cover
Contact Name
Rinto Alexandro
Contact Email
rintoalexandro76@gmail.com
Phone
+6282141262814
Journal Mail Official
rintoalexandro76@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota palangkaraya,
Kalimantan tengah
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS)
ISSN : 23550236     EISSN : 26846985     DOI : 10.37304
Core Subject : Social,
Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS) mencakup bidang ilmu Sosial
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol. 8 No. 02 (2017): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS) Volume 08, Nomor 02, Desembe" : 11 Documents clear
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS (Think Pair Share) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di Kelas VIII SMPN 3 Katingan Kuala Tahun Ajaran 2016/2017 Bambang Wijanarko; I Ketut Muder; Eriawaty Eriawaty
Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS) Vol. 8 No. 02 (2017): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS) Volume 08, Nomor 02, Desembe
Publisher : FKIP, Universitas Palangka Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37304/jpips.v8i02.1080

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar IPS Terpadu pada siswa kelas VIII SMPN 3 Katingan Kuala Tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK)yang dilaksanakan sebanyak dua siklus di mana masing-masing siklus dilalui dengan empat tahapan, yaitu: (1) perencanaan tindakan; (2) pelaksanaan tindakan;(3) observasi tindakan; dan (4) refleksi tindakan. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN-3 Katingan Kuala Tahun pelajaran 2016/2017 sebanyak 31 siswa dengan komposisi 15 laki-laki dan 16 perempuan. Penelitian ini dilaksanakan secara kolaborator bersama dengan guru mata pelajaran IPS Terpadu. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, teknik evaluasi atau tes, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian ini yaitu penerapan pembelajaran kooperatif tipe TPS dapat meningkatkan hasil belajar IPS Terpadu pada kelas VIII SMPN 3 Katingan Kuala Tahun pelajaran 2016/2017. Hal tersebut didukung oleh fakta-fakta sebagai berikut: (1) Keaktifan siswa dalam apersepsi meningkat sebanyak 14%. Hasil tersebut ditunjukkan pada siklus 1 sebesar 58% (21 siswa) dan pada siklus 2 sebesar 72% (26 siswa); (2) Keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran kooperatif tipe TPS meningkat sebanyak 16%. Hasil tersebut ditunjukkan pada siklus 1 sebesar 61% (22 siswa) dan pada siklus 2 sebesar 77%(28 siswa); (3) Keaktifan siswa dalam diskusi berpasangan/kelompok meningkat sebanyak 20%.
MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATA PELAJARAN IPS EKONOMI DI SMPN 1 MANDAU TALAWANG SATU ATAP KECAMATAN MANDAU TALAWANG KABUPATEN KAPUAS Susanti, Dewi; I Nyalung, Yanson; Rohaetin, Sri
Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS) Vol. 8 No. 02 (2017): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS) Volume 08, Nomor 02, Desembe
Publisher : FKIP, Universitas Palangka Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Berdasarkan observasi awal pada kegiatan pembelajaran di kelas VII SMP Negeri 1 Mandau Talawang Satu Atap terdapat permasalahan. Pembelajaran masih berpusat pada guru. Siswa pasif hanya menerima pengetahuan yang di berikan oleh guru. Guru jarang menggunakan alat peraga atau media dalam pembelajaran IPS/Ekonomi. Siswa hanya diberikan materi untuk diterima dan di hafalkan tanpa melalui diskusi kelompok. Hal ini menyebabkan kualitas pembelajaran IPS/Ekonomi rendah. Pembelajaran dengan pendekatan contextual teaching and learning (CTL) merupakan salah satu pendekatan yang dapat mengatasi masalah tersebut. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah:  Meningkatkan prestasi belajar siswa melalu pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) pada mata pelajaran IPS/Ekonomi di SMPN-3 Kecamatan Katingan Tengah Kabupaten Katingan.  Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dapat meningkatkan prestasi belajarIPS/Ekonomi di SMPN 1 Mandau Talawang  Satu Atap Kecamatan Mandau Talawang Kabupaten Kapuas.
Upaya Peningkatan Prestasi Belajar IPS Terpadu Melalui Pendekatan Komunitas Belajar di Kelas VIII SMPN-3 Parenggean Tahun Pelajaran 2016/2017 Eri Suprantini; Sri Rohaetin; Revnussa Octobery
Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS) Vol. 8 No. 02 (2017): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS) Volume 08, Nomor 02, Desembe
Publisher : FKIP, Universitas Palangka Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37304/jpips.v8i02.1082

Abstract

Rancangan penelitian ini didasarkan pada penelitian tindakan kelas (PTK) di SMP, SMPN-3 Parenggean. Penelitian ini menemukan bahwa model berbasis komunitas belajar: 1) Hasil pembelajaran kondisi awal IPS Terpadu Kompetensi Dasar mendeskripsikan melalui pendekatan Komunitas Belajar diperoleh data dimana pada masa prasiklus mencapai rata – rata 63,33 dan hanya 50 % siswa mencapai nilai 70 atau > 70. Padahal idealnya minimal harus mencapai 100% siswa mendapat 70 atau > 70. 2)Hasil belajar pada siklus I terdapat kenaikan prestasi belajar berupa rata – rata kelas menjadi 69,89 dan sebanyak 65 % siswa memperoleh nilai tuntas. Nilai terendah adalah 50 dan nilai tertinggi adalah 90. 3) Hasil belajar pada siklus II terdapat kenaikan prestasi belajar berupa rata – rata kelas menjadi 83.3 dan sebanyak 90 % siswa memperoleh nilai tuntas. Nilai terendah adalah 70 dan nilai tertinggi adalah 100. 4) Karena dalam penelitian ini terjadi peningkatan prestasi belajar siswa , maka peneliti berkesimpulan bahwa model pembelajaran komunitas belajar sangat cocok digunakan dalam pembelajaran IPS Terpadu.
Kinerja Pengurus Koperasi Credit Union Sumber Rejeki di Ampah Kecamatan Dusun Tengah Kabupaten Barito Timur Provinsi Kalimantan Tengah Frendy Andrean; Yanson I Nyalung; Tonich Uda
Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS) Vol. 8 No. 02 (2017): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS) Volume 08, Nomor 02, Desembe
Publisher : FKIP, Universitas Palangka Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37304/jpips.v8i02.1083

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah Pengurus Koperasi Credit Union Sumber Rejeki di Ampah. Kemudian Subjek di wawancarai secara mendalam. Sumber data yaitu dari hasil wawancara dan dokumentasi yang terkait dengan kinerja Pengurus dan penilaian Pengawas dan Anggota tentang kinerja Pengurus. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pengurus Koperasi Credit Union Sumber Rejeki sudah memahami tugas dan tanggung jawab dengan baik. Dalam segala bidang Pengurus sebagai pembuat standar operasional prosedur (SOP), manual operasional (MO), struktur organisasi, laporan keuangan, rencana dan program kerja, merekrut karyawan, meningkatkan jumlah anggota, promisi dan sosialisasi, mengadakan pendidikan dan pelatihan bagi Anggota, mengikuti pendidikan dan pelatihan, dan dalam menjalankan tugas Pengurus menggukanan sistem manajerial dan komputerisasi. Dalam menyelenggarakan Rapat Anggota Tahunan (RAT), Pengurus Koperasi CUSR menyelenggarakan setiap bulan februari dan yang dipersiapkan oleh Pengurus yaitu susunan acara RAT, tata tertib RAT, berita acara RAT tahun buku sebelumnya, risalah tahun buku sebelumnya, laporan pertanggungjawaban Pengurus selama satu tahun, dan program kerja tahun berikutnya. Pedoman Pengurus mengatasi masalah yaitu peraturan yang berlaku seperti Undang-Undang No 25 Tahun 1992, peraturan yang dikeluarkan Badan Koordinasi Credit Union Kalimantan (BKCUK) dan peraturan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK ETAP), Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga dan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang dibuat oleh Koperasi CUSR sendiri.
Peningkatan Prestasi Belajar IPS Melalui Metode Jigsaw Pada Siswa Kelas VIII SMPN 14 Palangka Raya Tahun Pelajaran 2016/2017 Marike Marike; I Ketut Muder; Rinto Alexandro
Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS) Vol. 8 No. 02 (2017): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS) Volume 08, Nomor 02, Desembe
Publisher : FKIP, Universitas Palangka Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37304/jpips.v8i02.1084

Abstract

Metode Penelitian yang digunakan peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dan hasil penelitian adalah: berdasarkan hasil penilaian pengelolaan melalui metode jigsaw menunjukkan bahwa kemampuan guru dalam menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa memiliki skor rata-rata 3,34 dengan kategori baik, kemampuan guru dalam mengajukan permasalahan memiliki skor rata-rata 3,38 dengan kategori baik, kemampuan guru dalam mengorganisasikan siswa ke dalam tim belajar memiliki skor rata-rata 3,47 dengan kategori baik, kemampuan guru dalam mengatur siswa berbagi dengan seluruh siswa memiliki skor rata-rata 3,63 dengan kategori baik, kemampuan guru melakukan evaluasi memiliki skor rata-rata 3,25 dengan kategori baik, kemampuan guru dalam memberikan penghargaan memiliki skor rata-rata 4,00 dengan kategori sangat baik, kemampuan guru dalam pengelolaan kelas memiliki skor rata-rata 3,50 dengan kategori baik, kemampuan guru dalam menggunakan teknik bertanya memiliki skor rata-rata 3,75 dengan kategori baik, kemampuan guru dalam mengatur suasana kelas mempunyai skor rata-rata 3,34 dengan kategori baik. Ini berarti secara keseluruhan guru telah dapat meningkatkan prestasi belajar IPS melalui metode jigsaw. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: Berdasarkan hasil penelitian dan analisis yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan sebagai berikut: Terjadinya peningkatan pemahaman dan penguasaan materi yang diiringi dengan meningkatnya prestasi hasil belajar siswa. Aktivitas guru dan siswa sudah sesuai dengan sintaks metode jigsaw.
Pengembangan Wirausaha Perhotelan di Balai Latihan Kerja (BLK) Palangka Raya Mus Mulyadi; Abdul Djalil; Eriawaty Eriawaty
Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS) Vol. 8 No. 02 (2017): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS) Volume 08, Nomor 02, Desembe
Publisher : FKIP, Universitas Palangka Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37304/jpips.v8i02.1085

Abstract

Hasil penelitian ini memberikan kesimpulan sebagai berikut: (1) BLK Palangka Raya merupakan suatu tempat pelatihan kursus yang dimiliki lembaga pemerintah yang bertujuan untuk mendidik seseorang sesuai bakat yang dimiliki supaya siap dan mampu untuk terjun kemasyarakat langsung untuk bekerja atau pun membuka usaha sendiri dan Kurikulum BLK Palangka Raya menggunakan SKKN (Standar Kompetensi Kerja Nasional) dalam penyusunan kurikulum yang digunakan BLK dalam memberikan pelatihan praktek serta teori. (2) Seleksi peserta didik bidang perhotelan dibatasi dengan kouta peserta. Jadi, apabila kouta peserta didik sudah dipenuhi, maka disarankan untuk ke bidang yang lainnya sebelum melengkapi data penerimaan peserta didik. (3) Pelaksanaan pengembangan wirausaha di BLK Palangka Raya di laksanakan melalui kegiatan pelatihan, melalui praktek-praktek khusunya materi perhotelan dan juga diberikan teori berupa kewirusahaan yang dilakukan selama 5 minggu atau 3 bulan dan juga untuk mengenal langsung dengan hotel, maka di lakukan magang ke hotel yang ada di Palangka Raya. Dan metode yang digunakanya itu meode ceramah, dengan 13 materi bidang perhotelan yang diberikan untuk pelatihan. (4) Mengenai hal evaluasi dari unit kompetensi atau materi yang diberikan di bidang perhotelan, dari 16 peserta didik semuanya dinyatakan KOMPETEN selama melakukan pelatihan dan evaluasi. Dalam mengembangkan wirausaha di bidang perhotelan ini terdapat 5 orang yang mendirikan usaha sendiri meskipun bukan hotel.
UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN/ENTREPRENEURSHIP DENGAN MENGGUNAKAN METODE KERJA KELOMPOK DAN DISKUSI PADA SISWA KELAS SMKN KECIL TEWEH TENGAH Suyati, Suyati; Baboe, Kuwing; I Nyalung, Yanson
Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS) Vol. 8 No. 02 (2017): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS) Volume 08, Nomor 02, Desembe
Publisher : FKIP, Universitas Palangka Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Hasil penelitian menunjukan upaya yang dilakukan guru kewirausahaan/entrepreneurship dalam meningkatkan prestasi belajar siswa berhasil dengan baik yaitu dapat mencapai tingkat ketuntasan setelah direncanakan perbaikan melalui penggunaan metode kerja kelompok dan diskusi pada materi kewirausahaan/entrepreneurship. Dalam PTK yang dilaksanakan ini pada pra pembelajaran sebelum menggunakan metode pembelajaran kerja kelompok dan diskusi kelompok hasil /prestasi (awal) yang diperoleh dari 40 siswa hanya 16 (40%) siswa yang dapat mencapai tingkat ketuntasan yang artinya 24 siswa (60%) dengan nilai rata-rata kelas hanya 56,88 yang perlu diperbaiki prestasinya melalui perencanaan perbaikan metode pembelajaran yaitu metode kerja kelompok dan diskusi dalam proses pembelajaran yang dituangkan dalam bentuk RPP yang dilaksanakan dalam siklus I menunjukan hasil yang signifikan yaitu prestasi siswa meningkat menjadi 22 siswa   (55%) yang belum mencapai 19 orang dengan nilai 62,08 rata-rata kelas, dan hasil pengamatan supervisor pada aktivitas guru dengan menggunakan metode kerja kelompok dan diskusi mendapatkan nilai skor 3 dengan kriteria  baik, demikian  pada aktivitas siswa mendapatkan nilai skor 2,8 dengan kriteria cukup, karena hasilnya belum maksimal maka  masih perlu perencanaan perbaikan agar dapat mencapai tingkat ketuntasan yaitu pada siklus ke II  menunjukan hasil yang memuaskan yaitu prestasi siswa meningkat menjadi 73,88 melebihi tingkat ketuntasan dan dari pengamat jugamendapatkan nilai aktivitas guru yang memperoleh skor 4 dengan kriteria sangat baik, demikian pula nilai aktivitas siswa memperoleh skor 4 dengan kriteria sangat baik juga mengalami peningkatan dari sebelumnya.
PENINGKATAN KEMAMPUAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VISUAL PADA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VII SMPN 1 PAKU KECAMATAN PAKU KABUPATEN BARITO TIMUR TAHUN AJARAN 2016/2017 Yahe, Yahe; Jairi, Jairi; Alexandro, Rinto
Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS) Vol. 8 No. 02 (2017): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS) Volume 08, Nomor 02, Desembe
Publisher : FKIP, Universitas Palangka Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana proses pembelajaran dengan menggunakan media visual di kelas VII SMPN-1 Paku. (2) bagaiamanakah hasil belajar siswa dengan menggunakan media visual di kelas VII SMPN-1 Paku.  Tujuan Penelitian ini (1) untuk mengetahui proses pembelajaran dengan menggunakan media visual di kelas VII SMPN-1 Paku. (2) untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan media visual di kelas VII SMPN-1 Paku.  Berdasarkan hasil pembahasan yang telah dipaparkan berkaitan dengan perencanaan, pelaksanaan dan hasil pembelajaran menyimak dengan menggunakan media visual, diambil simpulan sebagai berikut: (1) proses pelaksanaan pembelajaran sejarah dengan menggunakan media visual dilakukan dalam dua bentuk media yaitu pada siklus 1 menggunakan powerpoint. Penggunaan media visual ini telah memunculkan beberapa perilaku belajar siswa yang aktif dalam belajar, seperti siswa yang aktif bertanya, mengemukakan pendapat, dan berani tampil di depan. (2) hasil kemampuan pemahaman siswa dalam belajar sejarah yang diukur dengan hasil jawaban siswa terhadap pertanyaan yang berhubungan dengan materi yang telah disampaikan dari setiap siklusnya mengalami peningkatan. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan rata-rata nilai siswa. Pada siklus 1 rata-rata siswa mencapai 59,23, pada siklus II mencapai 69,61. Disamping itu dilihat dari ketuntasan belajar siswa juga terjadi peningkatan dari 61,54% pada siklus I meningkat jadi 89,74% pada siklus II yang sekaligus menunjukkan bahwa pembelajaran telah tuntas.
Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Pada Mata Pelajaran IPS Ekonomi di SMPN 1 Mandau Talawang Satu Atap Kecamatan Mandau Talawang Kabupaten Kapuas Dewi Susanti
Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS) Vol. 8 No. 02 (2017): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS) Volume 08, Nomor 02, Desembe
Publisher : FKIP, Universitas Palangka Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37304/jpips.v8i02.1144

Abstract

Berdasarkan observasi awal pada kegiatan pembelajaran di kelas VII SMP Negeri 1 Mandau Talawang Satu Atap terdapat permasalahan. Pembelajaran masih berpusat pada guru. Siswa pasif hanya menerima pengetahuan yang di berikan oleh guru. Guru jarang menggunakan alat peraga atau media dalam pembelajaran IPS/Ekonomi. Siswa hanya diberikan materi untuk diterima dan di hafalkan tanpa melalui diskusi kelompok. Hal ini menyebabkan kualitas pembelajaran IPS/Ekonomi rendah. Pembelajaran dengan pendekatan contextual teaching and learning (CTL) merupakan salah satu pendekatan yang dapat mengatasi masalah tersebut. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Meningkatkan prestasi belajar siswa melalu pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) pada mata pelajaran IPS/Ekonomi di SMPN-3 Kecamatan Katingan Tengah Kabupaten Katingan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dapat meningkatkan prestasi belajarIPS/Ekonomi di SMPN 1 Mandau Talawang Satu Atap Kecamatan Mandau Talawang Kabupaten Kapuas.
Upaya Guru Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Kewirausahaan/Entrepreneurship Dengan Menggunakan Metode Kerja Kelompok dan Diskusi Pada Siswa Kelas SMKN Kecil Teweh Tengah Suyati Suyati; Kuwing Baboe; Yanson I Nyalung
Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS) Vol. 8 No. 02 (2017): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS) Volume 08, Nomor 02, Desembe
Publisher : FKIP, Universitas Palangka Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37304/jpips.v8i02.1145

Abstract

Hasil penelitian menunjukan upaya yang dilakukan guru kewirausahaan/entrepreneurship dalam meningkatkan prestasi belajar siswa berhasil dengan baik yaitu dapat mencapai tingkat ketuntasan setelah direncanakan perbaikan melalui penggunaan metode kerja kelompok dan diskusi pada materi kewirausahaan/entrepreneurship. Dalam PTK yang dilaksanakan ini pada pra pembelajaran sebelum menggunakan metode pembelajaran kerja kelompok dan diskusi kelompok hasil /prestasi (awal) yang diperoleh dari 40 siswa hanya 16 (40%) siswa yang dapat mencapai tingkat ketuntasan yang artinya 24 siswa (60%) dengan nilai rata-rata kelas hanya 56,88 yang perlu diperbaiki prestasinya melalui perencanaan perbaikan metode pembelajaran yaitu metode kerja kelompok dan diskusi dalam proses pembelajaran yang dituangkan dalam bentuk RPP yang dilaksanakan dalam siklus I menunjukan hasil yang signifikan yaitu prestasi siswa meningkat menjadi 22 siswa (55%) yang belum mencapai 19 orang dengan nilai 62,08 rata-rata kelas, dan hasil pengamatan supervisor pada aktivitas guru dengan menggunakan metode kerja kelompok dan diskusi mendapatkan nilai skor 3 dengan kriteria baik, demikian pada aktivitas siswa mendapatkan nilai skor 2,8 dengan kriteria cukup, karena hasilnya belum maksimal maka masih perlu perencanaan perbaikan agar dapat mencapai tingkat ketuntasan yaitu pada siklus ke II menunjukan hasil yang memuaskan yaitu prestasi siswa meningkat menjadi 73,88 melebihi tingkat ketuntasan dan dari pengamat jugamendapatkan nilai aktivitas guru yang memperoleh skor 4 dengan kriteria sangat baik, demikian pula nilai aktivitas siswa memperoleh skor 4 dengan kriteria sangat baik juga mengalami peningkatan dari sebelumnya

Page 1 of 2 | Total Record : 11


Filter by Year

2017 2020


Filter By Issues
All Issue Vol. 15 No. 1 (2023): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS) Vol 15 Nomor 1 Juni 2023 Vol. 14 No. 2 (2022): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS) Vol 14 Nomor 2 Desember 2022 Vol. 14 No. 1 (2022): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS) Vol 14 Nomor 1 Juni 2022 Vol. 13 No. 2 (2021): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS) Vol 13, Nomor 2, Desember, T Vol. 13 No. 1 (2021): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS) Volume 13, Nomor 1, Juni, Ta Vol. 8 No. 02 (2017): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS) Volume 08, Nomor 02, Desembe Vol. 11 No. 1 (2019): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS) Volume, 11 Nomor 01, Juni, T Vol. 12 No. 2 (2020): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS) Volume 12, Nomor 2, Desember Vol. 12 No. 1 (2020): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS) Volume 12, Nomor 1, Juni, Ta Vol 11 No 02 (2019): Jurnal Pendidikan IPS volume 11, Nomor 02, Desember, Tahun2019 Vol 11 No 1 (2019): Journal Pendidikan IPS Vol, 11 Nomor 1, Juni 2019 Vol. 11 No. 02 (2019): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS) Volume 11, Nomor 02, Desemb Vol. 10 No. 02 (2018): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS) Volume 10, Nomor 02, Desemb Vol 10 No 02 (2018): Jurnal Pendidikan IPS volume 10 Nomor 02, Desember, Tahun 2018 Vol 9 No 01 (2018): Jurnal Pendidikan IPS volume 09 Nomor 01, Juni, Tahun 2018 Vol. 9 No. 01 (2018): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS) Volume 9, Nomor 01, Juni, Ta Vol 8 No 02 (2017): Jurnal Pendidikan IPS volume 08, Nomor 02, Desember, Tahun 2017 Vol. 7 No. 1 (2017): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS) Volume 7, Nomor 1, Juni, Tahu Vol. 6 No. 2 (2016): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS) Volume 6, Nomor 2, Desember, Vol. 5 No. 1 (2016): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS) Volume 5, Nomor 1, Juni, Tahu Vol. 3 No. 2 (2015): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS) Volume 3, Nomor 2, Desember, Vol. 3 No. 1 (2015): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS) Volume 3, Nomor 1, Juni, Tahu Vol. 2 No. 2 (2014): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS) Volume 2, Nomor 2, Desember, Vol. 1 No. 1 (2014): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS) Volume 1, Nomor 1, Juni, Tahu More Issue