritual yang dimaksud yakni menjalankan ajaran agama yang dianutnya sedangkan aspek sosial meliputi perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli lingkungan dan percaya diri dalam berinteraksi dengan lingkungan. Kata kunci: Pendidikan, Karakter, Kurikulum 2013
Problematika Dan Solusi Dalam Perkembangan Anak Usia Dini (Aud) Di Tk Aisyiyah Busatanul Athfal Sapen Yogyakarta Nur Kholidah Nasution
Childhood Education : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 1 No. 1 (2020): Januari
Publisher : Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam (IAI) Al-Qodiri Jember, Jawa Timur Indonesia bekerjasama dengan Kopertais Wilayah 4 Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (621.546 KB) | DOI: 10.53515/CJI.2020.1.1.7-22

Abstract

Abstrak Penelitian ini membahasa problematika dan solusi perkembangan anak usia dini (AUD), penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Data yang diperoleh dengan hasil observasi dan wawancara dengan guru dan orang tua murid. Dan tujuan penelitian ini mendeskripsikan problematika perkembangan anak usia dini (AUD) serta solusi perkembangan anak usia dini (AUD). Dan hasil penelitian bahwa pendidikan anak usia dini merupakan masa emas yang hanya datang sekali dan tidak dapat diulang. Guru dan Orang tua wajib untuk melihat perkembangan anak, karena upaya untuk menstimulus anak sejak dini sangat penting. Dan betapa ruginya keluarga, atau orang tua yang tidak peduli dengan perkembangan anak. Oleh karena itu sebagai orang tua harus memahami pertumbuhan dan perkembangan anak, dan mengerti akan kebutuhan anak sesuai dengan umurnya, tanpa harus memaksa anak dengan kekerasan. Tetapi mendidik anak dengan menyenangkan serta penuh dengan cinta dan kasih sayang. Kata kunci: Problematika, solusi, perekembangan AUD
Implementasi Nilai-Nilai Karakter Dalam Pembelajaran Tematik Kelas III SDIT Darul Hasan Padangsidimpuan Asriana Harahap
Childhood Education : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 1 No. 1 (2020): Januari
Publisher : Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam (IAI) Al-Qodiri Jember, Jawa Timur Indonesia bekerjasama dengan Kopertais Wilayah 4 Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (644.015 KB) | DOI: 10.53515/CJI.2020.1.1.23-40

Abstract

ABSTRAK This study aims to describe the implementation of character values ​​in thematic learning, character values ​​developed and knowing the supporting factors and inhibiting factors for the implementation of character values ​​in class III SDIT Darul Hasan Padangsidimpuan thematic learning. This study uses a qualitative approach with descriptive types. The research subjects were class III students and homerooms and principals to support the data. This research was conducted at SDIT Darul Hasan Padangsidimpuan in the odd semester of the 2017/2018 academic year. Data collection techniques used by observation, interviews and documentation. Data analysis is done by collecting data, reducing data, presenting data, and drawing conclusions. Data validity technique with source and technique triangulation. The results of the study show that the implementation of character values ​​includes planning and implementation. In planning learning consists of syllabus from the service / government and RPP made by the teacher. Whereas in its implementation, the teacher in implementing character values ​​through learning activities and methods of learning, assessment, discipline, discipline, habituation and example. Character values ​​developed by the teacher in thematic learning character values ​​are obtained which often appear values ​​of other characters that rarely appear. The main supporters in the implementation of character values ​​are school through activities and facilities, teachers through exemplary, learning strategies, media and learning resources. The inhibiting factor is the environment, students and time. Keywords: Implementation, Character Values, Thematic Learning.
Pelaksanaan Pembelajaran Fiqih Melalui Kitab Nadom Fiqih Junior (Karya Achmad Kamaludin) Pada Santri Taman Pendidikan Al-Qur’an Mamba’ul Falah Bondowoso Syaiful Rizal
Childhood Education : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 1 No. 1 (2020): Januari
Publisher : Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam (IAI) Al-Qodiri Jember, Jawa Timur Indonesia bekerjasama dengan Kopertais Wilayah 4 Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (697.192 KB) | DOI: 10.53515/CJI.2020.1.1.41-58

Abstract

ABSTRAK The Indonesian community (urban and rural) now appears a variety of various practical methods or special methods to achieve effective and efficient targets. In order to realize the learning atmosphere and the learning process by supporting the development of students. One of the basic practical jurisprudence learning methods that can be used for students is the Memorizing Method of the Nadlom Fiqh Junior Book. Nadlom Fiqh Book is a book of fiqh in the style of Nadlom which is a practical method of understanding the science of jurisprudence according to the tendency of students and society today, who like everything practical, including consuming reading material. The purpose of this study was to find out how the planning, implementation and evaluation of fiqh learning through the junior fiqh nadlom book (The Work of Achmad Kamaludin) on Santri Al-Qur'an Education Park Mamba'ul Falah Bondowoso. This study uses a phenomenological qualitative approach. The technique of determining the informants used purposive sampling. The technique of data collection uses observation, interviews and documentation. Data analysis uses the method proposed by Miles and Huberman, namely; data reduction, data display, drawing conclusions or verification. The validity of the data uses source triangulation. The results showed that the program method of memorizing the nadhom fiqih junior book could facilitate the ability of TPQ students in the realm of basic fiqh learning related to the Ubudiyah of santri. This is not excluded from the preparation, implementation and evaluation of learning that is always well prepared by the asatidz. To support the success of the program, the TPQ assisted by the foundation made every effort to fulfill facilities and infrastructure for those who could support and succeed the program. So the program provides a new nuance for TPQ which usually only focuses on the learning process of the Qur'an without optimizing fiqh learning. Keywords: Memory Method, Nadlom Fiqh Book, Al-Qur'an Educational Park
Upaya Guru Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Di SDN 10 Belutu Dwi Kurnia Sari
Childhood Education : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 1 No. 1 (2020): Januari
Publisher : Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam (IAI) Al-Qodiri Jember, Jawa Timur Indonesia bekerjasama dengan Kopertais Wilayah 4 Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (676.653 KB) | DOI: 10.53515/CJI.2020.1.1.59-71

Abstract

Abstract: Penelitian ini membahas tentang “Upaya Guru Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa di SDN 10 Belutu”. Dalam hal ini tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui minat belajar siswa, upaya yang dilakukan oleh guru untuk meningkatkan minat belajar dan juga untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan minat belajar siswa di SDN 10 Belutu.Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Studi kasus. Sumber data sekaligus informan adalah guru PAI. Keyworsd: Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Minat Belajar, Siswa
Peran Guru Dalam Manajemen Kelas Komprehensif Di Sekolah Dasar Al-Baitul Amien 02 Full Day School Jember Fajar Abdillah
Childhood Education : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 1 No. 2 (2020): Juni
Publisher : Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam (IAI) Al-Qodiri Jember, Jawa Timur Indonesia bekerjasama dengan Kopertais Wilayah 4 Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53515/CJI.2020.1.2.72-84

Abstract

Abstract: Students spend most of their time in the classroom. It is therefore not surprising that students feel joy and feel happy when the bell breaks ring. Not to mention the students also need time to play and time to rest his brain. The primary school of al-Baitul Amien jember is a school that implements a full day learning system. If it refers to the reason for the misfortune, depriving the physical and psychological time to play and tired is of course the number of students will decrease, because the guardians do not want their children to experience physical or psychological exhaustion. But the reality on the ground shows that this school more and more demand even now there are two school complex. The students feel enjoy it even though they spend time in class. Therefore, it would be interesting if further explore how the role of teachers in managing the class so that students still enjoy even all day at school. Keywords: Teacher Role, Comprehensive Classroom Management
Pembelajaran Berbasis Alam Dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini (Studi Analisis Di TK Jogja Green School) Luluk Mukaromah
Childhood Education : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 1 No. 2 (2020): Juni
Publisher : Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam (IAI) Al-Qodiri Jember, Jawa Timur Indonesia bekerjasama dengan Kopertais Wilayah 4 Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53515/CJI.2020.1.2.85-95

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berlandaskan pada pendidikan anak usia dini, yang merupakan masa keemasan dimana peluang potensi dan perkembangan anak secara optimal dapat dikembangkan jika difasilitasi sesuai dengan kebutuhannya. Hal ini juga untuk merealisasikan Undang-Undang RI no 20 tahun 2003 tentang Sisdiknas pasal 1 bahwa kesiapan anak usia dini dalam memasuki pendidikan lebih lanjut perlu adanya upaya pembinaan yang ditujukan pada anak sejak lahir sampai umur 6 tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan dalam membantu perkembangan fisik dan psikis anak. Oleh karena itu, pendidikan anak usia dini dikembangkan secara kreatif melalui pengembangan kurikulum berbasis Alam yang telah dilakukan oleh Jogja Green School. Kurikulum berbasis Alam merupakan pembelajaran yang proses belajarnya lebih banyak menyatu dengan alam. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian kualitatif. Yang dalam pelaksanaannya menggunakan metode observasi dan wawancara. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukan adanya pembentukan karakter anak dalam masa ke masa. Dari KB hingga TK. Maka dapat disimpulkan bahwa kurikulum berbasis Alam dapat menstimuli setiap pembentukan karakter anak baik untuk yang KB hingga TK. Oleh karena itu, guru PAUD maupun praktisi PAUD hendaknya memahami kurikulum berbasis alam dan dapat menerapkannya. Kata kunci : Pembelajaran berbasis Alam, Membentuk Karakter Anak.
Manfaat Alam Dan Tumbuhan “Sumber Belajar Anak” Dalam Perspektif Islam Syaiful Rizal
Childhood Education : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 1 No. 2 (2020): Juni
Publisher : Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam (IAI) Al-Qodiri Jember, Jawa Timur Indonesia bekerjasama dengan Kopertais Wilayah 4 Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53515/CJI.2020.1.2.96-107

Abstract

ABSTRAK Keberadaan alam dan seluruh benda-benda yang terkandung di dalamnya merupakan suatu kesatuan yang tidak terpisahkan. Secara keseluruhan saling membutuhkan, saling melengkapi dan memberikan manfaat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Al-Qur’an dan Al-Hadist memandang alam dan manfaat tumbuhan sebagai sumber dan media belajar anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode library riset. Hasil penelitian menjelaskan bahwasanya alam sebagai sumber belajar atau ilmu pengetahuan bagi manusia, yaitu : Sumber Astronomi, Geografi, Meteorologi, Oceaographi dan Ilmu Pelayaran, Geologi, Biologi, Botani, Zoologi, dan Sumber Kimia. Tumbuhan selain sebagai salah satu amal Jariyah bagi manusia, tumbuhan bisa menjadi sumber oksigen dan sebagai sumber obat tradisional bagi makhluk hidup. Kata Kunci: Al-Qur’an, Al-Haidst, Alam dan Tumbuhan.
Pendidikan Akhlak Pada Anak “Perspektif Al-Qur’an dan Hadist” Titin Mariatul Qiptiyah
Childhood Education : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 1 No. 2 (2020): Juni
Publisher : Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam (IAI) Al-Qodiri Jember, Jawa Timur Indonesia bekerjasama dengan Kopertais Wilayah 4 Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53515/CJI.2020.1.2.108-120

Abstract

ABSTRAK Sepanjang sejarah umat manusia masalah akhlak selalu menjadi pokok persoalan, karena pada dasarnya pembicaraan tentang akhlak selalu berhubungan dengan persoalan prilaku manusia dan menjadi permasalahan utama manusia terutama dalam rangka pembentukan peradaban. Prilaku manusia secara langsung maupun tidak langsung masih menjadi tolok ukur untuk mengetahui perbuatan atau sikap manusia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Bagaimana Akhlak sebagai Pangkal Kecerdasan pada Anak dan Bagaimana Ayat dan Hadist mengenai Pendidikan Akhlak pada Anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode library riset. Hasil penelitian menjelaskan bahwa Manusia yang merupakan makhluk paling sempurna dari sekian banyaknya makhluk-makluk ciptaan Allah SWT serta manusia merupakan sebaik-baiknya mahluk yang diciptakan berakal, berakhlak dan kecerdasaan. Yang masuk dalam kategori kecerdasan disini adalah kecerdasan spritual, kecerdasaran intelektual dan kecerdasan emosional yang memang sudah ada pada diri manusia. Akan tetapi ketiga potensi kecerdasan tersebut tidak akan berkembang apabila orang tua, keluarga, lingkungan dan masyarakat tidak mestimulus akhlak anak. Sebab pemicu dasar dari perkembangan ketiga kecerdasasan tersebut adalah akhlak yang terbentuk baik secara langsung dan tidak langsung yang diplopori oleh orang tua, keluarga, lingkungan dan masyarakat. Ayat dan hadist mengenai pendidikan akhlak pada anak. Dalam surah Al-qur’an juga dijelaskan tentang pendidikan akhlak, QS Ali Imran ayat 112, dan 159-160. Hadist mengenai pendidikan akhlak yang diriwayatkan oleh al-Bukhârî tentang ibu atau keluarga merupakan madrasah pertama bagi anak-anaknya. Kata Kunci: Pendidikan, Akhlak, Ayat dan Hadist.
Penerapan Metode Bermain Dalam Meningkatkan Minat Baca Anak TK Dharma Wanita I Jatimulyo Jenggawah Jember Nurul Anam; Desi Martasari
Childhood Education : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 1 No. 2 (2020): Juni
Publisher : Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam (IAI) Al-Qodiri Jember, Jawa Timur Indonesia bekerjasama dengan Kopertais Wilayah 4 Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53515/CJI.2020.1.2.121-136

Abstract

ABSTRAK Untuk dapat mewujudkan generasi- generasi mudah yang berkualitas, tentunya tidak lepas dari kata pendidikan, lebih lagi pendidikan dari usia dini yang merupakan pondasi utama yang harus segera di bangun. Taman kanak- kanak jalan terbaik untuk mewujudkan itu semua, taman kanak- kanak merupakan area bermain anak yang paling tepat, karna selain bermain di taman kanak- kanak dapat diperoleh berbagai imu pengetahuan. Jika berbicara tentang anak- anak tidak akan asing dengan kata bermain, bermain merupakan dunia anak yang paling menjadi peran utama. Dengan bermain anak- anak akan merasa senang, akan merasa nyaman, akan mempunyai banyak teman dan banyak pengetahuan. Fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana Perencanaan, Pelaksanaan dan Evaluasi Metode Bermain dalam Meningkatkan minat baca anak Tk Dharma Wanita I Jatimulyo? Metode penelitian dengan menggunakan pendekatan: Kualitatif, yang Jenis penelitiannya menggunakan Field Research, metode pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara serta dokumentasi, dengan analisis data menggunakan reduksi, display data, verifikasi data dan denga keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Kesimpulan dari skrispsi ini adalah Penerapan metode bermain dalam meningkatkan minat baca Tk Dharma Wanita I Jatimulyo tahun 2018/2019 terdiri dari 1). Perencanaan dalam metode bermain seperti menyiapkan media bermain, memberikan petunjuk permainan, menginformasikan tehnik permainan, memberikan contoh permainan dan menilai hasil permainan. 2) Pelaksanaan, dalam pelaksanaan terdapat beberapa kegiatan seperti kegiatan pembuka, kegiatan inti dan kegiatan penutup, dan yang ke 3) Evaluasi, evaluasi yang digunakan yaitu evaluasi formatif, evaluasi sumatif dan evaluasi diagnotstik, sehingga hasil yang di peroleh menjadi lebih maksimal dan berprestasi. Kata Kunci: Metode Bermain, Minat Baca.